meja kompor

Meja kompor mempunyai peranan yang signifikan di dalam rumah kita. Meja tersebut menjadi pusat semua persiapan dan pembuatan makanan bagi anggota keluarga. Terutama bagi Sedulur yang senang berkreasi di dapur, memilih meja mana yang tepat untuk diletakkan di dapur sangatlah penting.

Tren saat ini yang sedang ramai dipilih orang-orang adalah meja kompor minimalis yang tahan lama, tahan noda, tahan gores, serta tahan panas. Tentunya meja tersebut juga harus indah, menyesuaikan dengan interior dapur, serta ekonomis.

Banyak sekali model meja dapur yang bisa Sedulur pilih di pasaran Indonesia. Kalau Sedulur kebingungan ingin mulai memilih dari mana, yuk, coba intip 12 rekomendasi meja kompor berkualitas berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Meja Aquarium untuk Mempercantik Interior

-->

Cara memilih meja kompor yang tepat

Sebelum kita membahas rekomendasi meja dapur apa saja yang dapat Sedulur pilih, ada baiknya apabila Sedulur mengetahui bagaimana cara memilih meja kompor yang tepat terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tipsnya.

  • Tentukan bahan meja dapur sesuai dengan kebutuhan. Jenis material meja dapat bermacam-macam. Di antaranya adalah kayu, granit, ubin, blok daging, batu sabun, beton, kaca daur ulang, permukaan padat, baja tahan karat, marmer, batu kapur, dan laminasi. Harga dari material tersebut juga bervariasi, yang perlu disesuaikan juga dengan dompet Sedulur.
  • Ukur luas dapur dengan teliti. Tujuannya adalah agar meja dapur tidak menghambat mobilitas kita saat berada di ruangan.
  • Pilih laminasi meja dapur dengan menggunakan warna-warna netral. Laminasi warna netral akan lebih masuk ke dalam bujet ketimbang warna khusus yang harus kustom.
  • Hemat biaya dengan mencampur bahan sisa material rumah ke meja. Contohnya seperti menggunakan batu sisa atau kuarsa yang digunakan kembali untuk membuat meja dapur.

Rekomendasi meja kompor terbaik

Berikut ini adalah 12 rekomendasi yang sudah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Meja kompor berwarna putih

meja kompor
Depositphotos

Mungkin sebagian orang merasa ragu apabila memilih nuansa dapur dengan mayoritas warna putih. Pasalnya, dapur terkadang menjadi sangat kotor apabila setelah digunakan memasak. Terlebih lagi, noda-noda bahan masak bisa saja mengotori dinding dan permukaan-permukaan lain di dapur. Pastinya agak sulit untuk dibersihkan.

Tetapi, tahukah Sedulur apabila warna putih termasuk ke dalam golongan warna hangat yang cocok untuk dapur? Warna putih dikatakan dapat meningkatkan selera makan kita. Selain itu, penggunaan warna putih bernuansa monokrom pada ruangan-ruangan di rumah saat ini sedang marak.

Kalau Sedulur memiliki dapur dengan nuansa warna putih, tidak ada salahnya memilih meja kompor keramik dengan warna senada. Keramik pada meja dapur dapat mengurangi risiko noda-noda bandel melekat pada permukaan. Bahan dasar keramik putih pun sangat mudah untuk dibersihkan. Pun saat ini terdapat banyak cairan pembersih multifungsi yang dapat membantu Sedulur untuk bebersih di dapur.

2. Meja kompor klasik bernuansa modern

meja kompor
Depositphotos

Rekomendasi model meja dapur selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tema-tema klasik namun tetap mendapat sentuhan modern di setiap sudutnya. Ketika Sedulur memilih untuk menggunakan meja kompor klasik bernuansa modern, pastikan Sedulur menggunakan jenis-jenis kayu yang berkualitas seperti kayu mahoni atau kayu jati.

Tetapi, apabila dua jenis kayu tadi tidak masuk ke dalam bujet Sedulur, coba gunakan bahan dasar medium density fibreboard (MDF). Jenis kayu tersebut merupakan serpihan-serpihan berbagai macam kayu yang di-press menjadi satu. Kualitasnya hampir-hampir mirip dengan kayu biasa, tetapi harganya jauh lebih terjangkau. Tentunya, keawetan tetap menjadi nomor satu apabila Sedulur memutuskan untuk menggunakan meja dapur klasik bernuansa modern berbahan dasar MDF.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik untuk Main di Rumah

3. Meja kompor kayu minimalis

meja kompor
Depositphotos

Nah, apabila Sedulur kebetulan memiliki anggaran uang yang cukup longgar, tidak ada salahnya untuk menggunakan meja kompor kayu minimalis yang berbahan dasar kayu mahoni atau jati. Dengan bahan dasar kayu tersebut, dapur Sedulur akan terkesan hangat dan calm

Selain itu, meja tersebut dapat didesain seminimalis mungkin agar terlihat up to date dengan perkembangan zaman sekarang. Terlebih lagi, material kayu lebih ringan dan lebih mudah untuk dimodifikasi ketimbang dengan material lain, contohnya seperti material alumunium. Meja dapur kayu minimalis juga sangat cocok untuk dipadu padankan dengan berbagai peralatan dapur.

4. Meja kompor artistik

meja kompor
Depositphotos

Meja dapur artistik dapat menjadi pilihan bagi Sedulur. Pasalnya, dapur sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Apabila model ruangannya begitu-begitu saja, terkesan mainstream dan membosankan, tentunya Sedulur tidak akan betah berlama-lama di ruangan tersebut.

Salah satu solusinya adalah menggabungkan unsur seni ke dalam dapur, tetapi tetap mengutamakan desain serta fungsi-fungsi dari ruangan penting tersebut. Material-material yang tidak biasa seperti batu alam atau kursi alumunium dapat dikreasikan ke dalam desain meja dapur Sedulur agar menambah keunikan suasana. Bagaimana, apakah Sedulur tertarik?

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Perosotan Anak untuk Bermain di Rumah

5. Meja kompor antik bernuansa modern

meja kompor
Depositphotos

Meja dapur yang antik tidaklah harus terkesan ketinggalan zaman. Saat ini sudah banyak orang yang berani bereksperimen dengan nuansa klasik di dapur dengan menambahkan beberapa pernak-pernik yang membuatnya terlihat lebih modern. Komponen utama dari meja biasanya dibuat dengan kayu tua. Warna yang mendominasi dari ruangan juga lebih banyak berwarna cokelat tua yang cantik dan memberi kesan hangat.

Tentunya, sisi lain dari memilih meja dapur antik bernuansa modern adalah perawatan ekstra yang harus Sedulur lakukan. Pasalnya, beberapa jenis kayu tua agak sedikit sensitif terhadap noda dan kotoran. Tetapi, apabila desain dapur antik nuansa modern tersebut dilihat secara keseluruhan, rasa-rasanya worth it saja apabila kita perlu memberi perawatan yang ekstra.

6. Meja kompor multifungsi

Depositphotos

Rekomendasi meja kompor berikut ini sangat mengutamakan setiap fungsi dari sebuah dapur. Mayoritas ruangan dapur di kebanyakan rumah memiliki jumlah barang dan peralatan yang luar biasa banyak. Mulai dari peralatan makan, peralatan memasak, peralatan bersih-bersih, dan lain sebagainya.

Nah, dengan begitu banyaknya barang tersebut, tentunya memiliki meja dapur yang multifungsi dan mempunyai banyak tempat penyimpanan akan sangat membantu kegiatan sehari-hari Sedulur di dapur. Sedulur dapat membuat dapur dipenuhi dengan rak-rak terbuka yang memudahkan pada saat mengambil sesuatu, atau juga mengisi dapur dengan berbagai laci tertutup yang menghindarkan peralatan dari debu dan kotoran.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kasur Lantai yang Nyaman dan Empuk

7. Meja kompor model sliding

Pinterest

Ingin memiliki meja dapur yang terkesan unik dan pastinya akan menjadi pusat perhatian setiap orang yang mengunjungi dapur Sedulur? Yuk, coba meja model sliding berikut ini!

Meja dengan model sliding memang bukanlah sesuatu yang sering kita jumpai di dapur-dapur kebanyakan rumah. Terlebih lagi, tidak semua dapur didesain dengan keunikan model tersebut. 

Tetapi, apabila Sedulur memang tertarik dengan model sliding seperti ini, tidak ada ruginya untuk mencoba. Meja ini dapat digeser untuk menaruh perlengkapan dan bahan saat sedang ingin masak besar atau untuk acara makan dengan keluarga besar. Apalagi meja dengan konsep sliding yang disembunyikan ini ternyata dapat menghemat ruangan di dapur. Bagaimana, apakah Sedulur tertarik?

8. Meja kompor lipat

JPS

Selain model sliding yang dapat disembunyikan, ternyata meja dapur juga ada yang model dilipat, Sedulur! Meja lipat ini sangat cocok dipasang pada dapur yang memiliki keterbatasan space atau ruang. Tentu saja meja ini agak jarang dipasarkan secara umum. Sedulur harus memesan secara kustom agar modelnya dapat disesuaikan dengan ruangan dapur dan selera Sedulur. Apabila sudah dipasang, tentu saja meja tersebut akan menambah keunikan ruang dapur dan menjadi focus attention bagi siapa pun yang singgah di dapur Sedulur. Sepertinya seru, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Gorden Minimalis untuk Mempercantik Hunian

9. Meja kompor untuk ruangan terbatas

Depositphotos

Memiliki dapur terbatas tetapi enggan untuk memesan meja kompor lipat secara kustom? Coba cari jenis meja kecil yang dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan. Di pasaran Indonesia banyak yang menjual meja jenis ini. Terlebih lagi di daerah perkotaan yang mayoritas memiliki banyak hunian dengan keterbatasan luas ruangan seperti contohnya apartemen.

Tidak perlu khawatir dengan ukurannya yang kecil, meja ini tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan menambah kesan cantik pada dapur Sedulur. Biasanya meja dapur untuk ruangan terbatas dibuat agak tinggi agar dapat menghemat space serta dilengkapi kursi model bar stool yang bernuansa modern.

10. Meja kompor minimalis bernuansa modern

Depositphotos

Salah satu model yang sedang digandrungi banyak kaum milenial sekarang adalah meja kompor minimalis bernuansa modern. Model ini memang perlu diakui sangat eye pleasing dan tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai minimalisnya. 

Dapur Sedulur dapat memberikan kesan bersih yang apik dengan warna yang dapat disesuaikan dengan selera. Tidak harus dibuat dengan ukuran besar, ruangan sempit pun dapat dipasang meja dapur model ini dengan sempurna.

11. Meja kompor aesthetic

Depositphotos

Konsep aesthetic yang memanjakan mata masih menjadi prioritas banyak orang dalam menentukan furnitur bagi huniannya, tidak terlepas dari meja dapur. Model meja seperti ini yang minimalis dapat dengan mudah dicocokkan ke kitchen set dapur, sehingga bisa memperindah tampilan ruangan tempat memasak tersebut.

12. Meja kompor marmer minimalis

Depositphotos

Rekomendasi terakhir adalah meja dapur marmer minimalis. Tentu saja, bahan dasar marmer yang digunakan dalam meja ini tidaklah murah. Sedulur perlu merogoh kocek agak lebih dalam untuk dapat menikmati nuansa mewah nan elegan ini. Tetapi, apabila sudah jadi, Sedulur pastinya tidak akan menyesal memilih marmer untuk dijadikan bahan dasar meja di dapur. Lihatlah gambar contoh di atas, kesan mewah yang minimalis dan sederhana dapat membuat kita betah berlama-lama di dapur pastinya.

Di atas adalah sedikit penjelasan dan beberapa rekomendasi meja kompor yang dapat digunakan di dapur Sedulur. Beberapa rekomendasi tadi meliputi meja dapur berwarna putih bersih, klasik tetapi modern, kayu minimalis, artistik, antik tetapi tetap ada sentuhan modern, multifungsi, model sliding, lipat, untuk ruangan sempit, minimalis, aesthetic, serta yang berbahan dasar marmer.

Semoga rekomendasi tersebut dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mencari ide untuk mempercantik dapur hunian, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.