diet debm

Diet debm pasti terdengar tidak asing di telinga karena merupakan salah satu jenis diet yang sedang naik daun pada saat ini. Diet ini merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang diklaim tanpa harus menahan lapar dan dapat turun dalam waktu yang cukup singkat. 

Singkatan dari diet ini adalah Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan dan dipopulerkan oleh seseorang bernama Robert Hendrik Liembono melalui bukunya pada 2018. Dalam pola makan ini, seseorang harus mengurangi asupan gula dan karbohidrat serta dianjurkan untuk memperbanyak asupan lemak serta sumber protein. Yuk, kenali lebih dekat diet yang sedang populer ini dengan membaca artikel berikut ini.

BACA JUGA: 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

1. Diet DEBM dianggap sebagai diet yang tidak menyiksa

diet debm
pexels

Diet debm adalah diet yang membuat Sedulur masih bisa mengonsumsi makanan yang enak dan merupakan pola makan yang cukup berbeda dengan lainnya. Sedulur diperbolehkan untuk tetap mengonsumsi protein dan sumber lemak dan bahkan tetap bisa mengonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa (MSG) dan juga garam. Padahal, kebanyakan pola makan yang diperuntukkan untuk menurunkan berat badan sangat menghindari konsumsi penyedap rasa. Umumya, pola makan yang diusung lumayan mirip dengan pola makan rendah kalori dan karbohidrat. 

Pola makan yang satu ini menganggap bahwa seseorang yang obesitas merupakan akibat dari konsumsi karbohidrat. Mereka beranggapan bahwa karbohidrat merupakan salah satu penyumbang kalori yang paling besar dan bisa menyebabkan seseorang naik berat badannya karena konsumsi yang terlalu banyak.

Jika karbohidrat yang dimakan semakin banyak, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi semakin banyak juga. Apalagi, jika Sedulur tidak membakar kalori tersebut dengan berolahraga secara teratur. Kalori akan semakin menumpuk di dalam tubuh. Maka dari itu, pengurangan asupan karbohidrat sangat ditekankan dalam pola makan ini. Karena dilarang untuk mengonsumsi karbohidrat, pengganti dari karbohidrat itu sendiri adalah konsumsi protein hewani yang cukup tinggi.

Seseorang yang menjalani metode ini diminta untuk memakan protein hewani seperti telur pada waktu pagi dan malam hari. Uniknya, Sedulur diperbolehkan untuk menambahkan garam dan MSG ke dalam masakan yang disarankan. Kamu juga boleh menggoreng menu apapun yang dianjurkan dalam pola makan ini. Sehingga, diet dianggap tidak menyiksa dan bisa cepat menurunkan berat badan.

2. Anjuran makanan untuk diet DEBM

diet debm
pexels

Dalam menu diet debm, Sedulur bebas untuk mengonsumsi berbagai sumber lemak dan juga jenis protein. Contohnya adalah telur, jeroan, ayam, ikan, dan daging. Meskipun protein yang bisa dimakan tidak terbatas, ada beberapa anjuran yang direkomendasikan dalam pola makan rendah karbohidrat ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Telur, bisa telur ayam ataupun telur bebek. Telur yang dikonsumsi sebaiknya yang diperkaya dengan omega-3
  • Protein hewani berupa ikan, terutama yang asalnya dari alam liar seperti salmon liar dan tuna
  • Protein hewani berupa daging, terutama yang memakan rumput seperti ayam, babi, kambing, dan juga sapi
  • Buah yang tinggi akan kandungan lemak seperti buah alpukat
  • Susu serta produk olahannya seperti mentega, krim, keju, dan juga yoghurt
  • Jenis sayuran yang memiliki kandungan rendah pati, seperti brokoli, buncis, kembang kol, wortel, dan sayuran lainnya

Pengolahan sumber protein yang bebas dan tidak terbatas menjadikan pola makan ini menyenangkan dan tidak berasa seperti diet. Sedulur dapat mengolah protein tersebut dengan cara direbus, dikukus, dibakar, hingga digoreng. Tapi kamu tidak diperbolehkan menambahkan bahan pemanis seperti madu, gula, dan kecap ketika memasaknya.

BACA JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

3. Pantangan makanan untuk diet DEBM

diet debm
pexels

Seperti penjelasan di atas bahwa Sedulur tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk pemanis sama sekali seperti gula, entah itu gula murni ataupun pemanis berupa kecap dan madu. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan oleh pola makan ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Minuman manis seperti susu coklat, soda, teh manis, sirup, ataupun jus yang mengandung pemanis
  • Buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, seperti semangka, pisang, melon, dan pepaya
  • Beberapa bahan baku tepung seperti roti, mie, sereal, pasta, dan juga nasi
  • Sayuran yang memiliki pati yang tinggi, seperti labu, ubi, bit, dan juga kentang

Satu-satunya sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi oleh pengikut pola makan ini adalah karbohidrat yang ada dalam kandungan sayuran. Misalnya saja buncis, wortel, dan berbagai sayuran hijau lainnya karena memiliki indeks glikemik yang cukup rendah.

4. Menu sarapan pagi

diet debm
pexels

Sarapan adalah hal yang wajib untuk dilakukan pada diet debm. Maka dari itu, memperhatikan menu sarapan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan agar bisa kenyang lebih lama. Menu dalam sarapan yang wajib ada diantaranya adalah lemak tinggi dan protein dan menghindari kandungan karbohidrat, prinsip dari diet ini adalah jika tidak melakukan sarapan pagi, akan lapar dan akhirnya mengonsumsi makanan sembarangan karena terlalu lapar. 

Makanan yang tinggi akan serat dan protein sangat disarankan agar dapat kenyang lebih lama. Sebagai contoh untuk menu diet debm seminggu adalah makanan yang mengandung jamur, tomat, yoghurt, wortel, buncis, telur, alpukat, daging, dan juga susu protein tinggi.

Salah satu menu sarapan pagi yang bisa Sedulur coba adalah menu mie shirataki dok dok kuah, yang resepnya adalah dengan mencampurkan mie shirataki, sawi hijau, sawi putih, dan telur rebus ke dalam panci. Kemudian, rebus sampai matang dan menambahkan garam serta penyedap rasa. 

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Oatmeal Untuk Diet dan Aturan Makannya

5. Menu makan siang

pexels

Saat sudah memasuki makan siang, Sedulur disarankan agar mengganti nasi dengan berbagai macam sayuran seperti sayuran hijau, wortel, dan juga buncis. Jika Sedulur belum bisa menghindari konsumsi nasi, bisa dengan cara mengonsumsinya setengah porsi nasi dan lakukan secara bertahap sampai Sedulur terbiasa hingga akhirnya menghindari nasi. 

Menu makan siang dapat diawali dengan satu butir telur rebus, susu protein, ataupun keju. Sedulur bisa menambahkan bumbu penyedap seperti micin atau garam agar rasanya tetap enak dan tidak hambar. Konsumsi menu seperti di atas dilakukan agar dapat mengendalikan nafsu makan dan tidak makan terlalu banyak. Sedulur juga bisa mengolahnya dengan cara merebus atau menggorengnya.

Salah satu rekomendasi menu makan siang yang bisa Sedulur coba ketika menjalani pola makan ini adalah dengan satu butir telur dan sawi pakcoy, kemudian oseng dan beri bumbu penyedap seperti garam dan MSG. Kemudian, tambahkan topping kornet atau sosis, lalu angkat dan sajikan.

6. Menu makan malam 

detik

Makan malam tetap disarankan untuk dilakukan ketika Sedulur sedang menjalani diet debm ini. Namun, ada batasan waktu dalam makan malamnya, yaitu sampai jam enam petang saja. Menu yang bisa diolah untuk makan malam sama dengan takaran menu untuk siang hari. Intinya adalah hindari konsumsi nasi dan ganti dengan yang berprotein tinggi seperti telur dan juga ikan atau sayuran. Sedulur juga bisa memberikan variasi dengan olahan keju atau daging agar tidak bosan.

Menu makan malam yang bisa Sedulur coba ketika bingung ingin masak apa adalah tumis labu siam. Cara mengolahnya cukup gampang, iris bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit dan tumis bumbunya hingga harum. Kemudian, masukkan labu siam yang sudah dicuci dan diiris tipis dan oseng bersama dengan bumbu. Setelah matang, kamu bisa menyajikannya selagi hangat.

Demikian penjelasan seputar diet yang sedang viral ini beserta menu diet debm pagi siang malam. Karena pola makan ini mengurangi bahkan menghilangkan asupan karbohidrat yang menjadi sumber energi di dalam tubuh, maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli gizi ataupun dokter sebelum memutuskan untuk menjalaninya. Dokter dan ahli gizi akan memberikan saran yang terbaik apakah Sedulur bisa menjalani program ini yang didasari dengan kondisi kesehatan Sedulur.

Jika memutuskan untuk mencoba panduan program tersebut, Sedulur bisa melihat rekomendasi bahan apa saja yang dibutuhkan dan dianjurkan untuk menjalaninya hanya di Aplikasi Super. Mulai dari sayuran, buah, sampai kebutuhan pokok lainnya bisa Sedulur dapatkan di sini. Yuk, cek aplikasinya sekarang juga!