Cocoa Butter

Tanaman cokelat atau cocoa ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Tak hanya bisa dioalah menjadi berbagai cemilan lezat, cocoa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bagian tanaman cokelat yang juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit adalah cocoa butter

Dilansir dari SehatQ, cocoa butter adalah lemak yang berasal dari biji kakao. Cara untuk mendapatkan butter kakao ini adalah dengan menggiling biji kakao dan dipanaskan untuk memisahkan lemak dari padatan kakao. Butter kakao biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat kue. Namun karena kandungan yang baik untuk kulit, lemak kakao bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kira-kira apa saja sih manfaatnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan Wanita & Pria

1. Kandungan cocoa butter

cocoa butter
Unsplash

Seperti dijelaskan di atas, cocoa butter didapatkan dari hasil penggilingan, pengepresan, dan pemanasan untuk memisahkan lemak dari padatan biji kakao. Dilansir dari Hello Sehat, kandungan lemak kakao adalah minyak yang cukup tinggi yang didominasi oleh lemak jenuh, sama halnya dengan minyak kelapa.

-->

Jumlah minyak jenuh di dalam cocoa butter yaitu sekitar 57 hingga 64% dari total kandungan lemak. Adapun kandungan lemak dari cocoa butter ini yang memberikan manfaat bagi tubuh antara lain asam stearat, palmitat, miristat, arakidik, dan laurat.

2. Menjaga kelembapan kulit

Cocoa butter
India

Seperti halnya sudah dijelaskan di atas, kandungan minyak jenuh dalam cocoa butter cukup tinggi. Sehingga salah satu manfaat yang bisa diberikan untuk kulit adalah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sehingga buat Sedulur yang memiliki tipe kulit kering, kandungan lemak kokoa ini bisa membantu memperbaiki kondisi kulit yang kering dan gampang mengelupas. Bahkan orang-orang dengan kondisi kulit yang kering cukup parah seperti penderita eksim dan psoriasis, bisa menggunakan lemak kokoa sebagai salah satu alternatif skincare.

BACA JUGA: Manfaat Nasi Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengatasi bibir pecah-pecah

Decoratorist

Kemampuan melembapkan yang dimiliki lemak kokoa ternyata tak hanya untuk menyehatkan kulit wajah, tetapi juga bisa mengatasi permasalahan bibir pecah-pecah. Sedulur yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, bisa menggunakan pelembab bibir yang mengandung lemak kokoa.

Sebab cocoa butter bersifat emolien, yakni mampu menambah hidrasi pada permukaan bibir sehingga mampu permukaan bibir tetap terjaga kelembapannya. Sedulur bisa menggunakan pelembap bibir dengan kandungan lemak kokoa secara rutin agar bibir tetap lembap dan tidak pecah-pecah.

4. Anti aging

cocoa butter
Unsplash

Sedulur yang sudah masuk usia 30 tahunan, mungkin sudah mulai beralih ke skincare yang memiliki kandungan anti aging. Sebab di usia-usia ini, kondisi kulit memang sudah mulai menurun dan butuh perhatian lebih banyak.  Sehingga butuh skincare yang mampu mengatasi kulit kering dan meningkatkan elastisitas kulit.

Cocoa butter ternyata memiliki kandungan yang bisa menjaga kesehatan kulit agar bisa menunda penuaan kulit, yakni polifenol. Dilansir dari Hello Sehat, polifenol adalah jenis antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Beberapa jurnal menyebutkan bahwa polifenol memiliki manfaat antara lain meningkatkan elastisitas kulit, menghasilkan kolagen, dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Mugwort untuk Kesehatan Kulit Wajah

5. Meredakan ruam dan luka bakar

Orglamix

Jika mendapatkan luka bakar, hal pertama yang pasti dilakukan oleh Sedulur adalah mengompresnya dengan air dingin atau es batu. Lalu dilanjut dengan mengoleskan krim-krim yang memang dijadikan obat untuk luka bakar.

Namun jika Sedulur ingin mencoba pengobatan yang natural, bisa menggunakan butter kokoa untuk meredakan luka pada kulit yang disebabkan karena luka bakar dan ruam. Agar lebih aman, pastikan produk cocoa butter yang Sedulur pakai bebas dari kandungan alkohol agar tidak malah menimbulkan luka baru.

6. Membantu menyamarkan stretch mark

Housewive tips

Stretch mark adalah masalah peregangan kulit yang biasanya disebabkan karena kegemukan atau muncul di masa-masa kehamilan. Permasalah kulit satu ini bagi beberapa orang bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu, namun sebagian orang lain membutuhkan perawatan khusus untuk menghilangkan stretch mark.

Cocoa butter dipercaya bisa membantu menyamarkan stretch mark, meskipun hal ini masih butuh penelitian yang lebih lanjut. Tapi setidaknya butter kokoa bisa menjadi alternatif aman yang bisa dicoba. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kemang Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

Dot & Key

Paparan sinar matahari secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama bisa membuat sel-sel kulit rusak dan membuat tekstur kulit berubah menjadi lebih kering. Itulah mengapa kita selalu disarankan mengoleskan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Selain sunscreen, ternyata cocoa butter juga bisa memiliki fungsi yang sama.

Dilansir dari Popmama, butter kokoa mengandung fitokimia yang mampu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari paparan sinar matahari.

Risiko bahaya cocoa butter

Di balik sejumlah manfaat yang ditawarkan lemak kakao ternyata juga memiliki beberapa efek samping yang harus Sedulur perhatikan. Dilansir dari Healthline, produk ini sebenarnya aman digunakan untuk perawatan kulit, bahkan untuk ibu hamil. Namun, penggunaan lemak kakao harus akan berbahaya bagi Sedulur yang memiliki alergi cokelat karena bisa menimbulkan ruam dan reaksi alergi lainnya.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2015 menyebutkan bahwa ada sebuah produk cocoa butter yang memiliki efek anti-estrogenik. Efek ini bisa memblokir efek hormon wanita dan estrogen dan bisa berdampak pada perkembangan remaja selama masa pubertas.

Ternyata manfaat cocoa butter cukup banyak untuk kesehatan kulit ya. Namun, pastikan Sedulur tidak memiliki alergi terhadap cokelat ya. Sehingga tidak akan menimbulkan dampak buruk yang tidak diinginkan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.