rekomendasi perangkap nyamuk

Tak hanya mengganggu, nyamuk juga bisa membahayakan kesehatan karena menjadi sumber penyakit seperti demam berdarah, cikungunya, sampai malaria. Agar terhindar dari serangan nyamuk, Sedulur perlu memiliki alat pengusir nyamuk yang efektif di rumah. Ada cukup banyak rekomendasi perangkap nyamuk yang bisa Sedulur coba, dari raket listrik, kelambu, sampai penggunaan obat nyamuk bakar.

Namun, setiap perangkap nyamuk pasti memiliki tingkat efektifitas yang berbeda tergantung kondisi rumah Sedulur. Supaya bisa menemukan alat pengusir nyamuk yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi perangkap nyamuk yang bisa Sedulur coba. Dijamin alat ini tak hanya bisa membuat nyamuk mati, tapi juga minggat untuk selamanya. Penasaran apa saja, mari simak berikut ini!

BACA JUGA : 30 Tips Beri Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

Alat perangkap nyamuk

rekomendasi perangkap nyamuk
Popmama

Sesuai dengan namanya, perangkap nyamuk atau dikenal dengan istilah mosquito trap merupakan perlengkapan yang digunakan untuk menjebak dan membasmi nyamuk. Perangkap ini memiliki komponen yang dapat menarik perhatian nyamuk, seperti sinar UV dan alat karbondioksida. Dua alat ini akan membantu menjebak nyamuk agar masuk perangkap sebelum akhirnya mati tersengat listrik atau dehidrasi karena diputar kipas.

Jika dibandingkan dengan raket nyamuk, membasmi nyamuk dengan perangkap memang lebih pasif. Namun keuntungannya, Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membasmi nyamuk di rumah.  Sebagian besar perangkap nyamuk juga memerlukan aliran listrik. Jadi, sepanjang tersedia sumber daya, Sedulur dapat menyalakannya untuk waktu yang lama. 

Tips memilih perangkap nyamuk

Popmama

Sebelum Sedulur membeli alat perangkap atau alat pengursir nyamuk, ada beberapa tips yang harus Sedulur perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Arus listrik

Perangkap dengan jebakan listrik dapat membasmi nyamuk yang terjebak dengan seketika. Biasanya tegangan listrik akan dialirkan ke dalam pelat besi sekitar lampu. Nyamuk tidak akan mencapai lampu karena akan secara otomatis tersengat aliran listrik. Interaksi antara nyamuk dan aliran listrik bisa memunculkan bunyi. Nah bunyi tersebut mirip ketika Sedulur menangkap nyamuk dengan raket listrik.

Meski demikian, beberapa produk alat penjebak nyamuk mengeklaim produk mereka bebas bunyi sehingga akan menambak kenyaman Sedulur di rumah. Sayangnya, tidak semua nyamuk yang mati akan jatuh ke tray dari perangkap, maka Sedulur harus membersihkan nyamuk yang menempel di pelatnya dengan kuas. Sebelum Sedulur membersihkannya, pastikan alatnya dalam keadaan mati, ya.

2. Periksa efektif perangkap nyamuk

Setiap produk tentunya mempunyai jangkauan efektif yang berbeda-beda. Sesuaikanlah dengan area tempat perangkap nyamuk akan diletakkan. Beberapa produk memang sudah mumpuni untuk ditaruh di kamar tidur. Sementara itu, produk lainnya bisa bekerja di ruangan yang lebih luas seperti ruang tamu, bahkan area outdoor. Produk dengan jangkauan efektif 24 m² ke bawah cukup untuk penggunaan di kamar tidur. Di sisi lain, jangkauan 60 m² ke atas dapat menjangkau hampir seluruh bagian rumah. 

Akan tetapi, efektivitas produk dengan jangkauan 60 m² tersebut hanya maksimal di ruangan yang sama. Dengan kata lain, produknya akan bekerja lebih optimal jika diletakkan di ruangan luas. Sedulur dapat memilih jangkauan efektif yang lebih tinggi untuk penggunaan di area outdoor.

3. Cek sumber daya perangkap nyamuk

Perangkap nyamuk tidak harus dedikasikan untuk satu ruangan saja.  Sedulur dapat  memindah-mindahkannya berdasarkan area yang banyak diganggu nyamuk. Yang terpenting adalah terdapat sumber daya yang tersedia di area tersebut.

Perangkap nyamuk umumnya juga dilengkapi kabel AC yang membutuhkan stopkontak untuk bekerja. Area penggunaannya tentu terbatas. Sebaliknya, jika produk dengan kabel USB menawarkan fleksibilitas yang lebih baik. Tak hanya dapat menggunakan adaptor AC, dayanya juga dapat disuplai dari power bank atau komputer.

BACA JUGA : Cara Menanam Daun Bawang agar Cepat Tumbuh di Polybag

Rekomendasi alat pengusir nyamuk terbaik

Setelah mengetahui secara singkat tentang bagaimana cara kerja alat pengusir nyamuk. Sedulur tentu sudah penasaran dengan rekomendasi perangkap nyamuk yang bisa digunakan di rumah. Berikut ini beberapa alat yang bisa Sedulur coba.

 
1. Krisbow Raket Nyamuk Rechargeable

Rupa-rupa

Alat pengusir nyamuk yang pertama adalah Krisbow Raket Nyamuk Rechargeable berbentuk raket ini telah menggunakan teknologi listrik untuk menangkap nyamuk. Sedulur dapat mengoperasikannya dengan cara manual dengan mengarahkan atau mengayunkan raket ke bagian ruangan yang ada nyamuknya. Alat ini sudah menggunakan sistem baterai dengan daya 1.200 mAh sehingga cukup satu kali pengisiannya bisa awet hingga 6 bulan pemakaian.

2. Krisbow Raket & Perangkap Nyamuk 2 In 1

rekomendasi perangkap nyamuk
Rupa-rupa

Brand Krisbow juga menawarkan satu alat yang mempunyai dua fungsi sekaligus, yaitu raket dan perangkap yang sudah dilengkapi sengatan listrik. Sedulur dapat menggunakannya dengan cara diayun jika baterainya penuh. Akan tetapi, jika baterainya kosong, letakkan di base atau wadahnya untuk mengisi daya sekaligus sudah dapat menjadi perangkap nyamuk.

3. Krisbow Set Perangkap Nyamuk 7w Js30

ALfan Jaya

Alat pengusir nyamuk satu ini masih keluaran dari Brand Krisbow yang memiliki bagian tray di dalamnya yang dapat menampung serangga jika sudah mati. Tak hanya itu, alat perangkap nyamuk ini memiliki desain minimalis dan bisa diletakkan dalam posisi berdiri atau menggantung dan menjangkau nyamuk di area 20 meter persegi.

4. Krisbow Perangkap Nyamuk Kipas Ganda 9 W

Rupa-rupa

Alat perangkap nyamuk yang satu ini mengombinasikan teknologi antara lampu UV A, kipas ganda, dan aliran listrik sekaligus. Cara kerjanya pun mudah. Cukup aktifkan mesinnya, setelah itu bagian kipas akan menyala dan menarik nyamuk yang berterbangan di sekitarnya. Sedulur juga dapat meletakannya di sudut-sudut rumah yang sulit terjangkau oleh raket, antara lain kolong meja, kursi, serta belakang pintu.

5. Krisbow Tirai Pintu Magnet Anti Nyamuk 100×220 cm

Youngest

Jika Sedulur tidak ingin repot, Sedulur dapat menggunakan pintu berbentuk tirai dengan teknologi magnet anti nyamuk dari Krisbow. Tirai ini sangat mudah dipasang karena berjenis lipat dan sudah memiliki 18 titik magnet yang menyebar. Sehingga, serangga lain tidak bisa masuk dan keluar ruangan dengan bebas.

6. Krisbow Perangkap Nyamuk 2×15 W

rekomendasi perangkap nyamuk

Alat pengusir nyamuk satu ini sudah mmenggunakan teknologi lampu UV untuk memancing nyamuk untuk mendekat hingga terperangkap di dalamnya. Bahkan, alat ini juga dapat Sedulur jadikan sebagai lampu tambahan. Jadi selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, alat ini juga berfungsi untuk lambu tambahan.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Cat Anti Bocor Terbaik untuk Proteksi Rumahmu

7. Lampu UV Perangkap Nyamuk

toko bang ipan9

Ketika menggunakan teknologi lampu UV untuk mengusir nyamuk, Sedulur harus selalu waspada dengan masa pakainya. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir jika lampunya mati karena sudah melewati masa pakai. Nah, Lampu UV perangkap nyamuk ini terbilang cukup efektif untuk mengusir nyamuk.

8. SAP perangkap nyamuk

Kingshop18

Perangkap nyamuk merk SAP merupakan pilihan yang cocok untuk Sedulur yang sedang mencari perangkap nyamuk hemat energi, ramah lingkungan, tidak menghasilkan suara yang mengganggu, dan dapat diletakkan di mana saja di kamar maupun digantung.

Dilengkapi dengan lampu LED yang membutuhkan daya 4 Watt dan penggunaan reaksi fotokatalis titanium dioxide, Sedulur sudah dapat membasmi dan mencegah nyamuk yang berkeliaran di rumah secara efektif. Gunakan perangkap ini dalam keadaan gelap agar pembasmian bisa terlaksana dengan optimal. Harga alat ini dibanderol kisaran Rp 89 ribu sampai Rp 3 jutaan.

9. Perangkap nyamuk Portori

AllYouCanBuy

Perangkap nyamuk Portoti menawarkan tingkat pembasmian nyamuk hingga 3x lipat dari alat pengusir nyamuk pada umumnya, dengan jangkauan hingga 200 meter persegi.Produk ini juga menggunakan teknologi lampu UV dan kipas angin yang efektif dalam membunuh nyamuk dan serangga lain yang mengganggu.

Dengan garansi 1 tahun penuh, spare part lampu UV, garansi 30 hari pengembalian jika ada kekurangan maupun cacat dalam produk, dan juga harga yang cukup terjangkau, Portoti merupakan merk perangkap nyamuk yang sangat worth it untuk digunakan. Rentang Harga kisaran Rp91 ribu sampai Rp1 jutaan.

10. Venus VPN

rekomendasi perangkap nyamuk
CMOSstore

Venus VPN menjadi salah satu alat perangkap nyamuk yang cocok untuk digunakan di rumah, aula, dan berbagai wilayah outdoor lainnya seperti sekitaran kolam renang dan taman bermain.

Bebas asap dan mudah digunakan, Venus VPN akan menyedot nyamuk bandel dan mereka akan mati karena terkena listrik dan akan dehidrasi di dalam perangkap. Agar pembasmian nyamuk optimal, Sedulur dapat meletakkan perangkap nyamuk minimal 40 cm dari permukaan tanah. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dari kipas tidak terganggu. Rentang Harga Rp250 ribu sampai Rp723 ribu.

11. Perangkap nyamuk Aoki

Rupa-rupa

Perangkap nyamuk Aoki merupakan alat perangkap nyamuk elektrik yang diklaim aman untuk bayi dan juga anggota keluarga lainnya. Perangkap ini merupakan satu-satunya alat pembasmi nyamuk yang telah menerapkan teknologi terpadu yaitu cahaya, angin, dan aroma.

Sinar UV dari lampu LED dan aroma karbon dioksida akan memancing nyamuk untuk masuk ke dalam perangkap. Terdapat berbagai tipe dan jenis perangkap nyamuk dari merk Aoki ini. Karbondioksida yang dihasilkan produk ini berasal dari efek katalis cahaya seperti proses yang terjadi pada manusia, tanpa komposisi kimia yang berbahaya untuk sistem pernapasan. Rentang Harga alat ini kisaran Rp65 ribu sampai Rp240 ribuan.

12. Kels Shelby Elektrik UV

Kels Shelby

Terakhir ada Kels Shelby. Dengan bujet Rp150 ribuan, kamu bisa mendapatkan alat perangkap nyamuk berteknologi tinggi ini. Soalnya, alat ini sudah memiliki berbagai fitur di dalamnya, seperti lampu UV, kipas angin untuk menarik nyamuk, hingga daya jangkau mencapai 360 derajat.

BACA JUGA : 9 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Pakaian, Dijamin Ampuh!

Kelebihan alat pengusir nyamuk elektrik

rekomendasi perangkap nyamuk
Popbela

Saat rumah dipenuhi banyak nyamuk, beberapa orang selama ini lebih memilih untuk menggunakan obat semprot. Cara tersebut memang terbilang cukup efektif untuk membunuh nyamuk. Akan tetapi partikel kimia yang tertinggal dan menempel pada permukaan benda seperti sofa, bantal, dan tempat tidur dapat berbahaya untuk kesehatan. Jika dibanding obat semprot, alat pengusir nyamuk elektrik memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Bebas bahan kimia

Alat pengusir nyamuk elektrik tidak menggunakan bahan kimia seperti halnya obat semprot. Tidak adanya bahan kimia yang dilepaskan tentunya dapat membuatmu dan keluarga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman di dalam rumah.

2. Bebas bau

Obat semprot cenderung memiliki bau yang menyengat ketika digunakan. Bagi beberapa orang, bau dari obat nyamuk semprot dapat membuat mual, pusing dan sakit kepala. Alat pengusir nyamuk elektrik umumnya tidak mengeluarkan bau, sehingga Sedulur tak perlu khawatir akan dibuat pusing olehnya.

3. Ramah lingkungan

Alat pengusir nyamuk elektrik juga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan obat semprot. Obat semprot yang berbentuk spray dapat merusak lapisan ozon. Sedulur juga tidak dibuat pusing dengan sampah spray bekas obat nyamuk semprot jika menggunakan perangkap nyamuk.

Demikianlah informasi tentang rekomendasi perangkap nyamuk yang dapat Sedulur gunakan di rumah. Sebelum memutuskan untuk membeli alat perangkap nyamuk, pastikan Sedulur sudah mengetahui tipsnya ya, agar tidak salah beli. 

Nah, bagi Sedulur yang lebih menyukai obat nyamuk, Sedulur dapat membelinya di Aplikasi Super. Ada beberapa merk obat nyamuk yang tersedia seperti obat nyamuk Zebra dan obat nyamuk King Kong. Belanja di Aplikasi Super harganya lebih terjangkau dan tentunya ada banyak promo menarik lainnya. 

Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super Belanja jadi lebih hemat dan mudah.