macam macam warna

Warna adalah sebuah sifat dari pancaran cahaya yang berbeda. Dengan perbedaan cahaya itulah yang membuat adanya macam macam warna yang dapat kita lihat. Dalam kehidupan kita, pasti tidak akan terlepas dari berbagai warna yang menghiasi. Istilah warna pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Sedulur karena kita semua tentunya sudah pernah mempelajarinya secara langsung.

Sekalipun sudah sering mendengar istilah warna, banyak orang yang belum mengetahui apa itu warna dan apa saja teori yang ada dalam penggunaan warna. Oleh sebab itu, simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi lengkap dari warna. 

BACA JUGA: 22 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Simple & Elegan

1. Warna primer

macam macam warna
salamadian

Macam macam warna yang pertama adalah warna primer. Warna ini merupakan warna pokok atau dasar yang belum tercampur dengan warna lain. Warna primer ini merupakan warna yang berdiri sendiri sebagai induk warna. Karena belum tercampur dengan warna lain, maka warna ini bisa digunakan sebagai suatu campuran pokok. Sehingga, akan tercipta warna lain yang dihasilkan dari pencampuran warna ini. Jenis warna ini bisa dipakai untuk bahan campuran warna yang ada pada printer. Berikut adalah macamnya:

-->
  • Warna merah yang disebut dengan magenta, yaitu warna merah yang semu ungu.
  • Warna kuning atau bisa disebut sebagai yellow dalam printer.
  • Salah satu dari macam-macam warna biru yang memiliki nama cyan. Artinya adalah warna biru semu hijau.

Ada pula singkatan yang biasa ditemui untuk warna primer dalam printer, yaitu CMY (Cyan, Magenta, Yellow). Dalam dunia percetakan saja singkatan ini hanya digunakan. Pada umumnya, warna tersebut adalah warna biru, merah, dan kuning.

2. Warna sekunder

macam macam warna
kumparan

Selain warna primer, ada juga jenis warna sekunder yang merupakan hasil pencampuran antara salah satu warna primer dengan warna lainnya.Jumlah warna sekunder ini sama seperti warna primer yaitu ungu, oranye, dan hijau yang juga merupakan warna turunan kedua dari warna primer. Macam-macam warna yang dihasilkan oleh warna sekunder tersebut merupakan campuran dari warna merah, kuning, dan biru. Jenis warna dari sekunder diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hijau/Green, merupakan hasil pencampuran dari warna kuning dan biru.
  • Jingga/Orange, merupakan hasil pencampuran dari warna merah dan kuning.
  • Ungu/Violet, merupakan hasil pencampuran dari warna biru dan merah.

BACA JUGA: Jadi Peluang Usaha, Ini 8 Kreasi Parcel Buah yang Cantik

3. Warna tersier

macam macam warna
dictio

Berbeda dengan sekunder, warna tersier adalah warna turunan ketiga dari primer. Warna ini terbentuk dari salah satu warna hasil pencampuran antara salah satu warna primer dengan warna sekunder. Warna tersier ini tentunya menghasilkan warna yang lebih banyak dan semu dengan warna yang lain seperti, coklat, merah muda, dan lain-lain. Warna ini tentunya akan menghasilkan warna yang lebih banyak dan cenderung semu dengan warna yang lain seperti merah muda dan coklat. Berikut adalah contoh dari macam macam warna tersier beserta campurannya:

  • Coklat kuning, yaitu hasil warna dari pencampuran antara warna ungu dengan warna kuning.
  • Coklat merah, yaitu hasil warna dari pencampuran antara warna hijau dengan warna merah.
  • Coklat biru, yaitu hasil warna dari pencampuran antara warna orange atau jingga dengan warna biru.

4. Warna kuarter

macam macam warna
materibelajar

Macam macam warna berikutnya adalah warna kuarter, yang merupakan hasil campuran warna yang berasal dari dua warna tersier. Artinya, turunan warna ketiga ini dicampur lagi dengan turunan warna ketiga lainnya. Sehingga, hasil dari pencampuran warna tersebut adalah warna kuarter. Macam-macam warna coklat adalah contoh dari perpaduan warna yang dihasilkan dari warna kuarter, yang bisa dilihat seperti dibawah ini:

  • Coklat hijau, merupakan warna hasil campuran antara warna biru dan warna kuning tersier.
  • Coklat jingga, merupakan warna hasil campuran antara warna kuning dan warna merah tersier.
  • Coklat ungu, merupakan warna hasil campuran antara warna biru dan warna merah tersier.

BACA JUGA: Bisa Jadi Ide Usaha, Begini Cara Buat Tas Rajut yang Trendy

5. Warna intermediate

macam macam warna
suara

Warna intermediate adalah macam macam warna berikutnya dan merupakan gabungan warna pada lingkaran yang terletak diantara primer dan sekunder. Warna ini hanya ada di antara dua turunan warna tersebut, bukan seperti tersier. Berikut adalah contohnya:

  • Merah jingga (Red Orange), merupakan warna yang terletak diantara warna jingga dan merah.
  • Kuning hijau (Yellow Green), merupakan warna yang terletak diantara warna hijau dan hijau.
  • Jingga kuning (Orange Yellow), merupakan warna yang terletak diantara warna jingga dan kuning.
  • Ungu merah (Violet Red), merupakan warna yang terletak diantara warna ungu dan merah.
  • Biru ungu (Blue Violet), merupakan warna yang terletak diantara warna biru dan ungu.
  • Hijau biru (Green Blue), merupakan warna yang terletak diantara warna biru dan hijau.

6. Warna netral

macam macam warna
dulux

Warna dasar dari warna primer maupun sekunder tidak dimiliki oleh warna netral. Warna netral merupakan campuran dari tiga komponen warna, namun tidak dalam komposisi yang tepat. Salah satu dari bermacam warna ini mudah untuk dipadukan karena sifatnya netral. Warna ini biasa digunakan sebagai warna latar belakang agar bisa tercipta kesan gelap ataupun terang. Macam macam warna hijau tidak termasuk dalam warna netral. Hitam dan putih adalah contoh dari warna netral.

BACA JUGA: 6 Jenis Media Tanam Kaktus Di Rumah & Cara Rawatnya

7. Warna kontras atau komplementer

skydesain

Selanjutnya merupakan warna kontras atau komplementer, yang memiliki perbedaan dalam segi kecerahan dari warna satu dengan warna lainnya. Contoh dari warna kontras adalah 

Warna ini memiliki kesan perbedaan kecerahan antara satu warna dengan warna lain. Warna ini sering disebut sebagai dua pada bundar warna yang letaknya berhadapan sehingga sangat terlihat perbedaannya. Warna komplementer/kontras ini contohnya seperti macam macam warna biru dengan jingga, ungu, dengan kuning, ataupun hijau dengan merah.

8. Warna monokrom

99.co

Istilah warna monokrom merupakan warna yang memiliki hue yang sama. Macam macam warna yang digunakan untuk warna monokrom ini adalah merah hitam, merah coklat, merah muda, merah jambu, ataupun hitam putih.

BACA JUGA: 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

9. Warna analog

grid

Analog adalah warna yang bisa disebut juga dengan berdekatan atau bertetangga. Istilah warna ini merupakan warna yang tidak kontras maupun tidak berkomplementer. Contoh dari macam macam warna analog adalah biru yang berdekatan dengan warna ungu atau merah keunguan.

10. Warna monoton

dictio

Monoton memiliki arti warna yang senada atau sama. Warna ini memiliki kecerahan yang sama antara warna satu dengan warna lainnya. Mulai dari warna terang ataupun warna gelap bisa menjadi warna monoton. Macam macam warna monoton contohnya adalah hijau tua, biru tua, serta coklat. Sementara untuk warna terang, contohnya adalah merah muda, kuning, serta jingga.

BACA JUGA: 30+ Contoh Usaha Kecil-Kecilan Yang Menghasilkan Dari Rumah

11. Warna dingin atau sejuk

edupaint

Warna dingin atau sejuk bisa menjadi pilihan macam macam warna rumah yang bagus. Hal ini dikarenakan warna ini memiliki sifat yang tenang serta sunyi. Jenis yang ada dari warna sejuk ini diantaranya adalah kelompok warna hijau dan biru. Warna yang memberikan kesan jarak jauh ini menjadi simbol dari kesejukan, kenyamanan, serta suasana yang gelap.

12. Warna panas

pngtree

Kebalikan dari warna dingin atau warna sejuk adalah warna panas. Warna ini memiliki kesan jarak yang dekat, dan berada pada rentang setengah lingkaran pada lingkaran warna yang dimulai dari warna merah sampai kuning. Simbol dari semangat dan kehangatan terkesan pada warna ini. Rumah yang dicat dengan warna panas dapat memberikan suasana yang cerah.

Demikian adalah informasi mengenai berbagai jenis warna yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika sedang mencari macam macam perpaduan warna yang cocok baik itu untuk membuat desain ataupun vektor. Jadi, jenis warna apa yang akan Sedulur gunakan? Semoga bermanfaat, ya!