cara membersihkan usus ayam

Sedulur merupakan salah satu pecinta usus ayam? Jika iya, apakah Sedulur tahu cara membersihkan usus ayam hingga bersih dan hilang aroma tidak sedap dari usus? Untuk dapat mengolah usus menjadi masakan yang nikmat, ada serangkaian cara membersihkannya yang harus dilakukan dengan benar.

Jika tidak, usus yang diolah masih akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bukan hanya menganggu rasa dan kenikmatan saat menyantapnya, tentu saja hal tersebut juga membuat usus menjadi tidak layak untuk disantap.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa cara membersihkan usus ayam hingga aroma yang tidak sedap dari usus hilang secara sempurna. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini cara membersihkan usus ayam dengan benar.

BACA JUGA: Ini Arti Rib & Thigh, Bagian Ayam Favorit Semua Orang!

-->

1. Lumuri usus ayam dengan air jeruk nipis atau cuka

cara membersihkan usus ayam
iStock

Cara membersihkan usus ayam yang pertama yaitu dengan memberikan air jeruk nipis atau cuka. Air jeruk nipis atau cuka dapat menghilangkan bau tidak sedap khas usus ayam. Tidak lama setelah membeli usus. Sedulur bisa langsung melumuri usus dengan air jeruk nipis.

Jika tidak memiliki air jeruk nipis, Sedulur bisa memberikan usus cuka. Lumuri kepada usus hingga benar-benar rata. Setelah melumuri usus ayam dengan air jeruk nipis atau cuka, diamkan beberapa saat. Kemudian bilas menggunakan air mengalir sampai usus bersih.

Kandungan asam dari jeruk nipis dan cuka, dapat meluruhkan kotoran yang menempel pada usus. Kotoran-kotoran ayam tersebut yang menyebabkan usus memiliki aroma yang tidak sedap. Disarankan menggunakan jeruk nipis, karena mengandung vitamin C yang membuatnya lebih efektif/

2. Cuci usus ayam menggunakan kapur sirih dan kopi

cara membersihkan usus ayam
iStock

Sedulur dapat mencuci usus ayam menggunakan kapur sirih. Caranya adalah lumuri usus ayam dengan kapur sirih sampai rata. Kemudian bilas dengan air sampai usus bersih. Apabila tidak mempunyai kapur sirih, Sedulur dapat menggantinya dengan bubuk kopi.

Namun, penggunaan bubuk kopi dapat membuat usus ayam berubah warna jadi kecoklatan. Tentu saja sedikit banyak juga dapat mengubah rasa khas dari usus itu sendiri.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, penggunaan bubuk kopi dapat membuat usus berubah warna menjadi kecokelatan, sedikit banyak juga dapat mengubah rasa dari usus itu sendiri.

3. Rebus dengan bumbu aromatik

Resep Koki

Bumbu aromatik dapat menghilangkan bau usus ayam. Beberapa bumbu aromatik yang kerap digunakan saat merebus jeroan seperti usus adalah jahe, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Bumbu aromatik di atas merupakan rempah yang memiliki aroma kuat.

Sehingga ketika Sedulur merebus usus yang bau dengan rempah-rempah di atas, bau tidak sedap pada usus akan hilang dan usus akan otomatis bersih. Sedulur bisa menggunakan beberapa bumbu di atas atau sekalian semuanya. Sesuaikan ketersediaan bumbu di dapur agar lebih hemat.

4. Gunakan air garam

Sajian Sedap

Untuk membuat usus ayam bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap, Sedulur juga bisa menggunakan air garam. Caranya pun sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas.

Sedulur hanya perlu membersihkan usus hingga benar-benar bersih dari kotoran, bahkan jika perlu Sedulur bisa membersihkan usus berkali-kali. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu hingga usus benar-benar kering.

Selanjutnya, Sedulur bisa memasukkan usus ke dalam wadah yang berisi air garam. Masukkan usus, kemudian pijat-pijat usus beberapa waktu. Lalu diamkan usus selama 10-15 menit. Lebih sempurna lagi jika mendiamkan usus selama 30 menit.

Setelah berlalu 30 menit, Sedulur bisa membersihkan usus dan membilasnya hingga air garam benar-benar hilang. Dijamin aroma tidak sedap dari usus akan menghilang dan usus pun bersih dengan sempurna.

BACA JUGA: Intip Resep Kari Ayam Pedas Super Enak, Gurih & Sederhana

5. Masak dengan berbagai bumbu

Kompas

Cara membersihkan usus ayam selanjutnya yaitu dengan memasaknya menggunakan berbagai bumbu. Setelah Sedulur merebus usus, Sedulur bisa meniriskan usus terlebih dahulu. Hingga usus tidak terlalu panas, dan air rebusan kering sepenuhnya.

Sedulur bisa menggunakan berbagai bumbu yang menghasilkan aroma harum. Bumbu-bumbu dan rempah sederhana seperti bawang putih, bawang merah dan cabai bisa digunakan untuk menghilangkan aroma bau pada usus serta membuat rasa usus semakin lezat.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengolah atau memasak usus ayam dengan bumbu kuning untuk dijadikan sebagai sate sebagaimana yang sering Sedulur santap di angkringan. Untuk lebih nikmat lagi Sedulur bisa mengolah sate dengan santan agar lebih gurih.

Nah itulah beberapa cara membersihkan usus ayam yang bisa Sedulur terapkan di rumah. Jika selama ini Sedulur tidak ingin mengonsumsi usus karena aromanya yang tidak sedap, dengna cara di atas Sedulur tidak akan lagi merasakan aroma usus yang tidak sedap. Selain bisa menyantap usus yang nikmat, Sedulur juga bisa mengolah usus menjadi berbagai makanan yang lezat dan nikmat!