hak dan kewajiban anak di rumah

Berikut ini beberapa hak dan kewajiban anak di rumah serta di sekolah yang wajib Bunda Super ketahui!

Saat mendidik anak, Bunda Super harus secara perlahan memberitahu tentang hak dan kewajiban anak baik di rumah maupun di sekolah. Pendidikan terkait hak dan kewajiban dapat membuat anak secara perlahan paham tentang etika dan meningkatkan moralitas anak sebagai manusia saat melakukan aktivitas sosial.

Sebagaimana yang Sedulur ketahui, pendidikan anak yang pertama dan utama adalah di rumah, dan Sedulur merupakan guru pertama dan utama bagi anak-anak. Untuk itu, yuk kita pahami tentang beberapa hak dan kewajiban yang dimiliki anak di rumah serta di sekolah yang dapat membantu Sedulur untuk mendidik anak. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ibu Super, Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bayi

-->

Kewajiban dan Hak Anak di Rumah

1. Hak mendapatkan kasih sayang dan kebutuhan

1. Hak mendapatkan kasih sayang dan kebutuhan
liputan6.com

Salah satu contoh hak dan kewajiban anak di rumah yaitu mendapatkan kasih sayang dan kebutuhannya dari orangtua. Sedulur wajib memberikan kasih sayang dan perhatian Sedulur terhadap setiap hal yang dibutuhkan oleh anak. Baik yang berkaitan dengan perkembangan fisik maupun perkembangan mental anak-anak.

2. Hak mendapatkan perlindungan

2. Hak mendapatkan perlindungan
trueparenting.co.id

Selanjutnya, hak dan kewajiban sebagai anak di rumah adalah perlindungan. Hak anak mendapatkan perlindungan dari segala marabahaya wajib Sedulur perhatikan. Sebagai orangtua, Sedulur berhak menjamin perlindungan anak-anak, baik di dalam dan di luar rumah. Bentuknya bisa dalam berbagai macam hal, salah satunya dengan memberikan perhatian.

3. Hak mendapatkan perhatian

3. Hak mendapatkan perhatian
orami.co.id

Sebagai orangtua, Sedulur tidak boleh melepaskan perhatian kepada anak. Baik perhatian untuk perkembangan fisik dan mental. Seperti contoh, perhatian terhadap kebutuhan makan anak untuk mendukung pertumbuhan fisik anak, juga perhatian mental anak agar anak memiliki mentalitas dan memiliki standar moralitas yang sesuai dengan norma agama dan norma sosial

4. Anak wajib berbakti pada orangtua

4. Anak wajib berbakti pada orangtua
kumparan.com

Di antara semua hak yang didapatkan anak. Sedulur juga wajib memberikan pemahaman kepada anak Sedulur, bahwa setiap anak diwajibkan berbakti kepada orangtua. Terkait ini juga ditegaskan dalam norma sosial dan ajaran agama. Bahwa setiap anak wajib berbakti kepada orangtua dengan berbagai macam bentuk. Jika diminta, sebutkan hak dan kewajiban anak di rumah, salah satu contohnya adalah dengan membantu pekerjaan orangtua di rumah.

5. Anak wajib membahagiakan orangtua

5. Anak wajib membahagiakan orangtua
suara.com

Hal yang menjadi kewajiban anak kepada orangtua yang harus Sedulur ajarkan adalah bahwa anak wajib membahagiakan orangtua. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan anak yang berprestasi. Setiap orang tua akan bangga kepada anaknya yang berprestasi.

6. Anak wajib taat dan menuruti orang tua

6. Anak wajib taat dan menuruti orang tua
popmama.com

Salah satu kewajiban anak lainnya adalah wajib menaati setiap perintah dan perkataan orangtua. Bahkan, jika seorang anak berkata ‘ah’  kepada orangtua sebagai bentuk penolakan, hal tersebut merupakan dosa bagi anak. Dalam berbagai ajaran agama, perihal ini secara ketat disampaikan.

Baca Juga: 8 Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Fisik & Mental Anak

Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

1. Hak mendapatkan pengetahuan dari Guru

1. Hak mendapatkan pengetahuan dari Guru
grid.id

Penjelasan terkait hak dan kewajiban anak di rumah  sebelumnya, memberikan beberapa penjelasan terkait hak anak di sekolah. Setiap orangtua menyekolahkan anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Maka hal yang menjadi hak anak di sekolah adalah mendapatkan pengetahuan yang layak dan pantas dari guru di sekolah. Hal ini tentu saja untuk perkembangan pemahaman anak.

2. Hak mendapatkan perlindungan dari sekolah

2. Hak mendapatkan perlindungan dari sekolah
idntimes.com

Anak juga berhak mendapatkan perlindungan dari sekolah. Hak dan kewajiban anak di sekolah ini merupakan jaminan agar anak dapat menuntut ilmu dengan baik di sekolah. Bahkan, beberapa orangtua juga menjadikan perlindungan anak yang didapatkan di sekolah sebagai pertimbangan utama memilih sekolah bagi anak.

3. Hak mendapatkan fasilitas sekolah

3. Hak mendapatkan fasilitas sekolah
haibunda.com

Hak lain yang wajib didapatkan anak di sekolah adalah mendapatkan setiap fasilitas yang dimiliki sekolah. Seperti fasilitas belajar, fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang perkembangan fisik dan mental anak. Beberapa sekolah yang memiliki fasilitas baik untuk perkembangan anak, biasanya menjadi pilihan setiap orangtua.

4. Wajib mengikuti kegiatan sekolah

4. Wajib mengikuti kegiatan sekolah
kumparan.com

Setelah beberapa hak yang didapatkan anak, berikut ini adalah beberapa kewajiban anak yang harus diikuti. Pertama, anak wajib mengikuti kegiatan sekolah. Baik kegiatan pembelajaran dan kegiatan penunjang lainnya. Hal ini merupakan bagian dari kegiatan sekolah dalam memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.

5. Wajib menaati Guru

5. Wajib menaati Guru
kesekolah.com

Kewajiban anak di sekolah selanjutnya adalah setiap anak wajib menaati guru. Sebagaimana yang Sedulur ketahui, guru merupakan orangtua bagi setiap anak ketika di sekolah. Sedulur wajib memberikan pemahaman ini, pemahaman ini juga merupakan bagian dari hak dan kewajiban anak di rumah. Dengan kewajiban menaati guru, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sopan.

6. Wajib berperilaku sopan ketika di sekolah

6. Wajib berperilaku sopan ketika di sekolah
orami.co.id

Sebagai orangtua, Sedulur juga harus terus memberi dorongan dan pemahaman kepada anak-anak. Bahwa setiap anak memiliki kewajiban untuk selalu berperilaku sopan ketika di sekolah. Pelajaran ini dapat membentu anak mengetahui hak dan kewajiban anak di masyarakat kelak.

Baik perilaku terhadap guru, perangkat sekolah dan sesama temannya di sekolah. Sama dengan pemahaman hak dan kewajiban anak di rumah, pelajaran tentang perilaku di sekolah amat penting untuk perkembangan mental buah hati dalam bersosial kelak.

Semoga penjelasan terkait kewajiban serta hak anak di atas dapat membantu Sedulur untuk mendidik anak-anak di rumah. Sedulur juga jangan lupa, salah satu hak anak adalah mendapatkan makanan yang bergizi, hal ini merupakan kewajiban Sedulur kepada anak di rumah. Sedulur wajib memenuhi kebutuhan makanan bergizi anak.

Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan makanan bergizi untuk anak, dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini jika belum download Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga, agar anak bisa mendapatkan pertumbuhan yang seimbang, antara pertumbuhan mental dan fisiknya. Selamat mencoba!