Jangan menganggap bahwa tanaman cabe puyang adalah jenis untuk bumbu masakan. Sebab, cabe jenis ini adalah cabe yang kerap dijadikan olahan ramuan jamu tradisional. Sehingga bukan cabe yang kerap dijadikan tambahan bumbu penyedap masakan. Sebab selama ini kita tahu bahwa cabe hanyalah bumbu penyedap masakan. Perlu kamu tahu bahwa cabe puyang berbeda dengan cabe pada umumnya.

Cabe puyang adalah jenis jamu tradisional yang dibuat dari campuran dua bahan utama, yaitu tanaman cabe dan lempuyang. Sehingga akhirnya dinamakan cabe puyang. Hanya saja dalam membuat ramuan cabai ini tidak sembarangan menggunakan cabai. Sebab, hanya cabai jenis Jawa yang bisa dipakai dalam membuat ramuan jamu. Masih penasaran dengan asal-usul cabai ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sejarah cabe puyang

Tidak ada penjelasan pasti kapan munculnya cabai jenis ini. Tapi konon katanya keberadaan cabai ini sudah ada sejak zaman kerajaan di Jawa sedang berkembang. Bila memang telah ada sejak zaman kerajaan, bisa dipastikan cabe ini mempunyai umur yang sangat tua. Sementara itu, seperti penjelasan di atas bahwa cabe ini adalah perpaduan antara cabai Jawa dan tanaman lempuyang. Hanya saja cabe Jawa yang dipakai tidak terlalu pedas, namun tetap menggigit. Meski tidak pedas, cabai Jawa mempunyai keunggulan dalam hal aromanya sangat tajam dan aromatis.

Sehingga kita bisa membedakan mana jenis cabai Jawa dan mana jenis cabai yang umum. Bila kamu masih bingung dengan perbedaan cabai Jawa dan bukan, bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Dari segi tampilan, cabe Jawa berbeda dengan cabai pada umumnya. Tanaman ini sebenarnya  berbentuk lonjong panjang dengan bagian kulit luar agak berbintik. Jadi bisa dibilang mirip buah strawberry.

Cabai Jawa awalnya hanya dipakai untuk keperluan bumbu rempah memasak. Namun lambat laun, masyarakat Jawa pada masa itu mulai mengolah cabai Jawa menjadi ramuan herbal. Sehingga  dinamakan ramuan jamu cabe Jawa. Karena setelah dicoba ternyata khasiatnya cukup bagus untuk tubuh. Sehingga sampai detik ini dibuatlah ramuan jamu cabe puyang. Yaitu campuran cabe Jawa dengan tanaman lempuyang. Maka hasilnya pun dinamakan cabe puyang.

Nah, setelah mengetahui sejarah atau asal usul cabe puyang, maka berikutnya adalah manfaat ramuan jamu ini untuk kesehatan tubuh. Untuk itu yuk simak baik-baik ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Resep Ayam Cabe Hijau ala Padang, Pedasnya Nikmat!

1. Menurunkan demam

cabe puyang
alodokter

Manfaat jamu cabe puyang yang pertama adalah menurunkan demam. Sakit demam bisa dialami siapa saja. Tua, muda, orang dewasa dan anak-anak bisa mengalami masalah sakit demam. Sakit demam bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun penyebab paling utama munculnya sakit ini adalah cuaca yang sering tidak menentu. Seperti hujan tiba-tiba lalu berubah menjadi panas dan seterusnya. Nah bila mengalami masalah seperti ini, maka solusi yang paling baik adalah menempelkan kompres. Namun bila melakukan kompres kurang ampuh, maka bisa mencoba ramuan jamu cabe puyang.

Diketahui cabe ini punya sifat antipiretik yang fungsinya untuk menurunkan demam atau suhu panas yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu, ramuan jamu cabe puyang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit kepala yang mengganggu. Di mana masalah ini muncul karena efek flu atau demam.

2. Melancarkan peredaran darah

cabe puyang
tribun

Selain mampu meredakan demam, diketahui cabe puyang manfaatnya dapat melancarkan jalur peredaran darah di dalam tubuh. Ya peredaran darah yang kurang lancar dapat menyebabkan penyakit serius. Seperti stroke, hipertensi, kanker dan yang paling parah adalah penyakit jantung. Nah, bila masalah peredaran darah ke tubuh tak berjalan lancar, maka bisa mengambil khasiat cabe puyang.

Cobalah untuk mengonsumsi ramuan jamu cabe puyang secara rutin. Agar tubuh dapat terhindar pula dari masalah serius seperti anemia. Maka dari itu sebelum penyakit menjadi parah, maka rutinlah mengonsumsi ramuan herbal ini.

BACA JUGA: Fakta Ular Cabe Merah, Si Pembunuh Kecil yang Berbahaya

3. Meredakan pegel linu

cabe puyang
tribunnews

Selanjutnya manfaat cabe puyang untuk pria adalah dapat meredakan masalah pegal linu. Pegal linu, encok dan sebagainya adalah aktivitas yang kerap dialami banyak orang khususnya kaum pria. Penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa karena membawa beban berat ataupun setelah melakukan aktivitas melelahkan. Untuk itu supaya dapat segera meredakan masalah pegal linu, bisa dengan melakukan pijatan sederhana.

Namun bila melakukan pijatan kurang merasa nyaman, maka bisa memakai cara mengonsumsi ramuan cabe puyang. Dengan mengonsumsi ramuan ini, maka pegal dan kebugaran tubuh dapat kembali terjaga dengan baik. Biasanya orang akan meminum ramuan ini saat waktu pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian.

4. Menambah nafsu makan

cabe puyang
idntimes

Masalah nafsu makan yang kurang bila tak cepat diatasi bisa menimbulkan penyakit serius. Seperti asam lambung, maag dan sebagainya. Untuk itu bila kamu merasakan nafsu makan berkurang maka segeralah mengonsumsi ramuan jamu cabe puyang. Cobalah mengonsumsi rutin selama beberapa hari maka rasakan khasiatnya. Cabe puyang pada dasarnya bisa membantu kinerja pada sistem pencernaan lebih baik.

Sehingga saat kita mengonsumsinya, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah dan diserap vitaminnya secara baik oleh tubuh. Maka dari itu, saat mengalami masalah kurangnya nafsu makan maka bisa mengonsumsi ramuan herbal ini.

BACA JUGA :Cara Menanam Cabe dari Biji di Rumah dengan Pot & Polybag

5. Menjaga kesehatan kulit tubuh

cabe puyang
klikdokter

Selanjutnya saat kamu ingin menjaga kesehatan kulit dan enggan memakai bahan kimia, maka bisa menggunakan cara tradisional yaitu ramuan jamu cabe puyang. Diketahui, tanaman ini mempunyai khasiat dalam menjaga kesehatan kulit tubuh. Sehingga kulit tetap halus, bebas dari keriput dan mencegah penuaan dini. Perlu kamu tahu, bahwa di dalam cabe ini terdapat kandungan yang menutrisi kulit tubuh dari dalam.

Tidak hanya itu, dalam jamu ini terdapat kandungan yang bisa melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama terjadinya penuaan dini. Sehingga tak heran, bila jamu ini sangat layak dinikmati oleh mereka kaum perempuan dalam menjaga kesehatan kulit.

6. Meredakan nyeri gigi

cabe puyang
sehatq

Selanjutnya manfaat jamu cabe puyang adalah mampu mengatasi persoalan nyeri gigi. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Saat mengalami masalah nyeri gigi, maka cukup berkumur menggunakan jamu ini. Bila rutin melakukan kumur dengan jamu ini maka niscaya masalah nyeri gigi dapat segera reda.

Masalah nyeri di gigi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti akibat gigi berlubang, gusi yang membengkak, ataupun hal lain sebagainya. Sehingga ketika mengalami masalah nyeri gigi, maka biasakanlah berkumur menggunakan ramuan jamu cabe ini.

7. Meningkatkan stamina dan vitalitas

cabe puyang
liputan6

Manfaat cabe puyang yang terakhir adalah dapat meningkatkan stamina dan vitalitas para pria. Hal itu karena jamu cabe ini mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini, maka kamu perlu rutin mengonsumsi jamu ini setiap harinya. Sehingga stamina dapat terjaga dengan baik. Meski cuaca sedang tidak menentu seperti panas lalu hujan.

Sampai saat ini belum ada laporan tentang efek samping cabe puyang yang kerap dirasakan oleh penikmatnya. Namun bila terjadi efek samping yang tidak diinginkan, maka wajib menghentikan konsumsi  ramuan jamu cabe ini sesegera mungkin. Atau jika kondisinya mulai parah dapat berkonsultasi dengan dokter terkait. Nah, selanjutnya mengenai harga cabe puyang di pasaran.

Kita tahu cabe tradisional Jawa ini punya beragam manfaat dan khasiat. Sehingga bila kamu akan membelinya maka siapkan budget yang sesuai. Dikutip dari laman biggo.id, harga cabe puyang untuk satu kilogramnya bisa dibanderol dengan harga Rp105.000 hingga Rp120.000. Meski sedikit mahal, namun khasiat yang diberikan akan sebanding dengan harga yang ditunjukkan.  

Setelah memahami bagaimana asal usul cabe ini dan manfaat yang diberikan, maka selanjutnya cara mengolahnya menjadi minuman. Untuk itu simak ulasan lengkap di bawah ini.

Resep membuat ramuan cabe puyang di rumah

Bahan-bahan

  • Air hangat 1 ½ liter
  • Cabe Jawa kering 100 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Lempuyang basah 500 gram
  • Temulawak 50 gram

Cara membuatnya

  1. Cuci bersih semua bahan-bahan di atas kecuali garam dan air hangat.
  2. Tumbuk sampai halus dan menggunakan ulekan atau bisa memakai alat blender.
  3. Masukkan garam dan pastikan bahwa semua bahan tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan air hangat ke dalam tumbukan bahan-bahan tadi.
  5. Lalu saring airnya memakai saringan atau kain bersih.

Demikian ulasan  mengenai asal usul, sejarah, hingga manfaat cabe puyang. Semoga penjelasan ini menambah wawasan kita dan Sedulur mulai melirik ramuan herbal sebagai obat yang minim efek samping dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.