cara membersihkan kerak kompor

Membersihkan noda dan kerak di kompor mungkin menjadi salah satu tugas rumah tangga yang sulit untuk dikerjakan. Namun dengan cara membersihkan kerak kompor yang tepat, tentu saja bisa membuat komponen dapur tersebut terlihat seperti baru lagi.

Selain itu, Sedulur juga perlu tahu bahan pembersih apa saja yang paling ampuh untuk bisa membersihkan noda sekaligus kerak pada kompor gas. Nah, dilansir dari beberapa sumber, berikut ini bahan-bahan pembersih noda di kompor lengkap dengan cara menggunakannya!

BACA JUGA: Perbandingan Biaya Penggunaan Kompor Listrik dan Gas

1. Air panas

cara membersihkan kerak kompor
Everything Better

Bagi yang kesulitan membersihkan kerak di kompor, bisa coba menggunakan air panas. Caranya yakni dengan melepas semua bagian kompor gas, seperti cover penutup, selang, ring, tatakan kompor, dan kerangka. Kemudian semua bagian kompor gas yang sudah dilepas, dimasukkan ke dalam ember besar.

-->

Siram dengan air panas dan rendam selama 15 menit. Nah, ketika direndam itulah kerak dan noda yang menempel akan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Sedulur dapat menggunakan spons kasar untuk membersihkan noda dan kerak tersebut.

2. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring juga ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kompor gas, lho! Caranya juga mudah, yakni dimulai dengan membuka bagian-bagian kompor gas seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian rendam komponen kompor gas tersebut ke dalam larutan sabun cuci piring.

Tunggu selama beberapa saat sampai kerak, minyak, dan berbagai noda lainnya terlepas. Setelah itu, gunakan sikat untuk memaksimalkan pembersihan. Kemudian bilas dengan air bersih, lalu lap dengan kain kering. Pastikan semua komponen tersebut benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

3. Krim pembersih khusus dapur

Jika beberapa cara membersihkan kerak kompor sebelumnya tidak bisa diaplikasikan pada bagian tungku, maka berbeda dengan yang satu ini. Oleh sebab itu, Sedulur bisa mengandalkan krim pembersih khusus dapur untuk membersihkan noda dan kerak yang ada.

Cara untuk melakukannya pun cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan krim pada bagian tungku api. Setelah itu, gosok menggunakan sikat gigi atau lap kasar. Jika Sedulur membersihkan kompor gas dengan krim khusus pembersih dapur ini, maka tidak perlu repot membilasnya dengan air.

4. Cairan pembersih khusus dapur

Brightly

Selain yang berbentuk krim, Sedulur juga dapat menggunakan pembersih khusus dapur yang berbentuk cairan untuk membersihkan bagian permukaan pada kompor gas yang berkerak. Bentuk dari cairan ini berupa semprotan, sehingga hanya perlu disemprotkan pada permukaan kompor saja.

Setelah itu, bisa langsung dilap menggunakan kanebo kain atau lap kering sampai noda pada kompor gas benar-benar hilang. Pastikan seluruh permukaan kompor gas telah diseka sampai bersih. Selain membuat permukaan kompor bersih, cairan ini juga akan menjadikannya tampak kinclong seperti baru lagi.

5. Soda kue

Bahan lain yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda serta kerak pada kompor gas adalah soda kue alias baking soda. Caranya yakni dengan melarutkan dua sendok soda kue dengan satu liter air. Nah, gunakan larutan soda kue ini untuk membersihkan bagian-bagian pada kompor gas.

Jika sudah dibersihkan, diamkan selama beberapa saat. Penggunaan dari larutan soda kue ini akan membuat Sedulur lebih mudah saat membersihkan noda minyak dan sisa makanan pada kompor gas. Setelah itu, lap bagian kompor dengan kain basah, lalu diamkan sampai kering.

BACA JUGA: 10 Model Dapur Kompor Tanam Terbaik, Bikin Betah Masak!

6. Cuka apel

cara membersihkan kerak kompor
Pinterest

Kandungan asam yang terdapat pada cuka apel tentu saja bisa Sedulur gunakan untuk menghilangkan noda minyak membandel yang biasa ada di permukaan kompor gas. Cara membersihkan kerak kompor dengan cuku apel juga sangat mudah, kok. Cukup teteskan cuka apel di bagian permukaan kompor gas.

Setelah itu, ratakan dengan menggunakan kuas dan diamkan selama beberapa saat. Jika sudah, Sedulur bisa membersihkan permukaan kompor gas tersebut dengan menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk dikeringkan menggunakan lap kering, dan tunggu sampai benar-benar kering baru dipasang.

7. Jeruk nipis

Jika tidak memiliki cuka apel atau sulit menemukan di warung-warung terdekat, Sedulur bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai gantinya. Ya, jeruk nipis juga mengandung asam yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda serta mempermudah ketika ingin menghilangkan kerak kompor.

Cara membersihkan kerak kompor dengan jeruk nipis juga tidak kalah mudah. Sedulur hanya perlu memotongnya menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan potongan jeruk nipis tersebut pada seluruh permukaan kompor gas secara merata, sehingga noda minyak dapat terangkat.

8. Tepung terigu

Setelah selesai memasak, biasanya cipratan minyak akan menempel di permukaan kompor gas, bukan?  Apabila diusap dengan kain basah, maka noda minyak tersebut justru akan menyebar ke seluruh permukaan. Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur bisa memanfaatkan tepung terigu.

Caranya yakni dengan menaburkan tepung terigu di bagian yang terkena noda minyak secukupnya saja. Kemudian bersihkan tepung terigu yang ditaburkan sampai bersih, dan dijamin noda minyak akan hilang tanpa menyebar dan menjadi kerak.

9. Kulit lemon dan garam

cara membersihkan kerak kompor
Good Housekeeping

Sifat dari kulit lemon serta garam, jika dipadukan akan menjadi seperti amplas. Hal ini karena adanya butiran garam yang kasar sehingga mampu mengangkat kerak pada kompor. Cara untuk menggunakan bahan-bahan ini pun sangat mudah.

Sedulur hanya perlu menaburkan garam pada area kulit lemon. Kemudian gunakan kulit lemon tersebut layaknya amplas pada permukaan kompor gas. Jika sudah bilas dengan menggunakan air bersih dan biarkan kering.

Mungkin hanya itu beberapa bahan pembersih dan cara membersihkan kerak kompor yang bisa dilakukan untuk saat ini. Perlu untuk diketahui, pastikan bahwa setiap bagian kompor gas benar-benar kering sebelum dipasang dan digunakan.

Terutama untuk bagian tungku, sebisa mungkin jangan sampai basah karena bisa saja kompor jadi susah dinyalakan. Selain itu, bagian-bagian yang dipasang ketika masih basah, bisa menimbulkan karat yang justru akan merusak kompor tersebut.