Makanan awetan hewani merupakan makanan yang bisa dijadikan sebagai stok hidangan dalam jangka waktu lama karena masa simpannya cukup lama. Salah satu kebutuhan gizi yang harus dipenuhi oleh tubuh dapat didapatkan dari makanan ini. Jadi, hidangan awet ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tapi juga bisa menyehatkan tubuh.

Jenis dan olahan yang ditawarkan dari hidangan ini pun juga beragam, jadi Sedulur bisa memilih sesuai dengan selera. Rekomendasi makanan awetan berbahan dasar protein hewani ini bisa membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan tubuh yang juga nikmat. Simak dibawah ini, ya!

BACA JUGA: 25 Makanan Khas DKI Jakarta Paling Enak yang Harus Dicoba

1. Sosis ayam atau sapi

makanan awetan hewani
pexels

Sosis adalah salah satu makanan awetan dari bahan hewani yang cara memasaknya hanya dengan digoreng atau sebagai tambahan pelengkap makanan utama. Sehingga, sosis merupakan makanan yang cukup praktis disajikan kapanpun dan di mana pun.

Ada beberapa varian dari sosis yang bisa Sedulur pilih, yang paling populer diantaranya adalah sosi ayam dan sosis sapi. Sosis dibuat dengan cara daging digiling hingga halus lalu dicampurkan dengan bahan lainnya seperti perasa dan tepung. Hidangan ini awet dan bisa bertahan cukup lama jika disimpan dengan baik di freezer. Ukuran yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari panjang dan pendek bisa dipilih sesuai selera. 

2. Kornet

makanan awetan hewani
bpguide

Kornet adalah contoh makanan awetan dari bahan hewani selanjutnya selain sosis. Daging kornet biasanya terbuat dari daging sapi yang dibersihkan serta diawetkan dengan air garam. Kemudian, daging tersebut direbus dan dimasak sampai matang.

Potongan daging dengan kandungan serat yang memanjang seperti brisket adalah yang paling sering digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan kornet. Asal kata dari kornet adalah “corned beef” yang berarti butiran garam. Sedulur bisa menggunakan kornet sebagai campuran makanan seperti nasi goreng, tumis buncis, ataupun mie instan.

BACA JUGA: 17 Makanan Terenak di Dunia, Rendang Nggak Kalah Saing!

3. Nugget ayam

makanan awetan hewani
pixabay

Nugget ayam adalah olahan lezat dari daging ayam dan biasanya memiliki warna kuning keemasan. Makanan awetan hewani ini menjadi salah satu produk hasil olahan daging ayam yang perkembangannya cukup pesat dan signifikan. Selain memasaknya cukup gampang yaitu digoreng hingga kriuk saja, cita rasa yang ditawarkan juga enak.

Nugget ayam biasanya memiliki bahan utama potongan daging ayam, berbagai bumbu pilihan, serta berbagai macam tepung. Untuk membuat makanan ini menjadi awet, Sedulur wajib menyimpannya di dalam kulkas dalam kondisi yang beku. Hal ini dikarenakan nugget ayam adalah makanan yang mudah rusak oleh mikroorganisme tertentu. Sehingga, perlu adanya penyimpanan suhu beku agar terjaga kualitasnya.

4. Ikan asin

makanan awetan hewani
grid

Selain nugget ayam, ikan asing juga menjadi salah satu hidangan yang cukup populer. Sesuai dengan namanya, cara mengolah ikan ini adalah dengan merendamnya di air garam sebelum kemudian melalui proses penjemuran yang cukup lama. Sehingga, hasil olahan tersebut bisa awet bahkan sampai beberapa minggu.

Salah satu lauk favorit masyarakat di Indonesia ini biasanya disajikan sebagai pelengkap di berbagai hidangan sayuran. Sayur bening bayam, sayur asam, atau berbagai macam oseng-oseng bisa cocok dimakan dengan ikan asin. Beberapa varian ikan asin yang bisa Sedulur jumpai pun juga sangat beragam, diantaranya adalah ikan asin jambal, ikan teri asin, ataupun jenis ikan yang lainnya.

BACA JUGA: 15 Jenis Pisang Terenak Di Indonesia dan Cara Pengolahannya

5. Mentega

makanan awetan hewani
pixabay

Mentega adalah makanan produk susu yang terbuat dari krim susu yang telah diaduk dan diolah sedemikian rupa. Makanan awetan hewani mentega ini kemudian difermentasi, sehingga akan berubah menjadi sebuah krim. Biasanya, mentega digunakan sebagai olesan roti, pengganti minyak goreng saat memasak daging atau nasi goreng, salah satu bahan pelengkap pembuat kue, dan lain sebagainya.

6. Rendang

kompas

Ada dua cara memasak yang bisa dilakukan dalam pembuatan rendang, yaitu basah dan kering. Rendang yang merupakan makanan awetan hewani khas daerah Sumatera Barat ini biasanya lebih awet dan tahan lama jika dimasak dengan kering.

Cara menyimpan rendang agar menjadi makanan tahan lama ini dengan cara diletakkan di freezer. Sehingga, rendang akan tahan bahkan sampai beberapa minggu. Jangan lupa untuk memastikan bahwa rendang dalam keadaan dingin sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan agar tidak mudah basi serta agar kualitas rasa dalam rendang tidak berkurang.

BACA JUGA: Ini Arti Rib & Thigh, Bagian Ayam Favorit Semua Orang!

7. Dendeng

ninjaresep

Dendeng adalah salah satu makanan awetan hewani yang mudah dibuat. Makanan yang hampir mirip dengan rendang ini penyimpanannya tidak perlu dimasukkan di kulkas, karena dendeng sudah melalui proses pengeringan terlebih dahulu. Sehingga, makanan yang punya tekstur gurih dan renyah ini akan awet dan tahan lama. Dendeng biasanya dimakan sebagai pelengkap sambal balado ataupun dimakan dengan nasi panas sudah nikmat.

8. Kimchi

pixabay

Kimchi adalah hidangan khas Korea dan memiliki ciri rasa yang asam dan pedas. Kimchi terbuat dari berbagai jenis sayuran yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Sayuran yang biasanya dipakai sebagai bahan baku kimchi diantaranya adalah mentimun, lobak, dan juga kubis. Sementara itu, untuk bumbunya biasanya menggunakan bawang merah, bawang putih, jahe, garam, gula, serta cabai.

Kimchi bukan merupakan contoh makanan awetan hewani, karena tidak memiliki campuran protein hewani dalam pembuatannya. Sehingga, kimchi cocok dikonsumsi oleh vegan. Makanan ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan seperti meningkatkan imun dan mengurangi peradangan. Sehingga, kimchi dinobatkan sebagai makanan paling sehat di dunia.

BACA JUGA: 15 Jajanan Korea Paling Enak & Populer, Saosnya Bikin Ngiler!

9. Terasi

viva

Terasi dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang awet dan tahan lama, bahkan sampai beberapa bulan masih bisa dikonsumsi. Bumbu makanan yang terbuat dari udang ini sebaiknya disimpan di tempat yang sirkulasi udaranya baik dan tidak terkena paparan matahari secara langsung. Sehingga, terasi akan menjadi awet. Hindari menyimpan makanan awetan hewani ini di tempat yang lembab serta kedap udara, karena akan membuatnya cepat membusuk.

10. Keju

pixabay

Keju merupakan olahan yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang sudah melewati proses fermentasi oleh jamur. Makanan yang sangat populer di banyak negara di belahan dunia ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah mozarella dan cheddar. Makanan awetan hewani ini cocok menjadi pelengkap baik makanan berat maupun ringan, seperti roti bahkan nasi goreng keju. Kandungan gizinya yang lengkap seperti protein dan vitamin membuat keju cocok untuk kebutuhan gizi sehari-hari.

BACA JUGA: 12 Resep Garang Asem Ayam Empuk, Gurih & Sedap

11. Telur asin

kompas

Tak hanya olahan daging dan susu, telur pun merupakan salah satu makanan awetan dari bahan baku hewani yang memiliki cita rasa enak. Proses pembuatan makanan ini cukup panjang, mulai dari pembungkusan sampai perendaman bersama air garam selama beberapa hari. Telur asin cocok sebagai lauk sup, rawon, nasi, dan berbagai jenis hidangan lainnya.

12. Udang ebi

detik

Ebi adalah olahan udang yang juga menjadi salah satu makanan dari bahan hewani yang awet dan tahan lama. Pengolahan dari udang ebi sendiri caranya sama dengan ikan asin, yaitu dikeringkan cukup lama di bawah paparan sinar matahari. Cita rasa dari udang ebi sendiri cenderung asin dan gurih. Sehingga, cocok untuk campuran sayuran dan sambal.

Nah, itu dia beberapa contoh makanan awetan nabati dan hewani yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika sedang bingung menentukan pilihan makanan yang tahan lama. Untuk penyimpanannya, kebanyakan olahan tersebut harus dimasukkan ke dalam lemari es beku sehingga produk tetap awet. Namun, sebagian juga tidak perlu menyimpannya di dalam lemari es karena sudah melalui proses pengawetan yang cukup panjang seperti dijemur di sinar matahari. 

Jika Sedulur ingin mengolah bahan makanan diatas, jangan lupa untuk membeli bumbu pelengkapnya hanya di Aplikasi Super. Selain lengkap, aplikasi ini juga murah dan penggunaannya mudah. Unduh sekarang, ya!