warna cat rumah minimalis

Sudah bukan jadi rahasia bahwa desain interior sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah. Tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat desain dan dekorasi interior terbaik untuk hunian tercintanya. Berhubungan dengan hal tersebut, penggunaan warna cat rumah minimalis juga dinilai sangat berpengaruh.

Tidak hanya itu, cat rumah juga berfungsi untuk melindungi dinding rumah dari hujan, panas matahari, jamur, dan udara lembap. Mengingat pentingnya penggunaan cat pada dinding rumah, pemilihan variasi warnanya juga harus diperhatikan. Untuk itu, berikut ini warna cat rumah minimalis 2021 yang bisa Sedulur jadikan sebagai rekomendasi.

BACA JUGA: 16 Macam Tanaman Indoor, Bikin Rumahmu Semakin Nyaman!

1. Biru langit

cat rumah minimalis tampak depan warna cerah
pacificpaint

Rekomendasi warna cat rumah sederhana yang pertama ada biru langit. Warna ini mampu memberikan kesan yang ceria namun tetap minimalis. Dengan warna biru langit, rumah Sedulur akan terlihat lebih hidup dan menyenangkan.

-->

Kamu bisa menambahkan beberapa interior dengan warna yang senada. Yang dimaksud senada dalam hal ini adalah warna yang terkesan kalem. Jika ingin tampilan yang modern, bisa juga menggunakan interior dengan warna kontras.

2. Abu-abu

variasi warna cat rumah minimalis
designcorral

Ketika ada orang yang bertanya tentang variasi warna cat rumah minimalis, pasti kebanyakan pada menjawab abu-abu. Ya, itu memang benar. Terlebih lagi abu-abu cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis dekorasi interior.

Apabila ingin suasana rumah yang berbeda dan memiliki kesan klasik, kamu bisa memilih model  abu-abu lilac. Bisa dibilang abu-abu ini cocok ditempatkan di berbagai ruangan. Dapat dicat di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan lain sebagainya.

3. Celery

warna cat rumah minimalis 2021
jotunimages.azureedge

Celery merupakan warna yang diambil dari biru teal tua dan hijau muda. Tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak merek yang menjual jenis warna ini. Celery bisa menjadi pilihan cat tembok bagi yang suka warna antimainstream. Hal ini karena sangat jarang orang yang menggunakan warna tersebut.

Dengan warna celery ini, maka tampilan rumah Sedulur akan terlihat natural dan segar. Kemudian untuk interiornya, Sedulur bisa menggunakan warna netral.

4. Biru pastel

warna cat rumah minimalis dulux
imural

Jika sedang mencari warna cat rumah minimalis bagian dalam yang terkesan lembut dan kalem, maka kamu bisa memilih warna biru pastel. Tone ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk. Kamu tidak akan pernah bosan beraktivitas di dalam ruangannya.

Akan tetapi, warna ini tidak cocok digunakan untuk sembarang ruangan di rumah. Beberapa ruangan yang cocok seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Sedangkan untuk ruangan lain seperti dapur dan ruang tamu rasanya kurang cocok.

5. Coral

warna cat rumah minimalis bagian dalam
blogmaterialbangunan

Sejak beberapa tahun belakangn, warna coral sering dipilih sebagai cat untuk dekorasi rumah minimalis. Perpaduan antara merah muda dan oranye tua ini mampu menghasilkan warna yang terkesan girly.

Warna ini dinilai mampu membaut suasana ruangan nampak lebih hidup. Sedulur bisa menerapkan warna ini ke beberapa ruangan seperti ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang tamu. Bahkan warna ini juga cocok diterapkan di bagian dinding luar rumah.

6. Coklat

warna cat rumah yang sejuk
dulux

Bisa dikatakan jika pelopor dari warna earth tone pada 2021 ini adalah coklat. Bahkan sampai saat ini, telah muncul banyak varian warna cokelat yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Salah satunya adalah coffee brown, warna cokelat muda layaknya kopi.

Warna yang satu ini mampu memberikan kesan rumah yang minimalis, hangat, dan modern. Terlebih lagi jika kamu mengombinasikannya dengan interior berwarna coklat tua, abu-abu muda, dan berbagai macam aksen kayu.

7. Hijau tua

warna cat rumah sederhana
interiordesign

Hijau tua termasuk salah satu jenis warna yang cukup “aman” untuk dipilih. Warna cat rumah minimalis Dulux ini dinilai bisa menampilkan kesan yang lebih alami. Agar terlihat lebih modern, kamu bisa menambahkan tanaman hias dan juga sofa berwarna hijau muda.

Dengan warna ini dijamin ruangan di rumah akan terasa lebih menyenangkan untuk bersantai dan berbincang. Berhubungan dengan nuansa alam yang keluar, akan lebih baik jika warna ini diterapkan untuk ruangan yang memiliki penyinaran alami di siang hari.

8. Fuchsia

warna cat rumah minimalis fuchsia
rumahminimalist

Jika ingin tampilan dalam rumah terlihat lebih girly, maka bisa memilih fuchsia. Secara psikologis, warna ini terlihat cerah dan menyenangkan. Bahkan dapat juga mempengaruhi mood orang-orang yang ada di dalam ruangan.

Untuk interior, kamu bisa menggunakan model dekorasi yang warnanya senada. Namun jika ingin ruangan terlihat lebih estetik, bisa juga dengan warna interior yang netral. Sedulur bisa pilih jenis interior sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

9. Kuning muda

cat rumah minimalis kuning muda
rukita

Kuning muda adalah warna cat rumah yang sejuk dan tidak akan terkesan membosankan. Selain memberi kesan yang muda dan ceria, kuning yang cerah ini juga dinilai mampu meningkatkan rasa optimis dalam diri seseorang.

Sedulur bisa memilih warna kuning untuk cat rumah agar suasana yang ditimbulkan menjadi semakin hangat dan ceria. Warna ini cocok digunakan pada hampir semua ruangan di rumah. Bahkan untuk tembok bagian luar rumah sekalipun.

10. Maroon

marun cat rumah minimalis
ilmutekniksipil

Tidak sedikit orang yang ternyata suka dengan maroon. Jika Sedulur juga termasuk salah satunya, maka bisa juga menggunakan warna tersebut sebagai warna cat rumah minimalis. Warna yang satu ini cocok diaplikasikan di berbagai ruangan.

Misalnya saja seperti ruang keluarga, kamar tidur, atau bahkan ruang makan. Semuanya cocok dicat dengan warna maroon. Akan tetapi, kamu juga perlu memilih dekorasi yang tepat. Jangan sampai warna interior yang digunakan justru menabrak warna dindingnya.

11. Hijau mint

hijau mint
ilmutekniksipil

Bagi yang merasa rumahnya terkesan sumpek dan butuh warna baru yang menyegarkan, maka bisa menjadikan warna hijau mint sebagai salah satu opsi. Warna hijau mint sendiri terkesan kalem dan bersifat menenangkan.

Jika Sedulur merasa kurang tertarik dengan warna hijau mint polos, kamu bisa memadukannya dengan kuning, putih, atau abu-abu. Dijamin suasana yang tercipta dalam ruangan tersebut akan terasa berbeda.

BACA JUGA: 25 Daftar Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya!

12. Merah hati

cat rumah merah hati
beres

Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa minimalis itu tidak harus soft. Ada juga warna tajam yang cocok digunakan untuk rumah minimalis, salah satunya adalah merah hati. Ini adalah warna yang sering digunakan untuk rumah bergaya modern.

Warna merah hati dipercaya mampu memberikan suasana yang lebih hidup dan penuh energi dalam sebuah ruangan. Kemudian untuk bagian interiornya, gunakan warna yang berkesinambungan dan netral.

13. Oranye

cat rumah orange
rumahminimalispro

Rekomendasi warna cat rumah minimalis yang berikutnya adalah oranye. Warna satu ini mampu memberikan kesan yang ceria dan membuat rumah nampak lebih hidup. Kesan yang akan ditampilkan oleh warna ini akan membuat siapapun takjub ketika melihatnya. Untuk memberikan kesan yang lebih menarik, Sedulur bisa mengombinasikannya dengan sofa berwarna putih.

Selain itu, oranye juga menjadi cat rumah minimalis tampak depan warna cerah. Jadi selain untuk bagian dalam, oranye ini juga sangat cocok diterapkan di bagian luar rumah.

14. Navy

rumah minimalis navy
bangizaltoy

Warna navy sering kali digunakan untuk cat rumah yang mengusung gaya modern minimalis. Walaupun kesannya cukup gelap dan dingin, warna ini dinilai mampu memberikan suasa psikologis yang stabil, tenang, dan yang paling penting adalah produktif.

Akan terlihat semakin menarik apabila dipadukan dengan dekorasi interior berwarna netral. Yang paling penting, jangan gunakan perabotan yang memiliki warna bertabrakan dengan navy.

15. Putih

rumah cat putih
rumahhokie

Walaupun seringkali dinilai membosankan dan monoton, kamu tetap bisa mengombinasikan warna putih dengan desain interior yang tepat. Putih pada bagian dalam rumah memiliki banyak implementasi terbaik dan juga cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis interior. Akan tetapi jika Sedulur menggunakan warna putih, butuh perawatan yang ekstra mengingat warnanya yang sangat mudah terkena kotoran atau debu.

16. Pink pastel

pink pastel
bramblefurniture

Cat rumah warna pink pastel bisa memberi kesan minimalis dan juga ceria di dalam ruangan. Sedulur bisa mengaplikasikan warna cat rumah minimalis yang satu ini dengan menggunakan dekorasi yang elegan dan modern seperti lampu hias, hiasan dinding, juga tanaman hias khusus dalam rumah.

Untuk interior yang cocok, Sedulur bisa memilih perabotan dengan warna terang dan kalem. Atau lebih cocok lagi jika warnanya didominasi dengan putih. Desain dari ruangan tersebut akan terlihat lebih manis lagi.

17. Ungu pastel

cat ungu pastel
pinhome

Jika sebelumnya ada pink pastel, kali ini ada ungu pastel. Kebanyakan warna yang satu ini diterapkan untuk dinding kamar tidur anak perempuan. Meskipun begitu, ungu pastel ini juga cocok diaplikasikan di ruangan lain seperti ruang tamu dan ruang tengah. Terlebih lagi jika Sedulur melengkapi ruangan tersebut dengan interior berwarna pastel seperti pink, kuning, biru, maupun tosca. Hal ini dilakukan agar kesan ceria dan menyegarkan bisa muncul di dalam rumah.

18. Salem tua

cat rumah pastel tua
dekoruma

Dapat dibilang jika salem tua menjadi tone yang kerap digunakan untuk hunian minimalis. Warna cat rumah minimalis yang satu ini cocok dipadukan dengan furnitur yang memiliki warna earth tone seperti merah bata, marun, coklat, dan abu-abu. Sedulur dapat menggunakan warna salem tua ini di berbagai ruangan agar nampak lebih berkelas dan elegan.

19. Clay

clay
pokohjayateknik

Clay adalah gradasi antara warna karamel, coklat muda, oranye, cengkeh, dan terakota. Warna yang satu ini sangat cocok disandingkan dengan interior yang memiliki warana terang. Tentu saja, warna ini pas diterapkan dalam desain rumah minimalis.

20. Mustard

cat rumah minimalis mustard
interiordesign

Rekomendasi warna cat rumah minimalis yang selanjutnya ada mustard. Tone ini sendiri terbilang cukup unik, karena perpaduan antara warna kuning cerah, putih, dan ada sedikit cokelat. Warna ini akan memberikan nuansa yang rileks sehingga mood positif bisa datang.

Tentu saja mustard bisa diaplikasikan di berbagai ruangan yang ada di rumah. Bisa di ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, juga dinding luar rumah.

21. Peach

warna cat rumah minimalis peach
dekoruma

Bagi sedulur yang ingin menggunakan interior serba glowing, maka cobalah untuk menggunakan warna peach untuk cat dindingnya. Pink pucat yang dicampur dengan oranye ini bisa memberikan kesan hangat dan luas. Maka dari itu, warna cat rumah minimalis ini sangat cocok diterapkan pada kamar tidur.

22. Hijau emerald

warna cat rumah minimalis hijau emerald
dulux

Rekomendasi yang terakhir ada warna hijau emerald, sebuah warna yang mampu memberikan kesan luks dan berkelas. Warna ini cenderung tua mengilat jadi lebih cocok diaplikasikan untuk ruang keluarga dan ruang kerja.

Kemudian untuk bagian interiornya, kamu bisa memilih warna lain seperti putih atau coklat. Kedua warna interior tersebut dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan kesan netral.

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

Kamu bisa pilih warna untuk cat rumah yang diinginkan. Namun bila tidak ingin mencampur cat sendiri untuk menghasilkan warna yang diinginkan, tidak perlu khawatir. Untuk saat ini, sudah ada banyak merek cat yang menyediakan berbagai jenis tone warna.

Sedulur hanya perlu mendatangi penjual cat, kemudian bilang warna cat rumah minimalis yang diinginkan. Nantinya penjual akan memberi beberapa pilihan dan bisa memilih satu yang paling sesuai.

Selain memilih warna cat yang tepat untuk rumah, kamu juga harus tetap memberikan pilihan  yang terbaik untuk sembako bagi penghuninya. Aplikasi Super bisa menjadi apps untuk one stop shopping untuk kebutuhan sehari-hari. Bisa pesan kapan saja dan barang akan diantar dalam waktu cepat. Kamu pun tidak perlu keluar rumah, deh.