contoh usaha kecil-kecilan

Usaha tidak harus langsung besar, melainkan juga bisa dirintis dari usaha kecil-kecilan sebagaimana yang akan dijelaskan pada artikel di bawah ini. Menariknya, ada berbagai macam contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Sedulur coba. Mulai dari usaha kecil-kecilan makanan hingga usaha kecil-kecilan jasa wedding organizer.

Berbagai jenis usaha kecil-kecilan ini bisa Sedulur mulai merintisnya dari rumah dan tetap mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Kuncinya adalah Sedulur harus memiliki kemauan untuk mempelajari bagaimana cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Nah, pada artikel kali ini, Super akan membahas beberapa contoh usaha modal kecil namun tetap dapat mendatangkan untung besar. Penasaran apa saja contoh usaha kecil-kecilan tersebut? Untuk itu, yuk, langsung disimak informasi selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 25 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan 2022

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dirintis dari rumah

Berikut beberapa contoh ide usaha kecil-kecilan yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk menambah pemasukan ataupun sebagai sumber pemasukan utama. Mulai dari bisnis minuman franchise, kue kering, hingga penyedia jasa penatu atau laundry.

1. Usaha minuman franchise atau waralaba

contoh usaha kecil-kecilan
Pinterest

Contoh usaha kecil-kecilan yang pertama adalah usaha franchise minuman atau jus buah. Usaha franchise atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai waralaba ini merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang sangat menguntungkan.

Usaha waralaba minuman salah satu jenis usaha waralaba yang dapat memberikan kita keuntungan. Menjalani jenis bisnis minuman satu  ini sedang ramai dijalankan, dan akan banyak kita temui di kota-kota besar.

Bermacam jenis contoh usaha kecil-kecilan dari minuman waralaba, mulai dari teh, susu, coklat, kopi hingga soda ramai digunakan. Sangat mudah memulai usaha minuman ini. Jika kita ingin lebih fokus lagi, pilih salah satu jenis minuman saja.

2. Usaha kecil-kecilan bisnis pulsa dan token listrik

contoh usaha kecil-kecilan
Finansial

Contoh usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah bisnis pulsa dan token listrik. Saat ini setiap orang sudah menggunakan gawai berupa smartphone atau ponsel pintar sebagai alat utama untuk berkomunikasi. Oleh karenanya, kebutuhan akan pulsa dan paket internet juga turut meningkat.

Di samping itu, Sedulur juga bisa turut menyediakan jasa pembelian token listrik bersamaan dengan bisnis pulsa tersebut. Karena seperti yang diketahui, tak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan listrik dengan sistem token di rumahnya.

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu besar. Namun mengingat tingginya kebutuhan akan pulsa dan token listrik, bisnis satu ini tidak ada salahnya untuk Sedulur coba. Sistem pengelolaan bisnisnya yang sederhana juga menjadikan jenis bisnis pulsa dan token listrik ini patut dicoba sebagai ide usaha kecil-kecilan yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa.

3. Usaha kecil-kecilan dropship atau toko online

contoh usaha kecil-kecilan
Freepik

Salah satu usaha kecil-kecilan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah adalah menjadi reseller atau dropshipper di toko online. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi reseller toko online walaupun termasuk dalam contoh usaha kecil-kecilan.

Ramainya bisnis toko online dan aktivitas belanja online saat ini bisa menjadikan jenis bisnis ini sebagai sebuah rekomendasi usaha yang kita jalani. Kita tidak perlu menyewa tempat atau Gedung untuk menjalankan bisnis ini. Kita bisa menjalankan bisnis ini di rumah.

Selain tidak memerlukan tempat permanen, usaha ini juga dapat dilakukan disela-sela waktu istirahat sekolah dan kuliah atau bekerja karena bisnis online waktunya lebih fleksibel. Sehingga bisnis ini juga cocok dijadikan pilihan usaha sampingan untuk menambah pemasukan.

4. Usaha kecil-kecilan bisnis camilan

contoh usaha kecil-kecilan
Freepik

Banyak makanan ringan atau camilan yang bisa kita jadikan sebagai usaha kecil-kecilan. Banyak juga contoh usaha kecil-kecilan satu ini yang telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis satu ini.

Hal yang membuat usaha kecil-kecilan ini menjadi menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai cemilan. Masyarakat Indonesia sering kali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan.

Mulai dari cemilan manis, asin hingga pedas. Oleh karena itu, contoh usaha kecil-kecilan satu ini sangat menguntungkan untuk dilakukan.

5. Usaha kue kering

contoh usaha kecil-kecilan
Tribunnews Makassar

Contoh usaha kecil-kecilan ini sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen spesial seperti Hari Raya Idulfitri atau lebaran. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijadikan hantaran.

Seperti yang diketahui, sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia pada momen lebaran harus tersedia kue kering sebagai sajian utama. Biasanya kue kering akan disandingkan dengan berbagai hidangan berat lainnya, seperti opor ayam dan juga gulai. Hari raya pun seolah terasa kurang apabila tidak dilengkapi dengan kehadiran kue kering di meja. Hal tersebut yang menjadikan usaha satu ini sangat menguntungkan.

Membuat kue kering pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat serta harganya juga cukup terjangkau. Sehingga Sedulur bisa semakin banyak mendapatkan keuntungan untuk menjalankan contoh usaha kecil-kecilan satu ini.

BACA JUGA: 12 Franchise Murah Dibawah 5 Juta untuk Bisnis Modal Kecil

6. Usaha makanan menu sarapan

contoh usaha kecil-kecilan
Fimela

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia untuk selalu membeli sarapan. Hal ini karena jarang sekali masyarakat Indonesia yang memasak di pagi hari. Selain itu, contoh usaha kecil-kecilan ini juga mematok harga yang sangat murah.

Hal tersebut yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih untuk membeli makanan untuk sarapan daripada memasak langsung. Sarapan yang umum dijual adalah bubur, ketoprak, ketupat sayur, dan soto.

7. Usaha parcel dan hamper

contoh usaha kecil-kecilan
Viva

Contoh usaha kecil-kecilan ini sangat menguntungkan untuk dilakukan, sama seperti kue kering. Usaha satu ini biasanya akan mendapat banyak pesanan ketika memasuki momen Hari Raya Idul Fitri ataupun perayaan keagamaan lainnya.

Banyak masyarakat yang saling berbagi dan mengirim parcel untuk kerabat atau rekan kerja. Hal itu dilakukan sebagai bukti jalinan persahabatan atau juga bukti memperpanjang silaturahmi. Parcel menjadi simbol kasih sayang di hari raya. Menjalankan usaha parcel sebagai contoh usaha kecil-kecilan sangat menguntungkan sekali.

8. Usaha warung internet (warnet)

contoh usaha kecil-kecilan
Detiknet

Walaupun saat ini banyak masyarakat yang memasang internet sendiri di rumahnya, menjadikan warnet sebagai contoh usaha kecil-kecilan yang menguntungkan adalah hal yang patut dicoba. Karena warnet masih menjadi primadona, terutama warnet game.

Pasalnya bermain game membutuhkan komputer dengan kemampuan tinggi. Sementara tidak semua orang memiliki perangkat tersebut. Hal itu pun menjadikan warnet game masih bertahan dan masih sangat dibutuhkan oleh para gamers. Tidak heran banyak pengusaha warnet yang saat ini masih bertahan.

9. Usaha makanan beku atau frozen food

contoh usaha kecil-kecilan
Detik

Usaha satu ini merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kita contoh. Karena saat ini banyak masyarakat yang menyukai makanan beku dikarenakan daya tahannya yang sangat lama. Bisa kita lihat di setiap supermarket pasti tersedia banyak makanan beku yang ditawarkan.

Hal tersebut karena tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan beku. Kita bisa menjadikan makanan beku sebagai contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kita jual secara online dan menyimpan makanan di beku di rumah.

10. Usaha jualan mainan anak-anak

contoh usaha kecil-kecilan
YouTube

Salah satu contoh usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah menjual mainan anak. Kita bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan menjual mainan anak-anak. Karena anak-anak akan mudah tergiur dengan mainan.

Terutama jika kita menjual mainan untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Jadi kita menyediakan banyak jenis mainan yang akan membuat keuntungan semakin besar.

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Rice Bowl Rumahan dan Cara Memulainya

11. Usaha kerajinan tangan

Liputan 6

Contoh usaha kecil-kecilan selanjutnya adalah menjual kerajinan tangan, terutama kerajinan tangan yang kita buat merupakan kerajinan tangan khas yang tidak dimiliki oleh yang lain. Selain itu, menjalankan usaha ini membuat kita bisa memanfaatkan limbah plastik.

Banyak kerajinan tangan yang terbuat dari limbah plastik, hal ini baik untuk lingkungan kita. Plastik yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan bisa kita jadikan sebuah kerajinan seperti tas, dompet hingga karpet.

12. Usaha ternak ayam

Borneo News

Ternak ayam juga merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan keuntungan. Memiliki ternak ayam merupakan sebuah peluang usaha yang bisa mengantarkan keberkahan dan manfaat bagi orang banyak.

Masyarakat Indonesia sangat menyukai daging ayam, selain itu banyak juga pengusaha makanan yang menjual ayam sebagai salah satu menu makanannya. Kita bisa memanfaatkan ketertarikan masyarakat Indonesia kepada daging ayam agar usaha ternak ayam kita laris manis.

13. Rental mobil

Jawa Pos

Contoh usaha kecil-kecilan ini memang membutuhkan banyak modal di awalnya, namun walaupun begitu juga usaha rental mobil masih termasuk ke dalam salah satu contoh usaha kecil-kecilan. Peluang usaha ini akan sangat strategis jika kita membukanya di daerah wisata.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata tanpa membawa kendaraan. Membuka usaha rental mobil merupakan suatu peluang usaha yang akan membawa keuntungan besar. Modal besar di awal pun akan cepat tertutup.

14. Usaha jasa wedding organizer

Freepik

Membuka wedding organizer merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah tren dalam sebuah pernikahan.

Oleh karena itu, wedding organizer merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang wajib kita coba karena dapat memberikan kita keuntungan yang sangat melimpah. Namun, menjalankan usaha satu ini memerlukan tim yang banyak dengan kerja yang ulet dan disiplin.

15. Bisnis tukang cukur atau barbershop

Suara

Barbershop merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan dengan peluang usaha tinggi. Usaha potong rambut telah lama berjalan dan dilakukan banyak orang,. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru.

Belum lagi jika kita memberikan banyak jenis pelayanan. Hal ini akan semakin menambah daya tarik dari usaha barbershop. Layanan tambahan seperti keramas, cat rambut dan lainnya bisa menjadikan barbershop sebagai usaha kecil-kecilan yang sangat menguntungkan.

BACA JUGA: 12 Situs Penghasil Uang dari Foto yang Bisa Dijadikan Bisnis

16. Usaha jasa penitipan anak

Freepik

Usaha jenis satu ini merupakan usaha yang bisa kita coba. Saat ini banyak orangtua muda yang keduanya bekerja untuk mendapatkan pemasukan yang cukup untuk kebutuhan bulanan. Oleh karena itu, banyak anak-anak dititipkan kepada saudara atau keluarga.

Ada beberapa orang tua yang kebingungan menitipkan anaknya, oleh karena itu jasa penitipan akan bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menarik. Selain itu, membuka jasa penitipan anak juga merupakan sebuah contoh usaha kecil-kecilan.

Selain itu, penitipan anak juga merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Kita hanya membutuhkan ruang yang cukup, dan juga kemampuan untuk mengasuh anak kecil. Jenis usaha ini sangat membantu dan dibutuhkan oleh beberapa pasangan orang tua yang memiliki pekerjaan yang sibuk.

17. Usaha makelar properti

Rumah.com

Contoh usaha kecil-kecilan ini hanya membutuhkan kemampuan berbicara dan meyakinkan pembeli. Kita bisa mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan properti. Kita tidak harus memiliki properti terlebih dahulu, yang kita lakukan hanya menjual dan menawarkannya.

Usaha ini sangat menguntungkan dan bisa kita jadikan sebagai rekomendasi atau contoh usaha kecil-kecilan. Karena usaha satu ini memang tidak membutuhkan modal materi sama sekali, kecuali kemampuan kita berdagang yang dibutuhkan sebagai modal utama.

18. Usaha bisnis foto copy

Lifepal

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Sedulur coba berikutnya adalah bisnis fotokopi. Bisnis satu ini bisa menjadi pilihan terlebih jika Sedulur tinggal di kawasan dekat kampus atau sekolah. Sebab, usaha ini masih banyak dibutuhkan oleh mahasiswa atau pelajar pada umumnya.

Selain menawarkan jasa fotokopi, Sedulur juga bisa menambah pendapatan dengan menyediakan perlengkapan alat tulis, seperti kertas, buku, dan amplop. Tak berhenti sampai di situ, dalam jangka panjang Sedulur juga bisa menambah lingkup bisnis dengan menyediakan layanan cetak foto, cetak banner, dan lain sebagainya.

19. Usaha jualan buku bekas

Good News From Indonesia

Punya banyak buku bekas yang berkualitas? Hal tersebut juga bisa dijadikan peluang usaha. Di Indonesia banyak sekali pembaca buku yang sangat menyukai buku-buku bekas. Terutama jika kita memiliki buku lawas dan antik.

Banyak kolektor buku yang mencari buku-buku lawas karena memiliki kecintaan terhadap buku. Menjadikan para kolektor buku sebagai target pasar dan memberi keuntungan dalam menjalankan bisnis satu ini.

Berjualan buku bisa kita jadikan sebagai contoh usaha kecil-kecilan yang sangat menguntungkan, karena banyak penjual buku yang sudah terbukti sukses dan memiliki banyak keuntungan dari hanya sekedar menjual buku saja.

20. Usaha kecil-kecilan jasa penerjemah

Freepik

Kemampuan Bahasa menjadi faktor penting untuk menjalankan contoh usaha kecil-kecilan satu ini. Banyak perusahaan atau para akademisi yang membutuhkan jasa penerjemah untuk urusan mereka masing-masing.

Perusahaan biasanya membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan proposal dan surat menyurat, sedangkan akademisi membutuhkan jasa penerjemah untuk kepentingan jurnal atau penelitian yang sedang dilakukan.

Menjadi penerjemah bisa memberikan keuntungan yang sangat besar. Karena kita bisa mematok tarif penerjemahan sesuai keinginan kita. Namun umumnya para penerjemah menarif terjemahannya per lembar atau per halaman.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan dan Pasti Cuan

21. Usaha jasa menulis

Freepik

Profesi satu ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Bagi yang memiliki minat dan ketertarikan dalam urusan menulis dan dunia literasi, bisa mencoba profesi satu ini sebagai sebuah usaha yang sangat menguntungkan.

Di tambah lagi saat ini, perusahaan media membutuhkan banyak jasa penulis lepas untuk mengisi konten-konten yang dimiliki. Konon kabarnya, menjadi penulis lepas dalam sebuah media memiliki bayaran yang sangat menggiurkan.

Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi penulis merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kita tekuni secara perlahan namun dengan sangat serius.

22. Usaha toko kelontong dan menjadi Super Agen

Toko kelontong
Super

Usaha warung kelontong juga menjadi salah satu usaha kecil-kecilan yang sangat populer di Indonesia. Hal ini karena pasar dari toko kelontong tak hanya kelompok kelas menengah ke bawah tapi juga masyarakat menengah atas. Apalagi barang yang dijual di toko kelontong merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang.

Nah, salah satu toko kelontong modern yang cocok Sedulur coba untuk memulai usaha kecil-kecilan adalah Super Agen. Super Agen memberikan kesempatan Sedulur untuk membuka usaha warung kelontong untuk menyediakan barang secara grosir atau satuan untuk masyarakat. Sistem yang digunakan pun sudah menggunakan aplikasi sehingga pelanggan bisa membeli lewat ponsel masing-masing.

Selain itu, keberadaan Super Agen juga bisa memberikan keuntungan yang melimpah kepada masyarakat dan juga pemilik usaha.

23. Jasa fotografer dan videografer

Freepik

Kemampuan atau skill foto dan video saat ini sedang sangat diminati. Banyak pihak yang membutuhkan layanan foto dan video untuk kepentingan dokumentasi. Terutama di era digital seperti saat ini, kebutuhan akan visual sangat tinggi.

Oleh karena itu fotografer dan videografer merupakan contoh usaha kecil-kecilan dengan peluang usaha yang besar. Banyak kegiatan yang hampir selalu membutuhkan dokumentasi, baik itu foto ataupun video.

Seperti pernikahan, seminar, hingga wisuda. Semua kegiatan hampir membutuhkan dokumentasi, baik sebagai kenangan ataupun sebagai laporan. Oleh karena itu, menjadi fotografer dan videografer merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan.

24. Usaha jasa desain grafis

International Design School

Masih berkaitan dengan dunia digital marketing, desainer grafis merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi.

Selain karena kebutuhan visual, era digital juga sangat mempengaruhi lahirnya desainer grafis sebagai sebuah peluang usaha. Bagi yang memiliki kemampuan visual yang baik, bisa menjadikan profesi satu ini sebagai sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan.

25. Influencer dan content creator

Scalefluence

Banyak platform yang bisa kita gunakan, seperti Youtube, Instagram dan juga platform lainnya yang dapat memberikan kita pemasukan yang tinggi. Oleh karena itu, menjadi influencer atau content creator merupakan salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan. Karena dunia tengah memasuki era digital, menjadikan contoh usaha kecil-kecilan satu ini sangat ramai dicoba oleh banyak orang.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha 2022

26. Usaha kecil-kecilan bisnis katering

Freepik

Memiliki sebuah katering juga merupakan sebuah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan kita banyak keuntungan. Banyak kegiatan atau event yang membutuhkan jasa katering. Seperti pernikahan, seminar, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

Semuanya membutuhkan jasa katering untuk menjamin konsumsi dalam kegiatan tersebut. Hal ini yang menjadikan usaha katering sebagai sebuah peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

27. Usaha penyedia jasa make up artist (MUA)

Allure

Profesi yang sedang ramai saat ini adalah profesi make-up artist. Menjalankan profesi satu ini bisa dijadikan sebagai contoh usaha kecil-kecilan. Jangan salah, jika kita telah menjadi seorang make-up artist profesional, kita bisa mendapatkan bayaran yang sangat besar, lho.

28. Usaha menjadi pemandu wisata atau tour guide

Suara

Ide usaha kecil-kecilan berikutnya adalah pemandu wisata atau tour guide. Profesi satu ini juga bisa kita jadikan sebagai sebuah peluang usaha, sekaligus sebuah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa ditiru. Jangan salah, menjadi pemandu wisata dapat memberikan kita penghasilan yang tinggi. Selain dari jasa memandu, kita juga akan mendapatkan uang tip dari para wisatawan.

29. Usaha penatu atau laundry

CNN

Satu lagi contoh usaha kecil-kecilan yang sangat menggiurkan yang bisa kita lakukan, yaitu usaha penatu atau lebih umum dikenal sebagai laundry. Terutama jika membuka usaha laundry di wilayah kampus dan perkantoran, banyak mahasiswa atau pegawai yang tidak sempat mencuci baju sendiri sehingga membutuhkan jasa penatu. Tak heran, membuka jasa laundry dijamin akan memberikan kita keuntungan besar, walaupun jenis bisnis ini masuk dalam contoh usaha kecil-kecilan.

BACA JUGA: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Beserta Tips Menjalankannya

30. Usaha survei data

Freepik

Banyak mahasiswa yang sedang menulis tesis dan atau tugas akhirnya yang membutuhkan banyak data. Namun biasanya mereka tidak memiliki banyak waktu untuk penelitian. Hal tersebut yang menjadi contoh usaha kecil-kecilan ini akan sangat laris, karena adanya kebutuhan dari masyarakat yang membutuhkan.

31. Usaha toko sembako

Aceh Tribunnews

Contoh usaha kecil-kecil yang sangat menjanjikan adalah menjual sembako dengan membuka sebuah warung atau toko. Warung merupakan peluang usaha rumahan di desa yang umum kita temui. Hal ini karena sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat untuk bertahan hidup.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat toko sembako semakin laris. Kita bisa melakukan promosi atau kerjasama dengan supplier sembako. Yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan adalah kunci utama untuk memajukan toko kelontong.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai 30+ contoh usaha kecil-kecilan. Beragam ide usaha tersebut bisa Sedulur coba dengan mulai merintisnya dari rumah.

Di sisi lain, Sedulur juga bisa bergabung menjadi Super Agen di samping menjalankan bisnis toko kelontong. Dengan begitu, Sedulur akan mendapatkan semakin banyak keuntungan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.