peluang usaha

Saat ini, sudah ada banyak sekali peluang usaha yang mampu memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Bahkan Sedulur bisa bekerja di rumah untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Terlebih lagi di kondisi ekonomi karena pandemi seperti saat ini, semua orang dituntut untuk mempunyai kemampuan usaha agar bisa tetap bertahan. Peluang ini adalah kesempatan yang kita miliki untuk membuka suatu usaha tertentu agar bisa sukses dan menjadi besar nantinya.

Untuk mencapai peluang usaha, diperlukan ketekunan dan juga keseriusan agar uang yang sudah dikeluarkan untuk modal itu tidak terbuang sia-sia. Maka dari itu, mulailah bisnis Sedulur dengan bijaksana.

Manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan jangan pernah melewatkan kesempatan sekecil apapun itu. Kesempatan yang kecil bisa memberikan efek yang besar jika Sedulur memanfaatkannya dengan benar. Nah, jika Sedulur sudah paham, sekarang mari bahas peluang usaha yang bisa Sedulur simak dan pahami.

BACA JUGA: 17 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untuk Kamu Coba

-->

1. Jasa konsultan dan SEO writer

pexels

Peluang usaha adalah dengan memanfaatkan keahlian di kesempatan yang ada. Apakah Sedulur punya keahlian dalam menulis artikel? Ya, coba saja manfaatkan kelebihan tersebut dengan membuka jasa penulis artikel SEO friendly. Bagi mereka yang membutuhkan traffic dari mesin pencari layaknya Google, mereka sangat membutuhkan jasa seperti itu.

Sedulur dapat membuka jasa penulis artikel di rumah saja. Kamu juga bisa mulai mendalami cara penulisan artikel yang benar sesuai dengan standar SEO untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari bisnis jasa yang satu ini. Terlebih lagi bagi yang sudah akrab dan punya pengalaman dengan dunia Search Engine Optimization ini, jangan pernah melewatkan atau membuang kesempatan emas ini.

2. Jasa desain grafis

peluang usaha
pexels

Di era serba digital seperti saat ini, jasa design grafis, motion grafis, video editor dan lain sebagainya itu sangat dibutuhkan. Jenis usaha yang menjual keahlian ini dijamin akan berkembang pesat dan yang pasti akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Jadi bagi Sedulur yang memiliki keahlian-keahlian di bidang tersebut, jangan ragu untuk memanfaatkannya. Jasa yang satu ini sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk media sosial, membuat desain logo dan desain kemasan produk sampai kebutuhan marketing penjualan yang lain.

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua orang bisa menggunakan software editing profesional dan mempunyai skill yang kreatif. Tidak ada salahnya membangun usaha jasa desain sendiri, jika Sedulur punya potensi.

3. YouTuber dan selebgram

peluang usaha
pexels

Jangan hanya membuka sosial media untuk melihat konten-konten yang ada di dalamnya. Coba Sedulur berpikir untuk membuat sebuah konten sendiri dengan memaksimalkan manfaat dan juga peluang dari media sosial yang kini sudah menjamur di seluruh lapisan masyarakat.

Untuk jadi seorang “selebriti” di social media, pastinya Sedulur perlu memikirkan sebuah konsep yang kreatif. Selain itu, tentukan pula target audiens yang nantinya akan dikejar. Apabila keunikan tersendiri di dalam konten tersebut sudah berhasil ditemukan, dijamin akan memikat banyak penonton dan penggemar. Di situlah peluang untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar-lebar.

4. Laundry kiloan

peluang usaha
pexels

Untuk saat ini, tidak sedikit orang yang jauh lebih menyukai hal-hal yang terasa  praktis. Terlebih lagi kerana kesibukan yang dimilikinya, banyak orang lebih memilih untuk meminta bantuan dan membayar orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Salah satu pekerjaan rumah yang dapat Sedulur jadikan sebagai usaha yang berpotensi untung besar adalah dengan membuka laundry kiloan. Dengan membuka usaha laundry kiloan ini kamu dapat menjadi ladang cuan, lho.

Apalagi jika lokasi kediaman Sedulur berada di area yang strategis seperti di daerah yang ada banyak tempat kost. Tentu saja usaha yang tidak membutuhkan modal terlalu banyak ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi Sedulur.

5. Membuka coffee shop

peluang usaha
pexels

Tidak perlu diragukan lagi jika akhir-akhir ini bisnis coffee shop mulai banyak berkembang. Hal ini karena kelompok generasi milenial dan juga generasi Z yang sangat gemar untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah di sebuah coffee shop yang suasananya terasa nyaman.

Terlebih lagi jika tempat tersebut menyediakan akses Wi-Fi, pasti akan semakin ramai. Coffee shop juga sering menjadi pilihan tempat untuk berkumpul serta bertemu dengan teman-teman dan kerabat.

Sedulur dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah yang banyak. Jika Sedulur ingin membuka coffee shop, pastikan tempat yang dihadirkan benar-benar terasa nyaman bagi para pengunjung.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Fotokopi yang Harus Diketahui Pemula

6. Membuka usaha catering

peluang usaha
pexels

Bagi Sedulur yang memiliki hobi memasak, jangan pernah membuang skill emas yang dimiliki tersebut. Kamu bisa manfaatkannya dengan membuka usaha rumahan yakni catering. Usaha yang satu ini, mempunyai potensi untuk mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Sudah banyak yang membuktikan jika usaha di bidang makanan ini bisa Sedulur manfaatkan untuk meraup keuntungan yang banyak. Apalagi dengan adanya bantuan dari media sosial, usaha catering ini bisa lebih lancar.

Banyak orang yang butuh jasa catering untuk berbagai kesempatan. Mulai dari acara keluarga, kebutuhan makan siang untuk karyawan kantor, rapat di kantor, catering diet hingga catering untuk acara pernikahan. Ayo manfaatkan kesempatan ini untuk mendapat keuntungan.

7. Bisnis kos-kosan

peluang usaha
pexels

Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisnis kos-kosan ini dapat Sedulur jadikan sebagai investasi jangka panjang di masa tua mendatang. Terlebih lagi bagi para pekerja yang tidak mendapatkan dana pensiun nantinya.

Menabung untuk membangun sebuah bisnis berupa kos-kosan dapat menjadi peluang passive income yang tidak akan pernah ada matinya. Namun seperti yang tadi sudah dikatakan, jika butuh modal yang besar apabila Sedulur ingin membuat sebuah kos-kosan.

Ibaratnya, Sedulur harus mengeluarkan uang untuk membangun sebuah rumah. Menyiapkan tempat, membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, dan membayar tukang yang membangunnya. Tapi jika sudah jalan, dijamin secara perlahan modal akan balik dan keuntungan akan datang.

8. Bisnis online shop

peluang usaha
pexels

Kemajuan dan kecanggihan teknologi, membuat setiap orang bisa dengan lebih mudah untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Misalnya saja dengan menjalankan sebuah bisnis online shop. Apalagi saat ini telah didukung dengan adanya banyak marketplace yang menjadi tempat bertemu antara pemilik bisnis dan pembeli dalam suatu media sosial.

Dalam dunia online, Peluang Sedulur untuk meraih banyak konsumen itu bisa lebih luas lagi. Contohnya saja dengan membuka bisnis online shop di beberapa platform e-commerce. Ditambah lagi dengan mengenalkan produk-produk melalui media sosial. 

Dengan memanfaatkan fitur teknologi yang ada, bisa Sedulur bisa berkembang secara lebih pesat. Mau bisnis jual makanan, jual pakaian, jual barang elektronik, kecantikan dan jenis bisnis lainnya dapat Sedulur maksimalkan dengan melalui bisnis online.

9. Buka usaha thrift shop

peluang usaha
pexels

Sejak pandemi COVID-19, tren penjualan pakaian second atau yang sering disebut sebagai thrift shop mulai banyak bermunculan. Tidak perlu khawatir, baju yang dijual itu sudah pasti baju yang masih layak untuk dipakai.

Bisnis yang satu ini tidak mengharuskan Sedulur untuk mengeluarkan modal yang besar. Pastinya ini akan terasa sangat cocok untuk jadi pilihan usaha bagi kalangan muda. Thrift shop ini banyak bermunculan di berbagai macam platform media sosial dengan harga baju yang lebih murah dari baju baru. Bahkan beberapa baju yang dijual juga tergolong baju branded yang tentu akan menarik perhatian para konsumen karena kuliatasnya original namun harganya murah.

10. Jasa jahit pakaian

peluang usaha
pexels

Jangan pernah Sedulur meremehkan kemampuan seseorang dalam menjahit pakaian. Dengan kemampuan istimewa ini, bahkan Sedulur dapat sampai membuka sebuah konveksi besar untuk terus mengembangkan potensi bisnis yang ada dan juga meraup banyak sekali keuntungan.

Jadi bagi Sedulur yang punya kemampuan menjahit pakaian, manfaatkanlah kemampuan tersebut. Seperti yang telah diketahui, jika baju itu adalah kebutuhan primer yang pasti akan terus dibutuhkan di dalam kehidupan. Oleh sebab itu, berbisnis dalam jasa jahit pakaian akan memberikan banyak keuntungan, bahkan keuntungan jangka panjang.

BACA JUGA: Ini Contoh Proposal Usaha atau Bisnis yang Benar Bagi Investor

11. Jasa top up dan jual akun game

peluang usaha
pexels

Hampir sama halnya seperti menjual pulsa dan juga paket data, menjual akun game serta top up game juga memiliki potensi besar untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Daripada sekadar berfokus untuk bermain game saja, lebih baik manfaatkan wadah tersebut untuk meraup keuntungan yang besar.

Misalnya saja dengan menjual akun game yang telah dilengkapi dengan banyak koin, karakter berlevel tinggi, dan juga berbagai macam item canggih. Selain itu, Sedulur juga bisa membuka usaha top up voucher game online untuk pembelian karakter dalam game dengan harga yang lebih variatif. Jadi tidak hanya jadi seorang gamers saja, namun Srdulur juga mendapat keuntungan besar dari hobi yang satu ini.

12. Jasa penerjemahan

pexels

Dapat dikatakan jika mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing adalah sebuah anugerah yang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Kemampuan tersebut perlu untuk dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya saja dengan menjadi seorang penerjemah.

Pada saat ini, jasa penerjemah sangat dibutuhkan di kalangan masyarakat umum, mahasiswa sampai dengan kebutuhan perusahaan untuk menerjemahkan berbagai macam dokumen penting sampai dengan  artikel jurnal yang menggunakan bahasa asing. Selain itu, Sedulur juga bisa membuka kelas les untuk mengajar bahasa asing.

13. Bisnis sembako

pexels

Menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, minyak, bumbu dapur, dan lain sebagainya, tentu saja mempunyai pulang yang sangat tinggi untuk mendatangkan banyak keuntungan. Jika mampu dikelola dengan benar, maka bisnis sembako ini akan menciptakan usaha yang tidak akan pernah ada matinya.

Bagaimana bisa mati? Masyarakat saja selalu membutuhkan sembako untuk memenuhi keperluan dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, Sedulur harus bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

14. Usaha rental mobil

pexels

Mungkin saja Sedulur sudah banyak menemui bisnis sewa mobil. Akan tetapi, modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang satu ini tidak sedikit. Mungkin saja hal itu yang membuat Sedulur tidak begitu tertarik untuk mencobanya. 

Namun untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci jadi tidak melulu hanya modal saja.  Misalnya saja dengan mendandani seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas, tentu saja para customer akan lebih suka. Secara perlahan, jumlah kliennya juga akan semakin banyak. Dengan sistem bagi hasil seperti ini, tentu saja bisnis akan semakin berkembang.

15. Jasa pembuatan website

pexels

Salah satu bisnis menjanjikan yang dapat Sedulur jalankan dari rumah, yakni dengan membuka jasa pembuatan situs atau website. Apabila kamu merupakan seorang web developer, tidak ada salahnya, bahkan dianjurkan untuk menekuni bisnis yang satu ini.

Menariknya, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis tidak terlalu besar. Meskipun begitu, peluang keuntungan yang diberikan cukup besar. Salin dari jasa pembuatan website saja, Sedulur juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Seperti yang telah diketahui, jika sebuah website itu butuh domain dan hosting agar dapat online. Untuk itu, Sedulur juga bisa menjadi reseller hosting dan domain sekaligus. Kamu dapat memulai kerjasama itu tanpa perlu mengeluarkan modal awal maupun biaya pendaftaran.

BACA JUGA: 50+ Nama Usaha yang Bagus dan Artinya – Membawa Berkah

16. Membuka barbershop

pexels

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing lagi dengan acara berjudul The Cuts Indonesia yang dulu sempat tayang di TV, ‘kan? Salah satu acara untuk mencari seorang penata rambut terbaik. Dari acara tersebut,  bisa disimpulkan jika seni penataan rambut kini telah menjadi tren gaya hidup masyarakat.

Bagi pebisnis, hal tersebut merupakan peluang usaha yang terasa sangat menjanjikan. Prospek pengembangan yang ditunjukkan kedepannya juga terlihat amat sangat cerah. Jika Sedulur ingin memulai bisnis ini, maka modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Ada satu hal yang wajib untuk Sedulur kuasai, yakni teknik memotong dan memangkas rambut yang baik sesuai model yang diminta oleh pelanggan. Kualitas teknik sangat berperan dalam menghasilkan sebuah usaha barbershop yang baik.

17. Menjual makanan ringan

pexels

Produk-produk makanan memang tidak pernah matinya, terlebih lagi untuk produk makanan ringan atau snack. Walaupun sudah ada banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencoba sebuah produk baru memang cukup besar.

Hal ini berarti potensi bisnis dalam mendapat keuntungan dan meraih kesuksesan masih sangat besar. Apabila Sedulur ingin mencoba bisnis makanan yang satu ini, maka kunci utamanya yakni kualitas dan juga keunikan pada produk yang dibuat.

Kemudian agar penjualan lebih meningkat, maka Sedulur dapat memasarkannya secara online melalui berbagai platform media sosial dan e-commerce. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, bahkan Sedulur bisa menjalankannya layaknya bisnis rumahan.

18. Waralaba atau franchise

pexels

Bisnis waralaba merupakan sebuah jenis usaha yang dijalankan dengan sistem kemitraan. Jadi Sedulur akan bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk terkenal. Tentu saja, ini relatif lebih cepat dalam mendatangkan pembeli. 

Peluang usaha yang dimiliki ini sangat baik dan sudah banyak orang yang membuktikannya. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat masih beranggapan jika waralaba hanya bisa dijalankan dengan modal besar itu hanya untuk bisnis makanan saja.

Padahal pada kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memberi penawaran berupa modal kecil. Tidak hanya itu, untuk saat ini ada banyak pilihan bisnis waralaba seperti pengiriman barang, SPBU, laundry, pelatihan, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga waralaba dari bisnis tambal ban dan juga tambah angin. Silakan pilih waralaba sesuai keinginan dan budget Sedulur.

19. Membuka pet shop

pexels

Bagi para pecinta hewan, membuka bisnis pet shop dapat menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Menurut seorang pebisnis yang sukses di dalam bisnis yang satu ini, ia berkata jika membuka pet shop dengan modal awal Rp10 jutaan. Kini Ia mampu menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah per bulan dari pet shop tersebut.

Sedulur tidak harus memulai dengan jumlah modal yang sama untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti halnya makanan, obat-obatan dan juga aksesoris lainnya. Kamu bisa memulai fokus dengan jasa grooming atau perawatan hewan peliharaan terlebih dahulu. Apabila sudah ada keuntungan, nantinya keuntungan tersebut bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang tersedia dan dijual di dalam toko Sedulur.

20. Membuka wedding organizer

pexels

Semua pasangan calon pengantin, tentu saja ingin momen spesialnya terjadi dan berlangsung dengan sempurna. Maka dari itu, kehadiran dari seorang wedding organizer akan sangat dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara yang akan diadakan.

Jika dilihat dari sisi bisnis, tentu jenis peluang usaha yang dimiliki oleh bisnis tersebut sangatlah menjanjikan. Jangan dulu kamu beranggapan jika bisnis ini sudah tidak prospek karena jumlah wedding organizer selalu bertambah.

Padahal faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan dari tahun ke tahun selalu meningkat. Perlu untuk diingatkan sekali lagi jika kreativitas Sedulur dalam mengenali target dan juga pasar menjadi kunci.

21. Menjadi seorang dropshipper

pexels

Dropship juga memungkinkan Sedulur untuk memulai sebuah bisnis tanpa modal. Tetapi jangan salah sangka jika potensi mendapat penghasilan besar dari usaha ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Model bisnis yang satu ini sangat mirip dengan reselling.

Hasil keuntungan yang didapatkan berasal dari selisih harga yang diterima dari pihak pembeli pada saat membeli produk dari pihak penjual. Namun bedanya, dropshipp tidak menuntut Sedulur untuk memiliki stok barang dan juga gudang sendiri. Hal ini karena pihak penjual yang akan mengirimkan barang ke konsumen secara langsung. Tidak sedikit orang yang sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Itulah beberapa peluang yang perlu Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu hal yang harus Sedulur pahami adalah peluang dari faktor eksternal. Jadi sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah pengalaman, pendidikan, pengetahuan, intuisi, dan pendidikan. Kamu harus bisa memanfaatkan semua hal tersebut.

Selain itu, yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalah orang yang tidak mau mengeluarkan pemikiran atau idenya sendiri. Jadi orang ini akan selalu bergantung pada orang lain. Jika Sedulur ingin seorang pengusaha sukses, jangan pernah memiliki pemikiran semacam itu.

Sementara itu, buat Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen, sebuah jaringan reseller yang menjual sembako, bisa cek di sini sekarang juga ya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan antara lain untung melimpah dan waktu kerja yang fleksibel!