cara membersihkan tumbler yang benar

Tumbler sudah menjadi barang yang wajib dibawa ke mana-mana dan harus selalu ada dalam tas. Dengan membawa tumbler, kita bisa memastikan kebutuhan cairan terpenuhi sekaligus menjaga lingkungan agar tidak dipenuhi sampah plastik dari botol air mineral. Apalagi cara membersihkan tumbler juga mudah.

Tumbler kini juga hadir dalam berbagai model dan ukuran yang membuat kita semakin semangat pergi berbekal tumbler. Sayangnya, masih banyak diantara pemilik tumbler yang tidak tahu cara membersihkan tumbler dengan benar. Dengan demikian, tumbler menjadi kotor, bahkan berbau tidak sedap. Maka dari itu, Sedulur bisa segera simak cara-cara membersihkan tumbler agar botol minum kesayangan Sedulur awet dan terhindar dari bau tak sedap. Yuk, ikuti cara-cara berikut ini!

BACA JUGA: 5 Cara Membersihkan Usus Ayam Dengan Benar, Bebas Amis!

1. Menggunakan sabun cuci piring

Better Home

Sabun cuci piring adalah cara paling umum untuk mencuci tumbler. Namun ada yang berbeda dari cara dan teknik mencucinya. Pertama, basahi tumbler dengan air hangat. Kemudian tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam tumbler dan tambahkan air hangat secukupnya. 

Pada tahap selanjutnya, gunakan spons atau sikat untuk membersihkan seluruh bagian dalam tumbler dengan gerakan memutar. Pastikan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti leher tumbler dan tutupnya. Setelah selesai, bilas tumbler dengan air bersih hingga tidak ada sisa-sisa sabun cuci piring yang tersisa.

Mencuci tumbler dengan sabun cuci piring bisa dilakukan secara rutin sebagai bagian dari perawatan tumbler Sedulur. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak sabun karena dapat meninggalkan residu dan mempengaruhi rasa minuman yang Sedulur masukkan ke dalam tumbler. 

2. Menggunakan baking soda

Better Home

Cara membersihkan tumbler berikutnya menggunakan baking soda yang dikenal ampuh mengangkat noda membandel. Cara melakukannya adalah dengan membasahi tumbler dengan air hangat juga.

Selanjutnya, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1/4 cangkir air hangat hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta baking soda ke bagian dalam tumbler dengan menggunakan spons atau sikat, lalu gosok secara perlahan dengan gerakan memutar.

Biarkan baking soda berada di dalam tumbler selama 15-20 menit untuk membiarkan baking soda meresap dan membersihkan bagian dalam tumbler dengan baik. Terakhir, bilas tumbler dengan air bersih hingga tidak ada sisa-sisa baking soda yang tersisa. 

3. Menggunakan air lemon

Mashable

Cara membersihkan tumbler berikutnya dilakukan dengan menyiapkan satu hingga dua buah lemon yang telah potong menjadi beberapa bagian. Peras air lemon ke dalam tumbler dan tambahkan air panas secukupnya hingga tumbler terisi penuh. Biarkan air lemon dalam tumbler selama 30-60 menit untuk membiarkan asam sitrat bekerja membersihkan tumbler dan menghilangkan bau tidak sedap. Ratakan, lalu bilas dengan bersih.

4. Menggunakan cuka

Lifehacker

Cuka adalah bahan dengan kandungan asam asetat yang dapat membantu membersihkan dan membunuh bakteri, salah satunya yang ada pada tumbler. Untuk membersihkan tumbler dengan cuka, campurkan 1 bagian cuka dengan 2 bagian air dalam mangkuk atau wadah yang cukup besar untuk menampung tumbler.

Jika telah siap, rendam tumbler dalam campuran air cuka selama 30-60 menit. Setelah selesai, bilas tumbler dengan air bersih dan pastikan untuk membersihkan tutup dan bagian lain dari tumbler dengan spons atau sikat untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan noda yang mungkin masih menempel. 

5. Menggunakan daun pandan

Apartment Therapy

Membersihkan tumbler dengan daun pandan bisa menjadi pilihan alternatif yang baik untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tumbler. Caranya, gunakan beberapa helai duan pandan segar, lalu cuci bersih. Letakkan daun pandan di dalam tumbler dan tambahkan air secukupnya, lalu biarkan beberapa jam.

Jika telah selesai, bilas tumbler dengan air bersih. Sedulur bisa mengulangi proses itu lagi atau mencampurkan sedikit baking soda ke dalam air ketika merebus daun pandan untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap pada tumbler.

6. Menggunakan pasta gigi

Pinterest

Pasta gigi bisa menjadi salah satu cara membersihkan tumbler agar mengangkat noda dan bau. Gunakan pasta gigi seperti menggunakan sabun cuci piring, namun fokuskan saja pada noda membandel.

Namun, pastikan bahwa pasta gigi yang digunakan bukanlah pasta gigi berwarna atau mengandung bahan pemutih karena dapat meninggalkan noda pada tumbler. Selain itu, bersihkan tumbler secara teratur dan menggantinya dengan yang baru untuk menjaga kebersihan dan kualitas minuman yang Sedulur konsumsi.

7. Menggunakan air panas

Reader Digest

Menggunakan air panas sudah terbukti bisa mengangkat noda lebih cepat. Sedulur bisa menggunakan sabun apa saja untuk mencuci tumbler, namun gunakan air panas untuk membantu meluruhkan noda.

Namun, perlu dipastikan bahwa tumbler yang digunakan tahan terhadap suhu air panas. Beberapa bahan seperti kaca atau logam dapat pecah atau berubah bentuk akibat perubahan suhu yang drastis. Jika demikian, Sedulur bisa menggunakan alternatif lain, yaitu air hangat atau menggunakan opsi bahan lain yang lebih aman untuk tumbler milik Sedulur.

BACA JUGA: Trik Mudah Membersihkan Keran Wastafel Jadi Lebih Mengkilap

8. Menggunakan air peroxide

Best Life

Air peroxide digunakan untuk mengganti cuka dalam larutan soda kue dan cuka. Peroksida sendiri merupakan bahan utama dalam antibakteri sehingga dapat membersihkan noda sekaligus mensterilkannya.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan air peroxide dengan air dengan perbandingan 1:1, lalu gunakan untuk membersihkan noda dan kotoran. Bilas tumbler dengan air bersih lagi jika sudah menggunakan air peroxide. Keringkan dengan kain atau tisu bersih.

9. Menggunakan garam

Better Home

Garam memiliki sifat abrasif yang dapat membantu mengikis noda dan kotoran yang menempel pada permukaan tumbler. Cara menggunakannya adalah dengan mengisi tumbler dengan air hangat secukupnya, lalu tambahkan beberapa sendok makan garam ke dalam tumbler. Tunggu hingga noda-noda kotor meluruh sendiri.

Jika telah ditunggu selama 15-30 menit, gosok bagian dalam tumbler dengan sikat atau spons penggosok tumbler, fokuskan pada bagian kotor atau berwarna. Setelah itu, bilas tumbler dengan air bersih hingga bersih dari kotoran dan garam yang digunakan untuk membersihkan noda. Terakhir, keringkan tumbler dengan kain atau tisu bersih.

10. Menggunakan daun teh kering

Pinterest

Aroma daun teh kering sangat nyaman dicium. Maka dari itu, ini menjadi opsi bagi Sedulur jika ingin membersihkan tumbler sekaligus menghindarkannya dari bau tak sedap. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci botol plastik menggunakan sabun dan bilas hingga bersih lalu keringkan.

Daun teh kering digunakan dengan cara ditaburkan ke bagian dalam permukaan tumbler selama beberapa jam. Setelah itu, bilas kembali tumbler sampai bersih. Meski tercium bau daun teh, tak akan mengganggu karena teh sendiri adalah jenis tumbuhan yang biasa diminum.

Manfaat penggunaan tumbler untuk sehari-hari

iStock

Kini Sedulur telah mengetahui cara membersihkan tumbler di atas, tentu Sedulur juga harus tahu manfaat penggnaan tumbler sehari-hari. Penggunaan tumbler sehari-hari berkaitan dengan kampanye pengurangan jumlah sampah plastik.

Karena jumlah sampah plastik yang semakin mengkhawatirkan saat ini. Banyak masyarakat yang semakin sadar dan menggunakan tumbler untuk menguranginya. Bukan hanya itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan menggunakan tumbler, manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Aman dan tidak mudah tumpah

Berbeda dengan kemasan sekali pakai, tumbler biasanya terbuat dari bahan-bahan yang kokoh. Itulah sebabnya, saat dibawa bepergian tumbler cenderung aman dan tidak mudah seperti minuman kemasan yang kita beli di minimarket.

Lebih praktis menjadi salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan penggunaan tumbler. Alih-alih praktis, membawa botol yang mudah tumpah akan membuat kita repot, karena mungkin saja minuman yang dibawa mengotori tas. Dengan menggunakan tumbler, maka minuman kita akan terjaga keamanannya dan tidak akan mudah tumpah di dalam tas.

2. Mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai

Manfaat yang satu ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kini mulai semakin banyak orang menggunakan tumbler untuk membawa minuman. Memiliki kebiasaan membawa tumbler saat traveling atau sekadar bepergian menjadi sebuah partisipasi untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Untuk mendukung gerakan pengurangan sampah plastik sekali pakai, sata ini juga telah banyak gerai-gerai penjual minuman bahkan menyediakan tumbler dengan desain yang menarik untuk membuat pelanggannya menggunakannya dengan menawarkan berbagai keuntungan ketika membawanya untuk membeli minuman. Eiger salah satunya!

3. Terbuat dari bahan yang aman

Tidak hanya memiliki banyak bentuk, ukuran, varian, warna hingga desain yang menarik, tumbler yang ada di pasaran juga menawarkan bahan-bahan yang cenderung lebih aman, tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kita perlu jeli saat memilih dan akan membeli tumbler.

Supaya lebih aman, kita bisa menggunakan tumbler dengan bahan stainless, atau bisa juga botol plastik yang memiliki klaim BPA-free. Dengan demikian, kita tidak hanya berpartisipasi dalam mengurangi kemasan plastik sekali pakai, tetapi juga lebih dapat menjaga kesehatan.

4. Menjaga suhu minuman

Minum teh atau kopi saat bepergian memang sangat nikmat, apalagi kalau kita bisa meminumnya ketika masih dalam kondisi hangat. Menggunakan tumbler, khususnya dengan bahan stainless steel dan memiliki tutup yang rapat akan membantu menjaga teh atau kopi yang kita bawa.

Tumbler yang dapat menjaga suhu minuman kita tetap hangat biasanya dibuat menggunakan lapisan bahan khusus, agar minuman di dalamnya tidak cepat menjadi dingin. Bagi Sedulur yang hobi membawa kopi saat bepergian, menggunakan tumbler bisa menjadi solusi yang tepat karena akan memastikan suhu kopi yang akan kita minum tetap hangat dan nikmat.

5. Mengurangi pengeluaran

Percaya atau tidak, kalau kebiasaan menggunakan tumbler bisa mengurangi pengeluaran? Penggunaan tumbler yang kini sudah mulai kembali ngetren menjadi hal baik yang patut dilestarikan, lho. Mengapa? Sebab selain bisa membantu mengurangi jumlah sampah, penggunaan tumbler terbukti membuat kita menjadi lebih dapat menghemat pengeluaran.

Saat membawa minuman sendiri selama bepergian, maka kita tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli minuman. Kini juga telah banyak gerai minuman yang memberikan diskon pada pelanggannya ketikan membawa tumbler sendiri. So, tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai memiliki kebiasaan menggunakan tumbler!

Setelah membersihkan tumbler, pastikan untuk membilasnya dengan air bersih ya. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa-sisa bahan pembersih yang mungkin masih tersisa untuk menyempurnakan cara membersihkan tumbler. Dengan melakukan pembersihan secara rutin, tumbler Sedulur akan tetap bersih dan bebas dari bau tidak sedap.