Rekomendasi Oatmeal untuk Diet

Oat kerap jadi makanan utama orang saat program diet karena nutrisinya dan kemampuannya dalam menahan lapar. Yuk intip rekomendasi oatmeal untuk diet di bawah ini.

Berat badan merupakan faktor penting dalam kesehatan manusia. Meski Sedulur bisa memiliki berat badan berlebih dan tetap sehat, namun berat badan ideal akan membuat Sedulur lebih mudah dalam menjaga kesehatan. Termasuk kadar kolesterol, gula darah, dan lemak jahat dalam tubuh. Karena itu, terkadang diet memang diperlukan untuk menjaga berat badan dalam rasio aman.

Salah satu senjata utama bagi banyak orang saat menjalankan program diet adalah dengan konsumsi oatmeal untuk diet secara rutin. Tapi, benarkah oat bermanfaat bagi diet? Apa saja rekomendasi oatmeal untuk diet yang baik dikonsumsi? Yuk simak pemaparan berikut!

Rekomendasi Oatmeal Untuk Diet, Sehat Buat Sarapan!

Kandungan Nutrisi Oatmeal Untuk Diet

Kandungan Nutrisi Oatmeal Untuk Diet
Photo by Foodie Factor from Pexels

Konsumsi Oatmeal sebagai salah satu makanan diet berangkat dari alasan ilmiah terkait nutrisi dalam bahan makanan satu ini. Sedulur yang banyak mempelajari makanan dan nutrisi pasti mengenal bahwa oat adalah salah satu bentuk karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Karena itu, Sedulur akan merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsi oatmeal dibandingkan dengan nasi putih.

-->

Di samping itu, kandungan vitamin, protein, dan mineral dalam oats diketahui juga lebih ‘kaya’ jika dibandingkan dengan nasi putih. Berikut rincian kandungan nutrisi dalam 1 cangkir oatmeal mentah (81 gram), menurut Food Data Central.

  • Kalori                : 307 kkal
  • Air                    : 8,78 gram
  • Protein              : 10,7 gram
  • Lemak              : 5,28 gram
  • Karbohidrat       : 54,8 gram
  • Serat                : 8,18 gram
  • Gula                 : 0,8 gram
  • Kalsium            : 42,1 mg
  • Zat Besi            : 3,44 mg
  • Magnesium       : 112 mg
  • Fosfor              : 332 mg
  • Potassium        : 293 mg
  • Sodium             : 4,86 mg
  • Zinc                  : 2,95 mg
  • Thiamin             : 0,3 mg
  • Riboflavin         : 0,1 mg

Manfaat Oat meal Untuk Diet

Manfaat Oat meal Untuk Diet
Photo by Keegan Evans from Pexels

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, oat merupakan pilihan karbohidrat bagi Sedulur yang sedang dalam program diet karena merupakan karbohidrat kompleks. Artinya, karbohidrat satu ini bisa menjaga Sedulur kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori harian yang dikonsumsi. Akhirnya, Sedulur akan mengalami kalori deficit yang jika terus dilakukan dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan penurunan berat badan.

Selain karena oat termasuk dalam karbohidrat kompleks, makanan satu ini juga digemari karena kandungan serat larut airnya yang tinggi. Serat jenis ini dapat membantu tubuh mengontrol gula darah. Hal ini tentunya baik bagi penderita diabetes tipe 2, maupun mereka yang berisiko terkena diabetes.

Rekomendasi Oatmeal Untuk Diet

Sedulur yang ingin mencoba konsumsi oatmeal untuk diet, jangan khawatir. Ada banyak sekali rekomendasi oat yang sehat bagi tubuh dan mampu membantu program penurunan berat badan. Oat yang direkomendasikan ini juga bisa Sedulur dapatkan lewat Aplikasi Super. Yuk simak daftar rekomendasi berikut!

Quaker Quick Cook Oatmeal

Sajian Sedap
Sajiansedap.grid.id

Salah satu produk oat yang paling mudah ditemukan adalah Quaker Oatmeal. Produk ini memiliki kualitas yang baik serta dapat diolah dengan mudah. Dalam satu porsi sajian Quaker Quick Cook Oats, yakni 30 gram, Sedulur sudah mendapatkan 120 kkal, 20gram karbohidrat, 4gram protein, dan 3 gram serat.

Sedulur bisa menggunakan Quaker Quick Cook Oatmeal ini sebagai makanan sarapan. Caranya adalah dengan memasak berapa sendok oatmeal untuk diet, dengan sedikit air. Tambahkan topping yang lezat seperti buah-buahan, telur, atau abon kering.

Baca Juga: 12 Resep Makanan Sehat untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

Oatsy Havermout

Oatsy Havermout
myoatsy.com

Berbeda dengan kebanyakan brand oatmeal, Oatsy merupakan brand lokal dengan kualitas yang tidak main-main. Dengan harga yang lebih terjangkau, oatsy bisa jadi alternatif diet hemat bagi Sedulur. Kandungan nutrisinya sendiri tidak berbeda jauh dengan Quaker Oat atau brand oatmeal terkenal lainnya.

Terdapat banyak varian oat dari Oatsy. Untuk Sedulur yang ingin lebih sehat, bisa memilih varian steel cut oats yang lebih kaya serat, atau rolled oats yang tinggi protein.

Captain Oats Instant Oatmeal

Mycaptainoats.com

Alternatif oat dengan harga terjangkau lainnya adalah Captain Oats. Oatmeal satu ini biasanya tersedia dalam 3 varian, yakni instant, quick cook, dan rolled oats. Ketiganya memiliki kandungan yang mirip-mirip, sehingga dapat Sedulur gunakan untuk program diet.

Captain Oats terbuat dari 100% oat berkualitas tinggi dengan kadar serat dan nutrisi yang tinggi. Sedulur bisa memenuhi 80% kebutuhan serat harian dengan konsumsi satu porsi captain oats. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp39.000 untuk kemasan 800 gram dengan bonus 200 gram.

Haverjoy Rolled Oats

Haverjoy Oatmeal untuk diet
Haverjoy.com

Brand oatmeal impor ini tersedia dalam beberapa varian. Mulai dari rolled oats, quick cook, instant, chocochip, dan barley. Keunikan dari haverjoy barley terletak pada varian barley ini karena terdapat biji barley di dalamnya, menambah kaya nutrisi dalam hidangan. Kandungan serat dalam haverjoy rolled oats juga diketahui cukup tinggi sehingga Sedulur dapat melengkapi program diet menggunakan rekomendasi oat satu ini.

Energen Oatmilk Instant

Energen Oatmeal untuk diet
Hometesterclub.com

Bagi Sedulur yang sibuk, Energen Oatmilk Instant dapat menjadi solusi. Energen menyediakan oat dalam bentuk instan dan sudah memiliki kandungan susu di dalamnya. Sedulur tinggal melarutkan satu sachet Energen Oatmilk Instant dalam 100 ml air panas. Aduk hingga rata dan oatmeal pun siap untuk disantap.

Oatmilk instant dari Energen ini bisa Sedulur gunakan sebagai sarapan yang mudah dan cepat, atau sebagai snack pengganjal perut.

Baca Juga: Masker Oatmeal Bikin Glowing? Ini Fakta & Cara Membuatnya!

Bob’s Red Mill Gluten Free Oat

Bob’sredmill.com

Sedulur dengan kondisi kesehatan tertentu dapat mencoba konsumsi Bob’s Red Mill Gluten Free Oat. Sebenarnya, oat sendiri tidak mengandung gluten di dalamnya. Akan tetapi dalam proses pengolahannya, oat kerap tercampur dengan sedikit gluten. Karena itu, Sedulur dengan penyakit seperti Celiac Disease, atau memiliki sensitivitas tinggi terhadap gluten sebaiknya memilih varian gluten free.

Harga Bob’s Red Mill Gluten Free Oat ini memang tergolong cukup mahal, akan tetapi bagi Sedulur dengan kondisi kesehatan tertentu oat jenis ini memang menjadi pilihan satu-satunya.

Lowan Whole Grain Rolled Oats

Lowan Rolled Oats
Lowan.com.au

Oatmeal dari Australia satu ini menjanjikan kualitas oat terbaik dengan kandungan serat beta glucan yang tinggi. Hal ini berdampak pada kesehatan usus dan pencernaan, serta efektivitasnya dalam membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan beta glucan ini juga terbukti dapat menurunkan kolesterol membuatnya jadi pilihan yang lebih sehat.

Quaker Rasa Soto Ayam

Hometesterclub.com

Bosan dengan rasa oat yang itu-itu saja? Ingin makan oatmeal untuk diet namun tetap ingin rasa yang enak di lidah? Cobalah varian Quaker Oat rasa soto ayam ini. Sedulur bisa mendapatkan kandungan nutrisi sehat dari oat, namun dengan rasa yang enak seperti soto ayam. Varian Oatmeal satu ini juga membuktikan bahwa makan oat tak melulu manis. Sedulur juga bisa makan oat gurih seperti ini, lho!

Pengganti Oatmeal untuk Diet

Sedulur sedang dalam program diet namun tidak bisa konsumsi oat karena satu dan lain hal? Tenang, ada kok alternatif pengganti oat yang juga baik dikonsumsi saat diet. Sedulur bisa mencoba pengganti oatmeal untuk diet berupa nasi merah, ubi-ubian, kentang, atau beras shirataki yang sangat rendah kalori dan kaya serat. Tinggal pilih sesuai selera!

Efek Samping Oatmeal

Meski sehat, namun sesuatu yang berlebihan tetap akan berdampak kurang baik. Termasuk pula oatmeal. Efek terlalu sering makan oatmeal termasuk rasa kembung dan gas di perut. Akan tetapi efek samping ini akan lambat laun mereda seiring tubuh yang terbiasa dengan asupan oatmeal.

Selain itu, bagi Sedulur yang memiliki sensitivitas terhadap gandum atau menderita celiac disease, tidak disarankan untuk konsumsi oat sembarangan. Sedulur bisa memilih oat dengan sertifikasi gluten free.

Meski oat adalah makanan yang baik bagi Sedulur dalam menjalani program diet, namun Sedulur tetap perlu melengkapi asupan nutrisi dengan berbagai makanan sehat serta bernutrisi lainnya. Sedulur bisa mendapatkan ragam makanan sehat, termasuk oat, lewat Aplikasi Super.

Terdapat pula beragam makanan yang cocok bagi program diet seperti beras merah, susu, hingga camilan sehat granola bar. Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga demi diet yang lancar!