makanan terenak di dunia

Jika Sedulur melakukan travelling ke suatu wilayah atau negara, hal yang pasti dicari selain tempat wisata adalah makanan khas daerah tersebut. Makanan memang tak bisa dilepaskan dari kebudayaan suatu daerah atau negara. Tak heran, pasti ada makanan khas suatu wilayah yang sangat terkenal hingga disukai banyak orang dan masuk dalam daftar makanan terenak di dunia.

Masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Terutama bagi orang-orang yang dimana makanan-makanan tersebut berasal. Kali ini, Aplikasi Super akan membagikan daftar makanan paling enak di dunia yang harus Sedulur tahu. Ada yang dari Indonesia juga lho!

BACA JUGA: 9 Resep Es Jeruk Segar yang Mudah Dibuat Di Rumah

Inilah urutan makanan terenak di dunia menurut CNN:

-->

1. Massaman Curry – Thailand

makanan terenak di dunia
The Spruce Eats

Makanan terenak di dunia 2021 yang masuk dalam daftar pertama adalah  Massaman Curry dari Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik, yakni manis, pedas, dan juga gurih. Karena kelezatannya, konon Massaman Curry juga menjadi makanan favorit para Raja Thailand.

Massaman Curry sendiri berasal dari Thailand Selatan. Rempah-rempah utama yang digunakan dalam masakan ini adalah kapulaga, kayu manis, adas manis, dan pala. Bahan-bahan tersebut sebenarnya lazim digunakan dalam masakan India, namun Massaman Curry memang perpaduan antara hidangan Thailand dan India.

Menurut The Spruce Eats, nama massaman berasal dari mussulman, istilah kuno yang menggambarkan Muslim. Mereka memperkenalkan banyak rempah baru ke Thailand pada awal abad ke-17.

2. Pizza Neapolitan – Italia

ItaliaRail

Di urutan kedua makanan terenak di dunia ada Pizza Neapolitan dari Italia. Pizza memang sudah menjadi makanan yang banyak tersebar di berbagai negara. Cara penyajiannya pun kadang berbeda di setiap negara. Namun meski pizza memiliki banyak versi, semua orang pasti tahu bahwa asal pizza adalah dari Italia.

Tak heran, pizza yang masuk dalam daftar ini adalah pizza yang memiliki versi asli dari asalnya, yakni Pizza Neapolitan. Pizza ini berisi topping yang sederhana, yakni tomat, minyak zaitun, garam, basil, dan keju. Namun, meski sederhana, rasanya tak kalah dengan pizza yang memiliki banyak topping. Sedulur mau mencoba?

BACA JUGA: 12+ Olahan Tahu Putih Enak & Mudah Dibuat Untuk Cemilan

3. Cokelat – Meksiko

makanan terenak di dunia
Culture Trip

Makanan hasil olahan biji kakao ini sebenarnya banyak dihasilkan di berbagai negara. Indonesia pun sebenarnya merupakan negara penghasil buah kakao yang jumlahnya cukup besar. Namun saat ini, Meksiko memegang gelar sebagai negara penghasil cokelat terkemuka di dunia. Cokelat dari Meksiko bahkan sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan sangat disukai oleh raja-raja Meksiko di zaman dulu.

Selain itu, salah satu kota di Meksiko yakni Oaxaca menjadi satu-satunya tempat yang memiliki budaya konsumsi kakao atau cokelat yang sangat tinggi. Kakao dijual di semua pasar luar ruangan yang disebut mercados, dan bahkan ada beberapa perusahaan internasional yang berbasis di Oaxaca yang bertujuan untuk hanya menjual produk kakao dan cokelat. Kota ini bisa dibilang sebagai surganya para pecinta coklat, karena produk cokelat yang melimpah di sini.

4. Sushi – Jepang

Unsplash

Siapa sih yang tak kenal makanan terenak di dunia satu ini? Sushi memang sudah menjadi makanan asal Jepang yang sudah sangat terkenal di berbagai negara. Sushi identik dengan nasi beras ketan yang dibentuk bulat dengan ukuran yang kecil, lalu di atasnya akan diberi topping ikan atau varian seafood lainnya, serta sayuran. Dan biasanya topping yang ditambahkan kebanyakan dalam kondisi mentah.

Namun saat ini sushi sudah mulai memiliki lebih banyak varian. Seperti misalnya sushi yang isiannya sudah terlebih dulu dimasak.

BACA JUGA: 20+ Resep Ikan Tongkol Enak, Praktis, Dijamin Nagih!

5. Bebek peking – Tiongkok

Peking duck with sugar, baking soda, soy sauce and Shaoxing wine
CTV

Olahan bebek memang tak ada matinya. Dagingnya yang memang gurih, membuat hidangan bebek selalu mendapatkan tempat spesial di lidah para pecinta kuliner. Namun, jika tak bisa mengolah daging bebek dengan benar, maka teksturnya menjadi alot dan amis.

Salah satu olahan bebek yang pasti menjadi favorit banyak orang adalah bebek peking asal Tiongkok. Tak heran, bebek peking juga masuk dalam daftar makanan terenak di dunia urutan kelima.

Bebek peking adalah hidangan bebek yang diolah dengan cara dipanggang. Lalu setelah matang dilapisi dengan sirup maltosa. Bebek peking biasa disajikan dengan pancake, bawang, dan hoisin atau saus kacang manis. Selain itu, yang khas dari bebek peking adalah kulitnya yang renyah serta dagingnya yang sangat empuk.

6. Hamburger – Jerman

makanan terenak di dunia
Unsplash

Sama dengan pizza, hamburger tampaknya juga sudah menjadi makanan yang sangat mendunia. Bahkan menjadi salah satu makanan ikonik di sejumlah restoran cepat saji terkenal. Kelezatan hamburger terletak pada perpaduan rasa manisnya roti bun, gurihnya daging, dan segarnya sayuran seperti selada dan tomat. Makin nikmat dengan tambahan saos mayonaise. Wah pasti Sedulur sudah bisa membayangkan nikmatnya menyantap hamburger bukan?

BACA JUGA: Resep Kripik Pisang Spesial, Agar Renyah dan Enak!

7. Penang asam laksa – Malaysia

Prestige Hong Kong

Dalam daftar terakhir 7 makanan terenak di dunia, ada masakan asal Malaysia yang menduduki daftar terakhir tersebut. Adalah penang asam laksa, hidangan yang merupakan hasil olahan dari ikan makarel rebus, asam jawa, cabai, mint, serai, bawang, dan nanas.

Sesuai namanya, penang asam laksa ini memiliki cita rasa yang asam dan pedas. Namun meski begitu, ada pula rasa gurih yang didapatkan dari kaldu ikan. Maka tak heran, siapapun yang menyantapnya menjadi sangat ketagihan. Masakan ini biasanya disantap dengan mie.

8. Tom yum goong – Thailand

Unsplash

Satu lagi makanan asal Thailand yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia, yakni Tom yum goong. Berada di urutan kedelapan, Tom yum goong dari Thailand telah menjadi makanan yang terkenal di berbagai dunia. Tom yum goong adalah sup asam pedas dengan isian seafood, tomat, serta rempah-rempah seperti daun jeruk, lengkuas, serta serai.

Ada pula varian yang tom yum goong yang kuahnya diberik santan dan krim. Namun yang pasti tom yum sangat nikmat dikonsumsi di segala kondisi, apalagi jika dinikmati dalam kondisi panas dengan nasi putih hangat. Dan kabar baiknya, tom yum goong ini merupakan makanan yang cukup terjangkau harganya.

BACA JUGA: Resep Spaghetti Carbonara Gurih, Creamy dan Praktis!

9. Ice cream – global

makanan terenak di dunia
Unsplash

Siapa sih yang tak doyan makan es krim? Hampir semua orang sepertinya sangat menikmati berbagai varian es krim. Mulai dari rasa es krim yang konvensional, seperti cokelat, vanilla, atau strawberry. Atau varian es krim yang semakin bermacam-macam seperti matcha, oreo, red velvet, dan sebagai macamnya.

Makanan ini juga bisa dibilang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing negara pun memiliki karakteristik es krim masing-masing. Seperti gelato dari italia, dondurma dari Turki, es putar dari Indonesia, atau patbingso dari Korea Selatan.

10. Ayam muamba – Gabon

Delishably

Di urutan sepuluh makanan terenak di dunia ada ayam muamba dari Gabon. Hidangan ini disebut sangat cocok disantap di musim dingin karena bumbu rempah-rempahnya yang mampu menghangatkan badan. Sesuai namanya, masakan ini tentu memiliki bahan utama ayam. Selain itu ada pula cabai, bawang putih, tomat, merica, garam, okra, dan mentega.

11. Rendang – Indonesia

makanan terenak di dunia
Tastynesia

Inilah makanan terenak di dunia dari Indonesia, apalagi kalau bukan Rendang. Hidangan ini merupakan makanan khas asal daerah Minang. Rendang adalah olahan daging dengan berbagai rempah-rempah. Rasa rendang juga sangat nikmat karena dimasak dalam waktu yang sangat lama, kurang lebih 5 jam agar bumbu-bumbunya bisa meresap dengan baik ke dalam daging.

Saat memasak Rendang, Sedulur juga harus menggunakan api kecil agar tidak gosong hingga kuahnya menjadi kering. Rendang juga sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal ijo khas rumah makan Padang.

BACA JUGA: Cara Membuat Puding Lumut Lembut, Legit & Mudah

12. Ayam piri-piri – Mozambik

We Travel

Selanjutnya ada ayam piri-piri yang merupakan makanan khas Mozambik. Secara tampilan, ayam piri-piri mirip dengan ayam bakar dari Indonesia. Namun secara pengolahannya, dimasak dengan rempah-rempah khas Mozambik dan dipanggang.

Hidangan ini juga biasanya dimakan dengan saus kental yang terbuat dari santan. Agar lebih nikmat, ayam piri-piri lebih nikmat dimakan dengan daun singkong.

13. Jagung rebus – global

Pinterest

Tak disangka, jagung rebus masuk dalam makanan paling enak di dunia. Jagung bisa menjadi salah satu pengganti karbohidrat selain nasi yang banyak direkomendasikan untuk diet. Memasak jagung rebus cukup mudah, yakni Sedulur hanya perlu menyiapkan kukusan dan taruh jagung di bagian atas panci kukusan. Lalu kukus selama 5-10 menit saja, agar kesegarannya tidak hilang.

Ada pula jagung rebus yang biji-bijinya disisir agar lebih mudah dimakan. Kemudian diberi bumbu seperti mentega atau keju.

14. Donat – Amerika Serikat

Unsplash

Selanjutnya ada donat yang sepertinya sudah menjadi makanan favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Donat. Cemilan ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan mentega dan diolah dengan digoreng. Donat pada umumnya berbentuk bulat dan bolong di bagian tengah.

Donat pun memiliki banyak sekali varian rasa seperti cokelat, vanila, strawberry, dan masih banyak lagi. Asal donat sebenarnya masih menjadi perdebatan. Namun yang paling dipercaya adalah donat berasal dari Amaerika. Ia dibawa oleh imigran Belanda ke Amerika Utara. Selain itu, perusahan donat tertua yang bernama Dunkin Donuts yang didirikan tahun 1940 juga berasal dari Amerika.

15. Pierogi – Polandia

King Arthur Baking

Makanan ini mungkin masih asing di telinga Sedulur. Pierogi adalah hidangan lezat asal Polandia yang bentuknya seperti pangsit. Atau lebih mirip dimsum dari Tiongkok. Isiannya Pierogi biasa adalah kentang, keju, serta bawang bombay. Sehinga cita rasa yang ditimbulkan adalah manis dan gurih.

Hidangan ini menjadi hidangan nasional bagi negara Polandia dan Slovakia. Tak heran Pierogi banyak sekali ditemukan di restoran-restoran di Polandia dan sekitarnya. 

Seperti sudah dibahas sebelumnya, Pierogi memiliki kemiripan dengan dimsum dan Tiongkok. Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan, konon pierogi berasal dari Tiongkok melalui Italia dalam sebuah ekspedisi Marco Polo.

BACA JUGA: Resep Cumi Asin Nikmat, Pedas & Gurih

16. Pastel de nata – Portugal

FunCakes

Pastel de nata dikenal juga dengan nama Portugueese Egg Tart. Pastel bisa diartikan kue kering, sementara de berarti dari, dan nata berarti krim. Itu artinya hidangan ini merupakan olahan pastry yang di dalamnya dimasukkan krim yang dicampur kuning telur.

Pastel de nata juga memiliki tekstur yang unik jika dimakan. Ia akan terasa renyah di luar, namun akan lembut di bagian dalam. Kue ini cocok disantap di sore hari sebagai teman minum teh hangat.

17. Lobster – global

EatingWell

Di urutan ke-17 ada lobster yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Lobster adalah idola bagi pecinta makanan laut. Ia masih satu keluarga dengan udang, namun tentu dengan ukuran dan daging yang lebih banyak.

Sama halnya dengan hidangan laut lainnya, lobster dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun karena habitatnya yang sulit ditemukan dan proses penangkapannya yang lama. Nelayan harus melawan cuaca ekstrem untuk bisa menangkap hewan laut satu ini.

Kemudian lobster memiliki waktu pertumbuhan yang cukup lama. Menurut Marianne LaCroix selaku perwakilan dari organisasi Lobster di Maine, Amerika, seperti dikutip dari Detik, butuh setidaknya waktu tujuh tahun agar lobster memiliki bobot yang pantas untuk dijual.

Kira-kira dari sekian banyak makanan terenak di dunia yang sudah disebutkan di atas, ada yang sudah pernah Sedulur coba belum? Apakah rasanya benar-benar enak? Tetapi enak tidaknya sebuah makanan tentu kembali lagi pada proses pengolahannya dan seberapa handal koki atau orang yang memasaknya.

Selain 17 makanan di atas, masih ada 33 makanan lain dari seluruh dunia yang juga masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Yakni seperti yang disebutkan berikut ini:

18. Shish kebab
19. Bunny chow, Afrika Selatan
20. Arepas, Venezuela
21. Croissant, Perancis
22. Poke, Amerika Serikat
23. Lasagna, Italia
24. Champ, Irlandia
25. Kepiting mentega bawang putih, India
26. Fajitas, Mexico
27. Lechon, Filipina
28. Pho, Vietnam
29. Steik Oh-mi gyu, Jepang
30. Summer roll, Vietnam
31. Parma ham, Italia
32. Ankimo, Jepang
33. Fish and chips, Inggris
34. Sirup maple, Kanada
35. Chilli crab, Singapura
36. Humus, Timur Tengah
37. Chicken parm, Australia
38. French toast, Hong Kong
39. Saus tomat, Amerika Serikat
40. Marzipan, Jerman
41. Stinky tofu, Asia Tenggara
42. Roti panggang marmite, Inggris
43. Taco, Mexico
44. Poutine, Kanada
45. Nasi ayam, Singapura
46. Som tam, Thailand
47. Seafood paella, Spanyol
48. Keripik kentang, Inggris
49. Masala dosa, India
50. Buttered popcorn, Amerika Serikat

Buat Sedulur yang ingin mencoba memasak salah satu makanan terenak di dunia di atas, bisa lho membeli beberapa bahan-bahannya di Aplikasi Super. Caranya mudah, cukup download aplikasinya di sini, dan pilih barang-barang apa saja yang dibutuhkan Sedulur.