Murid yesus

Selama perjalanan menyebarkan ajaran Kristiani, Yesus Kristus dikenal memiliki murid-murid yang membantu melayani pengajaran-Nya. Murid-murid tersebut berjumlah 12 orang dan dikenal dengan sebutan 12 murid Yesus atau 12 Rasul Yesus.

Penggunaan istilah rasul dalam teologi Kristen ditulis dalam bahasa Yunani “Apostolos” yang memiliki arti utusan. Disebutkan juga dua belas Rasul Yesus tersebut melambangkan 12 suku Israel yang merupakan bangsa pertama yang dipilih Allah SWT untuk menerima janji keselamatan. Apakah Sedulur ingin tahu 12 murid Yesus namanya siapa saja? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA: Doa Aku Percaya Katolik Lengkap: Panjang dan Pendek

Dasar penentuan 12 murid Yesus

12 murid Yesus
iStock

Jika Sedulur masih bertanya 12 murid Yesus siapa saja, maka jawabannya adalah 12 murid Yesus terdapat dalam kitab. Dalam Injil Matius di Alkitab telah dijelaskan bahwa Yesus berdoa ke gunung sendirian untuk memutuskan 12 murid yang nanti akan ia pilih.

Selesai berdoa, Yesus memanggil muridnya yaitu Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes, Filipus, Tomas, Matius, Bartolomeus, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon dan Yudas Iskariot.

Selama mengikuti Yesus, 12 murid Yesus Katolik telah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin yang meneruskan ajaran cinta kasih kepada dunia setelah Yesus kembali ke surga. Berikut adalah bunyi Matius 10 ayat 2-4 yang menjelaskan kedua belas nama Rasul tersebut.

Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.”

12 murid Yesus dalam Alkitab

12 murid Yesus
iStock

Setelah Yesus bangkit dari kematian, Dia mengutus kedua belas murid-Nya untuk menginjil dan menjadi saksi-Nya sehingga mereka disebut sebagai kedua belas rasul. Berikut adalah penjelasan mengenai 12 murid Yesus berurutan.

1. Simon Petrus

Simon murid yesus
National Catholic Register

Murid Yesus yang pertama adalah Simon Petrus atau Petrus. Sebelum menjadi pengikut Yesus, ia merupakan seorang nelayan dari Galilea di Kapernaum. Dalam Injil Matius dan Markus, dikisahkan bahwa Yesus menghampiri Petrus saat ia sedang menjala ikan.

Petrus merupakan murid yang paling dekat dengan Yesus sehingga dianggap sebagai pemimpin kelompok Rasul. Selain sangat dekat, Petrus juga selalu memperhatikan kebutuhan Yesus.

Petrus sempat diberikan nama khusus oleh Yesus, yaitu Kefas yang mengisyaratkan kepercayaan Yesus terhadap Petrus yang akan meneruskan ajaran-Nya. Dalam Injil Matius juga dijelaskan bahwa Yesus meletakkan landasan gerejanya di atas Petrus. Akan tetapi, nama Petrus lebih banyak digunakan karena bahasa Yunani merupakan bahasa universal saat itu. 

Sebenarnya, Petrus sempat menyangkal Yesus selama tiga kali. Namun setelah Yesus bangkit, ia dikunjungi oleh Yesus secara khusus. Setelah kematian Yesus, Petrus meneruskan penyebaran ajaran Kristen hingga ke kota Roma dan menjadi Paus pertama umat Kristiani selama kurang lebih 25 tahun. 

BACA JUGA: 10 Hukum Taurat, Perintah Allah Kepada Manusia dan Artinya

2. Andreas

Andreas murid yesus
Christian Pilgrimage

Andreas merupakan saudara kandung Simon Petrus yang tinggal bersama dan juga menjadi seorang penjala ikan. Dalam injil Yohanes, Andreas tercatat sebagai murid dari Yohanes Pembaptis yang juga mengajak masyarakat untuk bertobat serta dibaptis di Sungai Yordan.

Andreas dikenal memiliki peran dalam mukjizat Yesus saat memberi makan lima ribu orang. Ia merupakan sosok yang membawakan anak kecil dengan lima roti dan dua ikan kepada Yesus. Usai meninggalnya Yesus, Andreas pun menyebarkan ajaran Yesus ke Rusia dan Yunani.

3. Yakobus anak Zebedeus

Yakobus
Wikipedia

Yakobus juga merupakan murid yang dekat dengan Yesus seperti Petrus. Sebelum menjadi pengikut, Yakobus bekerja sebagai nelayan bersama Yohanes dan ayahnya. Ia juga dikenal sebagai sosok pembicara dan deklamator yang baik.  

Yakobus anak Zebedeus merupakan kakak dari rasul Yohanes. Yesus memberikannya julukan Boanerges yang memiliki arti Putra Gemuruh. Hal ini karena Yakobus pernah marah kepada orang-orang Samaria yang saat itu menolak Yesus dan menjadi martir pertama dari 12 Rasul Yesus.

4. Yohanes

Yohanes murid Yesus
Wikipedia

Yohanes merupakan adik kandung Yakobus yang menjadi murid termuda Yesus. Ia memiliki nama dalam bahasa Yunani yang ditulis Ioannes atau Tuhan adalah Maha Pemurah. Ia dikenal sebagai murid paling setia karena mendampingi Bunda Maria ketika Yesus disalib. Bahkan, Yesus juga meminta Yohanes untuk menjaga Bunda Maria.

Dalam misionaris, Yohanes bekerja sama dengan Petrus untuk mengenalkan ajaran Yesus kepada orang samaria di Yerusalem. Setelah itu, pada tahun 60 masehi, Yohanes pergi ke Asia dan menjadi Uskup di kota Efese.

Dalam misi penginjilannya, Yohanes berhasil menulis empat kitab, yakni 1 Yohanes, 2 Yohanes, dan 3 Yohanes, dan Kitab Wahyu. Ia menjadi rasul Yesus yang paling lama hidup dan dikenal sebagai rasul kasih karena banyak menulis tentang cinta kasih. 

5. Filipus

Filipus
Wikipedia

Filipus merupakan rasul Yesus yang berasal dari Betsaida. Ia pertama kali bertemu dengan Yesus saat berada di sungai Yordan, Betania. Berbeda dengan murid lain yang dipanggil berpasangan, Filipus hanya dipanggil sendirian.

Setelah menjadi murid, ia kemudian membawa serta Natanael atau Bartolomeus untuk menjadi murid Yesus. Rasul Filipus tidak banyak tertulis di Alkitab, kecuali pada Injil Yohanes. Meski dalam Alkitab tidak diceritakan pekerjaan Filipus, kemungkinan besar ia juga seorang nelayan.

BACA JUGA: 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

6. Bartolomeus

Bartolomeus
Concordia Publishing House

Rasul Yesus yang keenam adalah Bartolomeus. Ia merupakan sosok yang cerdas, jujur, dan tulus serta memiliki pemikiran yang terbuka. Meskipun awalnya sempat ragu ketika diajak menjadi murid Yesus, Bartolomeus akhirnya tetap menemui Yesus karena pernyataan yang diucapkan Filipus.

Bartolomeus juga dikenal sebagai Natanael. Ia ditunjuk sebagai misionaris yang pergi ke India, Mesopotamia (Irak), Ethiopia, Armenia dan Parthia (Iran bagian Timur). Menurut Eusebius, dalam tugas misionarisnya ke India, Bartolomeus meninggalkan sebuah salinan Injil Matius. 

7. Tomas

Thomas
Wikipedia

Murid Yesus yang ketujuh adalah Tomas. Awalny, ia merupakan sosok yang lemak dan ragu. Namun setelah bertemu Yesus, ia menjadi pribadi yang lebih bersemangat dalam hidup dan memiliki tekad besar untuk melayani Kerajaan Allah. 

8. Matius

Matthew
Learn Religions

Matius, sebelumnya bernama Lewi merupakan seorang pemungut cukai yang saat itu bekerja di bawah pemerintahan Romawi. Ia sempat dipandang buruk oleh orang Yahudi karena pekerjaannya. Namun setelah dipanggil Yesus sebagai muridnya, ia langsung meninggalkan pekerjaannya dan mengganti nama menjadi Matius atau Karunia Tuhan.

9. James anak Alfeus

James
History Today

Murid Yesus kesembilan adalah James anak Alfeus. Ia merupakan seorang pemungut cukai yang bertugas sebagai kolektor pajak. Ia dipilih Yesus karena merupakan sosok yang terus mengutamakan Tuhan, sederhana dan tidak pernah mengulangi kebiasaan buruknya. 

10. Tadeus

Tadeus
Learn Religions

Murid kesepuluh adalah Tadeus. Ia merupakan sosok yang memiliki tiga nama, yaitu Tadeus, Lebbaeus, dan Yudas. Ia merupakan murid yang mencurahkan hidupnya untuk Yesus serta menunjukkan pengabdian dan ketekunannya kepada Yesus.  

BACA JUGA: Doa Makan Kristen untuk Bersyukur Kepada Tuhan

11. Simon Zelot

Simon
Learn Religions

Murid selanjutnya adalah Simon yang berasal dari suku Zelot, yakni suku yang memberontak pemerintahan Romawi. Simon menjadi murid yang dipanggil bersamaan dengan Petrus, Andreas, Yohanes, Yakobus, Tadeus, dan Yudas Iskariot. 

12. Yudas Iskariot

Judas Iskariot
Infobae

Murid terakhir Yesus adalah Yudas Iskariot yang awalnya merupakan pengkhianat Yesus. Ia pernah menjual Yesus seharga 30 keping uang perak. Setelah menyesali perbuatannya, ia membuang semua uang perak dan bunuh diri dengan menggantung dirinya. 

Itulah 12 murid Yesus yang dijelaskan dalam Alkitab. Mereka dipilih Yesus sebagai murid untuk dipersiapkan menjadi pemimpin yang meneruskan ajaran cinta kasih kepada dunia setelah Yesus kembali ke surga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.