cara menyalakan kompor listrik

Belakangan ini, kompor listrik makin diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan kompor listrik dinilai lebih hemat energi dibandingkan dengan kompor gas yang telah lama dikenal masyarakat. Tak heran banyak orang yang mulai beralih ke kompor listrik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara menyalakan kompor listrik.

Padahal hal tersebut merupakan aspek yang penting untuk dipahami sebagai pengguna kompor listrik. Nah, spesial untuk Sedulur yang juga berminat beralih ke kompor listrik, berikut telah dirangkum berbagai informasi mengenai cara menyalakan kompor listrik.

Pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang cara menyalakan kompor listrik dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika menggunakannya. Selain itu, hal tersebut juga dapat memperpanjang umur kompor listrik sehingga tidak mudah rusak. Yuk, langsung simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Meja Kompor Minimalis untuk Percantik Hunian

-->

Apa itu Kompor Listrik?

cara menyalakan kompor listrik
Pexels/Rdne Stock Project

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menyalakan kompor listrik yang benar, ada baiknya Sedulur memahami tentang kompor listrik terlebih dahulu. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) VI Daring, kompor listrik adalah kompor yang menggunakan tenaga listrik sebagai pembangkit panas.

Dengan kata lain, kompor listrik menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas yang diperlukan untuk memasak. Berbeda dengan kompor gas yang menghasilkan api, kompor listrik tidak menghasilkan api namun menggunakan resistor yang dapat menyalurkan panas ke alat masak, misalnya panci. Dengan begitu makanan yang diolah dapat menjadi matang selayaknya saat dimasak menggunakan kompor gas.

Keunggulan Kompor Listrik

cara menyalakan kompor listrik
Pexels/On Shot

Sejak beberapa tahun terakhir, kompor listrik telah berhasil mencuri perhatian hingga mendorong sebagian masyarakat untuk beralih dari kompor gas ke kompor listrik. Bukan tanpa alasan, ada sejumlah karakteristik dari kompor listrik yang dinilai lebih unggul daripada kompor gas.

Apa saja ya keunggulan kompor listrik? Berikut rangkumannya.

  • Lebih hemat energi. Kompor listrik disebut tidak membutuhkan daya yang besar saat digunakan untuk memasak. Hal ini dikarenakan makanan dinilai lebih cepat matang ketika dimasak menggunakan kompor listrik.
  • Mudah dibersihkan. Bentuk kompor listrik yang cenderung lebih minimalis dibandingkan kompor gas membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Sedulur cukup membasuhnya saja dengan lap dan kompor akan kembali bersih. Hal ini tentu berbeda dengan kompor gas yang memiliki banyak bagian yang harus dilepas saat membersihkannya.
  • Cenderung lebih aman. Keamanan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang beralih dari kompor gas ke kompor listrik. Seperti diketahui, penggunaan kompor gas memiliki risiko kebocoran gas yang dapat berakibat pada terjadinya ledakan. Sementara hal ini tidak akan ditemui pada kompor listrik.

BACA JUGA: Perbandingan Biaya Penggunaan Kompor Listrik dan Gas

Cara Menyalakan Kompor Listrik

Pexels/Marcus Aurelius

Secara umum, cara menyalakan kompor listrik hampir serupa dengan alat-alat elektronik lainnya di mana Sedulur cukup menakan tombol yang tersedia. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kompor listrik agar tetap aman dan kompor tidak mudah rusak.

Berikut beberapa tips atau cara menyalakan kompor listrik yang bisa Sedulur ikuti.

1. Perhatikan daya listrik di rumah Sedulur

Seperti halnya alat elektronik lainnya, kompor listrik juga memiliki ketentuan terkait kebutuhan daya listrik untuk dapat menghidupkan alat. Umumnya, kompor listrik membutuhkan daya sekitar 700 hingga 2.000 watt. Selain itu, ada pula kompor listrik dengan kebutuhan daya yang cenderung lebih kecil, yakni sekitar 200 hingga 500 watt saja.

Untuk itu, sebelum menggunakan kompor listrik, ada baiknya Sedulur memastikan besar daya listrik di rumah. Pastikan besar daya yang dibutuhkan sesuai dengan besar daya listrik di rumah Sedulur.

2. Siapkan peralatan masak yang sesuai

Beralih ke kompor listrik artinya Sedulur juga perlu menyiapkan peralatan memasak yang tepat. Pasalnya, kompor listrik memiliki cara kerja yang berbeda, terutama terkait penyebaran panas..

Dijelaskan sebelumnya, kompor listrik menggunakan komponen yang dapat menghantarkan panas meski tidak mengeluarkan api selayaknya kompor gas. Sedulur memerlukan peralatan memasak yang juga dapat mendukung cara kerja tersebut. Dengan demikian, panas bisa dialirkan ke alat masak dan makanan yang diolah bisa matang sempurna.

Beberapa contoh alat masak yang sesuai untuk kompor listrik, di antaranya adalah yang terbuat dari stainless steel, besi, dan masak baja karbon. Selain itu ada baiknya Sedulur menggunakan panci dengan alas datar mengingat kompor listrik tidak memiliki tungku.

3. Hidupkan kompor listrik

Setelah peralatan masak tersedia, Sedulur dapat mulai menyalakan kompor listrik. Pertama-tama, tancapkan terlebih dahulu colokkan steker kompor ke stop kontak terdekat. Poin satu ini juga perlu menjadi catatan untuk Sedulur, yaitu pastikan lokasi kompor berdekatan atau dapat menjangkau stop kontak.

Selanjutnya, tekan tombol power yang tersedia pada kompor. Nantinya panas akan mulai mengalir hingga kompor dapat digunakan untuk memasak.

4. Panaskan alat memasak terlebih dahulu

Tips menggunakan kompor listrik yang selanjutnya adalah memanaskan alat memasak sebelum menggunakannya. Apa maksudnya?

Seperti diketahui, kompor listrik memiliki cara kerja yang berbeda dengan kompor gas. Kompor listrik cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengalirkan panas sehingga bisa memasak bahan makanan. Untuk itu, sebaiknya Sedulur memanaskan peralatan masak yang akan digunakan terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

5. Pilih mode memasak sesuai hidangan yang dibuat

Kompor listrik juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Sedulur mengatur mode memasak. Ada banyak pilihan mode memasak yang bisa dipilih, misalnya boil untuk merebus, fry untuk menggoreng, dan keep warm yang dapat dipilih apabila Sedulur hanya ingin menghangatkan makanan saja.

Berbagai mode tersebut sangat berguna bagi Sedulur yang kerap membuat aneka hidangan dengan cara memasak berbeda-beda. Pasalnya, Sedulur tidak perlu khawatir makanan menjadi gosong ataupun overcooked. Selain itu, Sedulur juga bisa mengatur temperatur kompor sehingga panas yang dihasilkan sesuai dengan jenis masakan yang dibuat.

6. Gunakan timer

Selain berbagai pilihan mode memasak, kompor listrik juga memiliki fitur timer atau pengatur waktu. Apabila dinyalakan, fitur tersebut akan memberikan kode setelah proses memasak melewati waktu tertentu. Tak hanya itu, kompor juga otomatis akan mati ketika waktu sudah habis.

Tak sekadar membuat masakan matang sempurna, fitur ini ternyata juga memiliki manfaat untuk keamanan. Sebab, kompor listrik yang dinyalakan terlalu lama dapat berisiko terjadi arus pendek atau korsleting. Kondisi tersebut tentu perlu dihindari karena bisa memicu kebakaran.

7. Cabut kabel setelah digunakan

Cara menyalakan kompor listrik yang benar selanjutnya adalah mencabut kabel setelah selesai digunakan. Perlu diketahui bahwa panas pada kompor listrik cenderung bertahan lama dibandingkan pada kompor gas. Nah, Sedulur bisa mencabut kabel untuk memutus aliran listrik sehingga proses pendinginan dapat terjadi lebih cepat.

8. Bersihkan kompor

Cara terakhir adalah membersihkan kompor setelah selesai digunakan. Saat memasak, bukanlah hal yang aneh jika terdapat cipratan, baik itu minyak, kuah, dan sebagainya. Meski terlihat sepele, noda-noda cipratan itu bisa berubah menjadi kerak apabila tidak segera dibersihkan.

Kotoran tersebut lama-kelamaan bisa mempengaruhi kerja kompor karena bisa mengganggu proses penghantaran listrik. Untuk itu, sebaiknya Sedulur segera membersihkan kompor setelah selesai menggunakannya.

BACA JUGA: Cara & Bahan Ampuh untuk Bersihkan Noda serta Kerak Kompor

Cara Merawat Kompor Listrik Agar Awet

Pexels/Conscious Design

Sebagai informasi tambahan, berikut ada beberapa tips merawat kompor listrik agar awet dan tidak cepat rusak.

  • Bersihkan kompor secara rutin. Membiarkan debu atau noda menempel pada permukaan kompor hingga menjadi sulit dibersihkan bisa menyebabkan risiko yang lebih parah. Pasalnya, adanya kotoran atau benda asing pada kompor dapat berakibat pada terganggunya sistem kerja pada kompor.
  • Pastikan alat memasak yang digunakan bersih. Selain menjaga kebersihan kompor, Sedulur juga perlu membersihkan alat memasak secara tepat. Dengan begitu, panas dapat mengalir dengan baik.
  • Gunakan alat kebersihan yang lembut untuk membersihkan kompor. Permukaan kompor listrik biasanya terbuat dari bahan kaca atau keramik. Untuk itu, sebaiknya Sedulur menghindari alat kebersihan yang kotor karena dapat berpotensi menyebabkan terjadinya goresan.
  • Hindari penggunaan alat masak yang memiliki permukaan kasar. Selain memperhatikan alat untuk membersihkan kompor listrik, Sedulur juga perlu memperhatikan peralatan masak yang digunakan. Hindari penggunaan alat masak yang memiliki permukaan kasar karena dapat merusak permukaan kompor listrik.
  • Matikan kompor saat tidak digunakan. Mematikan dan bahkan mencabut kabel alat elektronik yang sedang tidak digunakan dapat menjadi solusi sederhana untuk menghemat energi. 
  • Hindari memasak dalam volume besar dan berat. Seperti dijelaskan, permukaan kompor listrik biasanya dibuat dari bahan kaca atau keramik. Beban yang terlalu besar dapat merusak permukaan kompor, bahkan mengakibatkan permukaan kompor pecah.

Itu dia cara menyalakan kompor listrik yang perlu menjadi perhatian Sedulur. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa tips merawat kompor listrik agar tidak mudah rusak.