Khasiat kacang hijau sangat berguna untuk mengatasi keluhan kesehatan yang sering dirasakan sehari-hari.

Kacang hijau adalah tanaman semusim berumur pendek (60 hari) yang banyak dikembangkan di Indonesia. Kacang hijau termasuk dalam jenis polong-polongan dan merupakan sumber bahan makanan yang mengandung protein nabati tinggi. Dengan kandungannya, kacang hijau menjadi pilihan tepat untuk bahan dasar bubur kacang hijau yang sering dijadikan hidangan sarapan.

Jika dilihat pada gambar kacang hijau, kacang hijau memiliki tiga bagian utama pada tubuhnya dan masing-masing memiliki kandungan tersendiri. Manfaat kacang hijau bisa didapat dari ketiga bagian utama tersebut, terbagi atas kulit biji (10%), kotiledon (88%), dan lembaga (2%).

Manfaat kacang hijau yang ada pada biji kacang hijau bersumber dari kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Sedangkan pada kotiledon, mengandung pati dan serat. Adapun pada bagian lembaga, terdapat protein dan lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

-->

Secara keseluruhan, kandungan kacang hijau adalah karbohidrat, lemak, selenium, magnesium, dan protein nabati yang memiliki asam amino esensial seperti isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan. Selain itu, kacang hijau mengandung vitamin B1, B2, B3, C dan E yang baik untuk tubuh manusia.

Baca Juga: 6 Fakta Manfaat Ikan Koi, Bisa Bawa Keberuntungan!

Daftar Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengontrol Berat Badan

1. Mengontrol Berat Badan
dara.co.id

Kacang hijau tidak hanya enak untuk dikonsumsi. Bagi Sedulur yang sedang berusaha menurunkan berat badan wajib mengetahui manfaat kacang hijau yang satu ini. Manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang pertama adalah kemampuannya mengontrol berat badan.

Kandungan kacang hijau yang terdiri atas serat dan protein dapat membuat Sedulur menjadi lebih cepat kenyang dan hal itu dapat bertahan lama. Dengan demikian, nafsu makan menjadi lebih terkontrol dan pola makan dapat lebih teratur.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

2. Menjaga Kesehatan Kulit
popmama.com

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Elastin dan kolagen adalah elemen utama yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit Sedulur. Enzim phytoestrogen yang terkandung dalam kacang hijau berguna untuk menjaga elemen-elemen tersebut sehingga kulit tetap sehat dan memperlambat penuaan pada kulit.

Selain itu, vitamin A pada kacang hijau ampuh menghilangkan jerawat, melembabkan kulit dari dalam, dan mampu melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet. Adapun kandungan vitamin E juga berguna sebagai eksfoliator alami, berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga mampu membuat kulit Sedulur menjadi lebih cerah.

3. Manfaat Air Kacang Hijau untuk Mencegah Rambut Rontok

3. Manfaat Air Kacang Hijau untuk Mencegah Rambut Rontok
alodokter.com

Selain baik untuk kesehatan kulit, manfaat kacang hijau juga dikenal baik untuk kesehatan rambut. Kacang hijau memiliki kandungan zinc yang berguna untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Tidak hanya orang dewasa, biasanya para orang tua juga menggunakan kacang hijau untuk merangsang pertumbuhan rambut pada anak-anak.

Khasiat itu didapatkan dari manfaat air rebusan kacang hijau. Caranya, oleskan air rebusan kacang hijau pada kulit kepala. Kemudian pijat ringan kepala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Sedulur lakukan secara rutin dan teratur ya.

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

4. Manfaat Kacang Hijau untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

4. Manfaat Kacang Hijau untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
lifebuoy.co.id

Kandungan kacang hijau yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah polisakarida. Kandungan tersebut merupakan jenis karbohidrat kompleks dengan serat yang tinggi. Salah satu manfaat polisakarida yaitu dapat mengaktifkan sel darah putih yang disebut dengan makrofag, baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain polisakarida, terdapat kandungan bernama fitonutrien pada kacang hijau yang bekerja sebagai zat anti bengkak. Kegunaannya adalah untuk menetralkan bakteri, virus, dan mikroba lainnya yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

5. Melancarkan Sistem Pencernaan
teks.co.id

Manfaat kacang hijau berikutnya adalah kemampuannya melancarkan pencernaan. Manfaat itu didapat dari serat makanan dan pati yang juga dapat memberi nutrisi baik untuk saluran pencernaan.

Jika pada umumnya jenis kacang-kacangan mengandung oligosakarida, yaitu jenis gula yang sulit dicerna dan bisa menyebabkan perut terasa kembung, kacang hijau justru berbeda. Kandungan oligosakarida pada kacang hijau berjumlah lebih sedikit sehingga sistem pencernaan pun lebih tidak terganggu.

6. Meredakan Gejala Pre Menstruation Syndrome (PMS)

6. Meredakan Gejala Pre Menstruation Syndrome (PMS)
halodoc.com

PMS merupakan kumpulan gejala fisik maupun emosional yang dirasakan oleh perempuan sebelum keluarnya menstruasi. Gejala yang ditimbulkan beragam, misalnya perut terasa begah, nyeri pada payudara, sakit kepala, hingga perubahan mood yang cukup drastis. Hal itu terjadi karena perubahan hormon pada awal siklus menstruasi.

Perubahan hormon tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang hijau. Salah satu manfaat kacang hijau adalah karena kandungannya yang tinggi vitamin B1, B2, dan folat. Bahkan obat yang biasanya digunakan untuk meredakan gejala PMS mengandung vitamin B dan folat yang juga terkandung dalam kacang hijau.

Nah, itu dia daftar manfaat kacang hijau yang bisa Sedulur rasakan. Selain banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, kacang hijau juga mudah diolah dan didapatkan. Semoga artikel kali ini dapat membantu Sedulur menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Sedulur bisa mendapatkan kacang hijau dengan beli di Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk cek daftar kelengkapan barang. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan melakukan transaksi melalui smartphone. Selamat mencoba!