10 Perintah Allah

Apakah Sedulur sudah memahami 10 Perintah Allah untuk umat manusia? 10 Perintah Allah juga dikenal sebagai The Ten Commandments, Sepuluh Firman Allah, Dasa Titah, atau Dekalog. Sesuai dengan namanya, 10 Perintah Allah merupakan daftar kumpulan perintah terkait dengan etika dan ibadah yang harus dipatuhi umat manusia. Di antaranya adalah perintah untuk hanya beribadah kepada Allah dan menghormati kedua orang tua. Adapun perintah ini umum dikenal dalam ajaran Katolik.

Ingin tahu bagaimana isi lengkap 10 Perintah Allah? serta bagaimana awal mula turunnya perintah tersebut? Berikut ini, Super telah merangkum informasi selengkapnya, mulai dari sejarah, isi perintah Allah, serta tujuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 25 Ayat Alkitab untuk Motivasi dan Penyemangat Hidupmu

Kisah Musa dan 10 Perintah Allah

10 perintah allah
iStock

Sepuluh Perintah Allah atau The Ten Commandments merupakan perintah yang disampaikan Allah kepada bangsa Israel melalui perantara Nabi Musa. Perintah Allah yang juga dikenal sebagai 10 Hukum Taurat ini tertuang dalam dua Kitab Perjanjian Lama, yaitu Keluaran 20:1-17 dan Ulangan 5:6-21.

Dikutip dari IDN Times, turunnya Sepuluh Perintah Allah yang dalam bahasa Latin disebut Dekalog berkaitan erat dengan kisah Musa. Diceritakan, Musa merupakan seorang anak yang diangkat oleh Putri Firaun dan menjadi pemimpin Mesir. Hal itu membuat Raja Mesir merasa cemburu dan berusaha membunuhnya. Namun izin Allah, Musa berhasil melarikan diri sekaligus menyelamatkan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. 

Ketika Musa dan bangsa Israel sampai di padang gurun dekat Gunung Sinai, Musa kemudian diminta Tuhan untuk mendaki ke atas Gunung Sinai. Saat itulah Musa memperoleh Sepuluh Perintah Allah yang tertulis dalam dua loh batu. Menurut catatan sejarah, Perintah satu hingga empat ditulis pada loh batu pertama dan Perintah lima hingga sepuluh ditulis pada loh batu kedua.

Sepuluh Perintah Allah sendiri disebut merupakan perjanjian Allah kepada bangsa Israel yang tidak hanya untuk membebaskan mereka dari perbudakan fisik di Mesir, namun juga membebaskan dari perbudakan dosa.

Menurut ajaran Katolik, Sepuluh Perintah Allah bertujuan mengatur hubungan antara Tuhan dan manusia. Selain itu, mematuhi dan mengimani Sepuluh Perintah Allah juga diyakini dapat memberikan berkat dan perlindungan di samping menjaga spiritual dan rohani seseorang.

BACA JUGA: Bunyi Doa Salam Maria untuk Umat Katolik Beserta Artinya

Isi 10 Perintah Allah kepada manusia

iStock

Berikut adalah 10 Perintah Allah kepada manusia sebagaimana tercantum dalam Keluaran 20:1-17, sebagaimana dikutip dari churchofjesuschrist.org.

  1. “Akulah Tuhan Allahmu. Jangan ada padamu Allah lain di hadapan-Ku” (Keluaran 20:3)
  2. “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit, di bumi dan di dalam bumi.” (Keluaran 20:4)
  3. “Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu, dengan sembarangan.” (Keluaran 20:7)
  4. “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” (Keluaran 20:8)
  5. “Hormatilah ayahmu dan ibumu.” (Keluaran 20:12)
  6. “Jangan membunuh.” (Keluaran 20:13)
  7. “Jangan berzina.” (Keluaran 20:14)
  8. “Jangan mencuri.” (Keluaran 20:15)
  9. “Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.” (Keluaran 20:16)
  10. “Jangan mengingini rumah sesamamu, jangan mengingini isterinya, atau apapun yang menjadi milik sesamamu.” (Keluaran 20:17)

BACA JUGA: Siapa 12 Murid Yesus yang Diutus Menjadi Rasul Dalam Alkitab?

Tujuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Freepik

Sebelumnya Sedulur sudah menyimak isi dari 10 Perintah Allah yang disampaikan kepada umat manusia melalui perantara Musa. Namun, apakah Sedulur sudah tahu apa tujuan dari perintah tersebut?

Jika belum, berikut lima tujuan dari 10 Perintah Allah, sebagaimana dijelaskan dalam buku Pendampingan Iman Katolik karya Tim Komisi Kateketik Regio Jawa.

  • Memahami sifat Allah yang sebenarnya sehingga dapat memahami kasih Tuhan.
  • Sebagai pedoman hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
  • Sebagai petunjuk untuk menjalani hidup yang taat dan kudus sesuai dengan kehendak-Nya.
  • Memahami bahwa hukum yang diperintahkan Allah kepada umat manusia bersifat kekal dan tidak ada seorang pun yang dapat mengubah ketetapan-Nya.
  • Memahami bahwa Allah penuh kasih dan pengampunan.

Setelah memahami isi dan tujuan 10 Perintah Allah, Sedulur dapat menerapkannya mulai dari perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan tidak menyebut nama Tuhan dengan sembarangan, mengikuti kebaktian dan perayaan besar lainnya dengan senang hati tanpa perasaan terpaksa, menghormati kedua orang tua, serta senantiasa bersikap jujur.

Demikian tadi uraian mengenai 10 Perintah Allah. Telah disampaikan pula sejarah, tujuan, dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.