Manfaat kunyit asam

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan rempah-rempah, salah satunya adalah kunyit asam. Tanaman herbal ini merupakan perpaduan antara kunyit atau kunir dan asam jawa. Kedua tanaman herbal tersebut kemudian diracik menjadi satu menjadi jamu yang kaya akan manfaat.

Racikan obat tradisional ini telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, seperti maag, diabetes, bahkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Penasaran apa saja manfaat dari kunyit asam yang lainnya? Baca ulasannya disini, ya!

BACA JUGA: 11 Fakta dan Manfaat Kunyit Hitam untuk Kulit hingga Lambung

1. Tubuh terbebas dari racun

kunyit asam
unsplash

Manfaat kunyit asam yang pertama adalah membersihkan tubuh dari racun dan kotoran lainnya. Sehingga, tubuh menjadi bersih dan terbebas dari racun. Bisa dikatakan, minuman tradisional ini merupakan minuman detoksifikasi atau penetral racun yang manjur. 

-->

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, racun atau toksin merupakan sesuatu yang bisa berbahaya bagi tubuh. Biasanya, racun berasal dari polusi udara yang sudah tercemar oleh asap kendaraan. 

Ketika kita menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan toksin, maka racun yang ada di dalamnya bisa bersarang di dalam tubuh melalui makanan atau obat yang sudah dikonsumsi sebelumnya.

Apabila tidak kunjung dibersihkan, maka akan membuat tubuh terkena berbagai dampak buruk dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk menetralisir racun dari tubuh, salah satu cara yang bisa digunakan adalah mengonsumsi minuman tradisional ini. Sehingga, tubuh menjadi lebih sehat dan terbebas dari racun.

2. Meredakan nyeri saat menstruasi

kunyit asam
unsplash

Manfaat jamu kunyit asam selanjutnya adalah untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Manfaat yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat umum, sehingga banyak produk berupa minuman kemasan atau berbentuk serbuk yang diproduksi. Untuk Sedulur yang mengalami masalah ini, tak perlu lagi repot-repot untuk meraciknya sendiri.

Adanya kandungan kurkumin di dalam obat tradisional ini bisa membantu untuk mengurangi ion kalsium pada sel epitel rahim. Selain itu, kandungannya juga bisa mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang bisa menciptakan pembengkakan serta rasa sakit. 

Khasiatnya semakin diperkuat dengan adanya reaksi berupa saponin, tannin, alkaloid, sesquiterpenes, seeta pholobotamin pada asam jawa. Beberapa reaksi tersebut bisa meningkatkan sistem saraf otonom dan otak.

Jika rutin dikonsumsi, otak akan mengirimkan sebuah perintah ke tubuh agar rahim bisa berhenti atau berkurang kontraksinya. Maka dari itu, tidak sudah tidak diragukan lagi bahwa minuman tradisional ini bisa meredakan nyeri ketika seorang wanita mengalami menstruasi. 

3. Mengatasi keputihan

kunyit asam
dktindonesia

Manfaat kunyit asam untuk rahim selain meredakan nyeri ketika menstruasi adalah untuk mengatasi keputihan. Untuk kaum hawa, keputihan memang menjadi suatu masalah umum yang cukup mengganggu. Tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, keputihan juga bisa dialami oleh remaja yang telah mengalami haid.

Keputihan sangat mengganggu karena jika sudah parah bisa menyebabkan rasa gatal bahkan bau yang tidak sedap pada organ kewanitaan. Tak jarang, masalah yang satu ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasinya adalah dengan rutin mengonsumsi minuman tradisional ini. Adanya kandungan minyak atsiri serta mineral di dalamnya bisa dengan mudah membersihkan sisa darah haid pada saluran tuba falopi.

Tak sampai disitu saja, minuman herbal ini juga bisa secara efektif untuk mencegah keputihan. Apalagi, jika Sedulur bisa mengonsumsi minuman ini secara rutin setiap hari dengan takaran yang disarankan. Hasilnya, organ intim akan terbebas dari masalah keputihan yang mengganggu.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Untuk Obat Asam Urat Hingga Ginjal

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

kunyit asam
pexels

Daya tahan tubuh akan menjadi meningkat dan lebih baik daripada sebelumnya jika mengonsumsi minuman herbal ini secara rutin dan teratur. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan karena minuman kunyit asam memiliki kandungan zat antioksidan, antibakteri, dan anti peradangan yang bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain itu, ada pula kandungan vitamin C yang terdapat pada asam jawa yang bisa digunakan untuk pelindung utama tubuh dari berbagai macam virus, kuman, serta bakteri yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

6. Membantu menurunkan berat badan

kunyit asam
pexels

Menurut sebuah penelitian, asam jawa mempunyai suatu kandungan yang berfungsi dengan cukup baik untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, kandungan lainnya dari asam jawa juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Sehingga, pencernaan akan menjadi lebih optimal dan juga bisa menghambat produksi lemak di dalamnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa salah satu manfaat dari kunyit asam adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Ramuan tradisional ini sudah terbukti ampuh untuk menjaga dan menurunkan berat badan tanpa adanya efek samping apapun yang merugikan.

7. Mencegah penuaan dini

kunyit asam
kompas

Jika Sedulur sering beraktivitas di depan laptop atau beraktivitas di luar ruangan, maka besar kemungkinan Sedulur terpapar radikal bebas. Selain itu, radikal bebas juga bisa didapatkan jika Sedulur sering mengonsumsi makanan yang kurang bergizi.

Jika sudah seperti itu, maka kemungkinan yang bisa didapatkan atau efek sampingnya adalah risiko penuaan dini. Untuk mencegahnya, Sedulur bisa mengonsumsi kunyit asam yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sehingga, tanda-tanda penuaan dini bisa dilawan sekaligus mencegah hiperpigmentasi karena paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

8. Mengempiskan perut kembung

pexels

Mengempiskan perut yang kembung merupakan manfaat kunyit asam yang bisa diperoleh selanjutnya. Hal ini karena adanya kandungan kurkumin yang bisa membantu otot organ pencernaan supaya tetap bisa bergerak secara lancar dan normal. Sehingga, tekanan gas di dalam perut bisa berkurang dengan cepat. Selain itu, minuman herbal ini juga berfungsi untuk menghentikan produksi asam yang berlebihan pada lambung. Jika asam diproduksi secara berlebihan, maka akibatnya perut menjadi kembung.

9. Meningkatkan fungsi otak

kompas

Fungsi dari brain-derived neurotrophic factor (BDNF) bisa meningkat dengan baik karena adanya kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit asam. Sehingga, fungsi otak bisa meningkat dengan baik. Jika sudah begitu, maka berbagai penyakit seperti alzheimer dan depresi bisa terhindarkan dengan baik. Manfaat tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin. 

10. Mengatasi jerawat di wajah

pexels

Manfaat yang bisa diperoleh dari minuman tradisional ini berikutnya adalah untuk mengatasi jerawat pada wajah. Apalagi, jika jerawat yang timbul disebabkan karena hormonal ketika menjelang masa haid. Minuman herbal ini diklaim bisa mengatasinya karena mengandung vitamin C dan vitamin A.

Namun, hindari mengonsumsi jamu herbal ini untuk ibu hamil, ya. Hal ini dikarenakan efek samping jamu kunyit asam untuk ibu hamil adalah dapat menyebabkan perdarahan dan menghambat penggumpalan trombosit. Sehingga, untuk ibu hamil yang sedang mengalami jerawat di wajah, bisa menggunakan opsi lain yang lebih aman.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Kunyit yang Ajaib Untuk Kesehatan & Pengobatan

11. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker

lifepack

Selain wanita, ada pula manfaat kunyit asam untuk pria yang bisa didapatkan, yaitu mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker prostat. Khasiat bisa didapatkan dari kandungan kurkumin yang bisa mencegah penyakit kanker.

Selain itu, kurkumin juga memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti peradangan. Sehingga, bisa mencegah risiko sel kanker bermutasi di dalam tubuh. Di Inggris, ada sekitar 1 dari 8 pria yang didiagnosis kanker prostat. Maka dari itu, kanker prostat merupakan salah satu ancaman kesehatan yang mengancam hidup pria, terutama untuk umur 50 tahun keatas.

12. Meredakan peradangan

pexels

Salah satu cara untuk meredakan dan menyembuhkan radang adalah dengan meminum jamu kunyit asem. Adanya zat aktif kurkumin terbukti mengandung efek anti radang yang paten. Kurkumin diyakini bisa memblokir kerja dari enzim penyebab inflamasi dan sitokin di dalam tubuh. Sehingga, radang bisa diredakan dan disembuhkan.

13. Mengobati penyakit maag yang kambuh

pexels

Berikutnya adalah manfaat kunyit untuk asam lambung dan penyakit maag. Untuk meredakan nyerinya, Sedulur bisa merebus kombinasi obat herbal ini dengan takaran satu cangkir. Setelah rutin meminumnya maka luka di dalam lambung akibat maag dapat terobati.

BACA JUGA: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

14. Mengurangi bau badan

tribun

Selain bisa menjaga dan mengobati berbagai macam penyakit dari dalam tubuh, kunyit asam juga bisa digunakan untuk mengurangi bau badan. Bau badan merupakan salah satu masalah yang hampir dimiliki oleh semua orang yang bisa mengganggu penampilan. Dengan rutin meminum minuman tradisional ini, maka bau badan akan hilang secara bertahap.

15. Menurunkan kadar gula darah

pexels

Jamu kunyit asam memang memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan kadar gula darah yang bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Penyebabnya adalah kandungan kurkumin yang bisa membantu mengelola kadar glukosa yang tinggi di dalam darah. 

Demikian berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari kunyit asam yang harus Sedulur coba. Perlu diketahui, manfaatnya bisa Sedulur dapatkan secara maksimal jika bisa mengonsumsinya secara rutin dan teratur, ya. Selain rutin minum jamu tradisional ini, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengatur pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga. Semoga selalu sehat! 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.