Jeruk limau merupakan buah kecil yang sering dijadikan pelengkap untuk bumbu-bumbu kacang, baik pada siomay atau bumbu kacang-kacangan lainnya. Rasanya yang kecut dan agak pahit, membuat buah ini tidak seperti buah jeruk lainnya. Namun keunggulan dari jeruk ini adalah aromanya yang segar dan menambah cita rasa pada masakan.

Jeruk limau merupakan salah satu buah citrus yang dapat menambah rasa dalam makanan. Negara seperti Meksiko, Vietnam, dan Thailand sangat umum menggunakan limau dalam makanannya. Limau mengandung vitamin C yang berlimpah yang dapat memenuhi 32% kebutuhan vitamin C untuk tubuh setiap harinya.

Bukan hanya itu, terdapat manfaat lain dari jeruk limau yang bisa Sedulur rasakan jika mengonsumi secara rutin. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak pembahasannya di sini.

BACA JUGA: 20 Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh & Kecantikan Kulit

-->

1. Menjaga kesehatan jantung

jeruk limau
detik

Manfaat jeruk limau yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungannya yang kaya akan magnesium dan kalium. Kedua kandungan tersebut penting untuk menjaga denyut jantung tetap stabil dan menurunkan risiko terkena gangguan penyakit jantung.

Sementara itu, jeruk limau juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang terjaga, kamu pun akan terhindar dari penyakit jantung.

2. Menurunkan berat badan

youvit

Khasiat selanjutnya dari limau adalah dapat menurunkan berat badan, manfaat tersebut didapatkan karena limau mengandung asam sirat yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, kandungan flavonoid dalam daun jeruk limau dapat membuat tubuh meningkatkan produksi enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan dalam tubuh. Sehingga tidak akan menimbun racun dan sisa makanan yang otomatis dapat membuat berat badan turun secara efektif dan juga dapat melancarkan sistem pencernaan.

Sifat asam yang dimiliki limau juga meningkatkan sekresi air liur untuk memecah makanan agar dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Manfaat ini tentu baik untuk orang-orang yang sering mengalami penyakit konstipasi (sembelit).

3. Meningkatkan imunitas tubuh

jeruk limau
klikdokter

Manfaat mengkonsumsi buah pohon jeruk limau selanjutnya yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh kita di tengah pergantian musim yang seringkali menimbulkan penyakit. Manfaat ini disebabkan oleh kandungan dari vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

Keduanya zat tersebut diketahui dapat mendukung fungsi sel imun, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga berperan penting dalam penyerapan zat besi, pembentukan kolagen, penyembuhan luka, dan perbaikan berbagai jaringan tubuh.

4. Mengurangi risiko terkena batu ginjal

kompas

Jeruk limau kasturi juga dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal. Konsumsi jeruk limau secara rutin juga bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk limau dapat mencegah pembentukan jenis batu ginjal kalsium fosfat.

Selain dengan mengonsumsi jeruk limau, Sedulur juga perlu rutin minum air putih yang cukup agar terhindar dari batu ginjal. Namun disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumi limau, karena kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan mulut. Oleh karena disarankan untuk mengonsumsi sesuai dengan kebutuhan saja.

5. Mengontrol tekanan darah

jeruk limau
hellosehat

Manfaat lainnya dari limau adalah dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium dalam limau dapat membuang kadar natrium atau garam berlebih dalam tubuh melalui urine. Kalium dibutuhkan untuk melemaskan dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun dan lebih stabil.

Hal ini menjadi alasan kenapa orang yang memiliki hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi limau secara teratur. Cara mengonsumsi jeruk limau bisa dengan diperas atau dijadikan jus, minum secara teratur usahakan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sedulur juga bisa menggunakan perasan limau untuk di beberapa masakan yang Sedulur buat setiap harinya.

BACA JUGA: 7 Manfaat Cocoa Butter, Bagus Untuk Kesehatan Kulit & Tubuh

6. Menjaga fungsi saraf

alodokter

Gambar jeruk limau yang terlihat mungil dan berwarna hijau, merupakan ciri tinggi kandungan vitamin C. Meskipun terlihat mungil dan kecil, namun kadungan dari limau sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya dapat menjaga fungsi saraf. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalium tinggi yang dapat menjaga fungsi saraf pada tubuh.

7. Menurunkan risiko terkena kanker

jeruk limau
alodokter

Konsumsi pohon jeruk limau yang langsung dipetik, lebih menyegarkan dan menyehatkan. Terdapat manfaat lainnya mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini sangat penting, mengingat kanker merupakan penyakit yang berbahaya.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dalam jeruk limau yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat. Penelitian para ahli menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, khususnya flavonoid, dalam jeruk limau dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

8. Meremajakan kulit

bukalapak

Manfaat buah limau yang terakhir adalah dapat meremajakan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari limau yang tinggi akan vitamin C dan flavonoid yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti melawan radikal bebas dan mengurangi bekas kerutan pada wajah.

Vitamin C juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen agar kulit tetap lembut dan kenyal. Ciri-ciri jeruk limau yang mengandung tinggi vitamin C dapat kita cium dari aromanya yang sangat segar dan wangi. Oleh karena itu dapat membuat makanan menjadi lebih menggiurkan.

Sekian pembahasan terkait manfaat jeruk limau yang perlu Sedulur ketahui. Di tengah musim peralihan saat ini, tubuh seringkali terserang penyakit. Konsumsi limau bisa mencegah tubuh terkena penyakit, karena kandungannya yang dapat menguatkan imunitas tubuh. Maka dari itu, yuk kita mulai konsumsi limau secara teratur mulai dari sekarang!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.