produk chili oil

Salah satu bahan yang tidak boleh dilewatkan saat mencicipi masakan Jepang, Korea atau Cina adalah produk chili oil. Produk yang biasanya dijadikan saus cocolan dimsum ataupun kuah ramen ini memiliki rasa yang pedas dan khas. Tak hanya membuat masakan menjadi lebih sedap, penggunaan minyak cabai ini juga akan lebih menggugah selera makan.

Sebenarnya tidak susah untuk membuat minyak cabai sendiri di rumah. Namun, bila Sedulur terlalu sibuk mengurus pekerjaan rumah yang lain, salah satu cara praktis yang bisa Sedulur terapkan adalah membeli produk chili oil instan. Selain rasanya yang tidak terlalu berbeda jauh, Sedulur juga bisa lebih menghemat waktu belanja.

Bingung memilih mana produk yang paling cocok dan sesuai kebutuhan? Berikut adalah daftar rekomendasi yang bisa Sedulur simak!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Coklat Bubuk Terbaik Untuk Membuat Kue

-->

Apa itu chili oil?

produk chili oil
iStock

Chili oil yang dikenal juga sebagai minyak cabai merupakan kondimen untuk makanan. Minyak ini biasanya disajikan sebagai teman makan dimsum maupun ditambahkan ke dalam kuah ramen ala Jepang yang menggugah selera. Selain itu, minyak cabai ini juga bisa digunakan untuk menumis sayur hingga bumbu tambahan untuk marinasi.

Sesuai cara pembuatannya, chili oil juga dikenal sebagai infusi cabai dan rempah-rempah ke dalam minyak panas. Pertama, minyak harus dipanaskan hingga mencapai suhu sekitar 100 °C. Selanjutnya, masukkan rempah-rempah hingga aroma dan rasanya bisa luruh dengan sempurna. Setelah itu, tuangkan minyak panas ke atas bubuk cabai sambil terus disaring.

Cara memilih chili oil 

iStock

Sebelum membeli produk chili oil yang beredar di pasaran, Sedulur bisa menyimak beberapa cara di bawah ini agar mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

Kenali berbagai minyak yang dipakai untuk pembuatan chili oil

Pertama kali yang harus Sedulur perhatikan adalah minyak yang digunakan. Hal ini karena kualitas cabai dan jenis minyak yang digunakan akan memengaruhi rasa chili oil yang dihasilkan. Agar mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi, gunakanlah minyak yang memiliki rasa netral.

Setidaknya, ada tiga jenis minyak yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan chili oil. Pertama adalah minyak kelapa sawit atau minyak sayur. Minyak ini menjadi jenis minyak yang paling banyak ditemui dan umum dipakai masyarakat. Karena memiliki rasa yang netral, minyak sayur bisa digunakan untuk membuat chili oil.

Jenis minyak kedua adalah minyak kedelai atau soybean oil. Minyak ini secara umum memiliki karakteristik yang mirip dengan minyak kelapa sawit. Minyak ini juga memiliki rasa yang netral dengan titik didih yang cukup tinggi. Sedulur juga bisa menggunakan soybean oil sebagai pembuatan chili oil atau bahan untuk memasak lainnya.

Ketiga adalah minyak wijen. Minyak ini dapat menambah cita rasa dan aroma pada makanan yang dimasak. Aroma khas dan rasa kacang yang sedikit manis ini dapat dijadikan bahan pembuatan chili oil agar menghasilkan aroma yang lebih harum dan rasa yang nutty.  

Perhatikan juga komposisi lainnya  

Meskipun dari namanya bisa diartikan sebagai perpaduan antara cabai dengan minyak, namun chili oil juga dibuat dengan bahan-bahan lainnya, lho! Secara umum, chili oil akan dibuat dengan berbagai rempah-rempah sehingga memiliki rasa yang kaya. 

Beberapa rempah-rempah yang umumnya dicampurkan ke dalam chili oil, antara lain kayu manis, adas, Sichuan peppercorns, dan daun salam. Selain itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cengkih, kapulaga, dan jahe juga sering ditambahkan dalam pembuatan chili oil agar lebih sedap.

Adanya perpaduan berbagai rempah-rempah dalam sebotol chili oil tentunya akan membuat rasanya lebih nikmat. Terlebih, aroma masakan yang diolah dengan campuran chili oil juga akan menjadi lebih harum dan menambah selera siapapun yang akan menyantapnya. Bahan tambahan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah garam. Hal ini karena penambahan garam akan memperkuat rasa dari rempah-rempah dan cabai. 

Pilih level pedas chili oil sesuai kebutuhan

Dalam membeli chili oil instan, Sedulur juga bisa memilih level pedas sesuai kebutuhan dan selera. Meskipun namanya minyak cabai, namun beberapa produk chili oil juga menawarkan berbagai level pedas. Mulai dari chili oil yang dengan rasa yang tidak terlalu pedas, hingga chili oil yang memiliki rasa sangat pedas. Agar tidak salah dalam membeli, jangan lupa untuk membaca ulasan pelanggan terdahulu yang sudah memberikan testimoni!  

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Fruit Tea Paling Laris, Enak dan Segar!

Makanan yang menggunakan produk chili oil  

iStock

Sebelum membahas produk apa saja yang bisa Sedulur pilih, Sedulur juga perlu mengetahui makanan apa saja yang biasanya menggunakan chili oil. Secara umum, makanan yang paling sering dibumbui menggunakan chili oil adalah makanan ala Asia Timur, yakni makanan-makanan yang berasal dari China, Jepang, dan Korea. 

Berikut ini adalah beberapa jenis masakan yang memiliki rasa lezat berkat perpaduannya dengan minyak cabai pilihan. 

  1. Lamb manti

Lamb manti merupakan makanan khas negara Turki yang memiliki bentuk hampir sama dengan dumpling. Makanan ini terbuat dari daging domba yang telah dicincang lembut. Penggunaan chili oil pada masakan ini bukanlah dijadikan campuran isian, melainkan digunakan sebagai kuah yang dikucurkan bersama yoghurt di atas lamb manti.  

  1. Hongyou chaoshou

Makanan yang menggunakan chili oil berikutnya adalah hongyou chaoshou. Makanan ini merupakan salah satu jenis dumpling khas China yang berisi daging cincang dengan rasa yang lezat. 

Jika umumnya wonton diolah menjadi sup atau digoreng dan disajikan dengan campuran saus dan chili oil, hongyou chaoshou merupakan wonton yang diolah dengan mencampurkannya dengan chili oil dan memberikan tambahan irisan daun bawang dan sayur pokcoy yang sudah direbus.

  1. Dandan noodles

Berikutnya ada dandan noodles, yakni mie pedas sichuan yang penyajiannya menggunakan racikan chili oil bersama rempah-rempah dan aneka ragam saus. Olahan mie yang sangat nikmat ini juga dilengkapi dengan daging cincang, daun bawang cincang, dan pakcoy. Bila tidak teliti, Sedulur bisa menganggapnya sebagai mie ayam karena tampilannya yang sekilas mirip. 

  1. Yukgaejang

Makanan dengan chili oil lainnya adalah yukgaejang. Menu ini merupakan makanan khas dari Korea Selatan yang berupa sup sapi pedas dengan perpaduan chili oil pada saat proses pembuatannya. 

Sup ini memiliki kaldu yang berasal dari berbagai rempah-rempah dan rebusan daging sapi, sehingga rasanya sangat gurih dan memanjakan lidah. Lebih dari itu, sup yukgaejang juga biasanya disajikan dengan nasi Korea sehingga membuat perut lebih kenyang.

  1. Mapo tofu

Berikutnya ada mapo tofu, makanan khas dari China yang dihidangkan bersama racikan chili oil. Menu ini diolah dari tahu yang dipotong kotak-kotak, lalu dimasak dengan minyak cabai dan aneka bumbu rempah, kuah kaldu, dan beraneka macam saus. Biasanya, mapo tofu akan disantap bersama nasi putih hangat untuk mengenyangkan perut. 

  1. Sundubu Jjigae

Makanan yang menggunakan chili oil lainnya adalah sundubu jjigae. Menu ini termasuk makanan khas Korea Selatan lain yang diolah dengan mencampurkan chili oil di dalamnya. Sedulur akan menemukan sajian sup pedas dari bahan dasar tahu yang sangat lembut, dengan pelengkap berupa bahan makanan laut, seperti kerang dan udang.  

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui cara memilih dan jenis makanan apa saja yang bisa diolah menggunakan chili oil, kini saatnya Sedulur mengetahui rekomendasi beberapa produk chili oil yang bisa digunakan sendiri di rumah untuk membuat masakan menjadi lebih lezat.

1. Garlic Chili Oil by Millimala

produk chili oil
millimala

Rekomendasi produk chili oil yang pertama adalah Garlic Chili Oil by Millimala. Produk ini dibuat tanpa biji mala dan ebi, sehingga cocok untuk Sedulur yang seorang vegetarian. Produk ini dikemas dalam botol kaca dengan berat bersih 250 gram sehingga sangat pas dalam genggaman. 

Garlic Chili Oil by Millimala bisa Sedulur gunakan untuk berbagai masakan. Mulai dari pelengkap mie, hotpot, nasi, dimsum, wonton, ayam krispi, dan aneka menu lezat yang lainnya.  Sedulur juga hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp50.000 untuk mendapatkan chili oil berkualitas ini. 

Menariknya lagi, produk ini juga bisa disimpan di dalam kulkas atau freezer dan bisa bertahan hingga 3-6 bulan lamanya. Sangat awet sekali, bukan?  

2. Lao Gan Ma Hot Chili in Oil Sauce

Food52

Produk berikutnya ada Lao Gan Ma Hot Chili Sauce, salah satu merk chili oil paling populer yang telah ada sejak tahun 1997. Produk yang ditemukan oleh Tao Huabi ini memiliki harga yang sangat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp25.000 saja untuk kemasan berukuran 280 gram.

Komposisi chili oil ini bisa dibilang cukup komplit. Mulai dari cabai, minyak kedelai, chili peanut, MSG, rutabaga, soybean curd, garam, gula, dan sodium sulfat. Sayangnya, produk ini tidak bisa dikonsumsi oleh Sedulur yang memiliki alergi kacang, sebab ada kandungan minyak kedelai di dalamnya.  

3. Braja Sambal Minyak Chili Oil

produk chili oil
Braja Official Shop

Braja Chili Oil termasuk salah satu chili oil dengan komposisi utama cabai rawit kering yang dipadukan dengan berbagai rempah-rempah pilihan. Produk ini memiliki citarasa gurih dan pedas yang sangat cocok untuk berbagai masakan, seperti nasi goreng, tumisan, bakmi, sup, hingga olahan dari mie. 

Produk ini juga cocok dijadikan bahan cocolan untuk dimsum, sukiyaki, gorengan, maupun shabu-shabu. Cukup dengan mencampurkannya dengan cuka hitam dan kecap asin terlebih dahulu, Sedulur sudah bisa mendapatkan rasa yang mantap. Braja Chili Oil juga dikemas dalam botol kaca dengan berat bersih 180 gram sehingga terjamin kehigienisannya. Bila Sedulur tertarik, minyak cabai ini hanya dibanderol sekitar Rp28.000 saja. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik, Pasti Bikin Kinclong!

4. Eastern Chili Oil Hot

Eastern Group

Eastern Chili Oil Hot merupakan salah satu minyak cabai yang sudah ada sejak tahun 1999. Dikenal dengan rasa pedas, gurih, dan aroma yang sangat kuat, minyak cabai ini sering digunakan sebagai campuran dalam berbagai hidangan lezat, terutama pada dimsum. 

Diproduksi dalam kemasan botol vakum, Sedulur tidak perlu meragukan kualitas dan higienitas produk chili oil ini. Selain itu, Eastern Chili Oil Hot juga bisa disimpan dalam waktu lama dalam penggunaannya. Untuk kemasan mini dengan berat bersih 100 gram, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga Rp33.000 saja. 

5. Uncle Han’s Cantonese Chili Oil

produk chili oil
HLL Store

Salah satu produk chili oil yang terkenal adalah Uncle Han’s Cantonese Chili Oil. Produk ini tidak hanya mengandung cabai kering saja, namun juga dilengkapi dengan bawang putih, shallot, ebi premium, gula, garam, dan 17 bumbu maupun rempah pilihan lainnya. Tak heran, aroma minyak cabai ini sangat kuat dengan rasa yang pedas, gurih, asih, dengan sedikit sentuhan manis.

Bila Sedulur mencari produk minyak cabai yang memiliki beberapa varian rasa dan level pedas, maka produk dari Uncle Han’s inilah jawabannya. Ada varian rasa strong dengan level normal, spicy, dan extra spicy, serta varian Ginger Infused Chili Oil yang memiliki aroma jahe dan daun bawang yang kuat.

Layaknya produk chili oil lainnya, Uncle Han’s Cantonese Chili Oil juga bisa Sedulur gunakan sebagai saus cocolan aneka makanan maupun bumbu pada berbagai hidangan. Menariknya lagi, produk ini dikemas menggunakan botol kaca vakum berisi 175 ml.

Oleh karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, produk minyak cabai ini hanya mampu bertahan hingga 15 hari saja di suhu ruang. Oleh karena itu, pastikan Sedulur menyimpannya di dalam kulkas atau freezer. Bila Sedulur tertarik, minyak cabai ini dijual dengan harga mulai dari Rp55.000 saja.  

6. MSH Chilli Oil

MSH Rempah Official

Rekomendasi berikutnya adalah MSH Chili Oil. Produk ini terbuat dari komposisi cabai merah kering, ebi, kecap asin, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, garam, dan kaldu jamur. Sedulur tak perlu khawatir, karena produk ini dibuat tanpa tambahan MSG sama sekali dan baru akan dibuat dan dikemas bila ada pemesanan saja. Oleh karena itu, kesegarannya pasti akan terjaga hingga ke tangan pelanggan. 

Oleh karena tidak mengandung bahan pengawet, produk minyak cabai dari MSH ini harus Sedulur simpan di dalam kulkas atau freezer. Dengan begitu, minyak cabai ini akan bertahan selama 2-6 bulan. Dikemas dalam botol plastik dengan berat bersih 180 gram, Sedulur hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp32.000 saja. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk Minyak Goreng untuk Diet, Bikin Sehat!

7. Lee Kum Kee Chiu Chow Chili Oil

produk chili oil
Elias Iskandar

Lee Kum Kee Chiu Chou Chili Oil merupakan salah satu minyak cabai yang diolah dari cabai kering dengan minyak kedelai. Produk ini memiliki cita rasa pedas autentik dari Chiu Chow China. Selain itu, komposisi produk ini juga terdiri dari cabai asin 6% (cabai, garam), bawang putih kering 8%, kecap, garam, minyak wijen, gula, dan penguat rasa.

Perpaduan rasa pedas dan aroma rempah yang kuat membuat produk ini bisa digunakan untuk berbagai masakan. Mulai dari bumbu tumisan, saus pelengkap, hingga bumbu campuran di berbagai hidangan lainnya. Untuk mendapatkan Lee Kum Kee Chiu Chou Chili Oil ini, Sedulur hanya perlu membayar sekitar Rp33.000 untuk ukuran kemasan 205 gram.

8. The Duck King Sauce Chili Oil

Juli1007

Rekomendasi berikutnya adalah The Duck King Sauce Chili Oil. Minyak cabai khas dari Sichuan ini diolah dengan cincangan cabai kasar dengan perpaduan rasa pedas, asam, dan manis yang pas. Rasanya yang mantap membuat produk ini bisa digunakan untuk campuran berbagai masakan, misalnya dimsum. 

Tak hanya itu, minyak cabai ini juga bisa Sedulur gunakan untuk mengolah nasi goreng, mie, dan aneka gorengan lainnya. Hanya dengan Rp40.000 saja, Sedulur sudah bisa membawa pulang The Duck King Sauce Chili Oil dalam kemasan botol kaca dengan berat bersih 185 gram.

9. Imperial Kitchen & Dimsum Chilli Oil

produk chili oil

Imperial Kitchen & Dimsum tak hanya memiliki makanan yang lezat, namun juga memiliki chili oil yang mantap. Kelezatan chili oil dari Imperial Kitchen & Dimsum ini bisa Sedulur nikmati dengan mudah dari rumah, cukup dengan harga mulai dari Rp34.900 saja.

Produk chili oil ini memiliki rasa yang tidak terlalu asin, sehingga biasanya digunakan sebagai cocolan. Sedulur bisa menggunakannya sebagai saus dimsum dan merasakan nuansa seakan-akan sedang makan di restoran.  

BACA JUGA:  13 Rekomendasi Merk Deterjen Terbaik, Ampuh Basmi Kuman!

10. Sambal Sassi Premium Chilli Oil

Sambal Sassi

Bila Sedulur menginginkan chili oil yang tidak menggunakan minyak sayur atau minyak kedelai, maka Sambal Sassi Premium Chilli Oil adalah salah satunya. Produk ini menggunakan minyak kanola yang rendah lemak jenuh, sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. 

Lebih dari itu, Sambal Sassi Premium Chilli Oil juga dibuat dengan berbagai bahan premium yang berasal dari Jepang dan tidak memiliki kandungan pengawet sintetis. Minyak cabai ini juga tersedia dalam dua pilihan rasa, yakni original dan pedas dengan harga mulai dari Rp70.000 untuk kemasan berukuran 250 gram.  

11. Buleg Sambel Sena Chili Oil

Buleg Jakarta

Berikutnya ada Buleg Sambel Sena Chili Oil, minyak cabai yang terbuat dari komposisi cabai rawit kering, minyak bawang, gula, cabai merah kering, garam, dan penyedap. Memiliki tekstur yang less oil, membuat produk ini cocok dicampurkan ke makanan berkuah, seperti soto, bakso, lontong sayur, ramen, dan kuah steamboat.

Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan minyak cabai ini ke dalam hidangan yang memiliki tekstur cenderung kering, misalnya mie goreng, nasi goreng, maupun bihun goreng dan ceker mercon. Sementara itu, bila ingin menggunakannya sebagai saus cocolan, Sedulur bisa mencampurkan Buleg Sambel Sena Chili Oil dengan kecap manis agar rasanya lebih seimbang. 

Tertarik mencobanya? Produk chili oil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp21.000 untuk kemasan berukuran 80 gram.  

12. Chilli Me Softly Sichuan Chilli Oil

produk chili oil
Chillimesoftly.id

Rekomendasi produk chili oil yang terakhir adalah Buleg Sambel Sena Chili Oil. Produk ini akan memberikan sensasi makanan pedas ala Sichuan yang nikmat. Dibuat dengan campuran sichuan peppercorns, cita rasa minyak cabai ini tentunya sangat autentik. Selain itu, aromanya juga khas ala masakan Sichuan di China.

Produk ini terdiri dari dua level, yakni original dan extra spicy. Pada varian original, level pedasnya masih tidak terlalu pedas, sehingga bagi Sedulur yang menyukai makanan pedas, sangat disarankan untuk memilih varian extra spicy. Bila tertarik mencobanya, Sedulur perlu merogoh kocek mulai dari Rp35.000 untuk minyak cabai ini.

Demikian informasi seputar rekomendasi produk chili oil beserta cara memilih dan contoh makanannya. Bila Sedulur tertarik menggunakan minyak cabai ini dalam mengolah hidangan di rumah, Sedulur bisa membelinya dengan mudah melalui Aplikasi Super.

Tak hanya itu, Sedulur juga bisa sekaligus belanja berbagai kebutuhan dapur dan memasak lainnya, seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Berbagai diskon dan cashback menarik juga bisa Sedulur dapatkan dalam setiap transaksinya, lho!

Tak usah menunggu lama lagi, yuk segera download Aplikasi Super di Google PlayStore dan nikmati belanja mudah sekarang juga!