cara membersihkan wc mampet

Jika WC tiba-tiba mampet, Sedulur tidak perlu panik. Terdapat beberapa cara membersihkan WC mampet hanya dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang sederhana lho. Biasanya WC mampet akan ditandai dengan munculnya genangan air yang sulit untuk turun. Kondisi ini disebabkan karena tersumbatnya saluran WC karena adanya benda asing. 

Lantas apa yang harus dilakukan jika WC Sedulur tiba-tiba mampet? Berikut cara membersihkan WC mampet yang mudah dan dapat Sedulur lakukan sendiri tanpa perlu membongkarnya.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Alat Pengusir Nyamuk Terbaik yang Ampuh

1. Gunakan plunger

cara membersihkan wc mampet
Freepik

Plunger atau pompa sedot WC manual memang digunakan untuk mengatasi WC yang mampet. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan sederhana.

-->

Berikut cara menggunakan plunger untuk mengatasi WC mampet. 

  1. Pegang handle plunger dengan kedua tangan dan posisikan mangkok karet di lubang toilet.
  2. Pastikan terdapat air di lubang toilet.
  3. Tekan-tarik batang plunger ke bawah dan ke atas dengan cepat dan kuat sekitar 10-12 kali lalu tarik plunger.
  4. Jika belum berhasil, ulangi 2-3 kali lagi langkah-langkah diatas.

2. Sabun cuci piring dan air panas

cara membersihkan wc mampet
Kompas

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan sabun cuci piring dan air panas. Sedulur hanya perlu menyediakan 1 cangkir sabun cuci piring cair, air panas yang cukup banyak, serta handuk. Letakkan handuk di lantai sekitar WC untuk melindunginya dari tumpahan air WC. Setelah itu masukkan sabun cuci piring ke dalam WC secara perlahan dan diamkan hingga sabun mengendap. Sabun cuci piring berguna untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menyumbat mampu mengalir ke dalam septic tank dengan lebih mudah.

Setelah sabun cuci piring mengendap, tuangkan air panas sebanyak mungkin namun jangan sampai air keluar dari WC. Diamkan selama sekitar 20 menit. Lalu, flush WC untuk mengecek apakah WC masih mampet. Jika iya, lakukan cara ini berulang kali hingga WC kembali beroperasi normal.

3. Gunakan soda kue dan cuka

Freepik

Tak hanya bermanfaat untuk membuat kue, kedua bahan ini dapat jadi pilihan untuk mengatasi ragam permasalahan rumah tangga mulai dari sekedar membersihkan kotoran bahkan mengatasi wastafel tersumbat. Baking soda dan cuka pun bisa jadi cara mengatasi WC mampet, lho Sedulur. Caranya yaitu Tebarkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC dan tunggu hingga mengendap. Setelah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar dan lakukan secara perlahan agar  cuka tersebar merata. Saat melakukan cara ini, Sedulur akan melihat gelembung-gelembung dari reaksi kedua bahan tersebut dan pastikan jangan sampai gelembung tersebut keluar dari WC.

Beri jeda waktu baking soda dan cuka untuk mengatasi permasalahan ini selama kurang lebih satu jam. Kemudian, flush WC. Apabila masih tersumbat, lakukan cara mengatasi WC mampet ini dengan menambahkan baking soda dan cuka lagi, lalu diamkan semalaman. Pagi harinya WC dipastikan sudah kembali normal. 

BACA JUGA : 9 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Pakaian, Dijamin Ampuh!

4. Pakai toilet bomb

Yosianayamin

Sedulur dapat membuat toilet bomb sendiri dengan mencampuran soda kue dan sitrun (citric acid) yang bisa dibeli di warung-warung. Selain membuat toilet bersih dan bebas bau, toilet bomb ini juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi WC mampet. Cara membuat toilet bomb yakni dengan mencampurkan sitrun dan soda kue dalam mangkuk dan beri sedikit air agar dapat dipadatkan seperti bola. Biarkan dulu semalaman. Keesokan harinya, Sedulur dapat memasukkan toilet bomb ini di WC yang mampet, lalu tunggu beberapa jam sampai sumbatan hilang.

5. Gunakan botol plastik bekas

cara membersihkan wc mampet

Dari pada membuang botol plastik, lebih baik Sedulur manfaatkan untuk  mengatasi WC mampet di rumah. Prosesnya pun cukup mudah dan dan sederhaa. Petama-tama, potong bagian mulut botol plastik yang sudah disiapkan sekitar 10 cm. Setelah itu, mulailah masukkan ujung botol yang sudah dipotong tersebut ke dalam lubang WC. Setelah itu, tekan lubang WC menggunakan botol tersebut. Hal ini bertujuan agar yang menjadi penyebab WC mampet dapat terdorong ke septic tank. Untuk mengetahui apakah cara mengatasi WC mampet ini berhasil atau tidak, Sedulur dapat menyiramnya dengan air.

6. Pakai hanger kawat

cara membersihkan wc mampet
Freepik

Tidak hanya bahan-bahan cair saja, bahan padat juga bisa jadi cara mengatasi WC mampet, lho. Cara mengatasi WC mampet yang satu ini hanya bisa dilakukan apabila benda asing yang bikin mampet berada tak terlalu jauh dari corong WC. Sediakan gantungan baju (hanger) kawat. Potong kawatnya kemudian luruskan. Bagian ujung kawat yang tajam harus dibungkus kain seperti kain perca atau kain bekas dan selotip agar tidak membuat WC rusak.

Mulailah cara mengatasi WC mampet ini dengan memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC yang tersumbat. Teknik ini dilakukan untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank. Keberhasilan cara mengatasi WC mampet ini ditandai dengan menyusutnya air WC. Jangan lupa juga untuk menekan tombol flush. Jika WC masih mampet, berarti Sedulur harus menggunakan cara mengatasi WC mampet yang lainnya

7. Bungkus dengan plastic wrap

thermoplastik

Cara mengatasi WC mampet pun dapat Sedulur lakukan dengan menggunakan plastik pembungkus yang juga sering dipakai di supermarket untuk membungkus buah potong atau makanan. Sediakan plastik pembungkus makanan dan gunakan untuk menutupi tempat duduk WC. Pastikan juga plastik benar-benar menempel pada WC ya!

Tekan tombol flush. Plastik akan mengembang dan Sedulur harus menekannya secara berulang kali. Cara mengatasi WC mampet ini dilakukan untuk menekan balik udara ke dalam WC sehingga udara tersebut mendorong benda yang menyumbat WC. 

BACA JUGA : 30 Tips Beri Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

8. Menggunakan garam

Freepik

Sedulur tentu tidak menyangka jika garam juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi WC mampet. Untuk melakukan cara ini, sebaiknya Sedulur menggunakan jenis garam batu yang dianggap paling ideal untuk mengatasi permasalahan WC mampet. Akan tetapi, Sedulur tidak perlu khawatir jika tidak memiliki garam batu. Pasalnya, garam dapur yang kasar dengan tambahan sedikit baking soda juga ampuh untuk dijadikan cara mengatasi WC mampet.

Sebelum mengatasi WC mampet dengan garam, pastikan dulu bahwa air di dalam toilet tidak penuh. Jika sudah, Sedulur dapat  menuangkan garam sekitar 500 gram secara perlahan ke dalam lubang WC. Setelah itu, tuangkan satu liter air panas yang mendidih. Diamkanlah WC tersebut sekitar delapan jam.

Selama waktu tersebut, seharusnya penyumbatan yang terjadi di dalam WC sudah mulai luluh. Sedulur bisa menyiramnya dengan air untuk mendorong sisa sumbatan tersebut ke dalam septic tank. Jika ternyata masih saja mampet, cobalah untuk mendorong atau tekan pipa WC menggunakan tongkat atau gantungan baju kawat, seperti cara mengatasi WC mampet sebelumnya sampai saluran mulai lancar.

9. Soda api

dekoruma

Soda api merupakan bahan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi WC mampet. Bahan ini akan bekerja dengan cara melarutkan penyumbat organik di dalam WC. Nama kimianya adalah Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Sedeulur dapat dengan mudah membelinya di toko-toko kimia atau toko bahan bangunan. Berikut cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC mampet.

  1. Gunakanlah sarung tangan karet, masker penutup hidung, buka jendela, dan pintu toilet.
  2. Pastikan air di dalam WC sudah surut. Jika memang penuh, tunggulah dahulu.
  3. Tuangkan soda api ke dalam WC.
  4. Moms tidak perlu menambahkan air, karena soda api akan bereaksi sendiri dengan air di dalam WC.
  5. Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  6. Periksa apakah saluran WC masih mampet dengan menyiram air ke dalamnya.

Jika masih mampet, ulangi kembali proses di atas dengan durasi yang lebih lama yaitu 30 menit sampai 1 jam, hingga WC benar-benar lancar

10. Produk enzimatis

Cek resi

Cara membersihkan wc mampet tanpa merusak saluran pembuangan yang berikutnya yaitu dengan menggunakan produk enzimatis. Akan tetapi, menggunakan enzimatis  ini lebih efektif digunakan untuk WC yang mampet atau tersumbat karena kotoran organik , bukan karena benda padat.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan cairan pembersih dengan aman yang harus Sedulur perhatikan. 

  1. Ikuti petunjuk dalam kemasan dengan benar. Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang cukup.
  2. Jangan diamkan cairan pembersih lebih lama waktunya dari yang tertulis pada kemasan.
  3. Gunakan sarung tangan dan kacamata sebagai perlindungan utama tubuh.
  4. Jangan berdiri di dalam bathtub atau tempat shower ketika menuang cairan pembersih.
  5. Tuangkan cairan pembersih secara perlahan agar tidak tumpah.
  6. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam cairan pembersih akan merusak ubin, hiasan batu, marmer, stainless steel, dan material lainnya.
  7. Jangan mencampurkan cairan pembersih yang berbeda merek karena satu pembersih dengan pembersih lainnya memiliki komposisi yang berbeda.
  8. Reaksi kimia yang ditimbulkan akibat percampuran tersebut akan fatal bagi Sedulur. Cairan tersebut bisa menghasilkan gas beracun atau bahkan meledak.
  9. Flush WC dengan benar jika sudah selesai hingga cairan pembersih hilang secara sempurna.

11. Jangan membuang apapun ke toilet

Tokama

Jika sumbatan WC sudah teratasi, Sedulur juga tetap harus memahami bagaimana agar WC tidak mampet lagi di lain waktu. Pastikan Sedulur tidak membuang benda asing apa pun di toilet selain urine, feses, serta tisu toilet. Tisu toilet pun sebenarnya tidak disarankan untuk dibuang ke dalam toilet. Beberapa bahan tisu toilet justru berisiko dapat menyebabkan sumbatan di dalam WC yang menyebabkan WC mampet. Hindari membuang pembalut, cotton bud, atau makanan ke dalam kloset, ya karena benda tersebut menjadi penyebab WC mampet.

Demikianlah rangkuman informasi tentang cara membersihkan wc mampet yang dapat Sedulur lakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan rumah tangga seperti garam, baking soda dan yang lainnya. Akan tetapi, jikda cara di atas kurang maksimal Sedulur harus segera memanggil tukang sedot WC ya!

Sementara untuk kebutuhan kebersihan rumah dan kamar mandi, Sedulur bisa berbelanja di Aplikasi Super lho. Harga yang sudah pasti terjangkau dan ada layanan gratis ongkir yang semakin memudahkan Sedulur. Yuk cek Aplikasi Super sekarang.