rumah hawa panas

Rumah hawa panas dan gerah menjadi salah satu permasalahan yang jamak dialami. Terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Akan tetapi, masalah rumah terasa panas ternyata tidak sekadar disebabkan oleh faktor cuaca. Melainkan juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lain.

Apa saja penyebab rumah hawa panas? Yuk, mencari tahu dengan menyimak rangkuman informasi berikut. Selain itu juga akan dipaparkan solusi beserta tips agar rumah menjadi sejuk.

BACA JUGA: Bikin Nyaman, Ini 15 Inspirasi Warna Cat Kamar Ala Korea!

Penyebab Rumah Hawa Panas Dan Solusinya

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah rumah hawa panas dan gerah. Hal ini tentu dapat membuat orang yang berada di dalamnya merasa tidak nyaman.

Tahukah Sedulur bahwa ada banyak hal yang dapat menyebabkan bagian dalam rumah terasa panas? Berikut 10 penyebab rumah hawa panas dan gerah beserta solusi untuk mengatasinya.

1. Plafon rumah terlalu rendah

rumah hawa panas
Unsplash/Clay Banks

Penyebab rumah hawa panas yang pertama adalah plafon atau langit-langit rumah terlalu rendah. Plafon yang terlalu rendah menyebabkan bagian dalam rumah menjadi terasa sesak. Selain itu, udara di dalam rumah juga tidak bisa mengalir dengan baik.

Sirkulasi udara yang buruk tersebut akhirnya membuat hawa di dalam rumah terasa panas. Sekadar informasi, standar ketinggian plafon adalah sekitar tiga meter. Namun belakangan mulai banyak orang yang membangun rumah dengan ukuran plafon lebih dari tiga meter untuk menciptakan kesan lega sehingga rumah juga terasa lebih sejuk.

2. Kurang ventilasi

Selain plafon yang terlalu rendah, minimnya ventilasi yang menjadi jalan sirkulasi udara juga dapat membuat rumah hawa panas. Seperti diketahui, ventilasi tidak sekadar menjadi hiasan melainkan juga memiliki fungsi penting bagi rumah.

Ventilasi merupakan jalan keluar masuknya udara sehingga udara panas tidak terperangkap di dalam rumah. Oleh sebab itu, keberadaan ventilasi yang memadai juga dapat membuat bagian dalam rumah terasa lega dan tidak pengap.

3. Terlalu banyak barang

Setiap orang tentu ingin menyediakan berbagai barang yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari di rumah. Akan tetapi bukan berarti Sedulur lantas menumpuk berbagai barang di rumah. Pasalnya, terlalu banyak barang yang disimpan bisa menyebabkan rumah hawa panas.

Sebagai solusinya, Sedulur bisa memilah barang dan hanya menyimpan barang yang masih digunakan. Selain itu, sesuaikan barang-barang yang disimpan dengan ukuran rumah agar ruangan tidak terasa sempit dan sesak.

4. Barang-barang di rumah tidak tertata

Tak hanya memilah barang yang disimpan, Sedulur juga harus menyimpan barang secara tertata. Barang-barang yang dibiarkan berantakan begitu saja akan membuat ruangan menjadi sempit dan tentunya tidak sedap dipandang.

Akibatnya, rumah menjadi terasa pengap dan panas. Selain itu, barang yang tertata rapi juga dapat memudahkan Sedulur menemukan barang yang akan digunakan.

5. Salah memilih atap

Pemilihan atap yang tidak tepat juga bisa menyebabkan hawa di dalam rumah menjadi panas. Meski terlihat sepele, pemilihan atap ternyata menjadi salah satu hal yang penting dipertimbangkan secara matang. Pasalnya, setiap material yang digunakan bisa mempengaruhi hawa di dalam rumah.

Adapun jenis atap yang banyak direkomendasikan adalah genteng. Sebaliknya, atap dari bahan plastik, asbes, atau seng kurang direkomendasikan untuk dipasang di rumah Sedulur karena dapat membuat hawa ruangan di bawahnya menjadi lebih panas.

BACA JUGA: Jangan Dipel, Ini 6+ Cara Membersihkan Minyak yang Tumpah!

6. Tidak ada tanaman

rumah hawa panas
Unsplash/Kara Eads

Keberadaan tanaman di sekitar rumah juga bisa mempengaruhi hawa di dalam rumah. Adanya tanaman di halaman dapat menciptakan udara sejuk yang kemudian masuk ke dalam rumah melalui ventilasi ataupun jendela. Sebaliknya, rumah yang tidak memiliki tanaman di sekitarnya akan terasa gersang dan panas.

7. Warna cat dinding gelap

Warna cat pada dinding rumah juga dapat menimbulkan hawa panas ataupun sejuk. Menurut berbagai sumber, warna cat gelap dapat membuat hawa di dalam rumah menjadi gelap. Sebab, warna gelap memiliki sifat menyerap panas.

Penggunaan warna gelap pada dinding rumah juga membuat suasana di dalam rumah menjadi gelap sehingga Sedulur cenderung menggunakan lampu secara terus menerus. Nah, penggunaan lampu ini bisa membuat hawa di rumah makin panas.

8. Rumah sering tertutup

Rumah sering tertutup juga bisa membuat hawa di dalamnya menjadi panas. Pasalnya, sirkulasi udara menjadi tidak berjalan dengan baik dan udara di dalam rumah menjadi pengap. Untuk itu, tak ada salahnya Sedulur sesekali membuka jendela maupun pintu agar udara di dalam rumah tidak terperangkap dan menimbulkan hawa panas.

9. Panas dari perangkat elektronik

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan rumah hawa panas adalah penggunaan perangkat elektronik. Siapa sangka, berbagai barang elektronik seperti komputer, televisi, kulkas, dan bahkan handphone bisa menghasilkan panas. Untuk mengatasinya, Sedulur bisa mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan.

10. Paparan sinar matahari langsung

Penyebab rumah hawa panas yang terakhir adalah adanya paparan sinar matahari langsung. Pemasangan jendela dengan ukuran besar memang dapat membuat rumah menjadi terasa lega dan terang.

Akan tetapi, jendela tersebut juga bisa menjadi jalan masuk sinar matahari yang menyebabkan hawa panas. Untuk mengatasinya, Sedulur bisa memasang tirai untuk membatasi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA: 12+ Tips & Cara Menata Poster di Kamar, Jadi Makin Estetik!

Tips Membuat Rumah Sejuk

rumah hawa panas
Unsplash/Filios Sazeides

Sebagai tambahan, berikut ada beberapa tips membuat rumah terasa lebih sejuk.

1. Pasang gorden di jendela

Tips pertama adalah memasang gorden di jendela. Sedulur dapat menutup jendela dengan tirai atau gorden saat cuaca panas.

2. Gunakan kipas angin

Kipas angin berguna untuk membantu menggerakkan udara di dalam rumah sehingga terasa sejuk dan tidak pengap. Sedulur juga bisa meletakkan wadah berisi es batu di depan kipas angin agar udara yang dihembuskan kipas terasa lebih dingin.

3. Perhatikan pemilihan lampu

Hindari penggunaan lampu yang terlalu terang. Sedulur cukup memasang lampu dengan tingkat keterangan sesuai kebutuhan.

Itu dia 10 penyebab rumah hawa panas beserta solusinya. Pada artikel di atas juga sudah dipaparkan beberapa tips membuat rumah terasa lebih sejuk yang bisa Sedulur coba. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!