Ayat Alkitab motivasi terbukti sangat bermanfaat sebagai pegangan ketika hidup kita mulai goyah. Setiap kehidupan insan di dunia pastinya akan dihiasi dengan berbagai lika-liku masalah. Tidak jarang, berbagai rintangan dan beban tersebut akan membuat kita untuk malas melanjutkan kehidupan. Terlebih lagi jika kita merupakan pribadi yang terlalu fokus pada kejatuhan duniawi.

Apabila kita sedang berada di titik terendah, acapkali pertanyaan “Untuk apa diri ini melanjutkan hidup?” terlontar dari mulut. Perasaan khawatir pun pastinya muncul. Khawatir akan nasib di masa depan, khawatir pula dengan masa lalu yang buruk.

Apapun masalah yang sedang Sedulur hadapi, jangan sampai perasaan putus asa muncul di hati. Yakinlah bahwa setiap pencobaan hidup ini ada jalan keluarnya. Seperti yang telah tertulis di dalam Alkitab, banyak sekali sebenarnya ayat yang menghendaki kita untuk merefleksikan kegagalan hidup tersebut agar berubah menjadi lebih baik di masa mendatang.

Lantas, apa saja ayat-ayat tersebut? Simak rangkumannya pada poin-poin di bawah ini.

BACA JUGA: 4 Peristiwa Doa Rosario dan Tata Cara Melakukannya

1. Ayat Alkitab motivasi

ayat alkitab motivasi
Depositphotos

Di bawah ini merupakan lima ayat Alkitab yang mengandung motivasi untuk terus menjalani kehidupan.

Roma 12:4

Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,

Ayat Alkitab motivasi Amsal 18:4

Perkataan mulut orang adalah seperti air yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.

Mazmur 118:24

Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

Amsal 19:21

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

BACA JUGA: Bunyi Doa Salam Maria untuk Umat Katolik Beserta Artinya

2. Ayat Alkitab motivasi penyemangat

Depositphotos

Berikut ini adalah ayat Alkitab untuk penyemangat di berbagai situasi.

Roma 12:11

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Ayat Alkitab motivasi Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Filipi 4:19

Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Galatia 5:12

Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya!

Lukas 15:7

Aku berkata kepadamu: ‘Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.’”

BACA JUGA: 10 Doa Tidur Kristen untuk Diajarkan Pada si Kecil

3. Ayat Alkitab motivasi anak muda

ayat alkitab motivasi
Depositphotos

Bagi anak muda yang sedang kehilangan motivasi dan arah tujuan hidup, coba renungi beberapa ayat di bawah ini.

2 Korintus 9:7

Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Ayat Alkitab motivasi Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

2 Tesalonika 3:10

Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Yohanes 14:1

Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

BACA JUGA: Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

4. Ayat Alkitab motivasi tentang bersyukur

Depositphotos

Bersyukur merupakan salah satu wujud terima kasih kita kepada berkah yang diberikan Tuhan. Berikut adalah ayat-ayatnya.

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Ayat Alkitab motivasi Yesaya 40:29

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yesaya 41:10

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Yesaya 43:2

Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Roma 8:31

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

BACA JUGA: Menarik Diketahui! Sejarah Hari Valentine Beserta Asal-Usulnya

5. Ayat Alkitab motivasi tentang semangat

ayat alkitab motivasi
Depositphotos

Ketika gairah hidup mulai lesu karena menemui rintangan, ada baiknya Sedulur untuk meresapi lima ayat Alkitab berikut ini.

Yosua 1:5

Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Ayat Alkitab motivasi Ulangan 31:8

Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Kisah Para Rasul 10:4

Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: ‘Ada apa, Tuhan?’ Jawab malaikat itu: ‘Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.’

Yeremia 29:11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Yohanes 16:33

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.

Demikian rangkuman singkat mengenai ayat Alkitab motivasi yang dapat dijadikan pedoman untuk terus semangat dalam menjalani kehidupan. Ayat-ayat di atas dipilih makna mendalam tentang bagaimana seharusnya seorang umat sejati menyikapi segala pencobaan yang diberikan Tuhan.

Mulai dari Yohanes 16:33, Ulangan 31:8, Roma 8:31, hingga Yesaya 40:29, kesemua ayat tersebut senantiasa mengingatkan kita untuk terus kuat dan berpegang teguh kepada ajaran Alkitab. Sedulur tidak boleh dengan begitu saja kehilangan motivasi hidup hanya karena problematika dunia yang tidak seberapa ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.