Cerita rakyat merupakan cerita khas daerah yang diambil yang mengandung banyak hikmah dan nilai-nilai penting yang bisa diambil dan dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Cerita rakyat yang disebarkan dari mulut kemulut biasanya tidak dikenal pengarangnya yang disebut sebagai folklor atau dongeng.

Banyak sekali cerita rakyat panjang di Indonesia, terdapat 366 cerita rakyat Nusantara atau lebih, mulai dari cerita rakyat dari Jawa Tengah dan cerita rakyat Jawa secara keseluruhan, ada juga cerita rakyat Riau, cerita rakyat Kalimantan, cerita rakyat Bali, cerita rakyat Papua, cerita rakyat Lampung dan kumpulan cerita rakyat nusantara lainnya.

Ada juga cerita rakyat bahasa Inggris, cerita rakyat Jepang dan hingga cerita rakyat pendek. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menyampaikan contoh cerita rakyat sekaligus kumpulan cerita rakyat yang bisa Sedulur ambil hikmahnya atau diajarkan kepada anak-anak Sedulur.

Banyak cerita rakyat dalam bahasa Inggris, yang berisi sinopsis cerita rakyat dari setiap jenis jenis cerita rakyat yang penuh dengan makna. Berikut ini adalah contoh cerita rakyat singkat yang mungkin beberapa telah Sedulur ketahui cerita. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Dongeng Anak Terbaik & Lucu untuk Kecerdasan si Kecil

Daftar Cerita Rakyat Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Lutung Kasarung

1. Lutung Kasarung
popmama.com

Pertama adalah cerita rakyat lutung kasarung yang berasal dari Pasundan atau daerah Sunda. Menceritakan tentang seorang raja bernama Prabu Tapak Agung yang memiliki dua orang putri bernama Purbasari dan Purbararang. Sang raja berniat untuk turun tahta dan menjadikan Purbasari sebagai penerus pemimpin kerajaan. Namun, Purbararang merasa kesal dengan keputusan ayahnya dan berniat menyelakai Purbasari.

Purbararang pun kemudian pergi ke nenek sihir dan mengutuk Purbasari sehingga menjadi buruk rupa, kulitnya dipenuhi bintik hitam. Purbasari pun kemudian diasingkan ke hutan dan Purbararang yang menjadi pemimpin penerus ayahnya. Pada suatu ketika, Purbasari ditemani oleh seekor lutung dan menyuruh Purbasari untuk berendam di dalam telaga, seketika Purbasari pun sembuh dan kembali menjadi cantik jelita.

Purbasari pun mendatangi kerajaan dan bertemu dengan kakaknya Purbararang. Untuk menentukan penerus tahta, mereka berdua pun beradu, mulai dari beradu panjang rambut hingga beradu tampan pasangan. Purbasari pun menyodorkan lutung temannya di hutan sebagai pasangan. Seketika lutung tersebut berubah menjadi pemuda yang sangat tampan, melebihi ketampanan pasangan Purbararang. Purbararang pun mengalah dan mengakui kesalahannya. Purbasari kemudian diangkat menjadi Ratu dan hidup bahagia bersama kekasihnya, Lutung Kasarung.

BACA JUGA: 12 Tanda-tanda Melahirkan Yang Sudah Dekat, Wajib Tahu!

2. Alue Naga

2. Alue Naga
kisahsejarahdunia.com

Dalam teks cerita rakyat, tedapat beberapa jenis cerita rakyat, baik berdasarkan genre atau pun berdasarkan gambar cerita rakyat. Kisah atau cerita rakyat selanjutnya tentang asal usul daerah yang bernama Alue Naga. Alue Naga adalah sebuah tempat dimana terdapat seekor naga yang kepalanya tertusuk pedang.

Naga tersebut diselamatkan oleh seorang raja dan pangeran. Menangis kesakitan, ketika diselamatkan, naga pun menggeser tubuhnya menuju laut secara perlahat. Seketika, daerah tersebut kemudian membentuk sebuah alur sungai kecil yang dipenuhi oleh rawa dan genangan air. Raja dan pangeran pun kemudian memberi nama tempat tersebut sebagai Alue Naga, berdasarkan apa yang dialami.

Sama seperti cerita di atas, beberapa cerita rakyat dalam bahasa Jawa seringkali memuat informasi terkait asal-usul sebuah daerah yang tidak terlepas dari mitos dan cerita rakyat yang ada di daerah tersebut.

3. Rawa Pening

3. Rawa Pening
grid.id

Berikut ini merupakan cerita rakyat Rawa Pening, yang merupakan asal-usul terbentuknya daerah Rawa Pening. Diceritakan, seorang wanita bernama Endang melahirkan seekor naga besar yang diberi nama Baru Klinting. Baru Klinting merupakan seekor naga yang bisa berbicara seperti manusia biasanya.

Suatu ketika, masyarakat sedang mencari hewan yang cocok untuk dijadikan sebagai santapan pesta. Masyarakat pun ingin menjadikan Baru Klinting sebagai santapan, di tengah kegiatan Baru Klinting yang sedang bertapa, Baru Klinting pun berubah menjadi seorang bocah kecil dan mencari tahu tentang pesat rakyat tersebut. Bocah kecil tersebut pun kelaparan dan meminta makan, tidak ada yang mau memberi makan kecuali seorang nenek tua.

Nenek tua tersebut diberi pesan untuk mengambil sebuah lisung ketika mendengar suara gemuruh yang besar. Tidak lama, suara gemuruh pun terdengar dan muncul air dari tanah dan menenggelamkan semua masyarakat yang ada di desa tersebut yang sedang berpesta. Kecuali nenek yang baik hati. Mulai dari itu, daerah tersebut diberi nama Rawa Pening.

BACA JUGA: 15 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Otak

4. Cerita Rakyat Sangkuriang

4. Cerita Rakyat Sangkuriang
thegorbalsla.com

Selanjutnya adalah cerita rakyat Sangkuriang, cerita ini merupakan cerita rakyat tangkuban perahu, yang memuat kisah bagaimana perahu tangkuban perahu tercipta. Merupakan cerita rakyat dari Jawa Barat. Cerita bermula ketika seorang perempuan bernama Dayang Sumbi yang mempunyai seorang anak bernama Sangkuriang.

Tanpa sepengetahuan anaknya, mereka berdua memiliki seekor anjing yang bernama si Tumang. Anjing tersebut adalah jelmaan ayah Sangkurian atau suami dari Dayang Sumbi. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk mengambilkan benang Dayang Sumbi yang tertinggal, sekembalinya Sangkuriang sendirian tidak bersama Tumang. Ternyata Tumang ditinggalkan oleh Sangkuriang dengan sengaja. Mendengar hal tersebut Dayang Sumbi geram dan mengusir Sangkuriang.

Cerita rakyat Jawa Barat ini berlanjut ketika Sangkuriang mengembara sendirian meninggalkan kampung halamannya, dan melupakan segalanya, termasuk tentang ibunya. Setelah bertahun-tahun lamanya, Sangkuriang kembali ke kampung halaman dan tidak mengenali apapun, termasuk ibunya. Dia pun jatuh hati pada Dayang Sumbi dan tidak mengetahui bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya.

Dayang Sumbi pun tidak mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya. Sangkuriang pun melamar Dayang Sumbi, Dayang Sumbi pun menerimanya. Sampai suatu ketika, Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya dan berusaha membatalkan pernikahannya. Sangkuriang pun mengamuk dan menendang sampan atau perahu, sehingga kemudian perahu tersebut membentuk gunung yang saat ini dikenal dengan nama Gunung Tangkuban Perahu.

5. La Moelu

5. La Moelu
googlecontent.com

Cerita rakyat bahasa Jawa singkat satu ini menceritakan tentang seorang gadis perempuan yang diberi tugas oleh ayahnya untuk mengurus ikan kecil dan aneh yang ditangkap ayah tersebut ketika memancing. Gadis tersebut bernama La Moelu, sama seperti judul cerita rakyat kali ini.

La Moelu pun kemudian melepaskan ikan yang diberi nama Jinnade tersebut ke laut. La Mooelu berpesan kepada ikan tersebut, ketika ia memanggil namanya, Jinnade harus langsung ke permukaan, karena akan diberi makan. Namun, tetangganya yang serakah memanggil Jinnade dan menangkapnya untuk dijadikan lauk makan. La Moelu yang mengetahui hal tersebut pun sedih hatinya.

Kemudian La Moelu pun mengubur duri dan tulang belulang Jinnade. Lama kelamaan dari tulang belulang Jinnade, tumbuh pohon emas yang bisa digunakan untuk kebaikan La Moelu, yang juga memiliki sikap dan hati yang sangat baik.

6. Malin Kundang

6. Malin Kundang
boombastis.com

Selanjutnya adalah cerita rakyat malin kundang. Cerita rakyat maling kundang berasal dari Minangkabau, menceritakan tentang Malin seorang anak yang merantau dari kampung halaman dan mendapatkan kesuksesan, sehingga dapat meminang perempuan kaya raya. Namun Malin sangat malu tentang masa lalunya yang sangat sengsara.

Suatu waktu, Malin pun pulang kampung dan mengajak istrinya ke kampung halamannya. Ibu Malin yang telah ditinggal lama, bahagia mendapati anaknya pulang kampung. Namun, dengan gengsi yang tinggi, Malin pun berpura-pura tidak mengenal ibunya, agar tidak turun derajat di depan istrinya. Pasalnya, ibu Malin terlihat compang camping, dan sangat sengsara.

Ibu Malin pun sangat sedih, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar Malin mendapatkan hukuman atas sikapnya yang durhaka tersebut. Doa ibu Malin pun terkabul, dan Malin kemudian dikutuk menjadi batu. Cerita ini mengajarkan kita agar selalu hormat dan taat kepada orang tua, terutama kepada seorang ibu.

BACA JUGA: 15 Komik Pendidikan Lucu, Bisa jadi Pendamping Belajar Anak

7. Danau Toba

7. Danau Toba
pikiran-rakyat.com

Cerita rakyat danau toba ini merupakan cerita rakyat Sumatera Utara. Menceritakan tentang asal muasal danau toba. Tentang seorang pemuda yang sedang memancing dan mendapatkan seekor ikan yang sangat besar. Pemuda tersebut pun tidak tega dan melepas ikan tersebut, tidak lama ikan tersebut berubah menjadi seorang perempuan cantik.

Ikan tersebut adalah seorang putri yang dikutuk menjadi seekor ikan, dan pemuda tersebut berhasil melepaskan kutukan tersebut. Sebagai tanda terima kashi, putri cantik tersebut bersedia dipinang menjadi istri pemuda tersebut. Dengan satu catatan, ketika mempunyai anak, jangan sekali-kali menceritakan tentang kutukan menjadi ikan kepada anaknya kelak.

Berjalannya waktu, singkat cerita keduanya mempunyai seorang anak bernama Samosir. Pemuda tersebut kesal kepada Samosir dan kemudian mengumpat Samosir sebagai anak dari seekor ikan. Seketika, keadaan pun berubah, Samosir dan istrinya menghilang dan membentuk sebuah telaga yang diberi nama Danau Toba dengan pulau di tengahnya yang bernama Pulau Samosir.

8. Timun Mas

8. Timun Mas
popmama.com

Cerita rakyat timun mas merupakan salah satu cerita rakyat yang populer. Menceritakan tentang seseorang wanita yang hidup sendirian. Sarni pun menemukan dua buah timun, satu timun yang sangat besar. Setelah timun tersebut dibelah, ternyata terdapat seorang bayi di dalamnya, Sarni pun memberi nama bayi tersebut Timun Mas.

Cerita rakyat ini menceritakan tentang Timun Mas dan Sarni yang melawan monster raksasa. Hingga akhirnya, Timun Mas pun berhasil mengalahkan raksasa tersebut dan membuat Sarni dan Timun Mas bisa hidup damai dan bahagia, tanpa ada gangguan dari raksasa yang membuat hidup mereka berbahaya dan tidak tenang.

Baca Juga: Bawang Merah Bawang Putih, Cerita Nusantara Penuh Makna!

9. Bawang Merah dan Bawang Putih

9. Bawang Merah dan Bawang Putih
popmama.com

Cerita rakyat bawang merah bawang putih ini merupakan salah satu cerita legendaris sebagai cerita rakyat di Indonesia. Menceritakan tentang dua orang bersaudara, bernama bawang merah dan bawang putih. Bawang merah memiliki sifat yang jahat dan rakus, sementara bawang putih selalu tertindas.

Suatu ketika bawang putih diusir dan disuruh mencari kain ibu tirinya yang dia hilangkan, bwang putih pun dibantu oleh seorang nenek dan diberi labu kecil. Ketika membukanya, labu kecil tersebut berisi perhiasan dan diambil oleh bawang merah dan ibu tirinya. Bawang merah pun menyusul nenek tersebut dan meminta labu yang lebih besar. Namun ketika dibuka, ternyata bawang merah mendapatkan serangga dan hewan-hewan mematikan.

10. Batu Menangis

10. Batu Menangis
sekolaku.com

Cerita rakyat batu menangis ini bisa menjadi pelajaran yang sangat baik diberikan kepada anak-anak Sedulur. Karena terdapat hikmah yang bisa dipetik dari kisah tentang batu menangis. Batu menangis ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang durhaka kepada ibunya.

Ibunya pun sakit hati dan berdoa agar anaknya mendapatkan hukuman agar segera sadar dan bertaubat. Doa sang ibu pun didengar dan kemudian anak perempuan tersebut kemudian berubah menjadi batu. Sambil berubah menjadi batu, sang anak selalu menangis dan meminta maaf karena menyadari kesalahannya. Namun sudah terlambat, dan anak perempuan pun berubah menjadi batu, yang menangis.

BACA JUGA: 180 Nama Bayi Jawa Kuno yang Penuh Makna & Pembawa Rezeki

11. Cerita Rakyat Si Pitung

11. Cerita Rakyat Si Pitung
tirto.id

Selanjutnya merupakan cerita rakyat Betawi, yaitu cerita rakyat Si Pitung. Si Pitung merupakan jagoan dari Betawi yang berperan dalam melawan penindasan dari penjajah Belanda. Pitung pun bertekad untuk memperdalam ilmu agama dan ilmu persilatan. Akhirnya Si Pitung pun berguru pada Haji Naipin, hingga akhirnya Pitung menguasi segala ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin.

Pitung pun diberi pesan oleh Haji Naipin sebagai gurunya, untuk tidak sombong dan senantiasa menggunakan ilmu yang dikuasai untuk membela orang-orang tertindas. Jangan pernah menggunakan ilmu yang dimiliki untuk menindas orang. Dari mulai saat itu, Si Pitung pun bertekad untuk menegakkan keadilan dan menumpas kedzaliman.

12. Cindelaras

12. Cindelaras
dongengceritarakyat.com

Cerita rakyat cindelaras kali menceritakan tentang kekeliruan seorang Raja terhadap permaisurinya. Seorang Raja Kendala, beranama Raden Putra, memiliki satu permaisuri dan satu selir. Sang selir pun menginginkan menjadi permaisuri dan segera memfitnah permaisuri. Raja pun terhasut dan membuang permaisuri ke hutan, dan memerintahkan Patih kerajaan untuk membunuh permaisuri.

Patih namun tidak membunuh permaisuri, dan mengetahui kejahatan dari selir. Patih pun membiarkan permaisuri hidup, karena sedang mengandung anak laki-laki. Hidup di hutan dalam buangan, permasuri pun melahirkan sendirian seorang anak laki-laki bernama Cinderalas. Cindelaras tumbuh menjadi seorang anak laki-laki yang tampan, pintar dan pemberani.

Suatu waktu, Cindelaras menemukan telur ayam emas dan berjanji akan merawatnya. Telur ayam pun menetas dan ayam jantan pun tumbuh menjadi ayam yang gagah. Cindelaras pun pergi dari hutan dan beradu ayam, ayam Cindelaras pun tidak terkalahkan, hingga Raden Putra pun mengajaknya untuk beradu ayam. Raden Putra, ayam Cindelaras pun menang dan Cindelaras menyampaikan semua kenyataan tentang dirinya dan ibunya. Raden Putra pun menghukum selir dan mengusirnya dari kerajaan dan membuangnya ke hutan.

BACA JUGA: Hak dan Kewajiban Anak di Rumah & Sekolah, Bunda Wajib Tau!

13. Telaga Bidadari

13. Telaga Bidadari
generasimandar.com

Telaga bidadari merupakan cerita rakyat Jawa Timur, Jawa Tengah dan pulau Jawa pada umumnya. Berkisah tentang seorang lelaki yang menikahi seorang bidadari cantik. Ceritana persis seperti cerita Jaka Tarub, namun memiliki perbedaan pada nama tokohnya. Kali ini, nama tokohnya adalah Awang Sukma, seorang pria yang pandai bermain seruling.

Suatu ketika Awang Sukma melihat banyak bidadari sedang bermain air di telaga, dan menyembunyikan sala satu pakaian bidadari tersebut agar bisa dibawa oleh Awang dan menjadi istrinya. Awang pun menikah dengan bidadari tersebut dan mempunyai seorang anak. Sampai satu ketika, mereka mengetahui kebohongan Awang dan bidadari tersebut akhirnya kembali ke kayangan dan meninggalkan Awang. Cerita ini sama dengan Jaka Tarub, hanya berbeda nama saja.

14. Keong Mas

14. Keong Mas
mbludus.com

Cerita rakyat keong mas menceritakan tentang kehidupan dua orang puteri raja yang bernama Candra Kirana dan Dewi Galuh. Cerita keong mas merupakan cerita yang terkenal di nusantara, termasuk cerita rakyat Jawa Tengah yang juga sangat terkenal. Diceritakan bahwa Raden Inu Kertapati ingin melamar salah satu dari Candra Kirana dan Dewi Galuh, Raden Inu pun memilih Candra Kirana. Dewi Galuh yang kecewa memfitnah Candra Kirana dan mengusirnya dari kerajaan.

Bukan hanya itu, Dewi Galuh menyuruh seorang penyihir untuk mengubah Candra Kirana agar kecantikannya sirna dan menjadi seekor keong. Penyihir tersebut berkata bahwa kutukan keong akan hilang ketika Candra Kirana ditemukan oleh Raden Inu. Raden Inu pun tidak kenal lelah dan mencari Candra Kirana, sampai suatu ketika Raden Inu menemukan keong berwarna emas dan mengambilnya.

Keong tersebut kemudian berubah kembali menjadi Candra Kirana dan kutukan pun terhapuskan. Raden Inu dan Candra Kirana pun kemudian menikah dan hidup mereka berdua pun berlangsung dengan bahagia. Sementara itu, Dewi Galuh pun akhirnya kabur dan bersembunyi menghindari dari hukuman dan kesalahannya terhadap Candra Kirana.

15. Ande-Ande Lumut

15. Ande-Ande Lumut
lampungpost.id

Cerita rakyat Ande Ande Lumut ini menceritakan tentang kisah Pangeran Pandji dan Putri Sekartaji yang saling mencintai dan akan dinikahkan, sekaligus sebagai agenda untuk menyatukan dua kerajaan yang terpisah, yaitu Kerajaan Jenggala dan Kerajaan Kediri, menjadi satu kembali jadi Kerajaan Kahuripan. Kerajaan yang didirikan oleh nenek moyangnya.

Namun, cinta antara Putri Sekartaji dan Pangeran Panji pun tidak disetujui. Putri Sekartaji disembunyikan oleh keluarganya ketika Pangeran Pandji tiba. Pangeran Pandji pun kecewa dan akhirnya menyepi dan mengubah nama menjadi Ande-Ande lumut. Suatu ketika mereka berdua pun dipertemukan kembali dan akhirnya menjalin hubungan pernikahan, dan mereka berdua pun akhirnya hidup dengan bahagia.

BACA JUGA: Baby Blues & Cara Mengatasinya Pada Ibu Setelah Melahirkan

16. Nyi Roro Kidul

16. Nyi Roro Kidul
tribunnews.com

Selanjutya adalah cerita rakyat Nyi Roro Kidul, yang merupakan mitos dan kepercayaan masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir laut selatan pulau Jawa. Setiap kecelakaan yang terjadi di pantai di sepanjang pesisir selatan pulau Jawa pasti dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul, sebagai Ratu Pantai Selatan Pulau Jawa.

Dipercayai, Nyi Roro Kidul hidup di abad ke-13, yang merupakan keturunan Raja Airlangga yang masih keturunan Raja Jayabaya dari Kerajaan Kediri. Ada juga yang menyampaikan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan Putri dari Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pakuan Pajajaran. Sederhananya, banyak versi persoalan Nyi Roro Kidul, terutama terkait asal-usulnya.

Kisahnya turun-temurun diceritakan kepada masyarakat di pulau Jawa, terutama yang tinggal di pesisir selatan pulau Jawa. Nyi Roro Kidul dipercaya memiliki tentara laut selatan yang berbentuk siluman dan dedemit. Oleh karena itu, banyak aturan yang tidak boleh dilanggar selama Sedulur berkunjung ke pantai selatan pulau Jawa. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan baju berwarna hijau.

Namun, mitos dan larangan yang tersebar terkait Nyi Roro Kidul, bisa dimaknai sebagai sebuah bagian penting untuk menjaga etika, sopan santun dan juga kebersihan lingkungan, terutama di daerah sekitar pantai selatan di pulau Jawa. Tidak ada yang bisa membuktikan kebenaran dari keberadaan Nyi Roro Kidul itu sendiri, hanya sebagai bagian dari cerita rakyat belaka.

17. Putri Junjung Buih

17. Putri Junjung Buih
thegorbalsla.com

Salah satu macam macam cerita rakyat nusantara satu ini merupakan cerita rakyat yang berasal dari Kalimantan. Ringkasan cerita rakyat satu ini menceritakan tentang seorang bayi yang ditemukan oleh Raja Kerajaan Amuntai. Bayi yang ditemukan tersebut ternyata bisa berbicara dan meminta sesutu kepada sang raja, yaitu meminta kain yang ditenun langsung dalam waktu satu hari.

Bayi tersebut pun diberi nama oleh Sang Raja dengan nama  Putri Junjung Buih, karena ditemukan di danau dan bisa berbicara. Dalam cerita dongeng rakyat satu ini, Sang Raja akhirnya membuat sayembara terkait permintaan Putri Junjung Buih, Satu orang menyanggupinya, dia bernama Ratu Kuripan. Ratu Kuripan diangkat menjadi pengasu Putri Junjung Buih dan ikut merapat Putri Junjung Buih hingga tumbuh dewasa.

18. Roro Jongrang

18. Roro Jongrang
nusadaily.com

Cerita rakyat Roro Jonggrang merupakan salah satu cerita tentang asal usul Candi Prambanan. Dahulu kala ada seorang Puteri dari Kerajaan Prambanan yang bernama Roro Jongrang. Roro Jongrang merupakan seorang puteri yang sangat cantik dan sangat baik budinya. Ketika Bandung Bondowoso dari kerajaan Panggih menyerang Kerajaan Prambanan, ayah dari Roro Jongrang pun terbunuh dalam pertempuran.

Bandung Bondowoso pun meminta Roro Jongrang sebagai istrinya, Roro Jongrang pun tidak bisa menolak, hanya ada satu cara yang bisa diberikan oleh Roro Jongrang, yaitu meminta Bandung Bondowoso untuk membangun candi dalam satu malam. Melalui bantuan jin dan siluman sebagai prajuritnya, Bandung Bondowoso pun menyetujuinya.

Namun jin dan siluman pun tiba-tiba pergi karena mencium bau pagi yang tiba-tiba datang. Tapi ternyata bau pagi tersebut diciptakan oleh Roro Jongrang dan warga agar Bondowoso tidak berhasil membangun candi. Akhirnya, mengetahui hal tersebut, Bondowoso marah, dan menjadikan Roro Jongrang sebagai patung candi terakhir.

19. Asal Mula Selat Bali

19. Asal Mula Selat Bali
liputan6.com

Salah satu cerita rakyat yang sering dijadikan naskah drama cerita rakyat adalah tentang asal mula selat Bali, yang memisahkan pulai Bali dengan Pulau Jawa. Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal tadi, bahwa pengertian cerita rakyat adalah tentang sebuah dongeng yang diturunkan secara turun temurun, beberapa ada juga yang dijadikan sebagai buku cerita rakyat.

Diceritakan hidup seorang Brahmana bernama Sidi Mantra yang memiliki seorang isteri yang cantik dan anak laki-laki bernama Manik Angkeran. Anak laki-lakinya tumbuh menjadi pemuda yang pandai dan gagah, namun satu kelemahannya yaitu senang berjudi dan menghabiskan harta ayahnya.

Suati hari Sidi Mantra pergi ke sebuah gunung dan menemui Naga Besukih dengan maksud meminta harta yang dihabiskan anaknya, Naga Besukih pun memberikannya. Mengetahui hal tersebut Manik pun mencari Naga Besukih, akibat keserakahannya, Manik memotong ekor naga dan menyebabkan Naga Besukih mengamuk dan membunuh Manik.

Mengetahui hal tersebut, Sidi Mantra pun memohon untuk Naga Besukih menghidupkan kembali Manik, Naga Besukih mengabulkannya dan Manik pun hidup terpisah dari Sidi Mantra, dengan membuat garis yang memisah pulau. Saat itu lah pulau Bali terbentuk.

20. Carita Jaka Tarub

20. Carita Jaka Tarub
mbludus.com

Kisah atau dongeng cerita rakyat terakhir adalah cerita rakyat Jaka Tarub. Diceritakan, pada zaman dahulu hidup seorang pemuda bernama Jaka Tarub di sebuah desa di Jawa Tengah. Jaka tinggal bersama ibunya bernama mbok Milah. Ayah Jaka telah lama meninggal dan untuk menyambung hidup, Jaka dan ibunya bertani setiap hari.

Suatu saat, Jaka Tarub bermimpi mendapatkan seorang istri bidadari yang canti jelita dari kayangan. Singkat cerita, Ibu Jaka Tarub meninggal dan Jaka terlalu sedih atas kepergian ibunya. Dia pun menyendiri dan pergi ke sebuah danau. Di danau pun, Jaka Tarub mendengar suara perempuan yang sedang bermain air di danau.

Ketika dilihat, Jaka Tarub pun terkejut melihat 7 wanita cantik yang berenang dan bermain air di danau Toyawening. Jaka Tarub pun mencuri salah satu baju dari bidadari dan menyembunyikannya. Bidadari tersebut bernama Nawangwulan, Jaka Tarub memberikannya baju, dan Nawangwulan bersedia menjadi istri Jaka Tarub. Mimpi Jaka Tarub pun menjadi kenyataan setelah berlama-lama dilewati.

Semoga daftar cerita rakyat dan dongeng di atas bisa memberikan hikmah bagi Sedulur Super dan juga bisa dijadikan cerita pembelajaran bagi anak-anak Sedulur. Semoga juga kecerdasan kognitif dan emosional anak semakin meningkat dengan mengambil pelajaran dari cerita di atas.

Jangan lupa untuk memperhatikan gizi dan asupan nutrisi buah hati dengan menyediakan berbagai makanan berkualitas. Sedulur dan Ibu Super bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah di Aplikasi Super. Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super dan memiliki aplikasinya.