visi adalah

Misi dan visi adalah dua hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tak hanya itu, sebuah organisasi seperti institusi pemerintahan, perusahaan hingga start up juga wajib memiliki visi dan misi yang jelas. Karena dalam misi dan visi terkandung nilai-nilai yang menjadi langkah untuk mencapai tujuan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan simak bersama bagaimana misi dan visi adalah hal penting dan amat berperan. Kita juga akan bahas bagaimana manfaat serta apa perbedaan dari keduanya. Tanpa berlama-lama, yuk mari kita mulai pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Usaha Kelompok Beserta Jenis & Ciri-Cirinya

Definisi visi

visi adalah
Julo

Pertama yang akan kita bahasa yaitu visi adalah dan contohnya. Sederhananya, visi adalah serangkaian kata yang memuat sebuah impian, cita-cita, harapan, nilai, masa depan seseorang atau sebuah organisasi. Visi juga merupakan sesuatu yang menjadi pegangan dalam bekerja atau melakukan aktivitas.

Sebuah visi tercipta dari hasil pemikiran yang yakin akan gambaran masa depan yang hendak digapai. Visi juga berfungsi sebagai pertimbangan untuk menentukan langkah, menginspirasi anggota, memotivasi orang lain hingga mendorong untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Biasanya, rangkaian kata yang terdapat dari visi harus singkat, padat dan jelas. Karena visi adalah sebuah kalimat yang akan memberikan pengaruh untuk memberikan perubahan.

Definisi misi

visi adalah
Fimela

Sebagaimana yang dibahas di awal, bahwa misi dan visi adalah nilai-nilai penting yang perlu dimiliki. Setelah mengetahui pengertian visi adalah sesuatu penting, kita lanjut ke pembahasan tentang misi itu sendiri. Misi adalah langkah, cara dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai visi itu sendiri.

Sederhananya begini, jika visi adalah cita-cita dan harapan, maka misi adalah cara untuk menggapai harapan tersebut. Dalam misi juga akan menjawab beberapa pertannyaan terkait sikap dan upaya yang dilakukan. Agar visi dapat tercapai, diperlukan misi di dalamnya.

Serangkaian kata dalam misi harus saling terhubung dan mendukung misi itu sendiri. Misi akan menentukan karakteristik organisasi daripada organisasi lainnya. Hal yang disampaikan di misi bahkan biasanya dapat memuat produk atau layanan yang akan diprioritaskan. Hal itulah yang membuat misi menetapkan dalam visi sekaligus menggambarkan rencana untuk membuat sebuah tindakan.

Perbedaan visi dan misi

visi adalah
Deposit Photos

Karena seringkali disamakan dan sulit membedakan, untuk mencegah hal tersebut, berikut ini perbedaan visi dan misi dan contohnya yang bisa Sedulur pahami, yaitu:

  • Visi adalah tujuan utama sementara misis adalah gambaran dan langkah untuk mencapai tujuan.
  • Visi merupakan cita-cita jangka panjang, sementara misi adalah langkah jangka pendek untuk mewujudkan cita-cita.
  • Visi lebih bersifat permanen dan tetap, sementara misi bersifat dinamis dan fleksible.
  • Visi hanya terdiri dari satu kalimat saja, sementara misi disusun dari banyak kalimat yang merupakan langkah-langkah.

Fungsi visi dan misi

visi adalah
Jurnal

Setidaknya terdapat beberapa hal yang menjadi fungsi dari visi dan misi itu sendiri. Meskipun dalam penjelasan sebelum telah disinggung apa saja fungsinya, namun untuk lebih jelasnya lagi Sedulur bisa menyimak apa saja yang menjadi fungsi dari visi dan misi di bawah ini:

1. Memberikan standar kerja

Misi dan visi adalah hal penting, karena salah satu fungsinya yaitu untuk memberikan standar kerja. Strandar kerja ini yang digunakan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab tenaga kerja atau karyawan dalam melakukan sebuah perusahaan. Adanya standar kerja juga dapat membuat tenaga kerja atau karyawan mampu bekerja lebih efektif dan efisien.

2. Meningkatkan motivasi

Fungsi kedua dapat meningkatkan motivasi kerja. Visi dan misi dapat memudahkan tenaga kerja untuk memahami dengan jelas apa yang menjadi tujuan dari pekerjaannya. Oleh karena itu, visi dan misi dari sebuah perusahaan sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi dan semangat karyawan dalam bekerja dan mewujudkan tujuan atau visi dari perusahaan.

3. Produktivitas

Selain motivasi kerja, misi dan visi adalah hal yang dapat membuat produktivitas dan kinerja meningkat. Produktivitas tenaga kerja bisa jadi sangat didorong oleh adanya semangat atau motivasi yang dimilikinya. Visi dan misi yang dapat dipahami memiliki potensi untuk menggerakan perasaan dari tenaga kerja atau karyawan untuk semakin bersemangat dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

4. Menjaga tujuan awal

Misi dan visi adalah alasan mengapa tujuan awal tetap dapat terjaga. Visi dan misi yang memiliki tujuan dasar yang jelas dan inspiratif akan semakin mempermudah kegiatan perusahaan. Hal itu disebabkan karena kegiatan perusahaan yang dilakukan oleh para karyawan sudah memahami tujuan dasar perusahaan sehingga memiliki gambaran atau pandangan yang jelas terkait tugas dan tanggung jawabnya.

5. Pedoman kerja

Visi dan misi juga menjadi dasar dari setiap pedoman kerja yang ada. Hal ini yang menjadikan visi dan misi merupakan sesuatu hal yang penting. Dalam fungsi sebagai pedoman, visi dan misi akan dijadikan dasar untuk para tenaga kerja atau karyawan yang bekerja di perusahaan atau organisasi. Otomatis sebuah pedoaman akan sangat membantu karyawan dalam memantapkan keyakinan bekerja karena adanya pedoman tersebut.

BACA JUGA: Pengertian Usaha Kelompok Beserta Jenis & Ciri-Cirinya

Manfaat visi

Deposit Photos

Karena visi adalah hal penting, tentu keduanya memiliki manfaat yang jelas. Adapun manfaat dari visi adalah sebagai berikut:

  • Menjadi sesuatu yang dapat membangun imajinasi bersama dalam meraih keberhasilan bersama, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.
  • Mampu membuat peningkatan standar kerja yang lebih baik.
  • Mampu menumbuhkan dan meningkatkan perasaan tanggung jawab dan kinerja dalam bekerja.
  • Mampu menumbuhkan dan meningkatkan rasa memiliki bersama perusahaan kepada karyawan.

Manfaat misi

Hariesok

Sama pentingnya dengan visi, misi adalah sesuatu hal yang juga memiliki manfaat. Adapun manfaat dari misi adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjadi langkah awal dari perusahaan dalam mencapai visinya.
  • Dapat memacu perusahaan untuk membuat inovasi dalam menghadapi sebuah persaingan.
  • Dapat menjadi pedoman untuk karyawan maupun perusahaan dalam mengambil keputusan agar sesuai dengan visi organisasi.
  • Dapat menjadi pedoman bagi perusahaan dalam melakukan perubahan atau pengembangan perusahaannya.
  • Dapat membantu tenaga kerja atau karyawan baru memahami dengan mudah tanggung jawab dan tujuan dari perusahaan.
  • Dapat menciptakan situasi dan kondisi perusahaan yang sehat karena memiliki tujuan besar yang sama.
  • Dapat memberikan dan menerjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga dapat memberikan tolak ukur untuk penggunaan waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi

Contoh visi dan misi

Deposit Photos

Untuk memberikan gambaran, berikut ini adalah contoh yang bisa Sedulur simak. Contoh visi adalah hal penting, terutama bagi Sedulur yang hendak membuatnya sendiri:

Visi:

  • Mewujudkan Universitas sebagai perguruan tinggi yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global.

Misi:

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berdasarkan merdeka.
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
  • Menciptakan lulusan yang memiliki intelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
  • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi universitas.

Dari penjelasan di atas, kini Sedulur telah mengetahui bahwa misi dan visi adalah hal penting. Baik untuk pribadi seorang individu, atau untuk sebuah organisasi itu sendiri. Dari penjelasan di atas, semoga Sedulur bisa menentukan visi dan misi sendiri agar dapat menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.