Tanpa harus mengetahui daftar jenis pisang yang ada di dunia, kita tentu saja masih bisa mengkonsumsi pisang. Namun, kita juga harus tahu, bahwa pisang yang kita konsumsi terkadang berbeda-beda. Baik dari segi bentuk, rasa dan ukuran. Karena, terdapat banyak jenis pisang yang bisa kita konsumsi.

Berikut ini adalah daftar pisang yang biasa kita konsumsi dan umum kita temui di pasar. Beberapa pisang juga sering kali disuguhkan untuk beberapa acara tertentu, misalkan acara pernikahan, acara perayaan dan lain sebagainya. Lantas, apa saja jenis pisang yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita cek di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Kripik Pisang Spesial, Agar Renyah dan Enak!

1. Pisang Raja

1. Jenis Pisang Raja
joss

Pisang paling terkenal dan banyak disukai adalah pisang raja. Aromanya yang wangi serta rasanya yang manis, menjadikan pisang jenis ini menjadi primadona. Pisang raja merupakan pisang lokal yang paling banyak disukai. Karakteristik utama dari pisan ini adalah ukurannya yang sedang, kulit buah yang tebal sertia warna yang kuning kejinggaan saat matang.

-->

Daging buah pisan ini sangat tebal dan padat, mengandung banyak nutrisi dan gizi di dalamnya. Membuat pisang ini sering dijadikan sebagai bahan olahan untuk membuat makanan manis di antara jenis jenis pisang lainnya. Olahan makanan seperti kue bolu, naga sari hingga es pisang ijo khas Makassar pun menggunakan pisang raja sebagai bahan utamanya.

2. Pisang Cavendish

2. Pisang Cavendish
antaranews

Pisang cavendish dapat Sedulur konsumsi bagi yang menyukai pisang dengan tekstur daging yang lembut. Pisang ini memiliki bentuk melengkung dengan panjang sekitar 14-15 cm. Kulit buahnya memiliki warna yang mulus. Hal tersebut yang membuat pisang cavendisch tampak cantik.

Karena namanya, banyak yang menganggap jenis pisang ini merupakan pisang impor. Padahal, pisang cavendish merupakan pisang aseli Indonesia yang mana perkebunan terbesarnya terletak di Lampung. Baik dikonsumsi langsung maupun diolah sebagai bahan makan, pisang ini sangat cocok dan nikmat untuk dikonsumsi

BACA JUGA: Resep Kolak Pisang Enak dan Mudah, Bikin Sendiri di Rumah!

3. Pisang Susu

3. Jenis Pisang Susu
bp-guide

Jika dilihat sekilas, pisang susu memiliki tekstur serupa pisang cavendish. Namun, secara bentuk pisang ini tidak sama sekali mirip dengan cavendish. Pisang ini merupakan kesukaan anak-anak dan balita. Memiliki rasa yang super manis, dengan daging buah yang berwarna putih.

Saat mengkonsumsi pisang ini, kita akan mendapatkan sensasi creamy, seakan sedang mengkonsumsi susu. Oleh karena itu, pisang jenis ini diberinama pisang susu.

4. Pisang Ambon

4. Pisang Ambon
klikdokter

Ini juga merupakan jenis pisang yang populer di Indonesia. Pisang ini juga merupakan pisang yang paling mudah ditemui, baik di pasar atau di supermarket. Pisang ini dapat dikonsumsi untuk orang dewasa atau anak-anak. Memiliki warna yang identik dengan warna kuning, dan memiliki aroma yang wangi.

Sedulur bisa mengkonsumsi pisang ambon sebagai bahan olahan berbagai makanan. Pisang ambon juga merupakan pisang yang seringkali diolah menjadi keripik pisang dengan rasa gurih manis. Beberapa ada yang mengolah pisang ambon menjadi pancake dan bolu pisang.

BACA JUGA: Resep Bolu Pisang Panggang Super Lembut Ala Rumahan, Praktis

5. Pisang Kepok

5. Jenis pisang kepok
sehatQ

Sedulur juga tentu sudah sangat akrab dengan jenis pisang satu ini. Pisang kepok memiliki tekstur yang tebal dengan daging buah yang berwarna krem dan halus. Pisang ini sangat nikmat ketika dikukus atau digoreng. Selain itu, pisang ini juga mengandung segudang manfaat, terutama untuk mengatasi masalah sistem pencernaan.

6. Pisang Tanduk

6. pisang tanduk
lazada

Bagi masyarakat yang berada di wilayah Asia Tenggara, pasti mengetahui pisang ini. Namun, setiap negara memiliki panggilan yang berbeda untuk buah ini. Namun uniknya, Indonesia dan Filipina memiliki kesamaan dalam menyebut nama pisang ini. Jika di Indonesia dikenal dengan nama pisang tanduk, di Filipina dikenal dengan nama tindok. Pisang ini memiliki panjang hampir 35 cm dengan rasa yang manis dan juga bisa diolah menjadi makanan lainnya.

BACA JUGA: Resep Pisang Goreng Crispy, Mudah di Buat dan Enak Banget!

7. Pisang Nangka

7. Jenis Pisang  Nangka
kompas

Ada juga jenis pisang nangka, yang sangat nikmat dikonsumsi. Selain di Indonesia, pisang ini juga disukai oleh orang Malaysia. Pisang jenis ini memiliki tekstur yang tebal, masih tetap berwarna hijau meski sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Pisan ini dapat dipanene setelah berumur 138 hari setelah tumbuh bunga pokok yang ditandai dengan berwarna kuning.

8. Pisang Mas

8. pisang mas
agrofarm

Ada juga jenis pisang mas yang sering kita konsumsi. Dinamai pisang mas, karena bentuknya yang berwarna kuning emas saat matang sempurna. Rasanya yang manis dan bentuknya yang kecil, membuat pisang ini cocok dijadikan sebagai camilan atau pencuci mulut. Kita sering melihat pisang ini saat menghadiri hajatan, terutama hajat pernikahan.

BACA JUGA: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

9. Pisang Mas Kirana

9. Jenis pisang mas kirana
sayurbox

Masih dari jenis pisang mas, pisang jenis ini memiliki kesamaan yang identik dengan pisang mas. Namun ukurannya yang lebih besar menjadi perbedaan utama pisang ini. Rasanya yang manis dan daging buah yang lunak, membuat pisang ini dapat langsung Sedulur santap tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun, jika ingin diolah, pisang ini biasanya dijadikan sale pisang. Karena teksturnya yang empung membuat pisang ini sempurna dijadikan sale pisang.

10. Pisang Kidang

10. pisang kidang
allfresh

Terdapat juga jenis pisang kidang yang memiliki warna merah jingga, dengan daging buah berwarna putih. Berbeda dengan jenis pisang pada umumnya. Pisang ini memiliki rasa yang manis, dan sering digunakan seabgai sajian pencuci mulut. Setiap tandan pisang ini memiliki 4-7 sisir dengan terdiri dari 13 buah. Panjang pisan ini sendiri bisa mencapai 12 cm. Karena warnanya yang unik, pisang kidang merupakan salah satu jenis pisang langka yang tidak bisa dijumpai di sembarang tempat.

BACA JUGA: Resep Pisang Goreng Madu Super Lezat & Mudah Dibuat

11. Pisang Raja Uli

11. jenis pisang raja uli
bukalapak

Masih dengan jenis pisang raja, kali ini merupakan jenis pisang raja uli. Namun, pisang ini hanya dapat dikonsumsi ketika telah diolah. Tidak seperti pisang jenis lainnya yang bisa kita konsumsi langsung tanpa harus diolah. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum membuat pisang ini cocok untuk dijadikan sebagai olahanan makanan, terutama makanan yang memiliki rasa yang manis.

12. Tongkat Langit

12. pisang tongkat langit
sampaijauh

Berbeda dengan jenis pisang lainnya, nama pisang jenis ini sangat unik, terbilang lucu malah. Pisang ini ditemukan di daerah Maluku, nama unik pisang ini diambil dari tandan buah yang menuju ke atas bukan ke bawah. Maka dari itu, disebut sebagai tongkat langit. Pisang ini memiliki ukuran sekitar 20 cm dengan diameter kurang lebih 13 cm.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuat Resep Pancake Pisang Super Lembut & Enak

13. Pisang Giant Cavendish

13. jenis pisang giant cavendish
trikmerawat

Pisang jenis ini merupakan variasi dari pisang cavendish. Pisang giant cavendis merupakan komoditi utama dan terbesar yang dimiliki oleh Filipina. Buah pisang cavendish yang bisa Sedulur nikmati saat ini, merupakan pisang yang berasal dari Filipina. Pisang ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang super manis. Saat matang dengan sempurna, kulit buah pisang ini akan memberikan warna kuning yang cerah.

14. Pisang Barangan

14. pisang barangan
supermama

Jenis pisang ini mungkin jarang diketahui, namun sering Sedulur konsumsi. Pasalnya, buah ini memiliki rasa yang manis dan tidak berbiji. Ukuran pisang juga besar, sekitar 11 cm dengan diameter 30 mm. Daging buah yang berwarna kuning membuat pisang ini langganan sebagai pisang yang disuguhkan dalam setiap pesta pernikahan.

15. Pisang Lampung

15. pisang lampung
sayurbox

Jenis pisang terakhir adalah pisang Lampung. Sebagaimana namanya, pisang ini berasal dari daerah Lampung yang berada di pulau Sumateri. Pisang jenis ini memiliki bentuk seperti pisang mas, namun jelas terlihat perbedaa di bagian ujungnya. Berbeda dengan pisang mas, pisang lampung memiliki ujung yang lancip. Pisan jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut, karena ukurannya yang kecil dan rasanya yang super manis.

Sekian pembahasan terkait jenis pisang di atas, semoga bisa menambah wawasan Sedulur terkait buah-buahan menyehatkan dan kaya akan nutrisi satu ini. Di antara daftar pisang di atas, jenis pisang mana yang menjadi favorit Sedulur? Pastikan mengkonsumsi pisang untuk mendapatkan manfaat yang ada di dalamnya ya.

Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran dan makanan bergizi lainnya, Sedulur bisa mendapatkan daftar makanan sehat dan bergizi dengan cara yang mudah. Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk mendapatkannya. Klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.