Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Selain gurih dan lezat, tanaman polong-polongan ini juga memiliki kandungan gizi yang banyak. Diantaranya adalah kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, dan vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan.

Pengolahannya juga beragam, mulai dari direbus, digoreng, disangrai, sampai dijadikan selai. Ada pula yang mengolahnya menjadi bumbu atau sambal sebuah hidangan, seperti sambal pecel. Pastinya, Sedulur pernah mengonsumsinya, kan? Jika jawabannya iya, apakah Sedulur tahu manfaat kacang tanah itu? Berikut adalah ulasannya.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

1. Membantu menurunkan berat badan

manfaat kacang tanah
unsplash

Khasiat yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan supaya mencapai tubuh yang ideal. Walaupun memiliki kalori dan lemak yang cukup padat, ternyata makanan ini tidak menambah berat badan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Research yang menyebutkan bahwa dengan mengonsumsinya, maka justru bisa membantu menjaga berat badan. Selain itu, bisa juga untuk mengurangi risiko obesitas atau kelebihan berat badan. 

-->

Ada berbagai olahan kacang tanah untuk diet yang bisa ditemukan, seperti disangrai atau dibuat selai. Camilan ini akan membuat Sedulur menjadi kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk makan secara berlebihan juga akan berkurang. Tak hanya itu saja, adanya protein dan lemak yang menyehatkan bisa membuat pembakaran energi dalam tubuh menjadi meningkat.

2. Membantu mengontrol gula darah

manfaat kacang tanah
unsplash

Selain adanya manfaat kacang tanah untuk diet, ada juga khasiat yang lainnya yaitu membantu mengontrol gula darah. Camilan ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti, camilan ini tidak bisa membuat gula darah naik dengan cepat.

Serat yang ada di dalamnya juga berguna agar pergerakan makanan dalam saluran pencernaan melambat. Sedangkan, proteinnya berguna untuk mengambil energi lebih banyak agar bisa terurai. Keduanya akan membuat tubuh bisa melepaskan glukosa dan energi dengan stabil. 

3. Mencegah penyakit jantung

manfaat kacang tanah
unsplash

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah untuk mencegah dan menyehatkan jantung. Ada berbagai jenis penyakit yang bisa diderita apabila memiliki jantung yang tidak sehat. Misalnya adalah penyakit jantung bawaan, jantung koroner, aritmia, dan endokarditis. Biasanya, keempat jenis penyakit ini banyak dialami dan diderita masyarakat yang punya penyakit jantung.

Untuk mencegah keempat penyakit tersebut, maka cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat bisa didapatkan dengan rutin melakukan olahraga. Selain itu, pola makan juga harus bisa dijaga dan diatur dengan baik. 

Camilan yang satu ini dipercaya mampu mencegah timbulnya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam oleat didalamnya. Asam oleat diyakini baik untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Untuk pengolahannya, usahakan jangan direbus. 

BACA JUGA: 20 Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh & Kecantikan Kulit

4. Mencegah risiko stroke

manfaat kacang tanah
unsplash

Manfaat kacang tanah goreng bisa didapatkan salah satunya untuk mencegah risiko penyakit stroke. Hal ini dikarenakan adanya kandungan resveratrol dan antioksidan di dalamnya. Keduanya dipercaya bisa meningkatkan produksi dari oksida nitrat.

Oksida nitrat merupakan sebuah senyawa dalam tubuh yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah serta merangsang hormon tertentu agar bisa lepas. Selain itu, oksida nitrat juga dipercaya bisa mencegah risiko penyakit stroke. 

Tak hanya itu saja, masih banyak kandungan baik lainnya dalam makanan tersebut yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Contohnya adalah zat besi, magnesium, tembaga, kalium, mangan, kalsium, selenium, seng, dan beberapa mineral yang lainnya. 

5. Mencegah batu empedu

manfaat kacang tanah
lifepack

Berikutnya adalah untuk mencegah adanya penyakit batu empedu. Batu empedu juga dikenal dengan sebutan cholelithiasis. Penyakit ini bisa membuat rasa sakit pada perut yang dialami secara mendadak. Hal tersebut dikarenakan adanya pembentukan batu yang terletak di dalam kandung empedu.

Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi pada saluran empedu. Gejala dari batu empedu yang bisa dilihat adalah nyeri yang dialami secara mendadak pada bagian tengah perut atau bagian kanan atas. Kemudian, timbul pula beberapa gejala lain seperti hilangnya nafsu makan, mual, muntah, urin berwarna gelap, bahkan diare.

Manfaat kacang tanah bisa digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit batu empedu. Konsumsi makanan ini secara rutin dan utuh, atau bisa juga dalam bentuk olahan seperti selai. Keduanya tetap bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan tentunya bisa mengurangi risiko penyakit batu empedu di dalam tubuh. Kandungannya pun dipercaya bisa mencegah berbagai macam infeksi yang terdapat di hati dan kantung empedu sampai 50 persen.

6. Menurunkan kadar kolesterol

manfaat kacang tanah
kompas

Kolesterol bisa menurun kadarnya karena adanya kandungan lemak tak jenuh pada makanan ini. Jumlah low-density lipoprotein (LDL) akan turun, yaitu kolesterol jahat bisa membentuk plak pada pembuluh darah. Kolesterol itulah yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Sebab, akan timbul beberapa efek samping kacang tanah seperti alergi. Kolesterol bisa menurun kadarnya apabila mengonsumsinya secara teratur dan dengan takaran yang pas. Adanya kandungan lemak pada makanan ini juga bisa memelihara sel tubuh serta memberikan asupan tubuh berupa vitamin E. 

Seperti yang telah diketahui, vitamin E adalah salah satu antioksidan yang bisa melindungi berbagai jaringan tubuh. Selain itu, vitamin E juga bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

BACA JUGA: 7 Manfaat Cocoa Butter, Bagus Untuk Kesehatan Kulit & Tubuh

7. Mencegah anemia

manfaat kacang tanah
unsplash

Terdapat berbagai fungsi penting dari asam folat yang juga disebut sebagai vitamin B9, terutama untuk wanita yang sedang mengandung. Salah satu khasiat dari asam folat adalah bisa memproduksi sel darah merah, sehingga, anemia bisa dicegah dengan mudah.

Selain mencegah anemia, manfaat kacang tanah untuk ibu hamil lainnya adalah bisa mencegah bibir sumbing pada bayi, mencegah cacat tabung saraf pada janin, serta mengurangi risiko bayi lahir prematur. 

8. Meningkatkan memori otak

unsplash

Memori dalam otak bisa ditingkatkan dengan mudah melalui kacang tanah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan niacin dan resveratrol yang ada di dalamnya. Keduanya dipercaya bisa membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah yang akan mengarah dan menuju ke otak.

Ingatan akan menjadi semakin kuat karena peredaran darah lancar. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tidur juga akan menjadi lelap dan tidak mengalami gangguan.

9. Menjaga kesehatan jantung

unsplash

Manfaat kacang tanah rebus yang bisa didapatkan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lemak tak jenuh yang tinggi apabila dibandingkan dengan lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak yang menyehatkan, karena bisa menurunkan kolesterol dengan baik. Sehingga, bisa mencegah dan menjaga kesehatan jantung.

Memelihara kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B3, tembaga, dan magnesium. Semua kandungan itu tentunya terdapat pada makanan ini. Adanya kandungan lain berupa mineral, lemak, dan vitamin juga bisa membuat jantung terjaga kesehatan dan kekuatannya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan Wanita & Pria

10. Mengatasi masalah kulit

unsplash

Mengatasi masalah kulit merupakan salah satu manfaat kacang tanah oven. Jadi, khasiatnya tidak hanya bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh, tapi juga dalam hal kecantikan wajah. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya bisa membantu mengatasi noda hitam yang ada di dalam kulit wajah. Tak hanya vitamin E saja, ada pula kandungan vitamin B dan riboflavin.

Kulit akan menjadi lebih bersinar dan cerah dengan adanya kedua kandungan itu. Apabila noda hitam teratasi, maka wajah akan menjadi semakin kinclong. Terdapat pula kandungan molekul antiviral resveratrol yang cukup tinggi untuk kesehatan kulit.

11. Mengurangi depresi

unsplash

Berikutnya, manfaat kacang tanah goreng ataupun rebus adalah untuk mengurangi depresi. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. Diantaranya adalah faktor genetik, faktor perubahan lingkungan, dan gangguan neurologis yang disebabkan karena adanya bahan kimia yang terpapar dalam otak. 

Kemunculan depresi juga dipengaruhi oleh produksi serotonin atau hormon pemberi rasa nyaman dan senang. Pada makanan ini, terdapat dua kandungan yang utama yaitu asam amino dan triptofan. Keduanya dipercaya mampu membentuk hormon serotonin. Jika serotonin bisa terbentuk, maka suasana hati akan menjadi positif.

12. Mencegah keriput

kompas

Manfaat kacang tanah yang bisa didapatkan selanjutnya adalah dalam hal kecantikan, yaitu mencegah keriput. Adanya berbagai kandungan senyawa penting bisa digunakan untuk melawan terjadinya penuaan, diantaranya adalah antiviral resveratrol. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin E yang bisa membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit.

Tak hanya itu saja, adanya kandungan vitamin B dan riboflavin juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersinar. Produksi dari radikal bebas juga bisa dikurangi oleh senyawa ini, sehingga, pertumbuhan dan perkembangan tumor dan kanker kulit bisa dihambat.

BACA JUGA: 7 Manfaat Cabe Puyang untuk Kesehatan & Cara Membuatnya

13. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

unsplash

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa diet Mediterania bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi. Diet ini juga diklaim menjadi diet paling sehat di seluruh dunia dan memiliki kaitan erat dengan fungsi endotel. Endotel pada dinding pembuluh darah bisa membantu menyeimbangkan kontraksi dan pelebarannya.

Kaitannya dengan manfaat kacang tanah adalah diet Mediterania memiliki pola konsumsi harian yang terdapat kacang-kacangan di dalamnya. Dengan demikian, aliran darah dapat menjadi semakin lancar serta bisa meminimalkan risiko dari disfungsi ereksi.

14. Meningkatkan jumlah sperma

unsplash

Manfaat kacang tanah untuk pria selanjutnya adalah untuk meningkatkan jumlah sperma. Seperti yang dikutip dari The Independent bahwa makanan yang kaya akan kacang-kacangan bisa menghasilkan kualitas dan jumlah sperma yang lebih tinggi.

Seorang penulis dari Human Nutrition Unit of the Rovira i Virgili University bernama Albert Salas menyatakan bahwa penelitian itu dibuat sebagai tanggapan akan penurunan kualitas dan kuantitas sperma karena pengaruh radikal bebas.

Studi itu melibatkan pria sebanyak 119 yang memiliki kategori sehat dan subur dan rentang usianya adalah 18 hingga 35 tahun. Setelah diteliti, mereka menemukan bahwa para pria yang rutin mengonsumsi makanan tersebut bisa mengalami peningkatan kualitas dan jumlah sperma sebanyak 16 persen.

15. Meningkatkan libido atau gairah seks

unsplash

Terakhir, manfaat kacang tanah yang bisa diperoleh adalah untuk meningkatkan libido atau gairah seks. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sumber alami bernama L-arginine. Asam amino ini dipercaya bisa membantu meningkatkan fungsi seksual dan bisa menjaga pembuluh darah agar tetap lancar pada pria. 

Demikian informasi mengenai manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh, kulit, serta vitalitas wanita dan pria. Walaupun memiliki banyak kandungan nutrisi, jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan bisa mengakibatkan beberapa dampak negatif, seperti reaksi alergi, Keracunan aflatoksin dari jamur Aspergillus flavus, serta terhambatnya proses penyerapan zinc dan zat besi. Maka dari itu, selalu konsumsi dengan takaran yang pas, ya. Semoga membantu!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.