merk deterjen

Deterjen adalah bahan pembersih yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian. Bagi sebagian orang, deterjen termasuk jenis produk rumah tangga yang wajib tersedia di rumah. Menariknya, ada beragam merk deterjen di pasaran yang bisa Sedulur pilih, sesuai dengan kebutuhan maupun bujet yang dimiliki.

Setiap merk deterjen juga menyediakan sejumlah varian, mulai dari deterjen bubuk dan cair, hingga deterjen khusus untuk pakaian putih maupun deterjen dengan formula khusus yang bisa mempertahankan warna pakaian. Selain itu ada pula merk deterjen yang dikenal dengan kemampuannya membasmi kuman sehingga pakaian tidak hanya wangi namun juga terbebas dari kuman.

Agar Sedulur tidak bingung memilih, berikut sudah dirangkum rekomendasi merek deterjen terbaik di Indonesia. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: 38 Daftar Barang Harian Toko Sembako yang Paling Laris

-->

Tips memilih merk deterjen

merk deterjen
iStock

Sebelum menyimak rekomendasi merk deterjen terbaik, ada baiknya Sedulur mencari tahu tips memilih deterjen. Dengan begitu, Sedulur bisa menemukan deterjen yang tepat sesuai kebutuhan. Apalagi deterjen merupakan produk yang akan digunakan untuk membersihkan pakaian yang mana akan langsung mengenai kulit orang yang mengenakan pakaian tersebut. Hal ini tentu harus menjadi perhatian, terlebih jika Sedulur memiliki anak bayi yang kulitnya cenderung lebih sensitif daripada orang dewasa.

Tak usah berlama-lama, berikut ada beberapa tips memilih deterjen yang bisa Sedulur ikuti.

  • Pilih deterjen sesuai kebutuhan, misalnya untuk membersihkan noda yang membandel atau sekadar mencuci pakaian sehari-hari.
  • Perhatikan jenis pakaian yang akan dicuci. Misalnya, pakaian berbahan sutra dan chiffon lebih baik dicuci dengan deterjen cair yang cenderung lebih lembut.
  • Pilih deterjen yang memiliki sifat hypoallergenic. Label yang biasanya tertera pada kemasan itu menunjukkan bahwa deterjen mengandung lebih sedikit bahan kimia penyebab alergi, sehingga lebih aman untuk pemilik kulit sensitif.
  • Pertimbangkan produk deterjen khusus untuk mencuci pakaian bayi dan anak. Biasanya deterjen untuk bayi diformulasikan dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit bayi yang sensitif sehingga membuat pakaian tetap lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA: Manfaat Soda Api & Cara Menggunakannya Bagi Rumah Tangga

Rekomendasi merk deterjen terbaik

Setelah mengetahui tips memilih deterjen, berikut ada 13 rekomendasi merk deterjen terbaik yang ada di Indonesia, beserta ulasan singkat dan harganya.

1. Rinso Molto

merk deterjen
Rinso

Rekomendasi merek deterjen terbaik yang pertama adalah Rinso Molto. Deterjen ini mengkombinasikan Rinso Anti Noda yang dapat menghilangkan noda secara efektif dalam sekali kucek dengan keharuman Molto yang tahan. Merek deterjen Rinso Molto juga memiliki formula sehingga dapat membunuh kuman hingga 99,99%. Tak hanya itu, Rinso Molto telah mendapatkan sertifikasi halal sehingga Sedulur muslim akan lebih tenang saat menggunakan deterjen tersebut.

Rinso Molto tersedia dalam dua varian, yaitu deterjen bubuk dan deterjen cair. Selain itu, Sedulur juga bisa memilih lima varian keharuman, yaitu Classic Fresh, Japanese Peach, Royal Gold, Perfume Essence, dan Rose Fresh.

Adapun deterjen Rinso Molto dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 ribu – Rp250 ribu, tergantung ukuran kemasan yang dipilih.

2. Molto

Tribun Jakarta

Berikutnya ada Molto Deterjen yang bisa menjadi pilihan Sedulur ketika akan membeli produk pembersih pakaian. Selama ini, Molto dikenal sebagai merek pelembut dan pewangi pakaian. Namun pada 2018 lalu, PT Unilever Indonesia Tbk. meluncurkan produk baru yaitu Molto Deterjen. Molto Deterjen diklaim tidak hanya memberikan keharuman mewah dan tahan lama, namun juga dapat merawat pakaian sehingga bersih cemerlang. Hal ini didukung dengan adanya teknologi Deep Clean yang mampu membersihkan noda membandel secara menyeluruh.

Sensasi keharuman Molto Deterjen hadir dalam bentuk deterjen bubuk dan cair dengan dua varian, yaitu Molto Deterjen Glowing Elegance dan Molto Deterjen Dazzling Glamour. Varian yang pertama terinspirasi dari kemewahan parfum Perancis beraroma bunga Jasmine, Vanila, dan Rose Violet untuk keharuman yang elegan. Sementara varian yang kedua, yaitu Molto Deterjen Dazzling Glamour terinspirasi dari kemewahan parfum Perancis beraroma Oriental Citrus untuk wangi yang mewah dan mengagumkan.

Sedulur bisa memperoleh produk-produk Molto Deterjen dengan harga mulai dari Rp17 ribu.

3. Rinso Matic

merk deterjen
Rinso

Selain Rinso Molto, merk deterjen Rinso juga memiliki produk Rinso Matic yang diformulasikan khusus untuk mendukung kegiatan mencuci pakaian dengan mesin. Ada dua pilihan Rinso Matic, yaitu Rinso Matic Top Load dan Rinso Matic Front Load.

Sesuai dengan namanya, Rinso Matic Top Load adalah merk deterjen untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci bukaan atas. Sementara, Rinso Matic Front Load ditujukan untuk Sedulur yang menggunakan mesin cuci bukaan depan. Kedua produk tersebut memiliki formula 3x lebih efektif mengangkat noda sehingga Sedulur tidak perlu khawatir akan ada kotoran yang tersisa saat mencuci dengan mesin. Selain itu, ada pula teknologi rendah busa yang membuat aktivitas mencuci menjadi lebih hemat air.

Selain Rinso Matic Top Load dan Front Load, tersedia juga varian Rinso Matic Professional. Deterjen ini hadir dengan pilihan kemasan besar yang cocok untuk Sedulur yang memiliki usaha laundry kiloan sehingga lebih hemat di samping efektif untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap pada pakaian.

Rinso Matic dibanderol dengan harga mulai dari Rp26 ribu.

4. Daia

Wings Corp

Daia merupakan merk deterjen dari Wings Corp yang sudah lama dikenal masyarakat luas. Daia Deterjen memiliki 6 keunggulan, yaitu membersihkan pakaian secara all out, menjaga warna pakaian tetap stand out meski sudah berulang kali dicuci, busa melimpah, lembut di tangan, memiliki teknologi perfume capsule sehingga pakaian lebih harum dan wangi, serta anti apek.

Ada 5 varian produk Daia Deterjen yang bisa Sedulur pilih, yaitu Daia Bunga, Daia Lemon, Daia Putih yang membantu membuat warna pakaian semakin cerah dan cemerlang, serta Daia Softener Pink dan Violet untuk pakaian lembut dan harum.

Sedulur bisa memperoleh produk Daia Deterjen dengan harga mulai dari Rp5 ribuan.

5. Star

NASA

Selanjutnya ada merk deterjen lokal bernama Star 7 dari Nasa. Deterjen ini diformulasikan untuk menghasilkan pakaian yang bersih dan lembut. Sebab, deterjen ini dapat mengangkat noda dan kotoran, minyak, oli, dan noda lain di samping memiliki keharuman yang tahan lama dan lembut di tangan. Keunggulan lain dari merk deterjen ini ialah adanya bahan aktif LABS yang ramah lingkungan dan mudah diuraikan.

Deterjen ini juga bisa menjadi pilihan untuk Sedulur yang memiliki pakaian putih. Karena dapat membantu menjaga warna pakaian lebih putih bersih dan cemerlang sehingga Sedulur tidak perlu membeli bahan pemutih.

Adapun produk deterjen Star 7 bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan.

6. So Klin Softergent

Wings Corp

Seperti halnya Daia, So Klin Softergent juga merupakan merek deterjen dari Wings Corp. So Klin Softergent adalah kombinasi dari deterjen dan pelembut, sehingga dapat membersihkan noda sekaligus melembutkan kain dan pakaian. Deterjen ini memiliki 2 kali lebih banyak extra butiran pelembut yang dapat menghasilkan hasil cucian yang lebih lembut dan lebih wangi.

Selain itu, ada pula formula Fresh Protection dan Antibacterial Agent yang melindungi pakaian dari bau apek meski dijemur di dalam ruangan dan dipakai untuk beraktivitas seharian. Keunggulan lain dari deterjen ini adalah bisa membersihkan noda membandel, wangi yang tahan lama, serta lembut dan tidak panas di tangan.

Ada lima varian aroma yang bisa Sedulur pilih, yaitu Fresh Breeze, Rosy Pink, Purple Lavender, Cheerful Red, dan Sakura Strawberry. Adapun produk-produk So Klin Softergent bisa diperoleh dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp5 ribuan.

7. Yuri

merk deterjen
Yuri

Yuri merupakan merek yang dikenal dengan beragam produk kebutuhan rumah tangga, termasuk deterjen. Ada beberapa jenis produk deterjen dari Yuri, salah satunya Biosoft Detergent + Softener. Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan kombinasi dari deterjen untuk membersihkan pakaian dan softener sebagai pelembut. Sehingga Sedulur tidak perlu lagi merendam pakaian dengan pelembut setelah membilasnya. Biosoft Detergent + Softener juga dilengkapi dengan Colour Guard yang mampu menjaga warna pakaian tetap stand out meski berulang kali dicuci.

Adapun produk Biosoft Detergent + Softener ini dibanderol harga Rp16.400 untuk kemasan 375 ml.

Selain Biosoft Detergent + Softener, produk deterjen lain dari Yuri, di antaranya adalah Babysoft Fabric Softener, Yuri Bleach Morning Fresh, Yuri-matic Laundry Liquid Tough On Stains, dan Yuri-matic Laundry Liquid Colour.

8. Attack

KAO

Rekomendasi merk deterjen yang berikutnya adalah Attack. Brand dari KAO ini juga sudah lama dikenal sebagai salah satu deterjen terbaik yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Attack merupakan deterjen berkualitas yang memiliki daya bersih tinggi. Selain itu, varian-varian deterjen Attack diformulasikan dengan keunggulan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga yang berbeda-beda akan hasil cuciannya, sehingga memberikan kepuasan menyeluruh setiap kali mencuci.

Salah satu varian deterjen dari merek Attack adalah Attack Plus Softener, yaitu deterjen bubuk konsentrat dengan inovasi terbaru dari Jepang. Produk ini memiliki keunggulan ampuh membersihkan pakaian secara menyeluruh dari noda, kuman, dan bau hingga serat kain terdalam. Di samping itu juga memiliki kandungan ekstra pelembut sehingga pakaian nyaman saat dikenakan.

Selain Attack Plus Softener, varian lain dari deterjen Attack adalah Attack Sensor Matic, Attack Hygiene Plus Protection, Attack Batik Care, Attack Easy, dan Attack Jaz1.

Produk-produk deterjen dari Attack bisa Sedulur peroleh dengan harga mulai dari Rp2 ribuan.

9. Boom

Wings Corp

Berikutnya ada Boom, yang juga merupakan merek deterjen dari Wings Corp. Boom dikenal sebagai deterjen bubuk berkualitas dengan harga terjangkau sehingga banyak diminati.

Meski terbilang cukup murah, deterjen ini memiliki sejumlah keunggulan terkait fungsinya sebagai bahan pembersih pakaian. Di antaranya ialah mampu menghilangkan noda pada pakaian, membuat pakaian menjadi harum, segar, dan bebas bau apek, serta lembut dan tidak panas di tangan. 

Ada tiga varian deterjen bubuk Boom yang bisa Sedulur pilih, yaitu Boom Wangi Bunga, Boom Jeruk Nipis, dan Boom Putih yang bekerja ekstra untuk menjaga warna putih pada pakaian.

Produk-produk deterjen Boom dibanderol dengan harga mulai dari Rp5 ribuan.

10. Total

Total

Total merupakan rekomendasi merek deterjen berikutnya yang bisa Sedulur pilih. Total yang berada di bawah naungan PT Total Chemindo Loka disebut sebagai merek deterjen lokal pertama di Indonesia dan sudah ada sejak tahun 1958.

Hingga kini ada banyak varian deterjen Total yang tersedia, di antaranya adalah Total + Softener, Total Liquid Top Loading dan Front Loading Matic, Total Putih, Total Lemon, Total Bunga, dan Total Almeera yang diklaim sebagai deterjen halal pertama di Indonesia dan telah memperoleh sertifikat halal dari MUI.

Produk-produk deterjen Total bisa Sedulur peroleh dengan harga mulai dari Rp11 ribuan.

11. Gentle Gen

merk deterjen
Gentle Gen

Bagi sebagian Sedulur, merek deterjen Gentle Gen mungkin masih terdengar asing di telinga. Gentle Gen sendiri merupakan deterjen yang membawa misi berupa terobosan baru dalam dunia laundry dengan cara memberikan hidup yang lebih baik melalui inovasi. Merek yang identik logo GG ini disebut sebagai deterjen tumbuhan pertama di Indonesia serta menjadi pelopor deterjen berbahan alami.

Deterjen Gentle Gen memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya adalah lembut di tangan karena memiliki pH yang netral, ramah untuk pakaian dengan kemampuan menghilangkan noda tanpa merusak serat, serta memiliki wangi yang terinspirasi parfum Perancis.

Produk-produk deterjen Gentle Gen dibanderol dengan harga Rp23 ribu untuk kemasan 750ml.

12. SoSoft

Wings Corp

SoSoft adalah deterjen cair konsentrat baru dari Wings Corp. Deterjen ini diformulasikan dengan bahan aktif dari tumbuhan dengan Nature + Technology. Paduan seimbang teknologi dan kelembutan bahan alami tanpa mengandung Klorin dan Paraben ini menjadi nilai lebih produk deterjen SoSoft dibandingkan dengan deterjen merek lain.

Adapun keunggulan lain dari SoSoft, di antaranya adalah efektif membersihkan pakaian dari kotoran hingga bersih tuntas, menjaga serat pakaian, mudah larut dan busa melimpah, lembut dan tidak panas di tangan, serta memiliki formula Natural Perfume Essence sehingga menghasilkan hasil cucian yang wangi, segar, dan bebas bau apek.

Sedulur bisa memperoleh produk-produk SoSoft dengan harga mulai dari Rp15 ribuan.

13. Sleek Baby

Kino

Sleek Baby merupakan merek dari Kino yang identik dengan produk-produk pembersih perlengkapan bayi. Satu di antaranya yaitu Sleek Baby Laundry Detergent. Produk ini diformulasikan sebagai deterjen pembersih pakaian bayi dan terbuat dari Natural Plant Extract serta Free SLS sehingga tidak meninggalkan residu pada pakaian. Hal ini tentu menjadi perhatian Supermom karena dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Selain itu, deterjen dari Sleek Baby juga memiliki formula Anti Jamur dan Anti Bakteri. Sehingga pakaian tidak hanya wangi, namun juga bebas bau apek.

Produk deterjen Sleek Baby dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 ribuan.

Itu dia ulasan 13 merk deterjen terbaik di Indonesia. Sedulur bisa memilih produk deterjen sesuai kebutuhan dengan mengikuti tips yang juga sudah diuraikan pada artikel ini.

Menariknya lagi, Sedulur bisa memperoleh berbagai pilihan deterjen maupun kebutuhan rumah tangga lainnya dengan harga terjangkau di Aplikasi Super. Selain murah, belanja di Aplikasi Super juga super untung! Sebab, ada banyak voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir yang ditawarkan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super!