1 kodi berapa buah

Apakah Sedulur sudah tahu hitungan 1 kodi berapa buah? Jika belum tahu, jangan khawatir. Sedulur bisa simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini. Mengetahui jenis-jenis satuan dan ukuran merupakan hal penting khususnya pagi seorang pedagang. Belum lagi dalam membeli kebutuhan sehari-hari, satuan kodi dan lainnya juga seringkali digunakan sebagai perhitungan standar.

Lantas berapakah hitungan 1 kodi itu sendiri? Yuk, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 1 Meter Berapa Cm? Begini Cara Menghitungnya dengan Mudah

Satu kodi berapa buah?

1 kodi berapa buah
Suara Surabaya

Satu kodi merupakan ukuran yang sama dengan 20 buah. Satuan kodi umum digunakan ketika hendak melakukan transaksi jual beli dalam jumlah banyak maupun kemasan. Contoh benda yang biasa dihitung dalam satuan kodi adalah yang memiliki jumlah banyak seperti sate, bambu, kayu, baju, dsb.

-->

Selain itu, satu kodi juga sering kali digunakan untuk menghitung jumlah barang yang dibeli dalam partai besar  atau grosir. Seperti untuk menghitung tekstil, pakaian, kecap, gula, terigu dan lain sebagainya. Umumnya untuk sembako dan barang keperluan harian lainnya.

Contoh hitungan menggunakan kodi

1 kodi berapa buah
GenPI

Untuk mengetahui 1 kodi berapa buah pcs, tentu Sedulur harus mengetahui contoh hitungannya. Misalnya untuk barang atau bahan kecap. Sedulur memesan 5 kodi botol kecap. Artinya, berarti Sedulur akan membeli 5 x 20 buah = 100 buah. Maka 5 kodi botol kecap sama dengan 100 buah botol kecap.

Selain itu, hitungan kodi juga digunakan untuk menghitung bahan-bahan lainnya. Patokan menghitunganya yaitu dengan mengetahui 1 kodi sama dengan 20 buah. Dengan begitu, Sedulur bisa mengetahui hitungan lainnya, seperti 1 kodi berapa buah baju, celana atau barang lainnya.

Tabel satuan kodi, lusin rim dan gross

Kamini.id

Sedulur juga kadang bertanya 1 kodi berapa lusin atau takaran hitungan lainnya. Agar dapat menjawab tersebut, Sedulur harus mengetahui satuan tabel hitungan lainnya. Berikut ini daftarnya untuk memudahkan Sedulur mengingat perhitungan satuan lainnya:

Satuan

Jumlah Konversi

Kodi

20 buah

Lusin

12 buah

Rim

500 buah

Gross

144 buah

Gross

12 lusin

1 lusin berapa buah?

Klook

Selain kodi, satuan yang sering digunakan lainnya yaitu kodi. Berikut ini adalah satuan lusin jika dikonversi pada perhitungan buah. Sedulur juga pada dasarnya bisa mengetahui jumlahnya dari tabel di atas. Namun untuk lebih memudahkan Sedulur, kita akan bahas bersama hingga benar-benar paham.

Contoh misalnya, Sedulur membeli  3 lusin kancing. Maka, jumlah kancing yang harus dibawa Ibu adalah 3 x 12 buah = 36 buah. Sedulur juga bisa saja mendengar istilah dozijn dari bahasa Belanda atau dozen dalam bahasa Inggris yang sama saja dengan lusin.

BACA JUGA: 3 Digit Berapa Rupiah? Ini Penjelasannya & Contoh Penggunaan

1 grim berapa buah?

Penainfo

Selain lusi, terdapat juga satuan rim digunakan untuk menghitung jumlah kertas. Jenis kertas yang biasanya menggunakan satuan rim adalah kertas yang umum diperjualbelikan. Misalnya, HVS ukuran A4, A3, folio, legal dan letter. Untuk hitungan 1 rim, sama dengan 500 lembar atau helai kertas.

Contoh pengaplikasian satuan rim misalnya Adik membutuhkan 5 rim kertas untuk keperluan fotokopi. Cara menghitungnya adalah 5 x 500 lembar = 2500 lembar. Artinya, kertas yang harus disediakan adalah sebanyak 2500 lembar atau setara dengan 5 rim.

Nah, kini Sedulur telah mengetahui hitungan 1 kodi berapa buah dan contoh perhitungan lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, mengingat satuan-satuan di atas dapat memudahkan Sedulur untuk bertransasksi dan menghitung jumlah barang yang dibutuhkan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.