manfaat mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Ya, rasanya manis asam, membuat buah yang satu ini sering menjadi opsi buah untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, ada banyak manfaat mangga bagi siapa yang mengonsumsinya.

Mulai dari manfaat buah mangga untuk kesehatan, diet, hingga kecantikan. Sedulur juga bisa mengolah mangga menjadi berbagai hidangan yang sangat nikmat. Tidak perlu dijelaskan lagi, karena sudah pasti Sedulur tahu hidangan nikmat apa saja yang dibuat dari buah mangga.

Namun bukan tentang olahan buah mangga, pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat makan mangga yang bisa didapatkan. Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Buah Warna Hitam Manis yang Kaya Manfaat dan Populer

-->

1. Mengatasi sembelit

manfaat mangga
pexels

Sudah sejak lama mangga sering digunakan untuk meredakan dan mengobati sembelit. Hal ini karena buah tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan khasiat ini, Sedulur bisa rutin mengonsumsi mangga sampai sembelit benar-benar sembuh.

Tidak hanya untuk orang tua saja, namun anak-anak juga diperbolehkan mengobati sembelit dengan mangga. Akan tetapi, pastikan jangan terlalu banyak mengonsumsi mangga ya, karena bisa saja muncul beberapa efek samping.

2. Kesehatan hati

manfaat mangga
pexels

Menurut Journal Evid Based Complement Alternat Medicine, buah mangga muda memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati. Selain itu, buah ini juga akan membantu menurunkan resiko berbagai penyakit hati. Untuk itu, pastikan Sedulur mengonsumsi jus mangga muda secara rutin.

Selain itu, jus mangga muda dinilai mampu meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Manfaat jus mangga muda tersebut didapatkan dari kandungan asam yang ada di dalamnya. Kandungan asam tersebut juga akan membersihkan racun di dalam tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat mangga
pexels

Mangga ternyata juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Hal ini diutarakan dalam Journal of Horticultural Science and Biotechnology. Kandungan jus mangga berupa vitamin C dan vitamin A, diyakini mampu membantu sistem kekebalan tubuh meningkat.

4. Membantu menurunkan berat badan

manfaat mangga
pexels

Ada juga lho, manfaat jus mangga untuk diet. Bisa dibilang jika mangga muda merupakan salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi pada saat Sedulur menjalani program diet dan ingin menurunkan kalori yang ada di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, buah ini juga memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan metabolisme. Sehingga proses pembakaran kalori bisa dilakukan dengan lebih baik. Menariknya buah mangga ini tergolong rendah kalori serta mengandung sedikit gula.

5. Menghindari gangguan darah

manfaat mangga
pexels

Sebuah studi berhasil menunjukkan jika buah mangga mampu membantu mengelola gangguan darah secara umum seperti anemia, hemophilia, pembekuan darah, dan lain sebagainya. Buah ini juga bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah serta membantu memproduksi sel darah baru.

6. Menghindarkan dehidrasi

manfaat mangga
pexels

Dilansir dari National Health Portal, buah mangga dinilai mampu melindungi dan menghindarkan dehidrasi karena sengatan matahari. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari kemampuannya yang cepat dalam menghentikan kehilangan zat besi dan natrium klorida secara berlebih dari tubuh.

Tentu saja ini menjadikan mangga sebagai salah satu buah yang sempurna untuk dikonsumsi saat panas terasa menyengat di siang hari. Sedulur bisa mengolahnya menjadi hidangan yang segar seperti jus atau rujak.

7. Meningkatkan energi

manfaat mangga
pexels

Para ahli menyatakan jika mangga sangat baik dikonsumsi setelah makan siang. Hal ini bertujuan untuk membantu menghidupkan kembali rasa kantuk saat sore hari, karena makan mangga alam memberi dorongan energi pada tubuh.

8. Mengobati scurvy

manfaat mangga
pexels

Manfaat dari buah mangga yang harus Sedulur tahu selanjutnya adalah mengobati scurvy. Scurvy sendiri merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C. Beberapa tanda scurvy ini seperti gusi berdarah, memar, ruam, lemas, dan juga kelelahan.

Jika Sedulur mengalami tanda atau gejala seperti yang sudah sebutkan, maka salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah mangga. Buah mangga kaya akan vitamin C, yang mampu mengurangi gejala dan menyembuhkan permasalahan tersebut.

9. Menurunkan risiko kanker

manfaat mangga
pexels

Sebuah studi oleh Departemen Nutrisi Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, berhasil membuktikan jika mangga mampu melindungi seseorang dari kanker prostat. Manfaat jus mangga untuk pria ini berkat adanya kandungan beta-karoten tinggi.

10. Meningkatkan penglihatan

manfaat mangga
pexels

Mangga mentah mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Selain jumlah flavonoid di dalamnya juga cukup banyak, seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Semua senyawa tersebut dinilai bisa membantu menjaga dan meningkatkan penglihatan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kemang Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui

11. Baik untuk kulit dan rambut

pexels

Selanjutnya ada manfaat jus mangga untuk kulit dan juga rambut. Seperti yang telah diketahui, kandungan vitamin yang ada di dalam buah ini adalah vitamin A dan vitamin C. Selain baik untuk mata, ternyata vitamin itu juga sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Sedangkan untuk vitamin C-nya, memungkinkan sintesis kolagen yang bertanggung jawab untuk penuaan yang sehat, baik pada rambut maupun kulit.

12. Meningkatkan kebersihan gigi

pexels

Dalam tubuh manusia, gigi menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Akan tetapi, kebanyakan orang cenderung mengabaikan kesehatannya. Untuk itu, mulai sekarang Sedulur harus bisa menjaga kesehatan gigi, salah satunya dengan mengonsumsi buah mangga.

13. Baik untuk kesehatan jantung

pexels

Ya, bisa dibilang ini adalah manfaat luar biasa yang mampu diberikan dari buah mangga. Berkat adanya kandungan niacin di dalamnya, membuat buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Niacin sendiri dinilai mampu meningkatkan kadar kolesterol darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

14. Membantu melawan jerawat

pexels

Manfaat jus mangga untuk wajah yang bisa kita rasakan, adalah membantu melawan jerawat. Sedulur bisa menghaluskan daging buah mangga, dan mengaplikasikannya sebagai masker di malam hari. Setelah satu jam, jangan lupa untuk mencuci muka sebelum tidur, ya.

Selain itu, Sedulur juga bisa merebus mangga mentah sampai air rebusan berkurang setengahnya. Nah, gunakan air tersebut sebagai astringent wajah. Untuk menghilangkan jerawat dan bekas luka, Sedulur bisa menggunakan astringent mangga secara teratur.

15. Menjadi masker peel off alami

pexels

Untuk saat ini, masker peel off memang banyak ditemukan di pasaran. Namun tidak ada salahnya jika Sedulur membuat versi alaminya sendiri dari buah mangga. Daging mangga mentah mengandung Vitamin C dan AHA (asam alfa hidroksil) yang tinggi.

Kedua kandungan tersebut merupakan bahan pengupas yang baik. Sedangkan, vitamin A di dalamnya juga bermanfaat untuk kulit. Meskipun begitu, ada penggunaan masker peel off dari mangga ini memiliki beberapa kekurangan, seperti menyebabkan kulit kusam, pori-pori terbuka dan erupsi pada lengan, siku, serta lutut.

16. Mengantisipasi asma

pexels

Buah mangga juga dipercaya bisa menjadi obat untuk mengantisipasi asma, lho. Hal ini karena adanya kandungan Betakaroten dalam buah mangga muda. Kandungan tersebut, sama seperti yang aditemukan dalam wortel dan pepaya.

17. Mencegah degenerasi makula

pexels

Buah mangga muda mengandung antioksidan zeaxanthin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan penglihatan.  Antioksidan ini berfungsi untuk menyaring sinar UV yang berbahaya, dan juga melindungi dari degenerasi makula.

18.  Baik untuk kesehatan tulang

pexels

Mangga muda mengandung kalsium dan vitamin yang dapat membantu dan menjaga kesehatan tulang. Nutrisi ini mampu menghindarkan kita dari bahaya patah tulang. Jadi, konsumsi buah mangga muda itu sangat bagus bagi kesehatan tulang.

19. Menghindarkan hipertensi

pexels

Kalium yang ada di dalam buah mangga, dinilai mampu mengontrol hipertensi. Selain itu, kandungan dan peptin-nya mampu secara aktif bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan ini, maka mengonsumsi mangga akan memberikan jaminan jantung yang sehat.

20. Memberi kesejukan di lingkungan

pexels

Jika sebelumnya berasal dari buahnya, maka yang terakhir ini ada manfaat pohon mangga. Seperti yang diketahui, pohon mangga itu bisa tumbuh besar dan rindang. Banyaknya daun dalam satu pohon, tentu saja akan membuat lingkungan di sekitar terasa jauh lebih sejuk.

Kandungan gizi dalam buah mangga

pexels

Nah, berikut ini nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram mangga:

  • Energi 60 kkal
  • Folat 14 mcg
  • Karbohidrat 17 g
  • Lemak 0,3 g
  • Protein 0,5 g
  • Vitamin A 0,2 mg
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin C 27,7 mg
  • Vitamin K 4.2 mcg

BACA JUGA: 7 Manfaat Cabe Puyang untuk Kesehatan & Cara Membuatnya

Itulah beberapa manfaat mangga dan juga kandungan gizi yang ada di dalamnya. Sekarang Sedulur sudah tidak merasa heran kan, mengapa mangga disebut-sebut sebagai salah satu buah yang paling menyehatkan.

Meskipun begitu, mengonsumsi mangga terlalu banyak itu juga tidak baik, lho. Ada beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi setelahnya, seperti gangguan pencernaan, iritasi tenggorokan, disentri, serta kolik perut.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.