Burung pleci merupakan salah satu hewan peliharaan yang wajib Sedulur miliki apabila sebagai pecinta burung. Maklum, banyak orang memelihara burung, karena rasa senangya dengan kicauan yang keluar dari mulut hewan bersayap dan berbulu ini. Tidak hanya itu, memelihara burung bisa mendatangkan cuan lho dan bisa dibisniskan.

Nah, berbicara mengenai burung pleci, burung ini memiliki keunikan tersendiri lho. Mereka memiliki mata seperti kacamata dan memiliki suara yang merdu. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait burung yang satu ini, mungkin sedulur wajib tahu, keunikan burung yang satu ini.

Mengenal burung pleci

Burung pleci atau burung kacamata adalah burung yang memiliki  badan yang relatif kecil dan berbeda dengan burung pada umumnya. Burung yang satu ini memiliki kicauan yang sangat indah dan memiliki lingkaran berwarna putih di sekitaran mata. Jadi, burung ini seakan-akan memiliki sebuah kacamata.

Burung  ini diketahui masuk ke dalam suku Zosteropediae dan memiliki jumlah atau spesial yang sangat banyak. Di Indonesia, ada banyak jenis burung semacam ini dan mereka tersebar luas ke seluruh penjuru nusantara . Berikut ini adalah 10 macam jenis burung pleci yang wajib kamu ketahui Sedulur.

-->

BACA JUGA : 10 Jenis Ikan Komet dan Cara Merawatnya dengan Baik

Jenis Burung Pleci yang Wajib Kamu Tahu

1. Pleci dakun maput

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
budidayapetani

Yang pertama ada burung pleci dengan jenis dakun maput. Burung jenis ini memiliki banyak keistimewaan lho. Sebab, burung jenis dakun maput memiliki suara kristal dan bening. Ciri-ciri dari burung yang memiliki habitat di Gunug Muria, Kudus tersebut adalah, memiliki badan berwarna kuning dan warna hijau kekuningan di bagian punggung.

Nah, supaya mendapatkan suara yang lebih nyaring, rawatlah burung Sedulur dengan baik dan pastikan beri pakan yang berkualita. Makanan burung jenis ini, bisa diberikan buah-buahan atau pakanan keluaran pabrik.

BACA JUGA : 10 Fakta & Tips Bridal Shower Serta Cara Mempersiapkannya

2. Pleci dakun macok

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
jalaksuren

Lalu kedua ada burung dengan jenis pleci dakun macok. Burung ini memiliki suara jernih dan keras, dan banyak dipelihara karena harganya burung pleci jenis ini yang tidak terlalu mahal. Jenis ini berhabitat di wilayah pulau Jawa.

BACA JUGA : 18 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat & Wajah yang Benar

3. Pleci dakun marmer

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
duniakicau

Pleci dakun marmer, merupakan salah satu jenis burung dengan mental yang kuat  dan volume suara yang keras. Nah, untuk habita hewan yang satu ini berada di sekitaran Gunung Merapi. Ciri khas dari burung ini adalah, iris mata berwarna merah menandakan sifatnya yang kejam dan cukup tangguh.

BACA JUGA : 1 Yard Berapa Meter – Simak Rumus, Cara Hitung & Contohnya

4. Pleci dada kuning Bali

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
duniakicau

Selanjutnya kita bergeser ke Pulau Bali, di mana ada burung pleci dengan jenis dada kuning. Ciri  khas burung jenis ini adalah, bentuk tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan jenisnya yang berasal dari Jawa. Ada pula perbedaan lain yang bisa Sedulur  ketahui adalah, suara yang keluar mirip ayam alas saat sedang berkicau.

BACA JUGA : 300 Nama-nama Kucing Lucu dan Unik yang Mudah Diingat

5. Pleci dada kuning Garut

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
pleci

Nah, setelah tadi kita membahas tentang pleci yang berasal dari Pulau Bali, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis dada kuning khas Garut, Jawa Barat. Pada setiap ajang perlombaan, burung pleci jenis ini, selalu memiliki suara yang lantang. Ciri khas yang dimiliki oleh burung ini adalah, memiliki paruh panjang dan lebar, warna bulu bagian dada berwarna kuning.

Harga jenis garut juga termasuk masih sangat  mudah dijangkau dan burung ini memiliki banyak peminatnya lho.

BACA JUGA : 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

6. Pleci dada kuning Jawa Timur

"	 Ragam Jenis Burung Pleci di Indonesia!"
pinhome

Sesuai dengan daerahnya, burung pleci yang satu ini memiliki habitat di Jawa Timur. Pleci dada kuning Jawa Timur, memiliki ciri fisik seperti warna punggung dan dada yang lebih cerah dan tidak memiliki garis mata hitam.

BACA JUGA : 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

7. Pleci Lombok

omkicau

Burung pleci ini memiliki nama latin Zosterops Chlori Maxi. Lalu habitat atau tempat tinggalnya hanya berada di dua pulau yang berdekatan yaitu di Nusa Penida Bali dan Pulau Lombok, Nusa Tenggara  Barat. Ciri khas burung yang berasal dari lombok ini seperti dakun maput dan suaranya seperti anak ayam.

8. Pleci Buxtoni

pleci

Karakteristik yang dimiliki oleh burung pleci buxtoni ini adalah, mereka memiliki rata-rata tubuh yang berukuran sangat kecil. Dada berwarna abu-abu dan punggung berwarna kuning. Suaranya pun sangat merdu dan mengkristal. Namun, habitat dari burung jenis ini berada di Pulau Sumatera dan daerah Jawa Barat.

BACA JUGA : 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

9. Pleci Auriventer

islamtwins

Burung pleci auriventer banyak dijumpai di hutan bakau dan pesisir pantai seperti pesisir pantai timur Sumatera, Pulau Bangka, Kepulauan Riau, Kalimantan dan Kepulauan Natuna. Ciri khas dari burung ini adalah, kicauan suaranya yang ngebass dan mendayu lho Sedulur.

BACA JUGA : 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

10. Pleci montannus

Trikburung

Yang terakhir ada burung dengaan jenis, montanus. Burung ini memiliki tubuh berukuran sekitar 11 cm. Ciri-ciri lainnya adalah, seperti bulu perutnya yang memiliki warna putih ke abu-abuan. Serta pada bagian sisi tubuhnya berwarna cokelat. Habitat asli dari burung jenis montanus ini adalah, Sumatera, Bali, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Maluku.

Makanan burung pleci

Nah, buat Sedulur yang memiliki burung ini, wajib memberikan sebuah pakan yang khusus. Namun, apabila kesulitan mendapatkan pakan yang berkualitas, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa pakan yang sudah disebutkan di bawah ini. Yuk disimak.

Pisang

Pisang menjadi pakanan utama buat burung kesayanganmu lho Sedulur. Selain rasanya yang manis, buah pisang ini memiliki beragam kandungan  yang baik untuk pleci kesayanganmu Sedulur. Sebab, fungsi buah pisang adalah, untuk mempercantik bulu-bulu dan kondisi burung akan selalu sehat.

Kacang-kacangan

Selanjutnya, Sedulur wajib memberikan pakan untuk burung pleci yang berasal dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Sebab, makanan yang satu ini memiliki sumber protein yang baik untuk pertumbuhan burung.

Buah apel

Pakan ketiga untuk burung kesayanganmu adalah, memberikan buah apel. Ya, buah ini memiliki kandungan yang dapat membuat suara pleci mu semakin lantang dan juga gacor lho. Selain itu, buah ini, mampu meningkatkan ketahanan dan memenuhi kebutuhan vitamin pleci kesayanganmu.

Gambas

Yang keempat adalah, berilah burung kesayanganmu dengan pakan yang berasal dari sayuran gambas atau oyong. Tanaman yang tumbuh merambat seperti mentimun ini, ternyata memiliki kandungan protein, nutrisi, hingga juga magnesium. Sehingga membantu menjaga kesehatan pleci kalian Sedulur.

Tidak hanya itu, apabila kamu memberikan pakan yang satu ini, maka suara pleci milikmu bisa semakin lantang dan nyaring.

Demikian ulasan mengenai burung pleci dan makanan terbaiknya. Untuk melatih suara dari plecimu, kamu hanya perlu mencari suara burung pleci mp3 yang sudah tersedia di internet  karena lebih mudah dan praktis.