Sedulur dan Ibu Super Khawatir dengan tumbuh kembang anak? Berikut faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bayi, Ibu Super wajib memahami!

Dalam tumbuh kembang setiap manusia, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Terdapat beberapa aspek yang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Sebagai seorang Ibu, pertanyaan mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, wajib dipahami.

Terutama bagi Ibu Super yang memiliki bayi, mengetahui pertumbuhan manusia terutama pada masa usia dini adalah hal yang sangat wajib dipahami. Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia begitu sangat mempengaruhi, bukan hanya itu saja, terdapat faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak lainnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, mulai dari pola asuh, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya sangat penting dalam hal pertumbuhan dan perkembangan balita. Hal tersebut masuk dalam daftar faktor perkembangan anak, baik secara fisik atau psikis. Dalam ruang lingkup faktor internal dan eksternal pertumbuhan dan perkembangan anak.

-->

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ibu Super, Ini 7 Hal yang Perlu Dipahami Pada Psikologi Anak

Bidang Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi dan Anak

1. Fisik

1. Fisik
popmama.com

Bidang pertama dalam faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak adalah fisik. Melihat pertumbuhan fisik merupakan bagian yang mudah untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan fisik dapat mengacu pada perubahan bentuk tubuh seseorang, termasuk anak dan bayi. Ibu Super bisa mengukurnya secara kualitatif dengan angka, seperti tinggi dan berat.

Perkembangan fisik juga biasanya mengacu pada keterampilan anak dalam melakukan aktivitas tertentu yang membutuhkan keahlian khusus.

2. Kognitif/Intelektual

2. Kognitif/Intelektual
kaba12.co.id

Bidang selanjutnya yang menjadi faktor dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah intelektual atau kognitif. Bidang ini seputar psikologi dan intelektual anak. Bagaimana anak mempelajari sesuatu dan juga memahami sesuatu. Hal ini juga bisa digunakan untuk mengukur bagaimana seorang anak dapat mengatur pikiran dan ide dalam menghadapi kehidupan.

Seperti kemampuan bahasa, komunikasi, dan juga kemampuan untuk memahami dan mengenal lingkungan yang ada di sekitarnya. Kemampuan kognitif dan intelektual akan beriringan dengan kemampuan fisik anak.

3. Emosional

3. Emosional
kompasiana

Faktor emosional sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Hal ini juga akan mempengaruhi kepercayaan diri anak, seperti bagaimana anak berhadapan dengan orang asing yang baru dia temui, bagaimana anak mengelola dan mengendalikan emosinya ketika berada di lingkungan yang tidak dia kenali. Faktor emosional akan sejalan dengan kognitif dan intelektual seorang anak atau balita.

Baca Juga: Cara Belajar Membaca Anak TK [Cepat, Mudah & Efektif]

4. Sosial

4. Sosial
generasimaju.co.id

Faktor atau bidang terakhir merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Karena hakikat dari manusia sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. Kemampuan sosial anak akan sangat membutuhkan kemampuan emosional dan intelektual dari anak itu sendiri. Faktor sosial akan dikuasai oleh anak dengan berbagai cara, diantaranya:

Menghargai pendapat dan perasaan orang lain

  • Berbagi dengan sesama
  • Berkomunikasi dengan orang lain
  • Dan, menjalin persahabatan

Selain bidang yang mempengaruhi pertumbuhan anak di atas, terdapat juga beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak yang juga wajib Ibu Super pahami dan kuasai. Simak ulasannya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dan Bayi

1. Genetis/Keturunan

1. Genetis/Keturunan
kompas.com

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang pertama adalah faktor genetis atau keturunan. Setiap manusia merupakan individu yang unik yang mewarisi genetik dari orang tuanya. Hal ini merupakan faktor alami yang sangat berpengaruh besar bagi perkembangan anak di masa depan.

Faktor genetis atau keturunan akan terlihat dari ciri fisik, seperti tinggi badan, struktur tubuh, warna mata, warna rambut, kecerdasan, dan bakat alami lainnya yang umumnya dibawa oleh gen. Termasuk juga beberapa penyakit yang juga diturunkan oleh orang tua melalui gen.

2. Jenis Kelamin

2. Jenis Kelamin
halodoc.com

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak lainnya yang sangat penting adalah jenis kelamin. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis. Hal ini juga akan mempengaruhi emosi dan lingkungan dari anak ketika bersosialisasi.

Namun terdapat beberapa ciri yang berbeda, biasanya perempuan akan cepat lebih dewasa dibanding laki-laki, hal ini dipicu oleh sejumlah perubahan fisik anak perempuan yang dialami ketika masa remaja menuju dewasa.

3. Hormon

3. Hormon
tempo.com

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya adalah hormon. Hormon merupakan faktor internal alami yang tidak bisa dibantah dan disingkirkan, sebagaimana faktor genetis atau keturunan. Jika produksi hormon sesuai dengan kebutuhan, maka fungsi tubuh pun akan tumbuh sebagaimana mestinya.

Namun, jika kadar hormon tidak seimbang, beberapa fungsi tubuh juga bisa terganggu dan bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

4. Nutrisi

4. Nutrisi
ulyadays.com

Nutrisi dan asupan bergizi bagi tubuh juga merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Agar fungsi tubuh dan kebutuhan intelektual anak biasa berfungsi secara seimbang, Ibu Super juga harus memperhatikan kebutuhan gizi sang anak. Kekurangan nutrisi dan gizi dapat menyebabkan terhambatnya proses perkembangan fisik dan psikis anak.

5. Cuaca

5. Cuaca
fimela.com

Cuaca di sekitar tumbuh kembang anak juga sangat mempengaruhi. Terutama bagi bayi. Cuaca yang kurang mendukung bisa memberikan risiko pada anak untuk mengalami gangguan kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Mempertimbangkan cuaca dan kebutuhan anak untuk mengatasi cuaca merupakan hal penting yang perlu dipikirkan.

6. Aktivitas Fisik

6. Aktivitas Fisik
klikdokter.com

Aktivitas fisik juga sangat penting dalam perkembangan anak. Dengan aktivitas fisik yang baik, pertumbuhan anak menjadi lebih baik seperti pertumbuhan massa otot, pertumbuhan massa tulang dan lain sebagainya. Selain itu dengan aktivitas fisik yang baik, kelima panca indra bisa berkembang dengan baik. Salah satu peran penting dari pertumbuhan fisik adalah meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat terhindar dari virus, bakteri dan kuman yang bisa mengancam kesehatan tubuh.

Selain beberapa faktor di atas, terdapat juga faktor penting lainnya yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi dan anak. Apa saja faktor tersebut? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Kondisi Rumah Tangga Merupakan Faktor Penting Bagi Pertumbuhan Anak

1. Pola Asuh Orang Tua

1. Pola Asuh Orang Tua
bukalapak.com

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bayi dan anak yang paling penting adalah rumah. Maka dari itu kondisi rumah tangga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Terutama terkait pola asuh orang tua pada anak. Hal ini akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, terutama dalam aspek psikologi anak

2. Pendidikan di Rumah

2. Pendidikan di Rumah
winnetnews.com

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan lainnya yang tidak kalah penting adalah pendidikan di rumah. Rumah merupakan sekolah pertama bagi anak, dan orang tua merupakan guru terbaik bagi anak. Oleh karena itu, berdasarkan pertimbangan di atas, pendidikan di rumah merupakan hal penting, sebelum membicarakan mengenai pendidikan anak di sekolah.

3. Pendidikan di Sekolah

3. Pendidikan di Sekolah
bimba-aiueo.com

Memilih sekolah yang baik adalah keharusan, karena sekolah yang baik akan mempengaruhi kepribadian anak itu sendiri. Baik itu kurikulum pendidikan, pengajar dan lingkungan sekolah itu sendiri. Semua hal yang menjadi komponen sekolah harus Sedulur perhatikan betul, agar anak bisa tumbuh dengan baik.

4. Lingkungan Bermain

4. Lingkungan Bermain
bombastis.com

Lingkungan bermain juga penting untuk Sedulur perhatikan, agar anak-anak bisa mendapatkan perasaan gembira dan juga bisa menumbuhkan kemampuan sosial dan emosional anak. Karena dua hal tersebut merupakan modal penting yang harus dimiliki setiap orang.

5. Pendapatan Keluarga

5. Pendapatan Keluarga
genpi.co

Faktor dalam rumah tangga satu ini juga tidak kalah penting. Pendapatan keluarga bukan hanya akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun juga mempengaruhi psikologi anak. Kepercayaan diri anak juga akan tumbuh dengan mempehatikan pendapatan dari orang tuanya.

6. Rumah Tinggal

6. Rumah Tinggal
jeffrysudirgo.org

Kelayakan rumah tinggal juga adalah faktor penting lainnya yang tidak bisa diabaikan. Kenyamanan dan kelayakan tinggal dan menunjang pertumbuhan anak agar bisa semakin optimal dan mengalami masa pertumbuhan.

Semoga daftar penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak di atas bisa memberikan pengetahuan tambahan bagi Ibu Super agar senantiasa memikirkan perkembangan dan pertumbuhan anak dan bayi. Paling penting adalah memikirkan asupan gizi dan nutrisi. Jangan lupa juga seimbangi dengan asupan makanan anak, agar fisik dan psikis anak tumbuh seimbang.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai asupan bergizi untuk anak dengan membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan langsung melakukan transaksi untuk setiap kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan gizi anak. Selamat mencoba dan pastikan sang anak tumbuh sebagaimana mestinya.