Membersihkan kran wastafel

Keran wastafel yang kotor tentu tidak nyaman untuk dilihat. Agar tetap bersih dan mengkilap, tentu Sedulur perlu membersihkan dan merawatnya secara teratur. Agar lebih efektif, Sedulur bisa melakukan cara membersihkan keran wastafel yang baik dan benar.

Terdapat trik dan cara membersihkan keran wastafel yang perlu Sedulur ketahui agar bisa membersihkan noda keran wastafel sehingga menjadi lebih mengkilap. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak langkahnya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight, Pasti Ampuh!

Cara membersihkan keran air yang berkerak

Terdapat beberapa cara membersihkan keran wastafel yang bisa Sedulur lakukan di rumah. Sedulur bisa menggunakan beberapa bahan-bahan alami tanpa harus menggunakan bahan-bahan pembersih khusus. Namun tidak seefektif pembersih khusus wastafel. Adapun bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan keran wastafel yaitu sebagai berikut:

-->

1. Lemon

membersihkan keran wastafel
Detik

Cara membersihkan keran wastafel yang pertama yaitu dengan menggunakan buah lemok. Untuk membersihkan kerak pada keran, letakkan setengah buah lemon di atas area yang berkerak. Biarkan lemon tetap berada di atas kerak kapur selama beberapa jam.

Asam lemon akan melarutkan kerak, namun membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya. Setelah menunggu dalam waktu yang lama, Sedulr bisa menggosok penumpukan yang telah mulai mengendur dengan sikat gigi bekas.

Sedulur juga bisa mengoleskan air perasan lemon untuk digunakan sebagai air pembersih agar noda pada keran bisa menghilang. Baik buah lemon dan air perasan lemon sangat bermanfaat dan efektif untuk membersihkan keran wastafel, namun waktu yang dibutuhkan lebih lama maka dari itu Sedulur perlu bersabar.

2. Baking soda

membersihkan keran wastafel
Healthline

Pasta yang dibuat dengan menambahkan beberapa tetes air ke dalam baking soda dan mencampurnya hingga rata dapat membantu menghilangkan noda air sadah yang mengerak pada keran air. Oleskan langsung ke noda air sadah, diamkan selama beberapa menit, lalu gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok noda dengan lembut.

Siram area tersebut dengan air dan pastikan kerak-kerak pada keran wastafel bersih dan tidak tersisa. Sedulur juga bisa penggosok agar kerak di keran bersih dan menghilang.

3. Cuka putih

membersihkan keran wasafel
Kompas

Untuk mengatasi penumpukan kerak di sekitar keran, buat larutan cuka putih dan air hangat dalam jumlah yang sama. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan gunakan untuk membersihkan keran. Jika terdapat penumpukan kerak yang membandel,

Sedulur dapat membungkusnya dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan cuka. Biarkan selama satu jam sebelum mencucinya hingga bersih. Setelah itu, keringkan keran agar tidak berkarat. Jika keran mulai terlihat kusam, kembalikan kilaunya dengan membersihkannya dengan cuka dan kain lembut.

Sedulur juga dapat membersihkan kotoran pada sambungan keran dengan cuka dan sikat gigi bekas. Sehingga bukan hanya kerannya saja yang bersih namun juga sambungan keran dan keseluruhan wastafel bisa bersih menggunakan cuka putih.

BACA JUGA: 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

4. Boraks

membersihkan keran wastafel
Alodokter

Bahan terakhir yang bisa Sedulur gunakan untuk membersihkan keran air yang berkerak yaitu boraks. Campuran boraks dan cuka akan menghilangkan hampir semua noda air sadah. Akan tetapi, cara ini bekerja sangat baik pada kloset.

Sedulur dapat menggabungkan cuka dan boraks untuk membuat pasta yang dapat dioleskan ke noda air sadah di keran air atau sekitar tepi kloset secara langsung, atau Sedulur dapat menuangkannya langsung ke dalam kloset dan diamkan sebelum digosok.

5. Sabun cuci piring

membersihkan keran wastafel
Kompas

Sedulur juga bisa menggunakan sabun cuci piring, bahan yang Sedulur pasti miliki di rumah untuk membersihkan piring, mangkok dan peralatan dapur yang digunakan. Terutama jika keran mulai terlihat usang. Bisa jadi penyebabnya adalah noda yang menumpuk dan lama tidak dibersihkan.

Sedulur bisa menggunakan sabun cuci piring, dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam larutan air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkannya. Kemudian, gosok keran dengan kain kering sampai berkilau.

6. Menggunakan garam

Sajian Sedap

Sedulur juga bisa menggunakan garam untuk membersihkan garam. Cara yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan mencampurkan beberapa jumput garam bersama soda kue dengan takaran yang sama. Lalu aduk hingga merata lalu tuangkan ke dalam saluran wastafel.

Kemudian, tuangkan air panas ke dalam lalu biarkan selama 15 menit. Jika muncul busa, tutup bagian atas saluran wastafel dengan piring atau mangkok. Jika sudah 15 menit, tuangkan kembali air panas untuk mendorong sisa kotoran ke saluran pembuangan. Keran dijamin bersih kembali.

7. Gunakan air panas

Grid.ID

Jika tidak ada bahan-bahan yang bisa digunakan, Sedulur bisa menggunakan air panas untuk membersihkan keran. Selain membersihkan keran, air panas juga efektif untuk mengatasi keran air rumah yang mampet.

Namun cara ini bisa Sedulur gunakan terhadap keran yang tidak terbuat dari plastik. Karena jika menggunakan plastik, keran akan meleleh dan merusak keran. Agar hati-hati menggunakan cara ini, Sedulur bisa mengikuti langkahnya di bawah ini:

  • Didihkan air sebanyak satu panci
  • Tuangkan ke dalam saluran wastafel yang mampet
  • Lakukan cara ini berkali-kali hingga saluran air wastafel tidak tersumbat lagi

Nah itulah cara membersihkan keran wastafel yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah. Keran wastafel merupakan bagian penting di dapur untuk membersihkan segala peralatan dapur, maka dari itu keran wastafel penting untuk dijaga dan dirawat kondisinya.