contoh essay

Essay merupakan sebuah bentuk karya tulis yang membahas suatu masalah secara sepintas dengan menunjukkan ide atau gagasan subjektif sesuai dengan sudut pandang penulisnya. Topik yang dibahas dalam essay secara umum adalah topik yang menarik, penting, dan sering diperbincangkan. Contoh essay biasanya membas mengenai pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Selain berisi argumentasi, essay juga memaparkan data atau fakta yang menjadi latar belakang permasalahan. Dapat dikatakan bahwa essay berisi pandangan, pikiran, pendapat, sikap, dan pendirian penulis yang didasarkan pada fakta, ketajaman gagasan, dan kekuatan argumentasi.  Ingin tahu lebih jelas mengenai essay dan contoh essay? Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Website yang Benar & Contohnya

Dalam mempelajari essay, penting diketahui mengenai struktur tulisan. Essay dikatakan baik dan benar jika mengikuti tiga struktur utama, yaitu pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Lebih jelasnya, simak uraian berikut.

1. Pendahuluan 

contoh essay
iStock

Pendahuluan merupakan bagian yang akan mengantarkan pembaca pada topik yang akan dibahas. Bagian ini sangat dibutuhkan karena berguna untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi essay. 

Pada bagian ini, penulis mengungkapkan topik apa yang diangkat kerta latar belakang mengapa penulis memilih topik tersebut. Biasanya penulis akan menambahkan pendapat mengenai topik tersebut secara umum dan menerangkan penjelasan lebih lanjut dalam bagian selanjutnya. 

2. Pembahasan 

contoh essay
iStock

Bagian pembahasan merupakan bagian inti essay. Hal ini karena bagian pembahasan menjelaskan isi essay secara terperinci. Penulis akan menjelaskan sudut pandangnya terhadap topik yang dipilih, beserta analisis dan interpretasi penulis terhadap topik tersebut. 

Penulis akan memaparkan dengan detail opini serta argumennya secara kronologis sehingga membuat essay bersifat koheren. Tidak hanya opini, pada bagian ini penulis juga akan memberikan teori, data, dan fakta untuk meyakinkan pembaca mengenai opini yang sudah dituliskannya dalam essay. 

3. Penutup

contoh essay
iStock

Bagian terakhir adalah penutup atau kesimpulan. Bagian ini tentu saja berisi rangkuman dari pembahasan yang sudah di tulis. Bagian terakhir ini bersifat singkat, padat, dan jelas serta tidak melebar ke topik masalah lainnya. Biasanya, pada bagian ini penulis juga memberikan saran kepada pihak ketiga untuk menyikapi permasalahan yang dibahas.

BACA JUGA: Prosa adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Jenis essay

contoh essay
iStock

Setelah mengenal struktur essay, berikutnya adalah jenis-jenis essay. Beberapa jenis essay tersebut adalah sebagai berikut:

  • Essay formal, yakni jenis essay yang menggunakan berbagai pendekatan cukup serius dan formal dan dalam penulisannya menggunakan bahasa baku.
  • Essay informal, yakni jenis essay yang menggunakan pendekatan kurang formal dan dalam penulisannya cenderung menggunakan bahasa populer.
  • Essay pribadi, yakni jenis essay yang cenderung menggunakan kata ganti orang pertama dalam menggambarkan permasalahan dan cenderung menjelaskan sudut pandang secara individu secara lebih mendalam.
  • Essay reflektif, yakni jenis essay yang secara umum membahas bidang permasalahan yang cukup mendalam dan serius, seperti politik, pendidikan, dan kebijakan.
  • Essay deskriptif, yakni jenis essay yang menggambarkan secara detail mengenai suatu permasalahan kepada pembaca.
  • Essay tajuk, yakni jenis essay yang secara umum dapat ditemukan dalam surat kabar atau majalah untuk membentuk opini pembaca.
  • Essay kritik, yakni jenis essay yang sering digunakan untuk memberi analisis dan kritik terhadap berbagai bidang seni, seperti tari, teater, lukis, dan sastra.

BACA JUGA: Huruf Kapital: Pengertian, Contoh & Cara Penggunaanya

Cara membuat essay

contoh essay
iStock

Jika ingin membuat essay yang berkualitas, maka Sedulur dapat mengikuti cara membuat essay berikut ini. 

Tentukan topik 

Saat menentukan topik, penulis harus bisa memastikan bahwa topik tersebut memiliki sisi menarik dan cukup relevan untuk dibahas. Tidak hanya itu, penulis juga perlu mempertimbangkan kedekatan antara topik dengan ketertarikan pembaca.

Riset secara mendalam

Jika sudah menemukan topik, lanjutkan dengan melakukan riset secara mendalam. Carilah informasi dan data mengenai topik terkait. Banyaknya data akan mempengaruhi pemikiran pembaca terhadap gagasan yang disampaikan oleh penulis dan akhirnya menyetujuinya.

Buat kerangka tulisan

Setelah melakukan riset dan sebelum menulis essay penulis sebaiknya membuat kerangka tulisan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu penulis untuk membangun logika berpikir yang runut.  

Mulai menulis essay

Setelah semua proses sebelumnya berhasil dilakukan, mulailah menulis essay. Pastikan untuk menyusun essay sesuai dengan struktur penulisannya, yakni pendahuluan, pembahasan, dan penutup.  

Baca kembali sebelum dibagikan

Sebelum membagikan essay, langkah terakhir adalah membaca ulang tulisan yang sudah dibuat. Hal ini berguna untuk mengetahui ada tidaknya kesalahan penulisan dalam essay dan memperbaikinya segera.  

BACA JUGA: Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah, Tugas & Makalah, Lengkap

1. Contoh essay mahasiswa

contoh essay
iStock

Judul:  Aku adalah Mahasiswa

Aku banyak memiliki impian yang ingin aku capai. Salah satunya keinginan berkarya di bidang yang dinamis, penuh tantangan, diisi oleh orang-orang yang cakap di bidangnya dan memberikan banyak kesempatan baru yang menunggu untuk dibuka. Aku berpikir, cara agar aku bisa memperoleh keinginanku tersebut hanya dengan lewat pendidikan.

Kata orang, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, tujuannya untuk memberikan semangat agar tidak menyerah dalam mencari ilmu. Menurutku, ilmu adalah senjata manusia untuk mengubah kondisi hidupnya dan juga orang-orang di sekitarnya. Tanpa pendidikan yang cukup seseorang pasti akan kesulitan untuk menghadapi keadaannya dan mungkin menemui kebuntuan. 

Menurutku, pendidikan yang aku miliki saat ini belum cukup untuk mencapai tempat yang aku tuju. Untuk mencapainya, aku wajib menaikkan pendidikanku agar ilmuku mencukupi dan mendapat kesempatan yang bagus di masa depan. Untuk itu, aku memilih program magister manajemen pemasaran di Universitas Indonesia sebagai pendidikan ku selanjutnya.

Pemasaran menurutku adalah bidang yang dinamis,penuh tantangan, dan menjadi ujung tombak dari berdirinya suatu bisnis. Ini sangat menarik untukku untuk menggali lebih dalam lagi di bidang ini. Ditambah lagi dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi seperti saat ini, akan menjadi hal yang lebih menantang dan menarik serta efektif di bidang pemasaran ini.

Reputasi MMUI yang kredibel di Indonesia membuat aku menguatkan hati memilih program ini untuk melanjutkan pendidikanku. Tidak hanya itu, banyak alumni dan juga dosen yang berkompeten yang memotivasi aku supaya nantinya bisa menolong aku membuka banyak kesempatan baru untuk bekerja sama. Lokasinya yang dekat pula dengan kediamanku menjadi pertimbangan untuk mengambil program pasca sarjana di Universitas Indonesia.

Pada kesimpulannya, aku berharap tidak hanya meningkatkan kualitas ilmu dan peluang yang lebih luas, tetapi aku juga bisa membuat orang-orang terdekatku bangga.

2. Contoh essay Bahasa Inggris

contoh essay
iStock

Judul: Pursuing a Dream

The concept of pursuing a dream has been introduced since the childhood stage. This becomes one of the essential things because pursuing a dream can be a light to keep an individual moving forward in life. However, achieving a dream needs some steps which are not easy to take. Therefore, you need continuously fulfilling the fuels to bring the dream into reality. 

The first step to take is having a strong determination to take action in achieving the dream. Having strong determination able to help in steadying the next steps you will take. Afterward, you also need motivation either from friends, parents, or anyone else. It is possible for some people to give up on their dream just because they lack the motivation they got from themselves and their surroundings. 

As an important thing, you also need to set your own goals to achieve the dream. For instance, if you want to be a doctor, then it means you have to conduct and perform a study in the health department. In addition, it is better if you can set daily goals such as reading health references or watching educational videos on the health problem to increase your knowledge in that field.

However, amidst the struggle to achieve a dream, you should consider rewarding yourself once you have to conquer little steps towards your dreams. Surely, it will help you to boost your spirit and to renew your motivation as well.

In a nutshell, having a dream is something blissful to help you find a reason to stick around in this world. However, pursuing a dream is not as easy as people would imagine. You may face failure later on, but as long as you have strong determination, enough motivation, and keep rewarding yourself for every little step you make, you will go through it and succeed to pursue your dream.

BACA JUGA: 15 Contoh Artikel yang Baik dan Benar dengan Beragam Tema

3. Contoh essay Covid-19

contoh essay
iStock

Judul: Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia

Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap perubahan tatanan kehidupan manusia. Tidak hanya merugikan di bidang kesehatan,  dampak covid-19 ini turut memengaruhi perekonomian negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

United Nation Development Program memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 ini dapat meningkatkan kemiskinan dan menurunkan kesejahteraan masyarakat. Apabila dampak ekonomi ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat berakibat meningkatkan penderitaan global serta membahayakan kehidupan dan mata pencaharian selama bertahun-tahun yang akan datang.

Di Indonesia pemerintah mencoba menerapkan berbagai usaha untuk menekan dampak virus covid-19 ini terhadap perekonomian negara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan bekerja dari rumah. Bahkan sekolah-sekolah pun juga belajar dari rumah. Karena hal tersebut, banyak industri-industri yang merumahkan karyawannya.

Selain itu, adanya Covid-19 ini meningkatkan penggunaan uang digital. Seperti diketahui bahwa virus corona dapat menempel di benda, salah satunya uang. Sehingga masyarakat beralih menggunakan uang digital untuk menekan penyebaran virus. Di sisi lain, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan di bidang ekonomi seperti menanggung pajak penghasilan, kelonggaran membayar kredit, dan melakukan subsidi listrik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya Covid-19 ini memiliki dampak positif dan negatif. Meskipun demikian, dampak negatif dari covid-19 perlu segera diatasi supaya tidak menimbulkan efek negatif panjang di tahun-tahun berikutnya.

4. Contoh essay ilmiah mahasiswa

contoh essay
iStock

Judul: Preferensi Makanan Terhadap Kemungkinan Penyakit

Perubahan gaya hidup di era globalisasi ini telah memengaruhi kebiasaan makan seseorang dan memaksa untuk mengonsumsi makanan cepat saji berkalori tinggi, seperti junk food. Karena itulah terjadi peningkatan penyakit obesitas di negara berkembang. Makanan yang tidak sehat, tinggi kalori, dan tinggi lemak adalah faktor penting dalam kontribusinya.

Pilihan makanan dan pasar makanan terus berubah beberapa dekade ini. Hal tersebut sebagai tanggapan terhadap kenyamanan, keterjangkauan, dan kegembiraan berdasarkan preferensi konsumen. Konsumen menunjukkan reaksi positif terhadap keragaman pilihan makanan tersebut. Mereka bisa memilih makanan yang mereka sukai. Hal ini membuat intake diet mereka didominasi oleh komposisi makanan yang mereka sukai saja.

Konsumen yang memilih diet sesuai dengan preferensi mereka tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi dapat menimbulkan masalah kesehatan. Diet yang tidak seimbang ini mengarah pada munculnya penyakit, seperti aterosklerosis, obesitas, diabetes, hipertensi, dan osteoporosis. Kemungkinan terjadinya penyakit tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola diet seimbang.

Diet seimbang yang dimaksud adalah diet yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Kebutuhan nutrisi untuk setiap orang pun berbeda-beda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing. Biasanya kebutuhan gizi tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan tinggi badan.

Kesimpulannya, yaitu penerapan gaya hidup sehat dengan memilih makanan dengan nutrisi seimbang dapat mencegah terjadinya penyakit di masa datang. Sehat itu adalah aset yang harus dijaga sejak dini. Tubuh yang sehat dapat menghasilkan sumber daya manusia yang lebih produktif. Oleh karena itu, pola hidup sehat perlu digalakkan di zaman yang serba instan.

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

5. Contoh essay singkat

contoh essay
iStock

Judul: Harapan Bangsa

Akhir-akhir ini narkoba telah merajalela di semua kalangan dimulai dari masyarakat bawah hingga masyarakat kelas atas. Lebih parahnya lagi, narkoba juga telah menjangkiti para penegak hukum di negeri ini. Menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban barang haram tersebut meningkat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, penulis sangat yakin masa depan bangsa ini akan  hancur dalam beberapa tahun yang akan datang jika pemerintah tidak mengambil angkah nyata. Ada beberapa alasan narkoba dapat menghancurkan kehidupan bangsa. Alasan pertama karena narkoba dapat menghancurkan masa depan anak muda karena anakmuda seharusnya menjadi calon penerus bangsa. Ironinya,  jika masuk dalam lingkaran narkoba,  masa depan mereka akan lenyap begitu saja.

Alasan yang kedua, yaitu narkoba dapat mematikan kreativitas  anak bangsa. Mereka akan kehilangan itu akibat narkoba yang perlahan-lahan mematikan sel-sel otak sehingga mereka tidak mampu lagi berkreasi.

Akibat terakhir dari adanya  narkoba, yakni  terciptanya generasi kriminal. Ketika para remaja telah terjerat ke dalam lingkaran setan ini, mereka akan terus dipaksa untuk memenuhi nafsu terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melakukan apa saja  demi mendapatkan narkoba, termasuk dengan melakukan perbuatan yang melanggar hukum, seperti mencuri, menipu, membunuh, dan lainnya.

Oleh sebab itu, narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup anak muda. Hal ini karena narkoba dapat menghancurkan masa depan anak muda. Narkoba dapat menghancurkan daya kreativitas  anak muda dan  menciptakan generasi pelanggar hukum. Seluruh akibat tersebut dapat merusak masa depan bangsa sehingga. Pemerintah harus melakukan tindakan nyata untuk menghentikan peredaran narkoba.

6. Contoh essay pendidikan

contoh essay
iStock

Judul: Pendidikan Tatap Muka pada Masa New Normal

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Setelah hampir dua tahun dilaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui berbagai media seperti Zoom dan Google Meets, sekarang murid dan pengajar akan bertemu kembali dalam pendidikan tatap muka di sekolah. Dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan tatap muka di sekolah, ada beberapa saran mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pengajar supaya tidak terjadi penularan virus. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan pengajar dan pihak sekolah antara lain adalah diterapkannya protokol kesehatan secara ketat dalam proses belajar mengajar. Murid-murid dan guru harus tetap memakai masker saat berada di lingkungan sekolah. Selain itu, di lingkungan sekolah juga perlu disediakan fasilitas mencuci tangan dan pada setiap kelas disediakan hand-sanitizer. Sangat penting bagi guru untuk menanamkan pentingnya menjaga kebersihan pada masa new normal kepada para murid.

Mengingat belum semua murid mendapatkan vaksin Covid-19, sebaiknya pendidikan tatap muka  diprioritaskan kepada sekolah yang murid-muridnya sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah penularan kepada anak-anak, seperti jenjang SMP dan SMA. Untuk SD kelas kecil, seperti kelas 1, 2, 3, 4, tetap dilakukan kegiatan belajar mengajar bauran. Pendidikan Tatap Muka diprioritaskan pada kelas besar yang murid-muridnya sudah mendapatkan vaksin, seperti kelas 5–6. 

Demikian saran mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pendidikan tatap muka di sekolah. Hal ini hendaknya diperhatikan para guru, pengurus sekolah, dan orang tua demi keberlangsungan pendidikan tatap muka yang lancar dan aman untuk para murid.

BACA JUGA: Interpretasi adalah: Pengertian, Contoh & Jenis-Jenisnya

7. Contoh essay akademik

contoh essay
iStock

Judul: Dua Sisi Problematika Pendidikan di Indonesia

Jika dibandingkan dengan sistem pendidikan negeri lain menurut saya Indonesia masih memiliki banyak kekurangan walaupun ada pula kelebihannya sistem pendidikan Indonesia masih harus direvisi agar meningkatnya sumber daya manusia yang bermanfaat dan berkualitas agar dapat bersaing dengan SDM negeri lain. Kekurangan ini tidak hanya terletak pada sistem pendidikan namun juga pada peserta didik, sehingga untuk meningkatkan sistem pendidikan kita harus memperbaikinya dari akar masalahnya. 

Permasalahan pendidikan di Indonesia yang pertama akan dibahas adalah kurikulum pendidikan. Di Indonesia kurikulum yang digunakan di sekolah tidak sama rata, masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2006 sehingga saat mereka naik ke jenjang kelas atau ke sekolah dengan kurikulum 2013 maka akan terjadi kebingungan sementara hingga mereka bisa beradaptasi pada kurikulum yang digunakan. Bahkan ada juga sekolah yang berganti-ganti kurikulum karena sarana prasarana sekolah yang kurang karena pada kurikulum 2013 peserta didik akan membutuhkan pengetahuan akan teknologi dan akses ke teknologi tersebut yang berupa komputer atau laptop. 

Selain itu akan terjadi permasalahan saat pindah ke sekolah dengan kurikulum yang berbeda yaitu berubahnya materi yang dipelajari contohnya seorang siswa SMP yang menggunakan kurikulum 2006 pindah ke SMA dengan kurikulum 2013 maka siswa tersebut akan bingung karena beberapa materi tidak pernah dijelaskan saat SMP danakan tertinggal pelajarannya jika ia tidak bisa mengejarnya. Salah satu kelebihan pada pendidikan Indonesia adalah kedisiplinan yang dihasilkan saat sekolah namun tidak semua sekolah di Indonesia menerapkan peraturan dengan tegas sehingga siswa tidak disiplin, karena dengan adanya peraturan di sekolah bisamembangun karakter pada siswa seperti tidak telat, tepat waktu mengerjakan tugas. Jika peraturan ini tidak dilakukan dengan tegas maka akan sulit untuk membangunkarakter siswa.

Permasalahan yang ada pada peserta didik adalah kurangnya minat untuk belajar walaupun tidak sepenuhnya permasalahan ini ada pada peserta didik namun juga guru pengajar. Sehingga untuk meraih pendidikan yang baik dan berkualitas diperlukan kerja sama antar peserta didik dan pengajar. Pengajar harus bisa melakukan pengajaran dengan kreatif dan tidak hanya terpaku pada fakta yang ada di buku tapi juga membuat siswa ikut berpikir pada hal yang berkaitan dengan pelajaran sehingga siswa tidak menjadi siswa yang pasif namun aktif. Jadi pendidikan di Indonesia memiliki banyak kekurangan dan untuk meningkatkannya dibutuhkan penyetaraan sarana dan prasarana, materi pembelajaran yang tidak terpaku pada fakta, peningkatan pendidikan moral dan kreatifitas agar Indonesia memiliki SDM yang berkualitas dan membangun generasi yang berkarakter.

8. Contoh essay pendidikan Bahasa Inggris

contoh essay
iStock

Judul: Learning English and Its Advantages

English is known as an international language that is mostly used in several countries such as the United States, United Kingdom, and Australia. As an international language, English holds an important role in bridging communication amongst people across different countries. Learning English from elementary school can be a good choice and step since it will provide you with a lot of advantages.

Firstly, learning English will help you to understand many things because it is mostly applied as universal languages in several aspects such as the internet. Further, this language is also used to understand more about books, movies, or other media that is written or delivered from another language (not your mother tongue).

Secondly, learning English can be beneficial for a career because English is used in most industries, especially in business. Hence, to broaden your career, learning English from now on can be a good way to learn.

Finally, learning English is not merely beneficial for verbal communication. It has a huge benefit that can be used to understand things more and to broaden your career. Then, learning English is essential and you can start to learn it from the scratch in the early times as well.

BACA JUGA: Referensi adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contohnya

9. Contoh essay kesehatan

contoh essay
iStock

Judul: Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang menyebar secara cepat dan luas menyebabkan masyarakat harus membatasi aktivitasnya di luar rumah. Selain membatasi aktivitas, masyarakat juga harus menjaga kesehatan diri dengan berbagai cara. Cara menjaga kesehatan diri pada masa pandemi Covid-19 akan dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Covid-19 antara lain adalah sesak napas, batuk kering, demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, sakit kepala, dan hilangnya kemampuan mencium bau. Penularan Covid-19 dapat terjadi melalui berbagai cara, seperti kontak fisik, droplets, benda yang terkontaminasi, dan tempat yang ramai. Oleh karena itu, supaya tidak tertular, cara menjaga diri agar tidak tertular antara lain adalah dengan memakai masker saat keluar rumah, selalu mencuci tangan saat masuk dan keluar ruangan, usahakan menghindari keramaian ketika keluar rumah, dan  biasakan pula mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh bertambah kuat. 

Itulah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan pada masa pandemi. Ingat, tetap bepergian dengan menggunakan masker dan selalu cuci tangan.jangan sampai tertular. Semoga kita sehat selalu di masa pandemi ini. Selain menjaga diri, jangan lupa menjaga kesehatan keluarga kita.

10. Contoh essay kesehatan Bahasa Inggris

contoh essay
iStock

Judul: The Importance of Sleep for Healthiness

Good sleep at night can increase the quality of an individual’s life. However, many people do not realize it and tend to develop a bad habit by staying awake at night. In this era of advanced technology, there were many disturbances for having a quality night sleep such as using mobile phones for binge-watching movies and scrolling through social media. Thus, it is quite important to understand and acknowledge how important getting enough sleep is for our health and avoiding these kinds of bad habits. 

Adults need at least 8 hours of sleep every night and some research has proven that having enough sleep provides health benefits and not merely for physical health, but also mental health. For physical health, having enough sleep is able to boost the immune system, improve the ability to think, prevent obesity, heart disease, diabetes, and so forth. Furthermore, having enough sleep has been proven to prevent a human being from a mental health problem such as depression and anxiety. 

Hence, sleep is a vital way to control our physical and mental health and as an adult, it is better to fulfill our daily need of sleeping. Set your schedule to sleep on time and abstain from phone or other distractions that may decrease the quality of sleep. Once we develop a good habit of sleeping, thus we can carry out life well and be more relaxed to enjoy the days ahead.

Demikian informasi mengenai contoh essay beserta jenis, struktur, dan cara membuatnya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam membuat essay dan menambah wawasan Sedulur dengan bacaan dalam contoh di atas. Selamat berkarya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.