Ingin meningkatkan kompetensi dalam melamar kerja, coba buat surat lamar dalam bahasa Inggris. Simak contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di bawah ini.

Surat lamaran kerja bahasa Inggris bisa memberikan kompetensi lebih dan memberikan peluang diterima kerja lebih besar. Hal tersebut dikarenakan kita dipandang mampu bersaing secara global. Selain itu, saat ini beberapa perusahaan internasional ataupun perusahaan nasional, sudah meminta format surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini, dalam rangka membantu Sedulur untuk membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, akan menjelaskan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. Selain contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris, Superapp.id juga akan menjelaskan tips membuat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Biasanya, selain surat lamaran kerja, harus disertai dengan contoh cv lamaran kerja bahasa Inggris atau contoh resume lamaran kerja bahasa Inggris. Seperti apa tips membuat surat lamaran bahasa Inggris yang baik beserta contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang simple? Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Cepat di Terima + 3 Tips Ampuh

Hal Penting dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Atau Application Letter

Hal Penting dalam Menulis Surat Lamaran Keraja Atau Application Letter
liputan6.com

Sama seperti surat lamaran dalam bahasa Indonesia, contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris juga terdiri dari tiga bagian, pertama pembuka, kedua isi surat dan penutup. Tentu saja perlu juga menyertakan beberapa hal penting yang dilampirkan seperti KTP, SKCK, Ijazah dan berkas pendukung lainnya.

Namun terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris hal penting tersebut sangat vital dan akan mempengaruhi penilaian perusahaan dalam melihat keseriusan kita yang sedang mencari pekerjaan. Berikut ini beberapa hal penting yang dimaksud:

1. Gaya Bahasa

1. Gaya Bahasa
tribunnews.com

Jangankan dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, dalam surat lamaran bahasa Indonesia pun gaya bahasa menjadi sangat penting. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kesopanan kita dan juga akan terlihat bagaimana maksud kita dalam mencari pekerjaan. Sedulur harus menuliskan surat lamaran kerja dengan bahasa yang formal dan sopan. Hal tersebut menunjukan bahwa Sedulur sebagai pelamar terlihat sangat menghormati perusahaan yang dituju.

2. Perhatikan Alih Bahasa

2. Perhatikan Alih Bahasa
terangijalan.com

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah alih bahasa atau terjemahan. Jika Sedulur membuat surat lamaran dalam bahasa Indonesia dan kemudian diterjemahkan, memperhatikan terjemahan merupakan hal yang sangat wajib dan penting diperhatikan.

Perhatikan beberapa hal yang tidak perlu diterjemahkan seperti nama jalan, alamat dan juga nama perusahaan. Perhatikan betul sesuatu yang harus Sedulur sampaikan. Terutama pada bagian isi surat, dimana Sedulur harus menyampaikan maksud dan tujuan Sedulur mencari pekerjaan.

Baca Juga: Cara Kerja Super Agen, Simpel, Mudah dan Untung

3. Format Huruf

3. Format Huruf
grid.id

Terlihat sederhana dan sepele, namun hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Bahkan, perusahaan banyak yang mengabaikan surat lamaran ketika melihat format huruf yang tidak sesuai ketentuan. Sedulur akan dapat penilaian minus, yaitu kurang profesional dan terlihat aneh hanya dengan menggunakan format huruf yang tidak tepat.

Umumnya, surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris ditulis menggunakan jenis fort Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 pt. Ada alasan mengapa kedua font tersebut yang digunakan, pertama karena kedua font tersebut merupakan font yang paling rapi dan kedua karena kedua font tersebut dapat memberikan kesan formal.

Setelah mengetahui hal penting yang harus diperhatikan, Sedulur juga wajib mengetahui bagaimana tips menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris atau Application Letter. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Tips Menulis Application Letter

1. Ketahui Format Dasar

1. Ketahui Format Dasar
kompas.com

Terdapat beberapa format dasar dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, bukan hanya dalam bahasa Inggris, namun juga dalam bahasa Indonesia, format dasar ini merupakan hal penting. Beberapa hal penting yang harus Sedulur perhatikan saat membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris adalah:

  • Nama Lengkap
  • Usia
  • Posisi Pekerjaan yang Dilamar
  • Keterampilan Diri
  • Pengalaman Kerja

2. Atur Grammar

2. Atur Grammar
kepoindonesia.id

Agar dapat menghasilkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang baik, sesuatu yang harus Sedulur perhatikan adalah menyusun kalimat sesuai dengan grammer atau tata bahasa Inggris. Jika Sedulur merasa belum percaya diri dengan grammar yang dimiliki, Sedulur bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia, berikut beberapa tool penyedia jasa grammer:

  • Grammarly
  • Becorrect
  • Grammar Check
  • Scribens
  • Reverso
  • Language Tool
  • Grammarix
  • ProWritingAid
  • White Smoke
  • Ginger Online
  • SpellCheckPlus Pro
  • Slick Write
  • Online Correction

3. Periksa Lebih dari Tiga Kali

3. Periksa Lebih dari Tiga Kali
fastwork.id

Jangan bosan-bosan memeriksa surat lamaran kerja, karena hal tersebut merupakan hal yang sangat penting. Dalam setiap contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, kesempurnaan merupakan hal penting. Jangan sekalipun bosan dan menyerah, jika Sedulur kuat Sedulur bisa memeriksanya lebih dari tiga kali, memastikan semuanya sudah sesuai dengan format dan aturan yang berlaku.

Ketiga tips tersebut diharapkan dapat bisa membantu Sedulur untuk dapat membuat contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris. Berikut ini terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bisa Sedulur ikut langkah dan strukturnya. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi Fresh Gradute

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi Fresh Gradute
popbela.com

Bagi Sedulur yang baru lulus, gambar di atas merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa Sedulur ikuti langkahnya. Terutama bagi Sedulur yang memang mengincar perusahaan ternama yang memiliki persyaratan menggunakan bahasa Inggris. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah Sedulur bisa membuka surat dengan beberapa kata-kata seperti:

  • “Dear Sir/ Madam, How are you, I hope you are doing well today. Please let me introduce myself. My name is…”
  • “Dear Sir/ Madam, Please let me introduce myself. My name is (xxx) and I have noticed that currently your company is looking for a (job position)”

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi yang Berpengalaman

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi yang Berpengalaman
popbela.com

Bagi Sedulur yang sudah berpengalaman, contoh surat di atas mungkin bisa Sedulur gunakan sebagai referensi jika Sedulur lupa struktur membuatnya. Seharusnya Sedulur yang berpengalaman sudah mengetahui bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja.

Surat Lamar Kerja Bahasa Inggris Format Lengkap

Surat Lamar Kerja Bahasa Inggris Format Lengkap
popbela.com

Contoh surat pada gambar di atas merupakan contoh surat lamaran kerja atau Application Letter dengan format lengkap yang bisa Sedulur kerjakan. BIsa Sedulur ikuti bagi Sedulur yang memang serius menginginkan posisi jabatan kerja tersebut. Biasanya, perusahaan yang mencari posisi tertentu membutuhkan beberapa format yang menunjukan kompetensi dan pengalaman kerja.

Contoh surat lamaran di atas merupakan hal yang cocok, terutama bagi Sedulur yang sudah memiliki pengalaman kerja yang sangat banyak dan sangat penting.

Semoga penjelasan mengenai contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas bisa memberikan arahan dan refensi bagi Sedulur yang sedang mencari panduan membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Jangan lupa untuk tetap optimis mencari pekerjaan, dan jangan patah semangat.

Salah satu pekerjaan yang bisa Sedulur coba adalah menjadi Super Agen dari Aplikasi Super. Cara mendaftarnya sangat mudah, dan Sedulur juga bisa mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan. Bagi Sedulur yang penasaran, Sedulur bisa cek di website Aplikasi Super dengan klik di sini.

Semoga dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan penghasilan yang lebih layak. Manfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mempelajari lebih lanjut tentang Aplikasi Super. Selamat mencoba!