manfaat singkong

Ada segudang manfaat singkong yang bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Singkong juga merupakan karbohidrat alternatif yang bisa dikonsumsi apabila bosan dan malas makan nasi. Singkong merupakan umbi kayu atau ketela pohon. Setiap bagiannya bisa dikonsumsi mulai dari daun, umbi, dan batangnya pun dapat diolah.

Selain sebagai karbohidrat, singkong juga seringkali diolah sebagai camilan. Mulai dari tape, singkong rebus, hingga keripik singkong. Berbagai variasi singkong tersebut bertujuan agar singkong mudah untuk dikonsumsi. Lantas, apa saja manfaat singkong untuk tubuh? 

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Binahong yang Dapat Atasi Berbagai Penyakit

1. Menurunkan risiko sindrom metabolik

Manfaat singkong menurunkan risiko sindrom metabolik
freepik

Manfaat singkong yang pertama adalah dapat menurunkan risiko sidrom metabolik. Sindrom metabolik sendiri merupakan gangguan kesehatan yang mengindikasikan adanya risiko untuk terkena diabetes dan penyakit jantung. Para penderita sidrom metabolik bisanya ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah, kolesterol, lingkar pinggang, dan faktor lainnya.

Sedulur yang mengidap sindrom metabolik bisa mengkonsumsi singkong setiap harinya, baik diolah dengan cara direbus atau dikukus. Kandungan flavonoid dan serat yang terdapat dalam singkong dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik yang sedang terjadi.

2. Menghindari penyakit jantung

mencegah penyakit jantung
freepik

Baik umbi singkong atau daun singkong, bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menghindari penyakit jantung. Manfaat daun singkong ini bisa Sedulur dapatkan jika Sedulur konsmsi secara teratur. Sedulur dapat menghidar dari penyakit jantung, baik penyakit jantung koroner atau pun stroke hingga hipertensi dapat dihindari dengan mengkonsumsi singkong.

Hal tersebut dapat terjadi karena tanaman singkong memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat meminimalisir atau menghindari penyakit jantung. Hal ini juga merupakan salah satu dari manfaat singkong rebus karena mengolah singkong dengan cara direbus akan lebih sehat dibanding cara mengolah lainnya.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat singkong menurunkan tekanan darah
freepik

Sedulur yang memiliki hipertensi bisa mengkonsumsi singkong setiap harinya. Lebih baik lagi, kamu mengonsumsi singkong sebagai camilan sehat. Caranya adalah dengan mengolah umbi ini untuk direbus atau dikukus untuk menghindari minyak berlebih. Salah satu manfaat singkong yaitu dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam setiap 100 gram singkong terkandung potasium yang dapat memenuhi 6 persen potasium untuk kebutuhan harian tubuh. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah dan sekaligus membantu menyeimbangkan kadar garam dalam daram. Singkong juga merupakan makanan yang menjadi sumber potasium yang tinggi. Para penderita hipertensi bisa mulai mengonsumsi singkong sebagai makanan wajib, ya!

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Merawat Ikan Cupang

4. Mengobati rematik

Mengobati rematik
freepik

Para lansia biasanya sangat akrab dengan penyakit rematik karena rematik memang rentan menyerang usia-usia senja. Kandungan magnesium dalam singkong dapat memberikan manfaat untuk mengobati rematik. Salah satu manfaat singkong yang dikenal luas oleh masyarakat adalah untuk kesehatan tulang dan sendi.

Magnesium dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga mampu untuk meredakan rematik dan beberapa penyakit lainnya yang berkaitan dengan tulang, sendi, dan otot. Para lansia sangat dianjurkan untuk mulai secara rutin mengkonsumsi singkong dalam setiap harinya agar dapat terhindar dari penyakit rematik.

5. Mempermudah diet yang dilakukan

manfaat tape singkong untuk kesehatan
freepik

Singkong juga merupakan asupan makanan yang dapat mempermudah diet yang sedang Sedulur lakukan. Hal tersebut dikarenakan singkong merupakan karbohidrat yang menggandung serat tinggi. Bukan hanya itu, singkong juga dapat membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan meningkat. Hal ini sangat baik untuk mempermudah program diet yang dijalankan.

Sambil menerapkan pola diet, dengan manjaga makanan yang dikonsumsi dan melakukan olahraga yang rutin. Sedulur bisa sambil mengkonsumsi singkong sebagai camilannya. Karbohidrat dapat cukup membuat Sedulur kenyang dalam waktu lama, serta kandungan seratnya akan membuat sistem penceranaan Sedulur lancar.

Salah satu variasi camilan singkong yang bisa Sedulur konsumsi adalah tape singkong. Manfaat tape singkong dapat membuat diet yang Sedulur lakukan lebih mudah.

BACA JUGA: 6 Manfaat Daun Sungkai, Diyakini Dapat Mengobati Covid?

6. Menguatkan tulang

manfaat daun singkong
pexels

Tulang Sedulur juga bisa lebih kuat dengan manfaat singkong rebus. Bukan hanya mengobati rematik, khasiat singkong selanjutnya adalah dapat menguatkan tulang. Hal ini semakin memperkuat keyakinan bahwa para lansia disarankan untuk mengkonsumsi singkong sebagai pengganti nasi.

Terlebih lagi mengonsumsi nasi secara berlebihan juga akan dapat memberikan dampak yang buruk. Hal tersebut bisa Sedulur selangi dengan mengkonsumsi singkong agar seimbang. Kandungan magnesium, kalsium, fosfor dan kalium yang terdapat dalam singkong dapat membuat tulang lebih sehat setiap harinya.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat tape singkong
freepik

Terdapat juga manfaat tape singkong untuk kesehatan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain tape singkong, kamu juga bisa merebus singkong, jika ingin lebih sehat lagi. Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat jika Sedulur mengkonsumsi vitamin C secara rutin, sistem kekebalan tubuh bisa meningkat dengan cepat.

Bukan hanya umbi singkong, Sedulur bisa mengkonsumsi daun singkong rebus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun singkong mengandung saponin dan flavonoid, kedua kandungan tersebut mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Daun singkong bisa Sedulur olah sebagai lalapan dan dikonsumsi saat makan. Untuk asupan vitamin C lebih banyak, Sedulur bisa menyantapnya dengan menambahkan sambal dengan cabai rawit dan tomat yang mengadung vitamin C sangat tinggi.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Ramuan Penghancur Batu Ginjal

8. Melembutkan kulit

manfaat singkong rebus
pexels

Sedulur juga bisa menggunakan manfaat singkong mentah untuk melembutkan kulit. Cara mengolahnya, Sedulur bisa membuat singkong mentah dan dijadikan masker kulit. Sedulur bisa membuat kulit singkong untuk dijadikan sebagai masker kulit. Kulit singkong memiliki lapisan tebar dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melembutkan dan mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah, untuk mendapatkan manfaat singkong satu ini Sedulur tingga membersihkan kulit singkong dan menghaluskannya dan menjadikannya sebagai scrub untuk wajah Sedulur. Sedulur bisa mengoleskan singkong ke bagian kulit, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

9. Meningkatkan kesehatan mata

manfaat tape singkong untuk kesehatan mata
pexels

Terdapat juga manfaat singkong untuk kesehatan mata. Singkong mengandung vitamin A yang sangat tinggi ditambah kandungan senyawa betakaroten yang terdapat dalam singkong dapat membuat mata lebih sehat. Sedulur bisa mengkonsumsi singkong sebagai camilan menyehatkan. Atau mengkonsumsi singkong sebagai pengganti nasi.

Vitamin A dan senyawa betakaroten memiliki peran tinggi dan aktif untuk menjaga kesehatan mata. Sedulur yang mengkonsumsi singkong secara teratur akan memiliki mata yang lebih sehat dibanding Sedulur yang tidak mengkonsumsi singkong. Masalah mata seperti penglihatan yang buram akan dapat dicegah dengan mengkonsumsi singkong secara teratur.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Daun Suji yang Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

10. Menyehatkan rambut

manfaat singkong mentah
pexels

Rambut merupakan bagian tubuh luar yang akan mempengaruhi penampilan. Rambut yang kusam dan terlihat tidak sehat seringkali membuat kita tidak percaya diri. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh rambut yang kekurangan nutrisi. Salah satu nutrisi yang bisa membuat rambut sehat adalah singkong.

Singkong bisa memberikan nutrisi bagi rambut agar rambut dapat lebih sehat dan terlindungi. Dan Kamu akan terhindar dari rasa tidak percaya diri akibat rambut yang kusam. Selain dapat membuat rambut lebih sehat, nutrisi tersebut juga dapat membuat rambut lebih cepat tumbuh. Sedulur juga bisa menggunakan daun singkong sebagai masker untuk rambut, lho!

11. Mengatasi cacingan pada anak

manfaat singkong untuk lambung
alodokter

Seringkali anak-anak kesulitan makan bisa disebabkan karena kurangnya nafsu makan. Salah satu penyebab setiap anak-anak tidak memiliki nafsu makan bisa jadi disebabkan oleh cacingan. Lebih bahaya lagi jika anak menderita cacingan, setiap nutrisi dari makanan akan disantap oleh cacing dalam perut.

Salah satu manfaat singkong yaitu dapat mengatasi cacingan pada anak. Umbi singkong dapat menghilangkan cacing pada usus dan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Sedulur bisa memberikan rebusan singkong dan minta anak Sedulur untuk menyantapnya setiap hari. Cacingan pada anak pun akan hilang dengan sendirinya.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

12. Meredakan demam

Meredakan demam
freepik

Manfaat lainnya yang baik untuk tubuh adalah untuk meredakan demam. Beberapa manfaat di atas didapatkan dari menyantap umbi atau daun singkong. Untuk meredakan demam, Sedulur hanya perlu menggunakan air sisa rebusan singkong.

Air sisa rebusan singkong dapat secara ampung untuk meredakan demam. Hal ini sudah dilakukan sejak dari zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Kamu bisa merebus singkong untuk dikonsumsi dan menyisihkan airnya sebagai bahan kompres untuk meredakan demam. Kamu juga bisa merebus daun singkong dan menggunakan air rebusannya sebagai bahan kompres. Baik daging atau daun, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat secara efektif meredakan demam pada tubuh.

13. Mempercepat penyembuhan luka

manfaat singkong untuk luka
pexels

Manfaat selanjutnya adalah untuk luka. Untuk bisa mendapatkan kebaikan ini, Sedulur bisa menggunakan daunnya ketimbang umbinya. Daun singkong juga merupakan alat P3K alami, hal tersebut disebabkan oleh getah daun singkong yang bisa mempercepat penyembuhan luka.

Caranya sangat mudah. Tinggal ambil daun singkong, hancurkan dan remas-remas hingga mengeluarkan getah dan cairan. Tempelkan daun singkong tersebut di atas luka. Daun singkong tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya untuk Bisnis

14. Melancarkan sistem pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan
freepik

Singkong juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Terdapat manfaat singkong untuk lambung yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Kandungan dari singkong dapat menumbuhkan mikrobiota baik dalam usus yang akan menjaga usus selalu sehat. Usus yang sehat merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Bagi Sedulur yang ingin menyembuhkan gangguan pencernaan bisa mulai rutin memakan singkong. Selain itu, singkong juga dapat mencegah berbagai penyakit yang akan mengganggu sistem pencernaan. Sedulur bisa mulai secara rutin mengonsumsinya sebagai pengganti nasi atau sebagai camilan sore hari. Disarankan, cara mengolah yang baik adalah dengan direbus.

15. Menambah energi tubuh

karbohidrat
pexels

Manfaat singkong lainnya yaitu dapat menambah energi tubuh. Bagi Sedulur yang bermasalah dengan stamina tubuh bisa mengkonsumsi singkong dengan rutin untuk mendapatkan stamina tubuh setiap harinya. Hal tersebut disebabkan karena singkong mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

Karbohidrat dapat secara efektif meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Stamina tubuh akan meningkat dengan cepat jika Sedulur memiliki asupan energi yang cukup di dalam tubuh. Jika memiliki asupan energi yang cukup, otak juga bisa berfungsi lebih baik lagi.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

16. Mengurangi risiko diabetes

Mengurangi risiko diabetes
freepik

Manfaat singkong yang terakhir adalah dapat meredakan diabetes. Meskipun faktor genetis berperan besar untuk mengidap diabetes. Namun hal ini bukan berarti yang tidak memiliki gen diabetes akan otomatis terhindar dari penyakit berbahaya. Sedulur harus tetap menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari risiko diabetes.

Dengan mengonsumsi singkong, Sedulur bisa terhindar dari risiko terkena diabetes. Bagi yang mengidap diabetes, bisa secara rutin memakannya karena singkong dapat secara efektif mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Terlebih lagi sumber karbohidrat juga mengandung singi serat yang dapat menyalurkan makanan lebih seimbang.

Sekian daftar manfaat singkong yang bisa didapatkan. Konsumsi singkong setiap hari memang disarankan namun jangan berlebihan. Selain singkong, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan berkualitas yang tinggi gizi. Setiap harinya, Sedulur harus memasok lebih banyak makanan sehat dan bergizi. Agar lebih mudah memasoknya, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super.

Aplikasi Super siap memberikan pelayanan maksimal yang akan memudahkan Sedulur. Terlebih setiap bahan makanan yang tersedia sangat lengkap dengan harga murah. Tunggu apalagi, Sedulur bisa langsung menggunakan Aplikasi Super dengan terlebih dahulu download aplikasinya. Yuk, langsung saja order sekarang juga.