Apakah Sedulur suka menyantap kuliner daerah? Jika iya, pasti kurang lengkap jika Sedulur belum mencoba makanan khas dki jakarta. Selain memiliki beragam budaya yang khas, Betawi ternyata juga memiliki bermacam kuliner yang tak kalah menarik dan populer. Kuliner khas Jakarta yaitu Betawi wajib untuk dicoba ketika sedang berkunjung di Jakarta. 

Beberapa kulinernya yang menjadi daya tarik adalah kerak telor, ketoprak, dan juga soto khas betawi yang pastinya akrab di telinga Sedulur. Namun, kulinernya tak hanya itu, lho. Masih banyak makanan khasnya yang harus Sedulur coba. Apa aja sih, ragam kulinernya? Simak rangkumannya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Resep Soto Tangkar Asli Betawi, Praktis Dibuat di Rumah

1. Kerak telor

makanan khas dki jakarta
orami

Contoh makanan khas daerah yang berasal dari dki jakarta adalah kerak telor. Kuliner yang cukup populer di kalangan masyarakat ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan bahan utamanya yaitu telur dan serundeng. Yang membuatnya menjadi populer adalah keunikannya yaitu proses memasak yang dibakar diatas tungku api. Wajan yang digunakan untuk memasak kerak telor juga dibalik saat memasaknya, sehingga kerak telor akan langsung mengenai api dan menghasilkan cita rasa yang khas dan aroma smoky. Telur yang digunakan untuk memasak kerak telor bisa menggunakan telur ayam ataupun telur bebek, sesuai dengan selera.

-->

2. Soto betawi

Makanan khas dki jakarta berikutnya adalah soto betawi. Setiap daerah memiliki sajian soto yang berbeda untuk meraciknya, salah satunya adalah soto betawi. Seperti soto sulung dan soto madura, soto ini juga menggunakan bahan utama jeroan yang dicampur dengan kuah santan serta susu. Tak hanya jeroan, soto khas dki jakarta ini juga seringkali menambahkan organ lain seperti torpedo dan mata. Pastinya, daging sapi juga ikut menjadi bahan utama untuk pembuatannya, ya. Walaupun bahan yang digunakan cenderung berlemak, namun kuliner yang satu ini tetap nikmat untuk disajikan dan disantap karena adanya rempah yang membuat rasa dari soto betawi semakin khas.

BACA JUGA: 8+ Ragam Pakaian Adat Betawi Penuh Filosofi dan Keunikan

3. Asinan betawi

makanan khas dki jakarta
kompas

Berbeda dengan asinan pada umumnya, asinan betawi terbuat dari saus kacang dan memiliki beragam sayuran mentah seperti tauge, sawi, dan kubis. Biasanya, asinan betawi nikmat disajikan bersama tahu atau kerupuk untuk menambahkan rasa. Setelah semua bahan lengkap, akan ditambahkan kuah gula merah yang sudah dicampur dengan cabai sehingga rasanya akan menjadi sedikit pedas. Tak hanya itu, asinan betawi kemudian juga disiram dengan cuka dan garam agar rasanya menjadi asin dan asam. Selain memiliki rasa asin, asam, dan pedas, asinan betawi juga segar dan kaya akan manfaat. Sehingga, makanan khas dki jakarta yang satu ini cocok di lidah kebanyakan orang.

4. Ketoprak

Bahan dasar yang digunakan ketoprak adalah bihun, kecambah, mentimun, serta tahu. Kuliner khas betawi yang terkenal dengan kelezatannya ini juga bisa Sedulur tambahkan dengan ketupat serta telur goreng agar lebih kenyang. Tak lupa kerupuk dan emping yang menjadi pelengkap dari makanan khas dki jakarta ini supaya ada sensasi renyah ketika sedang mengunyahnya. Dengan bumbu khas yang disiramkan ke ketoprak yaitu saus kacang, siap untuk membuat lidah Sedulur bergoyang. 

BACA JUGA: 30 + Makanan Khas Betawi yang Wajib Coba Dijamin Nagih!

5. Sayur gabus pucung

makanan khas dki jakarta
selerasa

Sayur yang satu ini menggunakan bahan utama ikan gabus, sesuai dengan namanya. Cara memasaknya adalah dengan mencampurkan berbagai bumbu seperti ketumbar, lengkuas, jahe, serai, dan daun salam ke dalam kuah sayurnya serta buah tomat, jeruk limau, cabe rawit, dan bawang goreng sebagai pelengkap dari sayur gabus pucung ini. Makanan khas dki jakarta yang satu ini memiliki cita rasa pedas sekaligus asam dan segar ketika menyeruput kuahnya. Daging dari ikan gabusnya juga tak kalah lezat untuk disantap karena memiliki tekstur yang empuk.

6. Bubur ase

Tak seperti bubur biasanya, bubur ase memiliki topping yang berbeda dari yang lainnya. Adanya kuah semur daging yang menjadikan kuahnya gelap menjadi ciri khas makanan khas dari dki jakarta ini. Tak hanya itu, topping yang biasanya berupa ayam suir pada bubur biasa, pada olahan bubur ini menyajikannya dengan potongan daging sapi serta kentang. Bubur ase adalah singkatan dari asinan semur, dan memiliki rasa perpaduan antara asem, asin, dan gurih yang dominan. Ketika bubur kebanyakan disajikan selagi hangat, bubur ase justru disajikan dalam kondisi dingin.

BACA JUGA: 6 Resep Gado Gado Khas Betawi Langsung dari Penjualnya

7. Sayur besan

makanan khas dki jakarta
shopee

Sayur besan banyak ditemui saat menghadiri acara pernikahan di Betawi sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga baru. Hidangan ini cenderung mirip dengan sayur lodeh, dan rasanya pun juga hampir sama. Sayur yang sekarang jarang ditemukan ini memiliki kuah yang putih dengan berbagai sayuran yang terdapat didalamnya. Sayuran tersebut diantaranya adalah daun bawang, kentang rebus, bawang goreng, petai, dan memiliki protein juga berupa ebi. Penyebab dari salah satu makanan khas dki jakarta ini jarang ditemukan adalah karena bahan untuk membuatnya sudah susah untuk dicari.

8. Semur jengkol

Jengkol adalah salah satu bahan masakan yang memiliki aroma yang unik serta hanya bisa ditemui di Indonesia saja. Rasa yang dominan pada jengkol adalah pahit dan agak menyengat, sehingga banyak orang yang kurang menyukai makanan khas dki jakarta yang satu ini. Tapi, jika buah jengkol bisa diolah dengan benar, tentu saja akan menjadi hidangan yang menggugah selera. Salah satu contohnya adalah semur jengkol yang merupakan hidangan rumahan khas dari betawi. Meskipun cara memasaknya tergolong cukup gampang, namun perlu diperhatikan untuk mengolah jengkol dengan benar agar aroma yang dihasilkan tidak menyengat serta rasanya yang enak. Makanan yang satu ini sangat cocok sebagai makanan utama dan disajikan bersama nasi hangat serta lauk lainnya.

BACA JUGA: Resep Soto Betawi Super Enak, Gurih & Anti Gagal

9. Gado-gado betawi

makanan khas dki jakarta
beautynesia

Tak hanya menjadi favorit masyarakat betawi, hidangan yang satu ini juga cocok di lidah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Jika Sedulur adalah seorang vegetarian, maka gado-gado adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi karena tidak terdapat produk hewani seperti daging. Gado-gado betawi sering juga disebut sebagai salad tradisional karena hidangan ini berisi berbagai macam sayuran yang sudah direbus sebelumnya. Aneka sayur yang bisa ditemui pada sajian ini diantaranya adalah kangkung, tauge, kacang panjang, kubis, serta sayuran lainnya. Dengan kuah sambal kacang yang disiram di aneka sayur tersebut, membuat rasa dari makanan khas dki jakarta ini menjadi gurih dan manis sesuai dengan lidah Indonesia. Berbagai pelengkap juga dapat Sedulur pilih, diantaranya adalah tahu, tempe, serta telur rebus. Selain mengenyangkan, gado-gado betawi juga merupakan kuliner yang menyehatkan.

10. Nasi uduk betawi

Nasi uduk adalah salah satu kuliner khas betawi yang mudah untuk dijumpai di mana saja. Meskipun bisa dijumpai di berbagai daerah, namun untuk nasi uduk yang dijumpai langsung di betawi tentunya memiliki cita rasa yang berbeda. Adanya campuran daun salam, santan, lengkuas, serai, serta daun jeruk membuat rasa yang dihasilkan dari nasi uduk betawi ini gurih dan nikmat. Makanan khas dki jakarta ini biasanya dilengkapi dengan tempe kering, telur goreng, ayam goreng, bawang goreng, serta sambal yang membuat sajiannya semakin enak. Nasi uduk betawi cocok untuk dinikmati sebagai menu sarapan karena cenderung mengenyangkan.

BACA JUGA: Resep Bistik Ayam Ala Restoran yang Empuk & Harum

11. Roti buaya

makanan khas dki jakarta
resepkuerenyah

Roti buaya adalah salah satu hidangan yang harus ada di pernikahan adat Betawi. Roti ini dibawa oleh mempelai laki-laki yang kemudian diberikan kepada mempelai wanita di sebuah pernikahan atau lamaran betawi. Roti yang memiliki panjang sekitar 50 cm ini dipercaya sebagai ungkapan kesetiaan pasangan yang hendak menikah dan sudah menjadi kepercayaan masyarakat Betawi sejak dahulu. Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan dari roti ini, dan bisa disesuaikan dengan selera dari konsumennya. Seperti kebanyakan roti pada umumnya, varian original pada makanan khas dki jakarta ini cenderung tawar dan tidak memiliki isi.

12. Kue rangi

Kue rangi adalah hidangan khas betawi yang terbuat dari santan, kelapa parut, dan tepung sagu yang dipanggang di bara api sampai matang. Berbeda dengan kue pancong ataupun kue pukis, makanan khas dki jakarta ini disiram dengan saus yang terbuat dari gula jawa. Sehingga, rasa yang dominan dari kue rangi adalah manis, gurih, dan juga garing.

BACA JUGA: Resep Semur Telur Rumahan, Enak, Sederhana & Murah

13. Pecak lele

makanan khas dki jakarta
robintop

Salah satu olahan yang enak dari lele adalah pecak lele. Pecak lele adalah hidangan yang bukan sekadar menggoreng lele dan menyajikannya dengan sambal saja. Namun, adanya tambahan santan, saus kacang, serta air asam jawa membuat rasa dari makanan khas dki jakarta ini kaya akan rasa. Dalam satu suapan, Sedulur bisa merasakan asam, gurih, dan pedas yang pastinya ingin nambah terus.

14. Lontong sayur betawi

Selain nasi uduk, lontong sayur adalah salah satu menu sarapan mengenyangkan yang bisa Sedulur coba. Selain sebagai menu sarapan, lontong sayur betawi juga menjadi kuliner yang wajib dihidangkan dikala hari raya idul fitri tiba. Makanan khas dki jakarta ini terbuat dari kuah sayur yang mirip dengan gule, serta ditambahi dengan lontong yang empuk. Berbagai bumbu rempah juga terdapat dalam kuah lontong sayur ini dan membuat rasanya semakin kuat. Irisan pepaya muda juga ditambahkan dalam sayur dari lontong ini sehingga rasanya semakin menggiurkan.

BACA JUGA: 25+ Nama Tari Tradisional Indonesia Terpopuler dan Asalnya

15. Nasi ulam

kompas

Hampir mirip dengan nasi uduk, nasi ulam memiliki cita rasa yang gurih. Dengan berbagai bumbu rempah seperti daun salam, lengkuas, dan serai, membuat cara memasak dari nasi ini cukup mudah. Selain itu, nasi ulam disajikan dengan taburan bawang merah halus, ketumbar, cabai, terasi, serta jinten sehingga menjadi makanan khas dki jakarta yang cukup unik.

16. Kue talam

Makanan khas dki jakarta adalah makanan yang tidak hanya memiliki hidangan utama saja. Cemilan juga bisa ditemui, salah satunya adalah kue talam. Kue ini terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, tepung sagu, dan tepung terigu sehingga rasa yang diperoleh sangat gurih dan enak.

BACA JUGA: 20 Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu-Tunggu

17. Kue cente manis

rri

Selain kue talam, sajian makanan khas dki jakarta yang bisa Sedulur coba selanjutnya adalah kue cente. Kue ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti gula, santan, bulir cente manis, serta tepung hunkwe dan sagu mutiara yang sudah direbus sebelumnya sehingga rasanya cenderung manis. Semua bahan tersebut kemudian dibungkus ke dalam plastik bening dan dikukus sampai teksturnya empuk dan menyatu.

18. Sayur babanci

Sayur babanci bisa dikatakan sebagai makanan khas dki jakarta yang cukup langka bahkan jarang ditemui di daerah Jakarta. Meskipun nama dari makanan ini ada sayurnya, ternyata tidak ada campuran sayuran sedikitpun yang ada di dalamnya. Campuran dari hidangan ini justru adalah potongan daging sapi serta ketupat yang dimasak dengan beberapa rempah seperti kemiri, cabai, bawang putih, bawang merah, dan berbagai rempah tambahan lainnya. Kuah dari sayur babanci menggunakan santan, sehingga memiliki rasa yang cenderung gurih.

BACA JUGA: 22 Aneka Jajanan Pasar Tradisional yang Murah dan Unik

19. Laksa betawi

haibunda

Berbeda dengan laksa aceh, makanan khas dki jakarta yang satu ini memiliki kuah yang terdapat udang rebon di dalamnya. Sehingga, keunggulan rasanya adalah gurih, lezat, serta kental. Kuliner yang satu ini adalah sebuah akulturasi budaya betawi dengan arab sehingga rempah yang digunakan cukup beragam.

20. Soto tangkar

Rasa dari soto tangkar cenderung mirip dengan soto betawi, dan banyak ditemui di warung pinggir jalan. Perbedaan makanan khas dki jakarta ini dengan soto betawi adalah kuahnya yang lebih medok dan memiliki rempah yang lebih beragam. Sehingga, rasa dominan dari kuliner ini adalah gurih.

BACA JUGA: 6 Fakta Coffee Beer yang Populer dan Halal Untuk di Minum

21. Kembang goyang

cookandrecipe

Jajanan tradisional betawi selain kue cente manis yang sampai saat ini masih digemari oleh masyarakat adalah kue kembang goyang. Karena bentuknya mirip dengan kembang atau bunga dan proses untuk membuatnya adalah dengan cara digoyang sampai adonan keluar dari cetakan, membuat nama dari makanan khas dki jakarta ini adalah kembang goyang. Camilan ini terbuat dari tepung ketan yang ditambahkan dengan bumbu penyedap lainnya. Ada berbagai varian rasa yang bisa Sedulur coba, seperti pandan, original, serta aneka rasa lainnya. Kembang goyang adalah salah satu camilan yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

22. Kue dongkal

Camilan khas betawi yang bisa dicicipi selanjutnya adalah kue dongkal. Kue ini mirip dengan tumpeng dan dibuat dari kelapa parut dan tepung beras. Kemudian, makanan khas dki jakarta ini diisi dengan gula merah sebelum akhirnya dikukus. Rasa yang dominan dari kue dongkal adalah manis dan gurih dari gula merah dan kelapa parut.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Kaki Lima yang Sedap & Menggugah Selera

23. Bir pletok

herstory

Selain memiliki makanan khas dki jakarta, minuman khas juga dimiliki oleh betawi. Meskipun namanya adalah bir, minuman ini justru tidak memabukkan. Hal ini dikarenakan minuman ini tidak mengandung alkohol dan hanya mengandung berbagai rempah khas Indonesia. Serai, daun pandan wangi, serta jahe adalah campuran dari bir pletok.

24. Kue ape

Mirip dengan kue cucur, kuliner tradisional yang satu ini bernama kue ape. Makanan khas dki jakarta ini mempunyai tekstur yang renyah serta garing pada bagian pinggirnya yang terbuat dari pandan. Biasanya, kue ape banyak ditemui di pinggir jalan dan dijual dengan gerobak.

BACA JUGA: 20+ Makanan Khas Indonesia Paling Enak, Kamu Sudah Coba?

25. Jalabiya

cookpad

Jalabiya memiliki bentuk yang mirip seperti donat. Hanya saja, ukuran dari makanan khas dki jakarta ini lebih kecil dan tidak mengembang. Adonan dari jalabiya adalah campuran dari kelapa parut dan ketan hitam. Setelah matang, hidangan ini kemudian direndam dengan gula merah yang cair. Rasa yang dominan dari hidangan khas betawi ini cenderung gurih dan manis.

Nah, itu dia sajian tradisional yang bisa disebutkan yaitu makanan khas dari dki jakarta.Jika Sedulur sedang berkunjung atau berlibur di daerah Jakarta, jangan lupa untuk mencicipinya, ya! Dijamin, Sedulur tidak akan kapok. Selamat mencoba!

Jika Sedulur belum bisa berwisata kuliner di daerah Jakarta, jangan sedih. Sedulur bisa lho, memasak hidangan tersebut di rumah dengan membeli berbagai macam bahan untuk membuatnya di Aplikasi Super. Yuk, kunjungi aplikasinya sekarang!