Berikut ini merupakan beberapa manfaat beras merah yang terbukti sangat ampuh bagi kesehatan tubuh! Simak penjelasan yang telah dirangkum Superapp.id di bawah ini.

Berbagai manfaat dari beras merah memang telah terbukti secara ilmiah. Terlebih, sejak zaman dahulu beras merah sangat dipercaya ampuh untuk mengobati beberapa penyakit. Meskipun, terdapat saja beberapa bahaya beras merah. Terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Berikut ini beberapa manfaat yang ampuh dan efektif dari beras merah yang bisa dirasakan untuk tubuh. Terutama untuk kolesterol dan juga sebagai konsumsi pendamping saat melaksanakan program diet. Mari kita langsung simak daftar manfaat beras merah yang telah dirangkum oleh Superapp.id di bawah ini!

Baca Juga: 11 Manfaat Tersembunyi Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

-->

Daftar Manfaat Beras Merah, Bisa Turunkan Kolesterol dan Berat Badan

1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral
klikdokter.com

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian bisa kita dapatkan dari beras merah yang kita konsumsi. Baik beras merah atau tepung beras merah, mengandung  beberapa kandungan yang sangat baik dan bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, serat, asam folat, magnesium, niacin, fosfor, protein, vitamin A, B, C, dan Zinc. Dari berbagai kandungan tersebut, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat dari beras merah.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Menjaga Kesehatan Jantung
detik.com

Jantung merupakan orang yang sangat penting, kita wajib menjaga kesehatan jantung demi kelangsungan hidup kita. Sedulur bisa menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan mulai mengkonsumsi  beras merah. Karena salah satu manfaat beras merah adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antosianin dan kandungan lainnya dapat menjaga arteri tetap bersih dan membuat aliran darah lancar. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menjaga kadar glukosa dan trigliserida pada darah sehingga terhindar dari penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular. Salah satu tindakan untuk mencegah penyakit jantung, dengan mulai secara rutin mengkonsumsi beras merah.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

3. Menurunkan Kadar Kolesterol
cepersismapharma.com

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, wajib hukumnya menjaga keseimbangan kadar kolesterol. Kita bisa menurunkan kolesterol, dengan mengkonsumsi beras merah. Ekstrak beras merah bisa menunjang tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dalam darah. Bahkan berdasarkan penelitian, kadar kolesterol bisa turun hingga 23% dengan kita rutin mengkonsumsi beras merah.

4. Mencegah Diabetes

4. Mencegah Diabetes
eskayvie.co.id

Salah satu manfaat beras merah yang sangat terkenal adalah dapat mencegah diabetes. Oleh karena itu, beras merah merupakan salah satu konsumsi wajib para penderita diabetes. Hal ini disebabkan, karena beras merah dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh bagi penderita hiperglikemia.

Selain itu, kandungan dalam beras hitam juga dapat mendorong glukosa untuk masuk ke dalam sel dan otot ketimbang masuk ke dalam darah. Untuk dapat mencegah penyakit diabetes, kadar glukosa darah harus berada dalam kadar normal, dan juga sensitivitas insulin harus berfungsi dengan baik. Kedua hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi secara rutin beras hitam.

5. Mengurangi Risiko Kanker

5. Mengurangi Risiko Kanker
alodokter.com

Mencegah kanker adalah salah satu manfaat dari beras merah. Hal ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Karena, kanker biasanya dikaitkan oleh radikal bebas yang menjadi penyebab utamanya. Namun, tidak menutup kemungkinan lainnya. Untuk memastikan kita terhindar dari risiko kanker, kita bisa mengkonsumsi beras merah secara rutin mulai dari saat ini.

6. Menjaga Kesehatan Hati

6. Menjaga Kesehatan Hati
klikdokter.com

Jika kita mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras biasa, kita akan mendapatkan asupan lemak yang berlebihan. Hal ini dalam menyebabkan lemak menumpuk di hati dan menyebabkan timbulnya stress oksidatif serta peradangan yang bisa berujung pada penyakit hati. Hal ini bisa kita cegah dengan manfaat beras hitam.

Kandungan dalam beras merah dapat mengurangi penyimpanan lemak yang berlebih di hati dan mengembalikan struktur dan fungsi hati secara normal. Selain itu, secara perlahan dapat membantu meregenerasi sel hati yang telah rusak sebelumnya.

7. Menurunkan Berat Badan

5. Menurunkan Berat Badan
anlene.com

Salah satu manfaat beras merah dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi dari beras hitam dibanding beras lainnya. Oleh karena itu, beras merah bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan dapat mejaga nafsu makan.

Beras merah merupakan solusi yang tepat bagi Sedulur yang ingin menurunkan berat badan. Banyak yang mencari manfaat beras merah untuk diet, karena memang telah terbukti berhasil.

Baca Juga: 6 Manfaat Tersembunyi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

8. Untuk Kesehatan Otot dan Tulang

8. Untuk Kesehatan Otot dan Tulang
anlene.com

Terdapat juga manfaat beras merah untuk otot dan tulang, hal tersebut dikarenakan beras mengandung kalsium dan magnesium yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Selain baik untuk kesehatan tulang, beras merah juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit yang dapat membahayakan tulang, seperti mencegah radang sendi, osteoporosis dan penyakit otot dan tulang lainnya.

Salah satu rekomendasi wajib bagi setiap lansia adalah mengkonsumsi beras merah. Bisa merasakan kenyang lebih lama dalam jumlah konsumsi yang sedikit juga merupakan anjuran bagi lansia, terlebih karena manfaatnya terhadap otot dan tulang.

9. Manfaat Beras Merah untuk Wajah

9. Manfaat Beras Merah untuk Wajah
okezone.com

Kita bisa mendapatkan solusi untuk segala masalah kecantikan dan kesehatan wajah dari beras merah yang kita konsumsi. Karena salah satu manfaat beras merah untuk wajah, yang bisa menjaga wajah tetap sehat dan bersinar.

Beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan dan kecantikan yaitu dapat memutihkan kulit wajah, mengatasi permasalahan jerawat, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah menghilangkan flek hitam dan juga mencegah penuaan dini. Baik digunakan sebagai masker wajah atau juga dikonsumsi langsung, beberapa manfaat beras hitam bisa segera dirasakan oleh wajah jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

10. Menjaga Sistem Pencernaan

10. Menjaga Sistem Pencernaan
kompas.com

Melancarkan pencernaan bisa dijaga dengan mengkonsumsi beras hitam. Karena, kandungan dari beras hitam juga dapat berperan sebagai prebiotik yang baik untuk pertumbuhan bakteri dalam lambung dan turut berperan menjaga sistem pencernaan. Hal ini juga merupakan salah satu manfaat beras merah untuk asam lambung.

Dengan sistem pencernaan yang baik, segala virus, bakteri dan racun yang ada dalam tubuh akan keluar, dan asupan bergizi yang kita konsumsi akan mengatasi permasalahan yang dialami tubuh. Oleh karena itu, beras merah bisa membantu kita mempertahankan kesehatan sistem pencernaan.

11. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Selanjutnya adalah manfaat beras merah untuk bayi. Beras merah mengandung antioksidan yang kaya, yang bisa bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, kandungan flavonoid phytonutrients dalam beras merah juga sangat diperlukan bagi pertumbuhan bayi. Kandungan zat besi dan protein nabati dalam beras merah, bisa meningkatkan perkembangan bayi.

Seperti yang Sedulur ketahui, bayi membutuhkan banyak asupan nutrisi agar bisa tumbuh dengan baik. Setiap kandungan yang terdapat di beras hitam bisa memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang bayi, setidaknya hingga bayi berumur 7 atau 8 tahun.

12. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan beras merah yang terdiri dari antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Selain itu terdapat juga kandungan enzim yang berperang menghasilkan energi bagi tubuh. Tidak selesai pada itu, terdapat juga kandungan zat besai yang baik untuk menjaga energi tubuh agar stamina tetap seimbang.

Sehingga, berbagai ancaman dari radikal bebas bisa dengan mudah ditangkap, karena tubuh telah dilengkapi oleh berbagai nutrisi dan vitamin yang berasal dari beras merah. Hal ini juga yang menyebabkan harga beras merah lebih mahal, karena segudang manfaat baik untuk tubuh.

13. Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat selanjutnya dari beras merah adalah dapat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 yang terdapat pada beras merah, dengan konsumsi satu porsi beras merah, bisa memenuhi 23 persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh agar serotonin sel darah merah tetap seimbang dan membantu membentuk sel DNA dalam tubuh.

14. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula yang berlebihan dapat memberikan ancaman bagi tubuh, tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti diabetes. Bagi penderita diabetes, kadar gula berlebih bisa menyebabkan kerusakan terhadap mata, ginjal dan juga jantung.

Kandungan dari beras merah terbukti bisa menurunkan kadar glukosa dan juga dapat memberikan asupan insulin bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, kita sering mendengar bahwa para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih.

15. Menjaga Nafsu Makan

Tetap memiliki nafsu makan yang baik, namun juga berat badan bisa tetap terjaga merupakan hal yang sangat diinginkan setiap orang. Banyak orang yang kehilangan kendali atas nafsu makan yang menyebabkan obesitas. Dengan mengkonsumsi beras merah, hal ini tidak akan terjadi. Karena, beras merah mengandung karbohidrat kompleks, yang lama dicerna tubuh.

Hal tersebut sangat baik untuk menjaga nafsu makan dan tetap menjaga kenyang secara lama. Hal ini yang membuat beras merah memiliki kelebihan dibandingkan dengan beras putih. Banyak juga yang membandingkan manfaat beras merah dan beras putih, salah satunya adalah urusan menjaga nafsu makan.

16. Meningkatkan Imunitas

Memperkuat imunitas tubuh sangat penting di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih mengancam kita saat ini. Untuk itu, kita bisa mengkonsumsi beras hitam untuk bisa mendapatkan imunitas tubuh yang kuat. Hal tersebut dikarenakan, salah satu kandungan beras merah yang kaya akan mineral dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita.

Selain itu, kandungan mineral zinc dalam beras merah juga bisa merangsang penyembuhan luka dengan cepat, sehingga dapat tetap menjaga sistem imunitas kita tetap tinggi.

17. Mencegah Sembelit

Beras merah mengandung serat yang tinggi dibanding beras lainnya. Oleh karena kandungan serat yang tinggi, beras merah juga sangat efektif untuk mencegah kita terkena penyakit sembelit. Jenis serat yang terkandung dalam beras merah juga bukan sembarang serat, yaitu serat larut. Serat larut merupakan jenis serat yang banyak memberikan cairan pada usus, sehingga membuat gerak usus halus menjadi lebih lancar dan sistem pencernaan pun terjaga. Kita pun akan terhindar dari penyakit sembelit dan permasalahan pencernaan lainnya.

Semoga penjelasan terkait manfaat beras merah di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai manfaat bahan pokok alternatif. Sedulur juga bisa mendapatkan beras merah dengan membelinya di Aplikasi Super. Membeli perlengkapan sehari-hari di Aplikasi Super, bisa membuat Sedulur lebih hemat dan tidak perlu repot.

Karena, bagian dari komitmen Aplikasi Super untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan sembako yang berkualitas dengan harga murah. Sedulur bisa klik di sini, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang, dan nikmati berbagai kemudahan yang diberikan oleh Aplikasi Super.