contoh kata pengantar

Ketika membaca buku, karya ilmiah, skripsi pasti Sedulur menemukan kata pengantar pada halaman pertama. Kata pengantar tersebut bertujuan untuk mempermudah pembaca memahami pembahasan yang ditulis dalam karya tersebut. Kata pengantar dibutuhkan untuk memudahkan pembaca itu sendiri.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang kata pengantar beserta dengan contoh-contohnya. Tujuannya,  agar lebih memahami tentang kata pengantar bagi Sedulur. Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasannya terkait pengertian bseserta contoh kata pengantar di bawah ini! 

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Pengertian

contoh kata pengantar
Freepik

Kata pengantar yaitu salah satu teknik kerangka tulisan yang di dalamnya terdapat ungkapan dari penulis tentang karangan atau karya tulis yang dibuat untuk pembaca sebelum membaca karyanya. Kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih, rasa syukur, tujuan serta manfaat dari karya tulisan yang sudah dibuat.

Kata pengantar biasanya ditulis secara terpisah pada halaman tersendiri dari bagian kerangka karya tulis yang lain. Dalam kata pengantar juga dicantumkan tempat dan tanggal ditulis, serta nama penulisnya yang terletak pada bagian kanan bawah halaman.

Fungsi

Freepik

Berikut fungsi kata pengantar dalam karya tulis.

  1. Mengantarkan pembaca untuk menuju isi karya tulis dengan uraian-uraian umum yang terdapat dalam karya tulisan tersebut
  2. Menunjukkan ucapan terima kasih serta rasa syukur atas pihak-pihak yang membantu menyelesaikan karya tulis tersebut sehingga bisa dinikmati oleh pembaca saat ini
  3. Menampilkan permohonan maaf penulis terhadap pembaca jika ada bagian-bagian yang kurang atau kelemahan dari karya tulis tersebut
  4. Kata pengantar dapat mendorong atau menarik minat seseorang untuk membaca karya tulis tersebut sampai selesai

BACA JUGA : 12 Contoh Surat Undangan Resmi Beserta Cara Membuatnya

Contoh kata pengantar makalah individu

contoh kata pengantar
Pexels

KATA PENGANTAR 

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. 

Jakarta, 2 Februari 2018

Penyusun

Contoh kata pengantar laporan

conroh kata pengantar
Freepik

 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Ta’ala karena karunianya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sebagai pertanggungjawaban dari praktek kerja lapangan yang dilakukan selama 30 hari di media daring Inibaru.Id. Laporan yang berjudul “Laporan Praktek Kerja Lapangan Media Daring Inibaru.Id, Karakteristik Tulisan Berita Media Daring Inibaru.Id Dalam Penerapan Bahasa Jurnalistik” ini diajukan sebagai bukti telah menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pemilihan tema ini didasari atas karakteristik media Inibaru.id yang dirasa penulis sangat unik dalam penerapan bahasa jurnalistik. Data penerapan bahasa jurnalistik tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel hasil liputan yang ditulis oleh penulis.   Semoga dengan adanya laporan PKL ini dapat mengetahui aktivitas kewartawanan di media daring Inibaru.id serta mengetahui karakteristik media dalam penerapan bahasa jurnalistik.

Laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Surahmat, S.Pd., M. Hum., selaku dosen pembimbing, Bapak Galih Puji Laksana selaku pembimbing lapangan, dan teman-teman PKL di Inibaru.Id. Untuk itu penulis ucapkan terima kasih atas kontribusi bantuan dalam berbagai bentuk.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan  laporan ini, baik dari segi EBI, kosakata, tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian semoga laporan PKL ini bisa diterima sebagai ide atau gagasan yang menambah kekayaan intelektual dalam bidang kajian media. Semoga laporan PKL saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan juga untuk penulis sendiri.

Semarang, 3 Desember 2019

Penulis

Contoh kata pengantar proposal

Unsplash

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Ta’ala atas segala nikmatNya sehingga proposal Seminar Linguistik yang berjudul Analisis Wacana Kritis pada Rubrik (Kuasa) Bahasa Di Majalah Tempo ini dapat diselesaikan dengan maksimal, tanpa ada halangan yang berarti. Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Seminar Linguistik yang diampu oleh Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum.

Pemilihan tema ini didasari atas keresahan penulis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap pemertahanan dan perkembangan bahasa Indonesia yang tidak mengacu pada data atau permasalahan yang benar-benar terjadi dalam masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Data permasalahan bahasa tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel, esai, atau opini terkait bahasa yang terbit di salah satu media massa. Semoga dengan adanya proposal analisis wacana kritis ini dapat membuka pola pikir penulis khususnya  dan pembaca pada umumnya terkait pengaruh-pengaruh kritik dan masukan terhadap kebijakan bahasa Indonesia.

Proposal ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum., selaku dosen pengampu, dan teman-teman Linguistik 2016. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas segala bantuannya dalam berbagai bentuk hingga proposal ini dapat terselesaikan dan sampai ke tangan pembaca.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan proposal ini, baik dari segi EBI, kosakata, tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian, semoga proposal bahasa ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.

 

Semarang, 30 Juni 2019

Penulis

BACA JUGA : 8 Contoh Surat Pribadi Beserta Cara Membuatnya dengan Benar

Contoh kata pengantar singkat

contoh kata pengantar
Unsplash

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah singkat tepat pada waktunya. Adapun judul dari makalah singkat ini adalah “Manajemen Keuangan Perusahaan”.

Pada kesempatan kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen mata kuliah manajemen perusahaan yang telah membimbing saya untuk menyelesaikan makalah singkat ini. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah singkat ini.

Penulis menyadari bahwa dalam menulis makalah singkat ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun diharapkan dapat membuat makalah singkat ini menjadi lebih baik serta bermanfaat bagi penulis dan pembaca.

Bogor, 12 Februari 2021

Penulis

Contoh kata pengantar makalah mahasiswa

Freepik

KATA PENGANTAR 

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan makalah mata kuliah “KIMIA DASAR”. Selawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad saw. yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan satu di antara tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Indonesia. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra. Nikmah, Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini maka itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 5 Juni 2018

Penulis

 

Kata pengantar karya ilmiah

contoh kata pengantar
pexels.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Pentingnya Memberikan MPASI Pada si Buah Hati”

Tidak lupa penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Bagus selaku dosen untuk mata kuliah ilmu kesehatan yang telah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan masukan dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan panduan praktis dalam mengatur pola makan serta makanan serta Makanan Pendampin ASI (MPASI). Bagi para orang tua yang memiliki bayi, sebaiknya makanan pendamping ASI ini sangat perlu untuk diperhatikan.

Penulis menyadari ada kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, saran dan kritik senantiasa diharapkan demi perbaikan karya ilmiah ini. Penulis juga berharap agar karya ilmiah ini dapat memberikan pengetahuan tentang MPASI kepada orang tua.

 

Jakarta, 10 Mei 2021

Penulis

Contoh kata pengantar laporan PKL

pexels

 

KATA PENGANTAR 

Segala Puji Bagi Allah SWT atas nikmat yang sudah diberikan, penulis sudah dapat membuat serta menyelesaikan laporan Praktik Kerja Langsung (PKL) atau laporan magang. Adapun pembuatan laporan ini ditujukan sebagai syarat kelulusan dar mata kuliah PKL atau magang. Saya dapat menyelesaikan magang dengan baik tidak lepas berkat bantuan dari teman-teman kantor (nama kantor) tempat saya magang.

Begitu juga dengan pembuatan laporan magang tidak lepas dari bantuan teman-teman kuliah serta bimbingan dari banyak pihak. Oleh karena  itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada (nama) selaku Kepala Program Studi, Universitas (nama), (nama) selaku dosen pembimbing, (nama) pemimpin perusahaan), (nama) selaku pembimbing magang di perusahaan (nama), dan teman-teman, dan seterusnya.

Penulis menyadari bahwa laporan magang ini masih banya kekurangan, sehingga penulis secara terbuka menerima setiap kritik dan saran dari pembaca. Laporan PKL yang ditulis ini semoga bisa dijadikan sebagai referensi bagi pembaca terutama mahasiswa dengan satu program studi yang sama.

Tanggal

Penulis

Contoh kata pengantar buku

contoh kata pengantar
Pixabay

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena buku ini telah selesai disusun. Buku ini disusun agar dapat membantu para mahasiswa dalam mempelajari konsep-konsep manajemen keuangan beserta mempermudah mempelajari materi manajemen keuangan terutama bagi kaum awam yang belum mengenal manajemen keuangan itu sendiri.

Penulis pun menyadari jika didalam penyusunan buku ini mempunyai kekurangan, namun penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap akan memberikan sebuah manfaat bagi pembaca.

Akhir kata untuk penyempurnaan buku ini, maka kritik dan saran dari pembaca sangatlah berguna untuk penulis kedepannya.

Bandung, November 2009

Penulis

Nah, itulah daftar contoh kata pengantar laporan kegiatan dan jenis lainnya. Semoga dengan penjelasan di atas, bisa menambah wawasan Sedulur terkait teks dan bahasa Indonesia itu sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.