interpretasi adalah

Sedulur tentu tidak asing dengan istilah interpretasi. Secara etimologi, kata interpretasi berasal dari bahasa Latin “interpretatio” yang artinya penjelasan, terjemahan dan eksposisi. Secara umum, interpretasi adalah kegiatan mengemukakan ide-ide; seni menemukan makna yang sebenarnya dari setip kata-kata, yaitu makna yang hendak disampaikan penulis yang memungkinkan orang lain mendapatkan dari kata-kata itu ide yang sama sebagaimana yang ingin disampaikan oleh penulisnya.

Tujuan interpretasi adalah untuk mendapatkan pemahaman dan meminimalisir salah tafsir. Nah, agar lebih memahami tentang apa itu interpretasi dan apa saja jenisnya, berikut pengertian interpretasi adalah dan contohnya.

BACA JUGA : Asimilasi: Pengertian, Ciri-ciri, Pendorong & Penghambatnya

Pengertian interpetasi

interpretasi
Freepik

Interpretasi adalah penafsiran mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan pemahaman. Menurut KBBI, interpretasi adalah pemberi kesan, tafsiran, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu.

Secara umum, interpretasi diartikan sebagai proses pemberian pendapat atau gagasan, kesan ataupun pandangan secara teoritis terhadap suatu objek tertentu yang berasal dari ide mendalam dan dipengaruhi oleh latar belakang dari orang yang melakukannnya.

Umumnya interpretasi digunakan untuk menerjemahkan sebuah informasi dai bentuk selain tulisan menjadi tulisan. Atau juga dapat dijadikan informasi secara lisan. Interpretasi biasanya juga dapat ditemukan dalam struktur teks eksplanasi.

Interpretasi adalah dalam teks eksplanasi merupakan bagian untuk memberikan kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu. Dapat disimpulkan, interpretasi dalam teks eksplanasi merupakan pemaparan kesimpulan dari permasalahan yang diungkapkan dengan memberikan kalimat-kalimat opini oleh penulis di akhir paragraf.

BACA JUGA : Pengertian Teks Laporan Beserta Struktur, Ciri dan Tujuannya

Pengertian interpretasi menurut para ahli

interpretasi adalah
pexels.com

Agar lebih memahami tentang pengertian interpretasi, berikut pengertiannya menurut para ahli.

Ricoeur

Menurut Ricoeur interpretasi adalah proses berpikir teratur dalam menemukan makna yang tersembunyi pada makna yang muncul dalam sebuah lipatan taraf. Lipatan ini berada pada makna literal. Simbol dan makna menurut Ricoeur saling korelatif sifatnya dan memiliki banyak makna.

Kaelan

Kaelan berpendapat bahwa interpretasi merupakan seni yang memberikan gambaran tentang komunikasi tidak langsung. Akan tetapi maksud dari topiknya dapat dipahami dengan mudah.

Sumaryono

Sumaryono mendefinisikan interpretasi merupakan usaha untuk membongkar makna-makna yang masih terselubung atau sebuah usaha untuk membuka lipatan dari tingkat-tingkat makan yang terkandung di dalam kesustraan.

Walin

Interpretasi menurut pendapat Walin yaitu cara pelayanan yang membantu agar sebuah kelompok tertentu bisa tergugah rasa sensitifnya untuk merasakan keindahan alam sekitar, variasi, serta hubungan lingkungan. Dengan begitu nantinya orang-orang tersebut akan memiliki rasa keingintahuan dan kekaguman yang tinggi.

Freeman Tilde

Freeman Tilde berpendapat bahwa interpretasi adalah sebuah kegiatan yang memiliki sifat mendidik disertai maksud untuk mengungkapkan arti dan juga hubungan lewat perantara objek asli beserta pengalaman. Akan tetapi,media ini juga bisa digantikan dengan objek ilustrasi yang dapat memberikan informasi komunikasi secara faktual.

Gracia

Interpretasi menurut Gracia terdiri dari tiga cara pokok. Pertama interpretasi pada dasarnya sama dengan pemahaman akan pemaknaan teks. Kedua interpretasi bisa menunjukkan sebuah proses seseorang mengembangkan pemahaman pada teks. Ketiga interpretasi dipakai untuk merujuk kajian tentang teks.

Jenis-jenis

interpretasi adalah
Pixabay

Interpretasi dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

  1. Interpretasi cerpen : yaitu menggambarkan atau menafsirkan makna-maka tersirat dalam sebuah cerita pendek. Penafsiran yang ingin disampaikan pengarang dan fakta yang ada di kehidupan nyata
  2. Interpretasi citra : yaitu menganalisis gambar untuk melakukan identifikasi pada suatu objek. Hal tersebut dapat mengacu pada penginderaan jarak jauh. Modalnya seperti bayangan, warna tekstur, ketinggian, bentuk, lokasi dan situasi.
  3. Interpretasi sejarah: yaitu menafsirkan data yang berkaitan dengan sejarah. Interpretasi ini biasanya akan memunculkan sebuah subjektivitas. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah latar belakang dan sudut pandang pelaku interpretasi.

Menurut Glibert J. Garraghan, interpretasi sejarah dibedakan menjadi 5 jenis yang meliputi:

  • Interpretasi verbal
  • Interpretasi psikologis
  • Interpretasi logis
  • Interpretasi teknis
  • Interpretasi faktual
  1. Interpretasi alam : yaitu memberikan gambaran yang bekaitan dengan alam. Biasanya ditujukan untuk pendidikan, hiburan, informasi, promosi, panduan, dan pelayanan.
  2. Interpretasi musik: yakni menafsirkan apapun yang diinginkan komposer musik. Mengombinasikan ekspresi, perasaan, sejarah, sampai gambaran sosial.
  3. Interpretasi peta : mengartikan sebuah simbol yang ada dalam peta. Biasanya berupa gunung, laut, jalan, danau, sawah, dan masih banyak lagi.
  4. Interpretasi data adalah menggambungkan data-data untuk menciptakan sebuah makna tertentu. Makna inilah yang nantinya dijadikan sebuah jawaban atas persoalan yang membutuhkan interpretasi.

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Gurindam Berbagai Tema dan Pengertiannya

Tujuan interpretasi

interpretasi adalah
freepik

Secara umum, tujuan interpretasi adalah membantu seseorang memahami objek yang belum jelas. Dikutip dari buku Logika & Argumentasi Hukum yang ditulis oleh A’an Efendi & Dyah Ochtorina Susanti (2020:90), tujuan dari intrepretasi yaitu proses untuk menentukan maksud dari informasi atau dokumen tertulis. Berikut tujuan interpretasi yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Meningkatkan pemahaman

Tujuan interpretasi yaitu dapat meningkatkan pemahaman. Interpretasi ditafsirkan untuk menjelaskan tentang suatu objek yang masih belum cukup jelas. Interpretasi dapat membantu dalam meminimalisir ketidaksesuaian arti dan suatu makna.

  1. Penggunaan data

Tujuan interpretasi selanjutnya yaitu mendorong dalam penggunaan sebuah data. Ketika melakukan interpretasi , analisis dilakukan untuk memberikan penjelasan.

  1. Meminimalisir salah tafsir

Interpretasi bertujuan untuk menimimalisir salah tafsir tentang sesuatu. Hal ini juga senada dengan makna interpretasi yang merupakan seni menjelaskan, menggambarkan dan juga menjelaskan sesuatu.

Setelah mengetahui pengertian dari interpretasi dan jenisnya, agar lebih memahami tentang interpretasi dan cara melakukannya, berikut interpretasi contoh yang perlu Sedulur ketahui.

Contoh interpretasi lukisan

Pixabay

Setiap pelukis yang dapat mengungkapkan perasaan lewat gambar tidaklah  selalu mendetailkan apa yang ingin dilukisnya. Beberapa dari mereka lebih memilih gambar abstrak, dimana makna yang terkandung kurang bisa dipahami oleh semua orang.

Oleh sebab itu lukisan tersebut dijadikan objek penafsiran agar orang awam bisa memahami maksud dan tujuan dari penciptanya.

Contoh interpretasi dalam cerpen

pexels.com

Penulis yang menulis cerpen, ingin mengangkat tokoh bernama Siti yang digambarkan sebagai anak yatim dengan keadaan yang miskin.

Penulis lalu menggambarkan tokoh ini hidup sederhana dan memiliki penampilan sederhana, sehingga pembaca cerpen bisa tahu dan memiliki gambaran mengenai bagaimana tampilan Siti, apa pekerjaannya, karakternya bagaimana, apa saja perjuangannya, dan lain sebagainya.

Interpretasi merupakan hal penting untuk sarana dalam membantu melakukan komunikasi. Sebab dengan interpretasi inilah seseorang dapat berbagi informasi secara detail dan dikemas secara menarik.

Sekaligus bisa memberikan gambaran mengenai suatu kondisi dengan sangat baik, kepada mereka yang tidak melihat dan mendengar informasi ini secara langsung. Kemampuan baik dalam melakukan interpretasi juga akan membantu meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan, serta pengalaman.

BACA JUGA : 16 Kumpulan Puisi Tentang Alam yang Menyentuk & Bermakna

Contoh interpretasi dalam teks eksplanasi pengamen jalanan

interpretasi adalah
Freepik

Menanggapi keberadaanadanya pengamen jalanan haruslah dilihat dari dua sisi. Pola penyelesaian masalah ini harus dilakukan di seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah juga harus memegang peran untuk mengedukasi dan membimbing para pengamen jalanan agar menjadi pribadi – pribadi yang lebih baik kedepannya.

Kita sebagai masyarakat harus dapat bersikap bijaksana. Seperti pepatah yang mengungkapkan “jangan hanya menilai buku dari sampulnya”, mungkin sudah saatnya kita menggunakan pepatah ini dalam menanggapi keberadaan pengamen jalanan di sekitar kita.

Mengutip dari buku Bahasa dan Sastra Indonesia kelas XI, paragraf diatas berada di akhir kalimat. Dalam struktur teks eksplanasi, interpretasi berisi kesimpulan dari topik yang dijelaskan. Penulis memberikan kalimat kesimpulan yang sesuai dari paragraf tersebut.

Contoh eksplanasi di kalimat eksplanasi

Pixabay

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Walau demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Demikianlah penjelasan mengenai interpretasi dan juga contohnya. Interpretasi teks adalah berisi kesimpulan dari suatu fenomena dan hubungan sebab akibat yang berada di kalimat sebelumnya

Sementara itu, interpretasi hasil adalah interpretasi yang digunakan pada jenis interpretasi data untuk menggabungkan hasil dan juga analisis yang sudah dibuat sebelumnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.