mainan anak perempuan

Mainan bukan hanya berguna sebagai sarana hiburan untuk anak. Keberadaannya bisa jadi sarana belajar dan mengasah kreativitas untuk si kecil. Tentunya ada banyak mainan menarik yang dipasarkan produsen dan menarik anak-anak. Apalagi dengan makin maraknya media sosial dan marketplace yang makin menjamur, pilihan dan akses pun semakin beragam dan luas.

Mainan konvensional pun berkompetisi dengan video game yang lebih bervariasi dan cepat perkembangannya, sehingga turut jadi salah satu alternatif hiburan si kecil yang menggiurkan. Namun, tentu tak ada yang bisa menggantikan peran mainan konvensional yang bisa disentuh langsung dan dipelajari fungsinya pelan-pelan. Untuk itu, Sedulur perlu memfasilitasi anak dengan mainan yang menunjang perkembangan mereka. Berikut beberapa tips memilih beserta rekomendasi mainan anak perempuan beragam usia yang bisa dipertimbangkan. 

BACA JUGA: Cara Membuat Kapal dari Kertas untuk Mainan Si Kecil

1. Boneka dari bahan daur ulang 

mainan anak perempuan
Instagram @alice.oak_

Melansir The Guardian, boneka ternyata memiliki kemampuan melatih empati serta skill bersosialisasi anak-anak. Ini karena mereka berimajinasi menjadi teman si boneka atau membayangkan menjadi tokoh boneka tersebut dan akhirnya mendorong mereka untuk mengungkapkan emosi serta mencoba memahami perasaan orang lain. Tidak hanya itu, boneka juga bisa membuat anak-anak belajar berbicara dan mengungkapkan gagasan. Boneka bisa jadi mainan anak perempuan 2 tahun ke atas.

Namun, sebenarnya boneka bisa diberikan pada anak-anak tanpa memandang gendernya. Studi yang dilansir The Guardian tersebut pun melibatkan anak laki-laki. Sedulur bisa memilih boneka dari bahan daur ulang juga. Tak kalah keren, kok. 

2. Rumah-rumahan 

Instagram @battattoys

Anak-anak juga suka melakukan role play dengan menggunakan bantuan mainan. Misalnya dalam bentuk kastil atau rumah-rumahan di mana mereka bisa berimajinasi menjadi tuan rumah atau bahkan raja yang mengelola sebuah kastil. Ajak si kecil untuk memilih model rumah yang mereka suka dan biarkan mereka menata atau membangun rumah-rumahan itu sendiri. Baru bantu saat mereka mengalami kesulitan. Ini akan mengajarkan mereka tentang inisiatif dan tanggung jawab. 

3. Tenda buatan 

mainan anak perempuan
Instagram @odinparker

Tenda bisa jadi safe haven untuk anak di mana mereka dimungkinkan untuk membangun dunianya sendiri di dalam tenda mungil. Ini karena hanya mereka yang punya akses ke tenda tersebut dan anak bisa menyimpan berbagai barang serta kreasi mereka di dalamnya. Tenda adalah impian semua anak. Silakan letakkan di dalam ruangan tertentu, bisa kamar pribadi mereka atau ruang tengah. Namun, jangan lupa ajarkan mereka untuk merapikan dan membersihkan sampahnya saat sudah tak dipakai. 

4. Tea party set 

Instagram @arcadiafarmscafe

Untuk melatih social skills, Sedulur juga bisa memilih mainan anak perempuan 3-4 tahun yang berupa tea party set. Di sini anak bisa bermain dengan rekan sebayanya, saudara mereka, atau bahkan teman khayalan seperti boneka favoritnya. Sama seperti saat bermain boneka, permainan ini bisa memupuk empati dan membantu mereka belajar bersosialisasi dengan orang lain. Lewat tea party set, anak-anak juga bisa belajar berbagi sehingga mengurangi sifat egosentris yang biasanya memuncak di usia 2-7 tahun. 

BACA JUGA: Viral! Mainan Pop It Baik untuk Perkembangan Otak Anak

5. Permainan papan yang mudah dipahami

Instagram @northern_abode

Permainan papan bisa jadi mainan anak perempuan 10 tahun yang sudah mulai tertarik dengan hal-hal yang lebih kompleks. Permainan papan biasanya mencantumkan aturan yang harus dibaca dan ditaati sehingga lebih cocok untuk anak yang usianya sudah mencukupi. Permainan papan yang bisa dicoba antara lain ular tangga, monopoli, kartu UNO, halma, dan lain sebagainya. Murah meriah, tapi seru dan bisa dimainkan berulang kali tanpa bosan. 

6. Mainan kasir 

mainan anak perempuan
Instagram @battattoys

Anak juga akan menikmati mainan yang berjenis role play toko sembako atau supermarket. Biasanya satu setnya berisi kasir dan beberapa buah, sayur, dan produk-produk kemasan dari bahan-bahan keras macam plastik atau kayu. Dari mainan anak perempuan umur 3-4 tahun ini, mereka bisa melatih gerak motorik dan kognitif sekaligus. Memasukkan belanjaan ke keranjang kemudian menempatkan alat scan di barang yang akan dibeli. Kemudian, anak juga bisa mulai belajar berhitung sederhana bahkan diajarkan untuk memilih apa yang mereka mau. 

7. Salon dan makeup

mainan anak perempuan
Instagram @barbie

Permainan salon dan makeup bisa diberikan sebagai mainan anak perempuan 8 tahun ke atas. Anak akan menikmati waktu menyisir rambut boneka atau bahkan mencoba melukiskan makeup ke wajah mereka sendiri. Cari mainan yang menggunakan bahan-bahan aman alias non toksik. Ada banyak pilihan di era sekarang, jadi Sedulur tidak perlu kebingungan. 

8. Bead maze 

mainan anak perempuan
Instagram @qtoysaustralia

Bead maze bisa jadi mainan anak perempuan 1 tahun ke atas yang mulai belajar menggunakan tangan mereka untuk melakukan aktivitas. Di sini anak akan belajar memindahkan manik-manik dari satu titik ke titik lain dan mungkin akan tertarik melakukannya berkali-kali. Silakan pilih yang bahannya aman dan bisa didaur ulang seperti kayu. 

9. Kitchen set 

mainan anak perempuan
Instagram @dayswithdelilah

Tidak hanya sebagai mainan anak perempuan 7 tahun ke atas, mainan ini sudah bisa dipakai sejak usia 3 tahunan ketika mereka sudah bisa membedakan mana yang bisa dimakan dan tidak. Kitchen set adalah arena kreasi yang sangat bagus karena anak dilatih untuk berimajinasi bahkan mungkin Sedulur bisa menempatkan bahan-bahan makanan asli yang aman jika masuk ke mulut anak di dalamnya. Mainan jenis ini juga bisa melatih anak untuk berhitung hingga merapikan barang-barang mereka sendiri. Beberapa ahli juga menemukan bahwa kitchen set dan mainan yang berhubungan dengan makanan bisa mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain. Nggak main-main manfaatnya. 

BACA JUGA: Permainan Gobak Sodor, Keseruan, Aturan Main & Manfaatnya

10. Alat gambar dan menulis 

mainan anak perempuan
Instagram @crayola

Tidak hanya mainan yang berupa miniatur atau replika benda sehari-hari, Sedulur juga bisa sediakan mainan yang mendorong anak untuk menggambar dan menulis dengan pena, krayon, atau spidol. Buku-buku mewarnai atau aktivitas yang seru bisa dipilih sebagai salah satu mainan mereka. Apalagi kalau mereka dituntut untuk menggunakan alat dan bahan yang belum pernah dicoba, pasti akan meningkatkan rasa penasaran dan motivasi si kecil.

11. Kinetic sand dan playdough 

Instagram @kineticsand

Kinetic sand sudah bisa dimainkan anak-anak usia 3 tahun ke atas karena mereka sudah terlatih membedakan mana yang makanan dan yang tidak. Pasir mainan ini bisa meningkatkan kemampuan motorik anak-anak. Memainkannya juga dipercaya bisa memberikan efek menenangkan dan rileks pada anak. Berbeda dengan video games yang perubahannya dari satu scene ke scene lain sangat cepat. Ia bahkan masih relevan dipakai sebagai mainan anak perempuan 12 tahun. Selain pasir, mainan seperti playdough atau plastisin juga bagus untuk anak-anak. 

12. Kerajinan dan permainan bongkar pasang untuk anak-anak 

Instagram @lego

Anak-anak juga bisa diajari untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan atau produktif. Misalnya pilih mainan yang sifatnya menargetkan anak menciptakan sebuah karya atau kerajinan. Contoh sederhannya satu set masker dengan stiker yang bisa dipakai untuk bermain menghias dan menggambar. Atau manik-manik untuk dibuat gelang maupun kalung. Mainan seperti ini akan mendorong koordinasi tangan dan otak, selain tentu melatih kreativitas. 

Mainan semacam ini bisa juga hadir dalam bentuk lego atau mainan bongkar pasang. Anak akan diajarkan untuk membangun sesuatu, baik bangunan atau bahkan karakter hewan. Mainan seperti ini lebih cocok untuk anak-anak usia 4 tahun ke atas. 

13. Ride-on toy 

Instagram @hipkidspics

Permainan jenis ini merujuk pada mainan yang bisa dinaiki dan digerakkan. Tidak hanya anak laki-laki yang membutuhkannya. Anak perempuan juga bisa didorong untuk bergerak aktif dengan mainan-mainan yang bersifat kinetik seperti mobil atau apa saja, asalkan bisa digerakkan dan dikendalikan secara mandiri. Ride-on toy akan melatih banyak skill pada anak. 

14. Instrumen musik mainan

Instagram @odinparker

 

 Piano dan alat musik bisa dihadiahkan sebagai mainan anak perempuan 2 tahun. Tentunya pilih yang didesain untuk anak-anak dengan tombol yang mudah dipahami dan suara yang menarik perhatian mereka. Alat musik mainan bisa membantu anak-anak melatih kemampuan mengingat serta koordinasi antar otak dan organ lainnya seperti telinga dan tangan. Mainan jenis ini juga baik untuk kemampuan sensorik anak. Kabar baiknya, ia bisa dimainkan beberapa orang termasuk orang tua yang bisa membantu anak mencoba memahami cara kerja mainan musikal tersebut. 

15. Fidget toys 

Instagram @qtoysaustralia

Fidget toys adalah jenis mainan yang diperuntukkan untuk melatih kemampuan sensorik anak, tidak peduli gendernya. Mainan ini dipercaya bisa memberikan efek tenang dan rileks pada anak-anak. Ini juga bisa dipakai untuk mengurangi rasa bosan misalnya saat anak harus ikut orang tua ke sebuah acara dan menunggu. Salah satu jenis fidget toys adalah permainan Pop It! 

BACA JUGA: 15 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Otak

Manfaat mainan untuk anak-anak 

Ada banyak dampak positif yang bisa didapat anak saat mereka bermain dengan mainan konvensional. Berikut rangkuman dari studi Dag, dkk. dalam jurnal Northern Clinics of Istanbul

  • Mendorong anak untuk bergerak aktif. Misalnya saja untuk berjalan mengambil barang, mencengkram, memasukkan manik-manik ke dalam tali, menulis, menggambar, menggunting, membuat adonan dari kinetic sand atau playdough dan lain sebagainya.  Ini akan melatih koordinasi semua organ tubuh, bahkan melatih keseimbangan, massa otot, dan kecekatan. 
  • Mengasah kemampuan kognitif, yaitu berpikir dan belajar yang secara alami akan mereka pelajari lewat mainan yang mereka sedang gunakan. Misalnya belajar berhitung, mengenal nama-nama benda, membaca dan memahami peraturan permainan, menulis, menata dan mengorganisasi struktur dalam mainan dan lain sebagainya. 
  • Melatih kemampuan sensorik yaitu refleks tangan dan organ lainnya. Misalnya seperti mendengar suara, menggerakan tangan, berjalan, menggenggam, menangkap, memegang, menendang, dan lainnya. Dari mainan yang sederhana, mereka pun bisa melatih kekuatan organ tubuh mereka. 
  • Melatih kemampuan berbicara dan berbahasa. Lewat mainan mereka bisa melatih pemahaman bahasa mereka secara oral yang nantinya akan mempermudah mereka saat harus bersosialisasi dengan orang lain, Orang tua bisa mendukung dengan aktif mengajak mereka berbicara dan diskusi.
  • Meningkatkan kreativitas sejak kecil dengan mendorong mereka berimajinasi dan berkarya dengan tangan. 

Tips memilih mainan yang tepat dan aman 

Masih merujuk sumber yang sama, sebaiknya orang tua bisa menggunakan pedoman berikut sebagai tips memilih mainan yang terbaik untuk putra-putrinya. 

  • Selalu pastikan bahan aman, non toksik dan tidak memiliki sisi tajam yang bisa membahayakan anak saat mereka asyik bermain. 
  • Hindari memilih mainan yang mempromosikan kekerasan secara tidak langsung. 
  • Tidak terbuat dari barang pecah belah dan mudah terbakar. 
  • Pastikan bagian mainan tempat baterai berada dalam keadaan kencang dan tertutup rapat. 
  • Beberapa studi membuktikan bahwa semakin muda usia anak, mereka sebenarnya memiliki ketertarikan pada mainan yang sesuai dengan stereotip gender. Namun, seiring perkembangan usia, mereka bisa tertarik pada hal lainnya. Mainan tidak memiliki gender, anak perempuan dan laki-laki bisa memainkan mainan yang sama asalkan sesuai dengan usia mereka dan punya sisi edukasi. Biarkan anak memilih mainan yang mereka suka meski tidak sesuai dengan stereotip gender yang berkembang. 
  • Ajak anak untuk aktif memilih tipe mainan apa yang mereka kehendaki.
  • Tentunya pikirkan budget dan jangan manjakan anak dengan terus menjejali mereka dengan mainan di setiap kali mereka bersikap baik atau berprestasi. Banyak apresiasi lain yang bisa diberikan pada anak selain mainan. 

Anak memiliki hak untuk mendapatkan yang terbaik selama masa pertumbuhan mereka. Tugas anak-anak pun sebenarnya sudah jelas, hanya belajar dan bermain, dan merupakan jadi tanggung jawab penuh orang tua untuk memfasilitasi kebutuhan mereka seoptimal mungkin. Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur semua yang membutuhkan, ya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!