hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri

Dekorasi dan hiasan ruang tamu yang unik akan membuat suasana rumah menjadi berbeda dan lebih hidup. Para tamu yang berkunjung pun bisa nyaman dan betah untuk singgah. Banyak jenis hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri yang dapat Sedulur coba. Bahkan, hiasan dinding tersebut bisa diciptakan dengan memanfaatkan berbagai barang bekas yang ada di rumah.

Namun, Sedulur harus memperhatikan beberapa tips menghias dinding ruang tamu agar tidak terlihat jelek dan berakhir fail. Apalagi Sedulur ingin menciptakan ruang tamu dengan konsep minimalis yang elegan. Penasaran bagaimana tips menata ruang tamu dengan hiasan dinding yang menarik? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA : Cara Menanam Daun Bawang agar Cepat Tumbuh di Polybag

Hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri

Ada cukup banyak jenis hiasan dinding ruang tamu yang bisa Sedulur coba. Bisa berupa tulisan tangan, hiasan minimalis, sampai yang berkonsep naturalis. Berikut ini beberapa referensi hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri. 

-->

1. Hiasan dinding ruang tamu kaligrafi

hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri
Seruni.com

Seni kaligrafi menjadi salah satu karya tulis yang sudah lama berkembang di kota Jazirah  Kota bagian dari Negara Arab Saudi. Kaligrafi sendiri termasuk karya seni tulis yang sangat menarik dan selalu terlihat indah di setiap sudut masjid. Perkembangan seni kaligrafi bertuliskan Arab ini mulai berkembang pada abad ke-3 SM. Kaligrafi Arab atau kaligrafi Islam merupakan suatu seni lukis yang di peruntukkan untuk di jadikan hiasan, salah satunya hiasan pada dinding pada ruang tamu. 

Meski pada umumnya seni kaligrafi sering kita lihat di mesjid. Mendengar kata “kaligrafi”, Sedulur tentu pasti langsung berfikir tentang lekukan tulisan Arab yang indah dan mempesona ini. Padahal, kaligrafi ini sebenarnya seni yang umum dan tidak hanya ada pada peradaban Islam saja.

Terdapat kaligrafi oriental berasal dari Negara Jepang, Cina Korea hingga peradaban Yunani kuno. Kaligrafi itu sendiri pun dapat di bedakan berdasarkan tiga jenis tulisan, yaitu huruf latin, hijaiyah, dan oriental. Sedulur dapat mencoba untuk menerapkan hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri. Dalam proses pembuatannya, setiap jenis kaligrafi ini di buat dengan mengutamakan estetika dengan sentuhan seni yang enak di pandang mata.

2. Hiasan dinding tulisan dalam bingkai

Dekoruma

Jika Sedulur adalah orang yang membutuhkan motivasi, cobalah untuk menghiaskan dinding ruang tamu dengan bingkai yang berisi kata-kata motivasi. Jika Sedulur merupakan orang yang ahli dalam desain grafis, Sedulur dapat mengedit karya tersebut menjadi lebih menarik dengan desain warna yang lebih sesuai dengan dinding. Sedulur dapat memilih berbagai kata-kata motivasi yang ada di internet kemudian mencetaknya dan masukkan ke dalam bingkai untuk digantungkan ke dinding.

Beberapa kata-kata motivasi yang dapat Sedulur pilih di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Jangan suka menunda-nunda!
  • If you never try you’ll never know.
  • Work hard be nice.
  • Jangan lupa bahagia.
  • Jangan tinggalkan sholat!

3. Hiasan dinding cermin

hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri
Uwitan

Tak hanya berfungsi sebagai alat untuk berkaca, Sedulur juga dapat memanfaatkan cermin sebagai hiasan dinding ruang tamu lho. Pilihlah cermin yang memiliki aksen ukiran atau hiasan lain pada bingkainya. Dengan begitu, ruang tamu akan tampak lebih estetik dan menarik.

Sangat tepat untuk menghias dinding di ruangan yang kecil karena cermin memiliki sifat memantulkan cahaya dan bayangan. Semakin besar ukuran cermin, maka akan semakin baik manfaatnya. Tapi perlu Sedulur pastikan untuk menggantungnya dengan benar supaya tidak mudah jatuh ketika tertipu angin dan melukai penghuni rumah.

5. Origami berbentuk curung camar

hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri
TenStikers

Nah, bagi Sedulur yang ingin berkreasi membuat bentuk burung camar dengan menggunakan kertas origami untuk membuat hiasan dinding ruang tamu, simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Siapkan kertas origami warna-warni.
  • Bentuk origami menjadi segitiga dengan sisi yang berwarna berada di dalam lipatan.
  • Tarik satu sisi kertas dan lipat ke bagian bawah.
  • Lalu, tarik ujung atas dan lipat ke belakang.
  • Lipat terbalik bagian luar origami.
  • Tarik lagi bagian bawah kertas ke depan dan belakang.
  • Tarik ke bawah bagian atas kertas.
  • Buat bentuk kepala burung dengan teknik lipatan ke dalam.
  • Bagian kiri lipat ke dalam.
  • Terakhir buat bagian ekornya dengan teknik lipatan keluar, lalu burung camar pun siap.
  • Setelah burung camar selesai, siapkan pula benang dan jarum untuk menggantung hiasan tersebut di area dinding ruang tau. 

6. Origami berbentuk kupu-kupu

Dekoruma

Selain burung camar, Sedulur juga dapat membuat bentuk lain seperti kupu-kupu. Adapun caranta adalah sebagi berikut ini.

  • Persiapkan bahan-bahan seperti kertas origami warna-warni, penggaris, pensil, dan pita berwarna.
  • Buatlah pola menyerupai seperti orang, dengan badan segitiga sebanyak yang kamu inginkan.
  • Setelah selesai lipatlah kertas origami ke bagian depan dan belakang.
  • Ikat bagian tengah kertas dengan pita yang telah disediakan dan jadilah kupu-kupu kertas kertas origami.

BACA JUGA : 9 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Pakaian, Dijamin Ampuh!

7. Hiasan dinding ruang tamu gaya floral

Pinterest

Sedulu ingin membuat hiasan dinding ruang tamu cantik bergaya floral ? Sedulur dapat membuatnya dari bekas gulungan kertas tisu! Sedulur pasti tidak akan bisa menyangka jika bekas gulungan kertas tisu bisa diolah jadi hiasan dinding ruang tamu berkelas bukan? Dengan cara membentuk, melepaskan gulungan karton, hingga menggunting untuk bentuk tertentu, Sedulur sudah bisa punya hiasan dinding ruang tamu dari karton!

8. Hiasan dinding majalah bekas

Rukita

Daripada dijual kiloan ke tukang loak, lebih baik Sedulur manfaatkan majalah bekas milik yang bertumpuk menjadi hiasan dinding ruang tamu cantik ini. Kreasi hiasan dinding ruang tamu bisa muncul dalam bentuk anyaman warna-warni yang disusun rapi. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat menggunting bagian tertentu pada majalah kemudian menempelkan di dinding ruang tamu. Mudah bukan? 

9. Hiasan dinding foto keluarga

BP Guide

Ide kreasi lainnya yang dapat Sedulur coba adalah memadukan hiasan gambar dinding dengan pemajangan foto di ruang tamu. Gambar dinding bisa dibuat menyerupai bingkai foto. Cukup buat gambar persegi kemudian tempelkan foto keluarga di dalam persegi tersebut. Supaya lebih cerah, gunakanlah cat warna-warni agar tampak semakin menarik. 

10. Hiasan dinding unsur kain batik

Rukita

Jika Sedulur menyukai aksen batik, Sedulur dapat membuatnya dengan memanfaatkan ruang dinding rumah masing-masing dengan motif batik. Ruang tamu pun menjadi fokus utama sehingga tampil menarik perhatian. Banyak manfaat yang didapat dengan memasang hiasan dinding di ruang tamu. Bukan hanya sekadar jadi dekorasi rumah, tapi juga bisa bikin rumah terasa lebih nyaman. 

11. Hiasan dinding dari kanvas

Dekoruma

Jika Sedulur memiliki hobi fotografi atau melukis, inilah saatnya untuk menyalurkan keahlianmu ke atas sebuah kanvas dan membuat hiasan dinding sendiri. Hasilnya tentu akan sempurna karena kamu mengetahui persis keinginanmu. Modal yang dibutuhkan hanyalah kanvas, cat, kuas, dan imajinasi. Setelah karya selesai, gantungkan kanvas tersebut menggunakan paku yang menancap dengan baik pada dinding.

12. Hiasan dinding karya seni anak

Rumah.com

Sedulur dapat memanfaatkan karya seni anak untuk dipajang di dinding ruang tamu lho. Selain sebagai bentuk apresiasi kepada anak, memajang karya seni akan juga akan membuat ruang tamu semakin tampak elegan dan tentunya akan membuat sang buah hati semangat dalam berkarya. 

13. Hiasan dinding bunga kertas dari roll tisu toilet

Hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri
My Scandinavian Home

Pernah terpikir untuk menyulap kertas tisu toilet menjadi karya yang menakjubkan di dinding ruang tamu? Dengan sedikit usaha dan tentunya kreativitas, gulungan berbentuk tabung itu bisa dirangkai menjadi berbagai macam hiasan, salah satunya bunga.

Untuk membuat hiasan dinding ini, cukup kumpulkan dahulu gulungan sebanyak yang dibutuhkan. Setelah itu, pipihkan  semua gulungan dan gunting selebar 2 cm. Rekatkan ujung potongan satu sama lain hingga membentuk bunga. Terakhir, tempel dan rangkai bunga-bunga kertas tersebut pada dinding. Agar hasil bunga lebih indah, cat potongan-potongan tersebut dengan berbagai warna.

14. Hiasan dari stik es

Medium

Bukan rahasia lagi kalau stik es merupakan benda yang multifungsi. Mulai dari furniture hingga aksesoris bisa dibuat. Hiasan dinding ini merupakan sebuah karya sederhana dari stik es yang bisa dibuat untuk mempercantik ruang tamu. Pembuatannya pun sangat mudah cukup rangkau stik dan dilem membentuk pola hati. Selain hati, ada banyak poa lain yang bisa dibuat, misalnya hexagon, segi tiga, bahkan pola abstrak. Setelah selesai, tempelkan pada dinding menggunakan lem.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Cat Anti Bocor Terbaik untuk Proteksi Rumahmu

Tips menghias ruang tamu minimalis

hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri
Dekoruma

Bagi Sedulur yang suka dengan konsep minimalis, berikut tips menghias ruang tamu agar tampak minimalis dan elegan yang dapat Sedulur lakukan.

1. Letakkan vas bunga

Meletakkan hiasan bunga pada area ruang tamu bisa membuat rumah tampak lebih segar. Jika Sedulur tidak mau direpotkan dengan bunga yang mudah layu, Sedulur dapat memilih bunga artifisial yang menyerupai bentuk aslinya. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna terang, seperti merah muda, putih, dan cream agar ruangan menjadi terlihat lebih cerah.

2. Gunakan meja sisi bertingkat

Jangan biarkan sudut ruang tamu terlihat kosong dan tidak menarik. Nah, Sedulur dapat memberikan sentuhan meja sisi berukuran minimalis agar ruangan terlihat lebih menawan sekaligus estetik. Nah,  Sedulur juga dapat menggunakan meja sisi yang memberikan kesan bertingkat menyerupai tangga. Letakkan juga tanaman atau lampu meja agar dekorasi ruang tamu terlihat semakin elegan sempurna.

3. Buat galeri sederhana

Jika Sedulur tidak ingin sudut ruangan tampak sepi, Sedulur dapat memanfaatkannya untuk memajang berbagai foto. Pilih foto-foto keluarga yang penuh kenangan agar ruang tamu terkesan lebih homey.

4. Gunakan lampu gantung

Cara mudah untuk membuat dekorasi ruang tamu menjadi lebih  kekinian adalah dengan menggunakan  lampu gantung. Pilih lampu gantung dengan model minimalis dengan cahaya redup agar ruangan tidak terlihat sumpek. Nah, agar tercipta suasana yang hangat, Sedulur juga dapat memilih lampu dengan warna kuning.

5. Pajang hiasan dinding estetik

hiasan dinding ruang taumu buatan sendiri
Space Joy

Sedulur tidak perlu ragu untuk memasang hiasan dinding di salah satu sudut area ruang tamu. Pilihlah hiasan yang estetik dan modern untuk menciptakan kesan yang lebih elegan. Kuncinya, pilih hiasan dinding dengan warna yang masih senada dengan tema ruang tamu di rumah agar terlihat lebih cantik. 

6. Pilih jam dinding model klasik

am dinding juga menjadi salah satu benda yang tidak kalah penting untuk menjadi salah satu dekorasi pada ruangan. Tidak heran banyak jam yang dijual dengan berbagai desain unik. Nah, Anda bisa memilih jam dinding dengan model ala European untuk membuat ruang tamu terlihat semakin elegan.

7. Gantung tanaman hias pada dinding

Jika Sedulur ingin membuat dekorasi untuk dinding dengan kesan yang segar dan tenang, maka dapat menggunakan beberapa tanaman hias. Meskipun tanaman mampu memberikan kesan yang asri, namun jangan terlalu berlebihan dalam memilih tanaman. Gunakan tanaman secukupnya saja, bahkan yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terlalu menmakan tempat. 

8. Pajang lukisan abstrak

Tips agar ruang tamu Sedulur lebih estetik dan terlihat elegan, Sedulur dapat memajang lukisan abstrak pada dinding. Dengan memajang lukisan abstrak, ruang tamu akan tampak lebih minimalis dengan nuansa seni.

Demikianlah tips hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri yang dapat Sedulur coba. Sedulur dapat memanfaatkan barang-barang sederhana seperti kertas origami, tisu gulung tolet hingga majalah bekas. Selamat mencoba ya Sedulur!