rekomendasi fruit tea

Bosan dengan rasa teh murni? Cobalah teh yang sudah dicampur dengan buah-buahan atau fruit tea. Teh buah ini memiliki rasa yang tak kalah nikmat dan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Bila Sedulur masih bingung untuk memilih mana produk yang tepat, simak beberapa rekomendasi fruit tea yang akan dijelaskan dalam artikel berikut.

Selain memberikan informasi seputar rekomendasi fruit tea, artikel ini juga akan membahas manfaat dari fruit tea dan bagaimana tips memilih fruit tea sesuai kebutuhan masing-masing. Menarik bukan? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

Manfaat Fruit Tea 

rekomendasi fruit tea
iStock

Selain mendapatkan manfaat dari teh itu sendiri, Sedulur tentunya juga akan mendapatkan manfaat dari ekstrak buah-buahan yang ditambahkan dalam fruit tea. Manfaat pertama yang bisa didapatkan adalah perlindungan sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini bisa terjadi karena teh dan buah-buahan kaya akan antioksidan, sehingga perpaduan keduanya akan membuat fruit tea menjadi sumber antioksidan yang tepat.

-->

Sedulur bisa memilih beberapa buah, seperti aneka beri-berian dan delima untuk mendapatkan antioksidan yang lebih tinggi. Nantinya, kandungan antioksidan ini akan melindungi sel dalam tubuh dari efek buruk radikal bebas yang biasanya berasal dari polusi maupun obat-obatan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Manfaat lain dari fruit tea adalah melindungi dan memulihkan tubuh dari kelelahan. Kandungan vitamin C dan beta karoten pada buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan lemon akan membuat tubuh kembali segar. Selain karena meminumnya, mencium aroma teh juga bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Teh juga dipercaya mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat. 

Konsumsi teh yang telah diperkaya dengan buah-buahan juga dapat mencegah anemia, memperbaiki kondisi kulit, serta membantu menjaga kesehatan hati. Hal ini karena beberapa produk fruit tea juga kaya akan asam folat. Lebih dari itu, buah-buahan juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. 

Dengan konsumsi buah yang cukup, pencernaan akan menjadi lebih sehat. Serat dalam buah-buahan juga mampu mengaktifkan bakteri baik di pencernaan, sehingga proses metabolisme tubuh bisa berjalan lancar. Dengan metabolisme yang sehat, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup dan terhindar dari kelelahan dan penyakit lainnya.

Tips Memilih Fruit Tea

iStock

Setelah mengetahui manfaatnya, kini saatnya Sedulur memahami hal-hal penting sebelum membeli fruit tea yang beredar di pasaran. Berikut adalah ulasannya.

Sesuaikan bahan, rasa, dan manfaat dengan keinginan

Sebelum membeli, pastikan bahan, rasa, dan manfaat fruit tea yang Sedulur pilih sudah sesuai dengan keinginan. Hal ini karena fruit tea yang dijual di pasaran memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing, sehingga perlu disesuaikan dengan keinginan penikmatnya. 

Bila Sedulur mencari teh buah untuk menyegarkan pikiran dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh, maka teh citrus adalah pilihan yang tepat. Teh yang terbuat dari jeruk atau lemon ini memiliki rasa asam dan aroma relaksasi yang dapat menyegarkan pikiran dan membuat suasana hati selalu bahagia. 

Selain itu, jeruk dan lemon juga memiliki efek baik untuk pencernaan, sehingga cocok dijadikan agen detoksifikasi. Menariknya lagi, kandungan antioksidan yang tinggi dari vitamin C-nya mampu membuat kulit lebih terawat dan mencegah penuaan dini. 

Berikutnya ada teh dari beri-berian. Teh ini cocok untuk Sedulur yang ingin mencegah penuaan dini dan meningkatkan metabolisme kulit. Selain kaya akan vitamin C, zat besi, kalsium, dan zinc, beri-berian juga memiliki rasa nikmat yang sudah populer di lidah orang Indonesia. Selain itu, teh ini juga memberikan rasa segar yang sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. 

Bila Sedulur mencari teh yang mengandung mineral dan vitamin untuk menjaga kecantikan kulit, maka teh apel bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan vitamin, mineral, dan pektin dalam teh apel tak hanya baik untuk kesehatan kulit, namun juga baik untuk memulihkan kondisi usus. Teh apel biasanya disajikan bersama kayu manis, sehingga mampu mencegah penuaan dini dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Contoh lainnya adalah teh persik, yakni fruit tea yang baik untuk menjaga sel tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan karena buah persik kaya akan serat makanan pektin yang baik untuk sel tubuh. Tak hanya itu, kandungan katekin (jenis polyphenol) pada buah persik juga dapat mencegah kanker dan penuaan dini.

Pilih teh sesuai selera pribadi
Di pasaran, ada banyak pilihan jenis teh buah yang beredar, seperti bentuk celup, seduh, dan bubuk. Teh seduh secara umum berbentuk aneka buah yang dikeringkan, yang biasanya juga dicampurkan dengan herbs kering lain untuk menghasilkan rasa yang lebih enak dan manfaat yang lebih kaya.

Untuk menikmatinya, Sedulur hanya perlu memasukkan beberapa buah kering dalam teko dan menyeduhnya dengan air panas. Setelah beberapa saat, air akan berubah mengikuti warna buah kering dan teh siap dinikmati. Teh seduh sangat cocok bagi Sedulur yang tertarik dengan bentuk asli buah-buahan.

Sementara itu, bagi Sedulur yang menyukai hal yang praktis, teh celup adalah pilihan yang tepat. Teh celup merupakan teh yang sudah dikemas dalam kantong (tea bag), sehingga dalam penyeduhannya bisa langsung diminum tanpa perlu disaring lagi. Teh celup sangat praktis karena tidak meninggalkan ampas seperti teh seduh.  

Jenis terakhir adalah teh bubuk, yakni teh yang mudah larut baik dalam air panas maupun air dingin. Jenis ini biasanya terdiri dari daun teh yang sudah diproses menjadi partikel kecil yang bisa larut dengan pelarut apapun tanpa meninggalkan ampas ataupun kantung ampas. Namun, perlu diketahui bahwa teh bubuk biasanya telah ditambahkan pemanis buatan dan zat aditif lainnya, sehingga perlu kehati-hatian ekstra sebelum memilihnya.  

Periksa kadar kafein dalam teh

Hal penting lainnya yang perlu Sedulur perhatikan adalah kadar kafein. Fruit tea yang benar-benar dibuat dari buah-buahan akan memiliki sifat seperti teh herbal yang tidak mengandung kafein. Namun, bila fruit tea dibuat dengan campuran daun teh, maka produk tersebut akan mengandung kafein layaknya teh murni pada umumnya.  

Kadar kafein ini tidak akan terlalu berpengaruh bila Sedulur sudah terbiasa mengonsumsi kopi. Akan tetapi, bila Sedulur tidak biasa meminum kopi dan ingin menyeduh teh yang bebas kafein, pilihlah produk fruit tea yang murni dari buah-buahan asli.  

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

1. Dilmah Blackcurrant

rekomendasi fruit tea
Envelope

Rekomendasi fruit tea yang pertama adalah Dilmah Blackcurrant. Teh yang terbuat dari perpaduan ceylon black tea dan blackcurrant ini memiliki aroma yang wangi dan manis. Selain itu, rasanya juga mirip dengan teh yang dijual di restoran mewah dan pastinya lebih premium dibandingkan dengan jenis teh biasa.

Oleh karena masih mengandung teh asli, fruit tea ini memiliki kandungan kafein didalamnya. Berjenis teh celup, Sedulur tidak perlu susah payah untuk menyaring ampasnya. Bila tertarik, Dilmah Blackcurrant ini dijual dengan harga mulai dari Rp48.000 untuk 20 kantong berukuran 2 gr.

2. Lipton Ice Tea Mix Lychee

Unilever

Berikutnya ada Lipton Ice Tea Mix Lychee, yakni teh yang terbuat dari daun teh asli dengan campuran leci dan madu. Produk ini termasuk jenis teh bubuk instan yang memiliki rasa manis dan segar, serta memiliki warna yang cantik meski tanpa pewarna tambahan. 

Sama seperti produk sebelumnya, Lipton Ice Tea Mix Lychee juga mengandung kafein karena terbuat dari daun teh asli. Walaupun begitu, Sedulur bisa mengimbanginya dengan menambahkan buah leci asli maupun kalengan saat menyeduhnya. Tertarik mencoba? Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp39.167 untuk berat 510 gram. 

3. Ahmad Tea Strawberry Sensation Fruit Black Tea

rekomendasi fruit tea
Gibrill

Bila ingin mencoba teh dengan aroma buah stroberi, maka Ahmad Tea Strawberry Sensation Fruit Black Tea adalah produk yang harus Sedulur cari. Memiliki sensasi yang mild dengan aroma relaksasi, teh ini sangat cocok dijadikan teman bersantai di pagi atau sore hari. Apalagi dengan tambahan irisan lemon, rasa segar akan langsung menyapu tenggorokan yang kering.

Teh buah ini terbuat dari campuran teh hitam dan buah stroberi, sehingga masih mengandung kafein di dalamnya. Di sisi lain, teh ini sudah dikemas dalam kantong teh atau tea bag, sehingga Sedulur bisa langsung menyeduhnya tanpa perlu menyaring ampasnya. Ingin mencicipinya? Sedulur bisa memilih isi 10pcs atau 20 pcs dengan harga mulai dari Rp50.000.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Kecap Inggris Terbaik

4. Noni Fruit Tea

Herbal Alami

Rekomendasi berikutnya adalah Noni Fruit Tea Teh Buah Mengkudu. Produk ini merupakan teh celup yang berisi 30 pcs setiap kemasan dengan rasa yang unik. Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, sebab ada zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, menormalkan tekanan darah, dan mengatur siklus suasana hati maupun siklus energi tubuh.

Sayangnya, buah mengkudu memiliki rasa yang aneh dan bau yang kurang sedap menurut sebagian orang. Oleh karena itu, Noni Fruit Tea Teh Buah Mengkudu hadir untuk menjadi solusi. Teh ini dipercaya dapat membantu mengatasi flu, darah tinggi, asam urat, hingga menurunkan kadar gula darah dan mengobati rematik. Cara mengonsumsinya juga mudah, yakni cukup dengan mencelupkan 1 sachet ke dalam 1 gelas air panas dan minum sebelum makan. Tertarik mencobanya? Teh ini dijual dengan harga mulai dari Rp21.000.

5. Bloom Tea Blossom Dried Fruit Blend Infusion

rekomendasi fruit tea
The Delicious Crescent

Berikutnya ada Bloom Tea Blossom Dried Fruit Blend Infusion, produk fruit tea yang terbuat dari campuran berbagai buah yang sudah dikeringkan. Karena tidak mengandung daun teh asli, produk ini tidak mengandung kafein, serta tidak mengandung zat aditif lainnya. Oleh karena berupa buah-buahan kering, teh ini termasuk dalam jenis teh seduh.

Sedulur hanya perlu menuangkan beberapa sendok makan ke dalam air panas dan teh buah ini siap dinikmati. Tak hanya bisa diseduh menjadi teh, Bloom Tea Blossom Dried Fruit Blend Infusion juga bisa dijadikan camilan sehat saat diet. Bila Sedulur tertarik, teh ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp9.900 saja.  

6. Twinings Four Red Fruits Tea

Amazon

Campuran teh hitam, ceri, stroberi, raspberry, dan redcurrant akan membuat rasa fruit tea ini sangat nikmat. Tak hanya disajikan dalam kondisi panas, teh buah ini juga bisa disajikan dalam kondisi dingin layaknya es pada umumnya. Teh ini juga sangat cocok untuk Sedulur yang kurang suka dengan rasa manis, karena teh ini memiliki rasa yang sedikit asam.

Termasuk jenis teh celup, teh yang mengandung kafein ini dijual dengan harga mulai dari Rp89.500. Dalam satu kemasannya, Sedulur akan mendapatkan 25 kantong teh yang masing-masing memiliki berat 2 gram. 

BACA JUGA: 12 Merk Mentega atau Butter Terbaik yang Sehat dan Aman

7. Haveltea BERRY BISCOUS

Haveltea

Haveltea BERRY BISCOUS merupakan rekomendasi fruit tea yang terbuat dari campuran teh hitam, lemon, hibiskus, raspberry, cranberry, blueberry, dan ekstrak buah lainnya. Tak perlu khawatir dengan kualitasnya, sebab bahan baku teh ini diambil dari tanaman teh yang tumbuh di dataran tinggi bebas polusi dan dipetik dari 3 daun teratas saja.

Selain berkualitas, teh ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Halal MUI dan PIRT, sehingga aman untuk dikonsumsi. Sedulur cukup menyeduhnya dengan 250ml air selama empat menit untuk membuat satu porsi teh ini. Menariknya, satu kantung teh bisa diseduh dua kali. Untuk harganya, Haveltea BERRY BISCOUS dijual mulai dari Rp80.000.

8. Sari Incofood MaxTea Apple Tea

rekomendasi fruit tea
Extraa

Berikutnya adalah produk dari Sari Incofood, yakni MaxTea Apple Tea. Teh buah yang terbuat dari apel ini dikemas secara instan dalam bentuk bubuk, sehingga bisa diseduh dimanapun dan kapanpun. Dengan rasa manis apel yang enak, teh ini akan membuat suasana hati menjadi gembira. Dengan harga mulai dari Rp6.700, Sedulur akan mendapatkan 5 saset teh setiap kemasannya.  

9. Yogi Mango Ginger Tea

rekomendasi fruit tea
Yogi Tea

Bagaimana dengan teh yang terbuat dari jahe, apakah Sedulur tertarik dengan mencobanya? Jika iya, ada Yogi Mango Ginger Tea, yakni teh yang terbuat dari campuran jahe, mangga, licorice, rooibos, kayu manis, dan kapulaga. Teh ini tidak mengandung kafein karena tidak dicampur dengan daun teh asli. 

Yogi Mango Ginger Tea dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti maag, GERD, dan lain sebagainya. Hal ini karena kandungan jahe dalam teh akan memberikan rasa tenang dan menekan produksi gas berlebihan. Bila Sedulur ingin membelinya, produk teh ini dijual dengan harga mulai dari Rp126.000 dengan isi 16 kantong @32 gr.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Merek Beras Terbaik yang Pulen dan Bergizi

10. Sosro Fruit Tea

PT Sinar Sosro

Sosro dikenal sebagai pelopor bagi produk teh siap minum dalam kemasan di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan teh botolnya, Sedulur juga bisa mencoba Fruit Tea, merek minuman teh rasa buah pertama di Indonesia milik mereka. Selain menggunakan daun teh asli, produk ini juga dicampur dengan konsentrat buah berbahan baku asli dan tentunya alami.

Ada banyak varian rasa Fruit Tea yang bisa Sedulur coba. Mulai dari rasa Apel, Blackcurrant, Stroberi, Jambu Klutuk, Freeze (perpaduan rasa stroberi dan anggur sensasi dingin), Extreme (perpaduan rasa apel dan blackcurrant), Lemon, Markisa, hingga Yuzu. Teh siap minum ini bisa Sedulur dapatkan dengan mudah di berbagai minimarket hingga toko kelontong terdekat.

Itu dia 10 rekomendasi fruit tea paling laris, enak, dan segar yang bisa Sedulur coba di rumah. Sebelum membelinya, pastikan untuk menyimak beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas, ya! Mulai dari jenis buah yang digunakan, kemasannya, hingga kadar kafeinnya.

Bila ingin lebih praktis, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super untuk stok di rumah. Tak hanya produk Fruit Tea, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai jenis minuman ringan lainnya dengan harga yang murah. Lebih dari itu, ada banyak diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi yang dilakukan. 

Yuk, download Aplikasi Super di PlayStore sekarang dan nikmati gratis ongkir tanpa minimal pembelian untuk membeli fruit tea kesukaanmu!