Doa Salam Maria

Salah satu doa yang sering dibaca oleh umat Katolik adalah Doa Salam Maria. Doa ini sangat umum diucapkan di beberapa kelompok gereja, seperti Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Oriental, dan Gereja Ortodoks Timur.

Salam Maria lebih sering diucapkan umat Katolik daripada Doa Aku Percaya dan Doa Bapa Kami. Bahkan, doa ini juga didaraskan ketika melakukan doa Rosario atau doa renungan umat Katolik. Mereka akan mengucapkan doa ini hingga 10 kali sambil merenungi misteri dalam rangkaian Rosario.

BACA JUGA: Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

Doa Salam Maria

doa salam maria
Popmama

Diketahui bahwa Salam Maria merupakan gabungan dari beberapa ayat Injil Lukas, yakni Salam Malaikat Gabriel kepada Maria dalam Lukas 1:28 dan pujian yang diucapkan Elizabeth kepada Maria dalam Lukas 1:42. 

Doa ini juga memiliki kedudukan yang utama karena memuat struktur dasar dari setiap doa kepada Maria. Salam Maria juga merupakan ucapan salam dari Malaikat Gabriel saat menyampaikan kabar gembira, sehingga salam ini merupakan doa dari Tuhan sendiri. 

Melalui Salam Maria ini, umat Katolik yang berdoa sudah menyatukan diri dengan Bunda Maria atau Bunda Allah. Mereka akan menerima persembahan yang penuh semangat kesederhanaan, keterbukaan, serta pemberian diri sepenuhnya. 

BACA JUGA: 40 Ayat Emas Alkitab untuk Kekuatan Sehari-hari, Penuh Kasih

Bunyi Do’a Salam Maria

salam maria
Insight Tour

Doa ini sebenarnya singkat dan sederhana. Namun, dibutuhkan setidaknya 15 abad untuk menjadi bentuk yang ada hingga saat ini. Doa lengkap yang ada pada saat ini merupakan doa yang baru diresmikan oleh Paus Pius V pada tahun 1568, atau pada 4 abad yang lalu untuk seluruh gereja.

Bunyi doa dalam bahasa aslinya adalah sebagai berikut.

“Ave Maria, gratia plena, Dominus tecum. Benedicta tu in mulieribus, et benedictus fructus ventris tui, Iesus.

Sancta Maria, Mater Dei,

ora pro nobis peccatoribus, nunc, et in hora mortis nostrae.

Amen.”

BACA JUGA: Doa Aku Percaya Katolik Lengkap: Panjang dan Pendek

Arti Doa Salam Maria

doa salam
IDN Times

Dari doa sebelumnya, berikut adalah artinya dalam bahasa Indonesia.

“Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.

Santa Maria, bunda Allah,

doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati.

Amin.”

Demikian bunyi Doa Salam Maria yang biasa diucapkan oleh umat Katolik beserta dengan artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan mampu mengamalkan doa tersebut dengan khusyuk dan sebaik-baiknya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.