belajar bahasa korea

Fakta menyebutkan bila Bahasa Korea dipakai oleh lebih dari 70 juta orang di dunia untuk komunikasi sehari-hari. Bahasa ini menjadi semakin populer dan banyak dipelajari oleh warga negara asing setelah budaya pop Korea Selatan atau K-pop semakin meluas jangkauannya. Apakah kamu juga termasuk salah satu yang tertarik untuk belajar Bahasa Korea?

Tak perlu risau soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Korea. Pasalnya, proses yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa baru akan lebih efektif apabila konsisten dilakukan setiap hari. Jangka waktunya juga tergantung dengan kesibukan dan kemampuan masing-masing orang. 

Sebelum memulai, kamu perlu memahami teknik belajar yang mudah dipelajari olehmu. Apakah kamu adalah tipe visual, auditori, atau kinetik. Kamu bisa menyesuaikannya dengan teknik membaca, mengikuti tutorial video, atau dengan media lainnya. Dengan begitu, menguasai Bahasa Korea dalam waktu singkat bisa jadi hal yang mungkin.

BACA JUGA: Kata-kata Motivasi Kerja Agar Kembali Semangat dan Fokus

1. Familiar dengan hangeul

hangul
delphipages

Bila ingin belajar Bahasa Korea Selatan, tentu kamu harus familiar dengan aksaranya terlebih dahulu. Huruf Korea ini disebut juga dengan hangul atau hangeul. Dari segi bentuk, aksara ini lebih sederhana bila dibandingkan dengan aksara Tiongkok dan Jepang. Didominasi dengan garis dan bulatan simpel, hurufnya juga mudah untuk dihafalkan.

Menghafalkan hangeul bukan urutan pertama yang paten ya, Sedulur. Pasalnya, setiap orang punya caranya sendiri untuk belajar bahasa baru. Ada yang lebih dulu menguasai pengucapan, cara menulis, baru membaca. Output-nya sangat variatif tergantung individunya.

Sebelum mulai mempelajari hurufnya, kamu juga perlu tahu sedikit soal sejarah hangeul. Alfabet Korea ini diciptakan oleh Raja Sejong pada 1443 Masehi saat dirinya menjadi pemimpin di Dinasto Joseon. Sebelumnya, aksara yang dipakai untuk korespondensi dan bahasa sehari-hari di Korea adalah hanja atau aksara Tionghoa. Beliau mencoba menyederhanakan dan punya ambisi agar Korea bisa memiliki aksara sendiri dengan melakukan langkah besar ini.

Dengan proses panjang yang tidak mudah dan berdarah-darah, akhirnya Korea memiliki bahasa dan aksaranya sendiri. Bahkan sudah ditetapkan sebagai bahasa nasional dan dipakai pakemnya hingga saat ini.

Secara garis besar, hangeul terdiri dari 24 huruf. 14 huruf konsonannya memiliki bentuk yang diambil mulut saat pengucapan. Sedangkan 10 huruf vokalnya terdiri dari garis. Pelafalan yang berbeda juga mempengaruhi cara penulisan hurufnya, ya. Maka dari itu, kamu perlu mempelajarinya dengan cermat. Apabila sudah tahu cara membedakannya, proses belajar selanjutnya akan semakin mudah, kok.

Untuk mempermudah, kamu bisa menghafalkan huruf konsonannya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu busa mencermati bentuk garis untuk membedakan huruf vokalnya. Cara menyusun kata dari hangeul dimulai dari konsonan dan diikuti dengan huruf vokal. Apabila kata diawali dengan huruf vokal, kamu bisa menempatkan O di awal dan menempatkan huruf vokal di sebelahnya. 

Selain itu, penulisan hangul juga dibagi menjadi beberapa susun. Ada susun 2, 3, dan 4. Maksimal hanya ada 4 susun dan di beberapa kata ada huruf yang dibaca mati. 

2. Menghafalkan angka

hanguladay
hanguladay

Setelah memahami cara membaca dari huruf, suku kata, kata, hingga kalimat, kamu juga perlu tahu soal angka. Belajar bahasa Korea Selatan juga harus sepaket dengan angkanya. For your information, ada 2 jenis angka yang dipakai dalam keseharian di Korea. Ada angka asli dan sino-Korea yang diadaptasi dari Bahasa China. Penyebutan dan penggunaan setiap angkanya juga berbeda tergantung situasinya. Supaya tidak salah kaprah, perhatikan penjelasan ini, ya.

Angka asli Korea

  • Terdiri dari 99 angka
  • Bila bilangan lebih dari 99 angka, memakai Sino-Korea
  • Menghitung secara umum
  • Menyebutkan jumlah makanan di restoran
  • Menghitung jam
  • Menghitung benda
  • Menghitung jumlah orang

Sino-Korea

  • Mulai dari angka 0-10
  • Dipakai bila bilangan lebih dari 99 angka
  • Menyebutkan nomor telfon
  • Menghitung menit
  • Menjelaskan nama bulan
  • Menghitung usia
  • Menyebutkan satuan ukur
  • Menjelaskan nominal uang
  • Menjumlahkan uang

3. Konglish 

konglish
Instagram @lingodeerapp

Apabila dalam Bahasa Indonesia ada kata serapan, hal ini juga berlaku dan tetap perlu dipahami ketika belajar Bahasa Korea dasar percakapan. Pasalnya, istilah ini cukup sering dipakai oleh orang Korea dalam percakapan sehari-hari. Contohnya saja dalam menyebutkan pizza, cola, jus, pisang, hingga es krim. 

Istilah Konglish atau Korean English ini diambil dari Bahasa Inggris namun pelafalannya disesuaikan dengan cara pronunciation orang Korea. Pada awalnya, akan terkesan aneh dan awkward. Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyak belajar, kamu akan terbiasa dengan bahasa ini.

  • 컵 (keop) = cangkir
  • 카페 (ka-pe) = kafe
  • 초콜릿 (cho-kol-lit) = cokelat
  • 카메라 (ka-me-ra) = kamera
  • 택시 (taek-si) = taksi
  • 인터넷 (in-teo-net) = internet
  • 에어컨 (AC) = Air Conditioner
  • 노트 (note) = buku catatan

BACA JUGA: Komik Pendidikan Lucu, Bisa jadi Pendamping Belajar Anak

4. Memanfaatkan aplikasi belajar Bahasa Korea

aplikasi belajar Bahasa Korea
Unsplash

Untuk hal dasar seperti memahami aksara dan angka, kamu mungkin masih bisa belajar dari tabel. Tapi jika sudah masuk ke bab tata bahasa atau grammar, kamu sudah membutuhkan bantuan dan ilmu dari yang sudah ahli. Kamu bisa belajar kepada guru lesmu atau belajar otodidak.

Bagi yang ingin belajar sendiri, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi bahasa yang materinya bisa diunduh dan dipelajari secara gratis. Aplikasi belajar Bahasa Korea ini menyediakan berbagai materi yang disesuaikan dengan levelnya. Mulai dari beginner, intermediate, hingga advanced.

Bisa diakses di gadget, kamu bisa belajar kapan saja. Selain grammar, kamu juga bisa memperbanyak vocabulary dari kata-kata yang muncul di setiap pertanyaan dan jawabannya. Kamu juga bisa mengasah skill listening dengan mendengarkan percakapan oleh native speaker dari Korea.

Kamu bisa mengunduh berbagai apps ini untuk mengasah skill Bahasa Koreamu. List-nya ada di bawah ini. Segera cari dan download, ya!

  • Duolingo
  • Hellotalk
  • Drops
  • Memrise
  • Eggbun
  • Naver Korean Dictionary
  • Quizlet

Apabila ingin mendapatkan referensi materi yang lebih banyak, kamu bisa mengakses banyak website di bawah ini. Pelajarannya lebih banyak dan materinya bisa diunduh secara gratis. Bisa dibaca dan dipalajari kapan saja, nih.

  • Seoulina.com
  • Korea.go.kr
  • Zkorean.com
  • Learn-korean.net
  • Howtostudykorean.com

5. Mendengarkan lagu K-pop beserta liriknya

lagu korea yang cocok untuk belajar bahasa korea
Unsplash

Materi membaca, menulis, dan mendengarkan sudah dipelajari? Jangan lupa untuk melatihnya dengan mendengarkan lagu Korea untuk mengasahnya. Konsentrasimu diuji karena dituntut untuk mendengarkan kalimat dalam Bahasa Korea dengan kehadiran musik sebagai distraksinya. Bila sudah bisa membaca hangeul dan romantisasinya, menghafalkan lirik laku K-pop bakal jadi hal yang mudah buatmu.

Lagu Korea yang cocok untuk belajar Bahasa Korea bisa dimulai dengan lagu anak-anak. Apabila ingin yang lebih kompleks, kamu bisa melanjutkan dengan mendengarkan lagu boygroup dan girlgroup favoritmu saja. 

6. Menonton K-drama & K-reality show

K-drama & K-reality show
Unsplash

Apabila ingin tahu bagaimana cara belajar Bahasa Korea, tentu kamu harus membiasakan diri untuk mendengar percakapan dan membaca aksaranya. Sebagai alternatif, kamu bisa memperbanyak intensitas menonton drama dan reality show Korea dengan subtitle apabila masih di level pemula. Di sini, kamu sedikit demi sedikit bisa memahami arti potongan kalimat sambil menghafalkannya.

Bila sudah masuk ke level menengah, kamu bisa menantang diri untuk menonton drama dan reality show-nya tanpa subtitle. Di tahap ini, kamu mungkin bisa memahami konteks keseluruhan meski ada yang masih belum dimengerti secara sempurna. Tenang saja, dengan belajar yang rajin, kamu bakal bisa mencapat level advanced kok, Sedulur.

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris + Terjemahannya

7. Memperbanyak kosakata sederhana

kosakata sederhana
Unsplash

Dari menonton drama dan tontonan Korea lainnya, secara tidak langsung kamu jadi semakin familiar dengan kosakata sehari-harinya. Misalnya saja untuk menanyakan nama, umur, kabar, memesan makanan, bahkan mengucapkan salam. 

Kamu bisa mempelajari dan menghafalkan kosakata dasar di bawah ini, ya. Lambat laun, kamu bakal terbiasa dan bisa mempelajari bahasa santai dan formalnya, kok.

Hangeul

Bahasa Korea

Bahasa Indonesia

안녕하세요

An-nyeong-ha-se-yo

Halo

어떻게 지내세요?

Eo-tteo-ke ji-nae-se-yo

Apa kabar?

잘 지내요

Jal-ji-nae-yo

Aku baik-baik saja

감사합니다

Kam-sa-ham-ni-da

Terima kasih

뭐?

Mwo

Apa?

왜?

Wae

Kenapa?

얼마예요?

Eol-ma-ye-yo

Berapa harganya?

오랜만이에요

O-raen-man-i-e-yo

Lama tak jumpa

바빠요?

Ba-ppa-yo

Apakah kamu sedang sibuk?

밥 먹었어요?

Bab-meok-eos-eo-yo

Sudah makan?

있어요!

Mas-iss-eo-yo

Enak!

8. Tinggal di Korea

Tinggal di Korea
Unsplash

Agar belajar Bahasa Korea Selatan jadi semakin fasih, disarankan untuk tinggal di Korea apabila kamu memang seniat itu dan memiliki tabungan yang cukup. Skill berbahasa bakal lebih cepat terasah apabila kamu langsung berinteraksi di negara aslinya. Selama tinggal di sana, kamu bakal “dipaksa” untuk berkomunikasi dengan hangeul. 

Pada awalnya, mungkin kamu akan merasa homesick dan putus asa karena adanya perbedaan bahasa, lingkungan, budaya, dan iklim. Tapi dengan begini, keinginan untuk belajar dan menguasai Bahasa Korea jadi lebih besar. Kemampuanmu bakal melejit dan semakin fasih, deh.

Belajar Bahasa Korea memang bisa dijadikan hobi yang memiliki tantangan tersendiri. Dalam waktu singkat, kamu bisa menguasai bahasa ini kok, Sedulur. Asalkan mau konsisten dan rajin belajar, ya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan materi dan ada banyak platform gratis yang ilmunya bisa dicuri secara cuma-cuma.

Sambil belajar, jangan  lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa makan, ya. Kamu juga perlu tenaga untuk menghafalkan dan menonton materi yang ada. Supaya asupan gizi harian tetap terpenuhi dan tidak terbengkalai, serahkan saja kepada Aplikasi Super untuk membeli sembako dan kebutuhan primer lainnya. Sambil belajar, kamu bisa memilih belanjaan dan membayarnya. Setelah itu, tinggal duduk manis menunggu pesananmu diantar sampai di depan pintu rumah. Jangan sia-siakan pengalaman belanja praktis ini, ya.