komik pendidikan

Proses pembelajaran bagi seseorang agar bisa mengerti dan paham pada sesuatu merupakan pengertian dari pendidikan. Pendidikan bisa berasal tidak hanya dari sekolah saja, belajar dari manapun bisa menjadi suatu pendidikan dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Dalam mempelajari sesuatu, diperlukan adanya variasi agar Sedulur tidak bosan. Salah satu alternatif pembelajaran yang tidak membosankan di luar buku yang tebal dan teoritis adalah dengan membaca komik pendidikan.

Apa sih komik pendidikan itu? Sesuai dengan namanya, komik ini berisi dengan berbagai macam pembelajaran yang memberikan banyak pengetahuan. Dengan bahasa yang lebih ringan, tidak terlalu teoritis, dan juga berwarna, tentunya Sedulur terutama anak-anak tidak akan bosan ketika membacanya.

Pelajaran akan menjadi mudah untuk dicerna dan dipahami, dan belajar pun menjadi lebih menyenangkan. Ada berbagai contoh komik pendidikan yang bisa Sedulur baca dan pahami, diantaranya berikut ini!

-->

BACA JUGA: Nama-nama Kucing Jantan dan Betina yang Lucu & Unik

Manfaat Komik untuk Anak

komik pendidikan
Mycinemascope

Sebelum kita memberikan beberapa rekomendasi komik anak yang seru untuk dibaca. Mari kita mengetahui manfaat komik untuk bacaan si kecil. Menurut situs Being The Parent, ada setidaknya ada 5 hal penting yang bisa didapatkan anak.

1. Anak suka membaca

Dibandingkan membaca buku pelajaran, komik pastinya akan lebih menarik perhatian anak-anak karena ada gambar berwarnanya. Komik pendidikan yang menjelaskan banyak pengetahuan seperti sains, akan terasa lebih ringan dibaca karena dipenuhi ilustrasi yang menarik.

2. Imajinasi dan kreativitas meningkat

Membaca cerita bergambar dengan penuh warna akan membantu anak-anak memvisualisasikan jalan cerita dan menumbuhkan daya imajinasnya lewat gambar yang dibaca. Anak yang gemar membaca komik juga tercipta ruang untuk berimajinasi, yang akan berkembang jadi kreativitas. Kemungkinan besar mereka dapat belajar menggambar juga.

3. Daya ingat semakin kuat

Visual pada komik membantu anak untuk mengingat dan memahami sesuatu dengan lebih cepat. Gambar tersebut yang membuat anak bisa cukup lama mengingat isi komik.

Coba minta anak menceritakan kembali isi bacaan yang sudah mereka baca. Hal tersebut bisa merangsang kembali daya ingat dalam merekam alur ceritanya. Alur cerita yang menarik dan cukup mudah dipahami, juga memudahkan anak dalam menyerap dan mengingat isi dalam komik tersebut.

4. Makin mudah belajar konsep

Dalam komik pendidikan biasanya tidak secara gamblang menjelaskan sisi ilmu pengetahuannya, tapi lewat tokoh yang berperan dalam alur cerita, dan ada juga yang dibalut dengan komedi.

Pelajaran sains yang mungkin sulit untuk dimengerti anak, akan lebih menyenangkan untuk dibaca, dan anak-anak akan lebih mudah mengerti konsep yang dijelaskan dalam cerita tersebut.

5. Menyerap banyak ilmu

Visualisasi pada gambar komik serta dialog alur cerita yang ringan, mempermudah anak-anak untuk memahami materi yang disampaikan. Segala pengetahuan yang mungkin sulit untuk dimengerti, akan lebih mudah dicerna dengan menikmati gaya komik yang khas.

Bahkan anak-anak pun tidak akan merasa jika mereka tengah membaca buku ilmu pengetahuan.

Kriteria Komik Pendidikan

komik pendidikan
Being The Parent

Selain beberapa informasi penting tentang komik pendidikan yang telah dijelaskan di atas, ada juga beberapa kriteria komik pendidikan yang tepat untuk anak-anak, berikut ini:

  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.
  • Proporsional antara gambar dan teks.
  • Penggambaran tokoh yang sederhana.
  • Terdapat pesan atau nilai moral yang bisa dijadikan contoh untuk anak-anak.

Rekomendasi Komik Pendidik untuk Anak

Berikut ini beberapa rekomendasi komik pendidikan anak yang menarik untuk dibacakan dan diberikan.

1. Menyayangi sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan

Komik pendidikan
keepo

Gambar komik pendidikan yang pertama ini berisi tentang pembelajaran mengenai kasih sayang. Bahwa semua makhluk ciptaan Tuhan itu pantas untuk disayangi dan dikasihi. Komik ini cocok untuk anak sekolah dasar dengan mata pembelajaran tentang kasih sayang.

Komik ini dikisahkan tentang seekor anak burung yang terjatuh dari sangkarnya di sebuah pohon. Kemudian, anak yang melihatnya lantas membantu anak burung tersebut untuk kembali ke sarangnya.

2. Jangan mengotori alam

keepo

Gambar yang kedua dari sebuah komik pendidikan SD ini bertema lingkungan. Penting bagi kita semua untuk selalu menjaga agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya dan juga untuk selalu melestarikan lingkungan.

Komik ini dibuat supaya anak sadar dan paham tentang menjaga kebersihan lingkungan dimanapun kita berada. Komik ini bercerita tentang sekeluarga yang sedang akan menaiki kapal dari pelabuhan.

Kemudian, sang anak bertanya ke kakaknya mengenai sampah di laut yang begitu banyak padahal sebenarnya indah sekali pemandangannya jika tidak ada sampah. Lalu kakaknya berkata tentang pentingnya untuk tidak mengotori laut serta menjaganya.

3. Pengenalan akan bahaya radikalisme

Komik pendidikan
keepo

Sebuah aliran atau paham yang menginginkan adanya pembaharuan dan perubahan secara sosial dan juga politik dengan cara kekerasan disebut juga dengan radikalisme. Radikalisme di Indonesia tentu saja sangat mengkhawatirkan bagi semua pihak karena merugikan. Dengan adanya komik pendidikan yang mengusung tema radikalisme ini diharapkan mudah dipahami oleh anak kecil maupun remaja.

Komik ini berisi tentang Pak Bin, seorang anggota TNI yang menjelaskan ke anak kecil tentang ancaman radikalisme untuk negara Indonesia. Ini juga merupakan sebuah bentuk sosialisasi pendidikan atas pentingnya memahami apa itu radikalisme. 

4. Kejujuran dalam tindakan dan ucapan itu penting

Komik pendidikan
keepo

Komik tentang pendidikan yang selanjutnya akan dibahas ini memiliki makna pentingnya kejujuran baik itu dalam tindakan maupun ucapan. Komik sederhana ini berkisah tentang kebingungan seorang anak yang ternyata hasil dari tes yang didapatkannya kurang bagus.

Di sisi lain, ibu dari si anak ini berjanji akan memberinya hadiah sebuah bingkisan jika tes yang didapatkan bagus. Pada akhirnya, anak tetap berterus terang kepada ibunya, dan sang ibu bangga serta tetap memberinya hadiah karena kejujurannya.

5. Selalu ada yang melihat

komik pendidikan
keepo

Komik pendidikan yang selanjutnya akan dibahas adalah pesan moral yang disisipkan melalui komedi. Pesan yang didapat dari komik ini adalah jika Tuhan maha melihat atas semua tindakan yang kita lakukan, baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk.

Komik ini berkisah tentang anak muda yang ingin menyembelih ayam yang ia temukan. Namun, ia takut untuk memotongnya karena Tuhan akan melihat apapun yang dia lakukan walaupun di tempat tersembunyi sekalipun. 

6. Dilarang menindas yang lemah

keepo

Selanjutnya adalah bertema bullying yang sampai sekarang masih terjadi di sekolah. Bullying merupakan suatu tindakan penyalahgunaan kekuasaan berupa kekuatan yang digunakan untuk menyakiti orang lain. Bullying yang juga disebut perundungan ini menjadi tema komik pendidikan yang satu ini. Berawal dari dua orang siswi yang tau ada temannya yang sedang dipalak. Pada akhirnya setelah mengetahui tindakan tersebut, mereka langsung melapor kepada guru atas tindakan pemalakan tersebut. Kemudian guru pun menindaklanjuti dan menegur siswa yang melakukan pemalakan.

7. Membalas tawuran

keepo

Cerita selanjutnya datang dari komik strip terkenal yaitu tahilalats. Komik pendidikan yang dikemas secara komedi ini menceritakan balas dendam sekelompok pelajar karena sekolahnya diserang. Namun, yang dilakukan oleh sekelompok pelajar ini bukan tawuran, melainkan mengencingi pohon pada gedung tersebut.

Akibatnya, ratusan siswa yang berada di sekolah yang dikencingi tersebut kesurupan keesokan harinya. Itu karena adanya penunggu pohon yang marah karena tempatnya dikencingi oleh si sekelompok pelajar itu.

8. Masker itu penting untuk digunakan

keepo

Komik pendidikan selanjutnya ini merupakan komik bertema kesehatan yang mana juga digunakan sebagai kampanye untuk mencegah penyebaran virus korona. Gambar yang dibuat oleh akun yang bernama @weimankowart ini dibagikan secara gratis melalui sosial media. Dalam komik ini, dijelaskan secara singkat bahwa masker itu penting untuk digunakan agar sama-sama sehat dan tidak tertular virus corona. Dengan gambar yang mudah dipahami sekaligus juga menghibur, komik ini menjadi salah satu kampanye yang sukses. 

9. Pemuda zaman dulu dan sekarang itu beda

Komik pendidikan
keepo

Komik pendidikan selanjutnya adalah komik dengan konsep komedi yang juga sebuah sindiran. Ceritanya dimulai dari seorang kakek dan cucunya yang sedang berbincang. Lalu sang kakek berucap juka anak muda zaman sekarang kebanyakan menggunakan handphone, padahal pada zaman dahulu, Bung Karno pernah berkata bahwa jika beliau diberi sepuluh pemuda, maka akan mengguncang dunia. Kebalikan dengan sekarang, bahwa dengan satu pemuda saja yang memiliki kuota 10gb. Maka dunia maya akan terguncang.

BACA JUGA: Baby Blues & Cara Mengatasinya Pada Ibu Setelah Melahirkan

10. Kambing yang hilang

keepo

Komik pendidikan selanjutnya adalah bertema kepercayaan. Komik ini mengajarkan bahwa jika seseorang mempermainkan kepercayaan, maka saat kesusahan tidak akan ada lagi yang bisa menolong. Maka dari itu, jangan pernah mempermainkan kepercayaan yang sudah diberikan oleh orang lain. 

11. Komik jago fisika

gramedia

Selain mengetahui berbagai contoh komik pendidikan dalam satu gambar, Sedulur juga bisa membaca komik dengan unsur yang sama namun dikemas dalam sebuah buku. Rekomendasi komik pertama ini bertema fisika, jadi jika Sedulur mempunyai anak yang sulit untuk memahami teori gaya maupun gerak, komik ini menjadi salah satu alternatif agar anak mudah memahami konsepnya. Dengan penjelasan yang mudah serta bergambar pula, anak-anak akan gampang untuk mencernanya.

12. Belajar sains: cuaca

gramedia

Untuk memudahkan mengajari anak tentang cuaca, baik itu awan, atau bagaimana proses air jatuh dari langit, salju itu sebenarnya apa dan darimana, bisa dipelajari dengan buku komik pendidikan yang satu ini. Dengan adanya komik ini, cuaca yang cukup kompleks akan mudah dijelaskan kepada anak.

13. Komik aku anak pintar: bumi

gramedia

Komik pendidikan dengan bertemakan bumi ini berisi dari laut hingga gunung. Karena bumi itu sangat luas, maka komik ini pun juga mempunyai ragam cerita tentang bumi. Dengan tokoh utama bernama Pio, komik ini berisi tentang petualangan Pio dari menggali tanah karena penasaran dengan isi bumi kemudian orang tuanya menjelaskan keadaan bumi secara terkonsep. Bahasa yang digunakan tidak rumit dan cocok untuk menjadi bahan ajar anak-anak, sehingga mereka lebih paham tentang apa itu bumi beserta isinya. 

14. Belajar sains: antariksa

gramedia

Komik pendidikan dari belajar sains selain pengenalan cuaca adalah antariksa. Mulai dari macam-macam tata surya sampai peluncuran roket, semuanya dibahas di komik ini. Dengan tokoh utama Chen serta teman-temannya, pembaca akan lebih mengetahui bagaimana dan apa saja yang ada di antariksa itu. Selain itu, Sedulur juga akan diajak mengunjungi Kennedy Space Centre yang merupakan internasiona stasiun luar angkasa, dan juga berbagai informasi menarik dan mudah dipahami lainnya terkait astronot dan pengembangan roket di luar angkasa.

15. Belajar sains: dunia hewan

gramedia

Selain antariksa, komik pendidikan dari belajar sains lainnya adalah bertemakan dunia hewan. Komik ini berisi tentang petualangan dunia hewan serta berbagai macam perilaku hewan yang unik yang juga menjadi pengetahuan baru. Dengan dibumbui humor, komik ini menjadi komik yang ringan serta seru ketika dibaca oleh anak-anak.

Nah, itu dia berbagai macam komik pendidikan mulai dari komik strip sampai komik dalam bentuk buku yang bisa dibaca oleh anak-anak. Membaca komik akan sangat menyenangkan jika ada unsur pengetahuan di dalamnya, dan juga akan menjadi gampang dicerna bila bahasa yang digunakan ringan serta tidak berbelit-belit. Semoga bisa menjadi manfaat untuk pengetahuan Sedulur, ya!