pop it

Mode dan tren baru akan terus berkembang serta datang seiring dengan berjalannya waktu. Baru baik dalam hal fashion, kecantikan, rambut, bahkan mainan anak akan terus berganti sesuai dengan perubahan di pasar. Salah satu tren baru dalam mainan anak yang akhir-akhir ini digandrungi anak kecil adalah mainan pop it. Permainan ini merupakan mainan yang pernah viral di TikTok. 

Mainan yang satu ini berbentuk menyerupai bubble dan memiliki banyak varian warna yang ditawarkan. Meskipun terkesan sepele, ternyata mainan ini bisa menjadi salah satu pilihan mainan yang edukatif, lho. Sebenarnya, pop it untuk apa, sih? Apa saja manfaatnya bagi anak? Selengkapnya dapat Sedulur baca berikut ini.

BACA JUGA: Teknik Mudah Campuran Warna Cocok Dikenalkan Ke Anak Balita

Apa itu pop it?

Mainan Pop It
bbc

Berbentuk seperti gelembung yang bisa dipencet dan terbuat dari sepotong silikon yang diberi warna adalah definisi dari mainan Pop It. Mainan populer ini identik dengan warna-warni dan memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda. Salah satu contoh dari mainan vital ini adalah bentuk es krim dan bentuk hati.

-->

Untuk memainkannya, hal yang perlu dilakukan adalah dengan memencet gelembung masuk dan kemudian membaliknya. Sedulur dapat melakukannya secara terus menerus dengan cara membolak-balik mainan ini hingga ada rasa puas. Dengan melakukan permainan ini, anak usia dini akan terlatih motoriknya dan juga bisa menjadi salah satu alternatif hiburan.

1. Menghindari adanya distraksi

menghindari distraksi
kompas

Ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh dari mainan viral ini. Salah satunya adalah untuk menghindari adanya distraksi. Fidget toy yang direkomendasikan oleh beberapa terapis adalah yang tidak berisik, dapat dilakukan tanpa melihat, dan tidak terlalu menarik perhatian orang lain dengan adanya suatu kebisingan ataupun gerakan yang dilakukan.

Perlu diingat bahwa tidak semua mainan ini dibuat serupa, ada mainan yang memiliki suara yang mengganggu daripada yang lainnya. Untuk mencoba menghindari distraksi ketika ingin fokus dalam suatu hal, permainan simpel ini dapat menjadi salah satu alternatif. Cara main pop it yang dilakukan adalah sama seperti kebanyakan yaitu hanya memencet gelembung tersebut.

Mainan ini umumnya tidak memiliki suara, sehingga jika ingin fokus dan terhindar dari distraksi, bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan. Mainan ini juga bisa membantu mendukung sisi kognitif dan sisi emosional pada anak kecil maupun orang dewasa. Beberapa terapis yang sedang meneliti pengalaman ini mengatakan permainan ini juga sebagai refleksi diri seseorang. Selain hal tersebut, pop it juga bisa meredakan seseorang dari rasa bosan dan jenuh ketika sedang melakukan sesuatu seperti kelas online yang membosankan.

2. Meningkatkan perkembangan sensorik

perkembangan sensorik
popmama

Selain menghindari adanya distraksi, fidget toy juga bisa untuk meningkatkan perkembangan sensorik serta motorik anak. Hal tersebut termasuk dalam hal bersosialisasi serta berkomunikasi. Kemampuan dan perkembangan motorik anak akan terasah sejak dini jika memainkan permainan yang satu ini. Selain itu, perkembangan otot anak juga mampu dilatih dengan baik.

Kemampuan motorik dan sensorik anak jangan sampai disepelekan perkembangannya ya, Sedulur. Hal ini dikarenakan adanya hubungan dengan kecerdasan dan perkembangan otak anak. Sangat penting bagi Sedulur untuk memilih mainan apa yang tepat agar anak dapat tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah dengan diberikannya fidget toy. Berbagai macam fidget toy bisa Sedulur pilih, mulai dari ukuran biasa sampai pop it jumbo yang ukurannya besar. 

BACA JUGA: 22 Film Kartun Terbaik dan Update Terbaru 2021

3. Meredakan gangguan kecemasan

Cara main Pop it
popsugar

Ketika anak sedang mengalami gangguan kecemasan atau ketakutan terhadap sesuatu, tentunya sebagai orang tua harus mampu meredakannya. Salah satu cara untuk meredakan gangguan cemas yang diakibatkan oleh beberapa masalah tersebut adalah dengan memberikan mainan pop it. Terutama bagi anak atau remaja dengan kondisi autisme, pemberian mainan ini diklaim sangat membantu untuk meredakannya.

Hal ini dikarenakan mainan ini saat dimainkan sifatnya menenangkan. Sehingga, anak akan menjadi lebih tenang. Pemberian mainan ini merupakan sebuah efek positif bagi anak yang kasusnya demikian. Apalagi jika anak pada saat emosi biasanya tidak mau menceritakan penyebab kenapa dia bisa emosi dan cenderung hanya marah saja tanpa sebab. Pemberian mainan ini bisa menenangkan anak,dan kemudian kamu bisa menanyai anak ketika hatinya sudah tenang terkena distraksi dari permainan populer ini.

4. Meningkatkan bonding antara anak dan orangtua

Cara main Pop it
ubuy

Salah satu hal penting yang harus dilakukan orangtua terhadap anaknya adalah membangun serta meningkatkan bonding. Bonding merupakan sebuah ikatan batin yang dimiliki kedua belah pihak dan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti bermain bersama atau meluangkan waktu untuk si kecil.

Melakukan permainan ini secara bersama-sama bisa meningkatkan bonding antara anak dan orangtua dengan mudah. Selain mudah, harga pop it ini juga cenderung cukup murah dan mudah untuk didapatkan. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir dengan biaya yang dikeluarkan untuk mainan edukatif ini.

Itu dia deretan manfaat beserta gambar pop it yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika bingung memilih mainan edukatif yang murah dan cocok untuk si kecil. Semoga bisa menjadi ide yang menarik untuk bermain dengan sang buah hati di rumah, ya!